Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Bongkar) 10 Kelebihan Samsung J7 Pro SM-J730G/DS

Menguak 10 Keunggulan Samsung Galaxy J7 Pro 2017 SM-J730G/DS Beserta Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru – Bila saat ini anda ingin membeli ponsel Android dengan kriteria Punya Prosesor yang mumpuni tapi hemat daya, layar kualitas terbaik serta punya sokongan baterai besar maka Samsung J7 Pro harus anda masukkan dalam daftar belanja anda.

Setidaknya ada 10 Kelebihan yang dimiliki oleh J7 Pro SM-J730G/DS yang sudah saya rangkum dalam satu artikel lengkap berikut.

Apa saja 10 Kelebihan tersebut, berikut rangkumannya...!

(Bongkar) 10 Kelebihan Samsung J7 Pro SM-J730G/DS


(Bongkar) 10 Kelebihan Samsung J7 Pro SM-J730G/DS


1. Layar Super AMOLED

Layar dengan panel Super AMOLED merupakan layar terbaik yang dimiliki Samsung saat ini. Tidak semua produk Samsung menggunakannya dan kebanyakan diantaranya merupakan produk hape mahal.

Kelebihan layar Super AMOLED dibandingkan layar tipe lain adalah kejernihan gambar yang dihasilkan. Detailnya dapat, warnanya seperti asli dan penggunaan daya rendah terutama saat menampilkan warna hitam.

Penggunaan layar Super AMOLED pada Smartphone memungkinkan hasil berupa hape dengan desain yang lebih tipis dibanding layar tipe lain.

Tidak hanya itu, berbeda dengan layar tipe IPS yang akan memudar saat terkena cahaya terang (sinar Matahari) , layar Super AMOLED tetap mampu menampilkan gambar yang jelas meskipun terkena sinar langsung sehingga oke-oke saja dipakai diluar ruangan.

Sudut pandang layar Super AMOLED juga luas (180°) jadi saat nonton bareng via hape penonton di sebelah kiri dan kanan tetap dapat tampilan gambar yang jelas.

Satu hal lagi, layar Super AMOLED tergolong layar dengan kekuatan cukup baik meski tidak sekuat dan sekeras pelindung Gorilla Glass. Meski demikian, pengguna Samsung J7 Pro tetap dianjurkan untuk memasang Tempered Glass.

2. Bisa Upgrade Android Ke Pie

Dulu kita mengenal TouchWiz sebagai UI dari ponsel android besutan Samsung. Diawal tahun 2019 kemarin, Samsung merilis One UI yang bakalan menggantikan TouchWiz yang sudah kelihatan jadul dengan segala ciri khasnya.

Tidak semua hape Samsung kebagian jatah Upgrade ke One UI yang berbasis Android Pie 9.0. Untungnya Samsung J7 Pro dan Prime jadi sekian sedikit hape yang mendukung mendapatkannya.
Fitur baru yang ada di Samsung One UI sebenarnya banyak banget ya.

Tetapi ada beberapa fitur menarik yang sepertinya banyak diminati karena memang sangat bermanfaat bagi sebagian besar pengguna seperti :

  • Secure Folder untuk mengamankan file maupun aplikasi supaya tidak dapat diakses pengguna selain anda karena membutuhkan PIN / Pola / Sidik Jari.
  • Lift To Wake adalah fitur untuk menghidupkan perangkat ketika diangkat tanpa perlu menekan tombol Power.
  • Game Launcher adalah Folder khusus untuk Game yang anda instal supaya terkelompok dalam aplikasi yang sama serta bertindak seperti Game Booster seperti yang dikembangkan Xiaomi. 
  • Navigasi Gesture merupakan fungsi yang mana dapat anda aktifkan bila ingin beralih dari navigasi manual ke Mode Gesture.
  • Night Mode adalah penerapan Dark Mode yang merupakan Native Feature dari Android Pie yang akan mengubah nuansa hape jadi sebar gelap yang rendah dalam penggunaan daya.
  • Edge Screen merupakan fitur berupa kolom vertical yang dapat anda jadikan tempat untuk menaruh aplikasi yang sering digunakan. Aplikasi yang dimasukkan kedalam kolom Edge Screen akan di hidden otomatis dan bakalan muncul bila kita Swipe layar kekanan.
  • One Hand Use adalah fitur yang berfungsi memudahkan penggunaan perangkat Samsung menggunakan satu tangan.


3. Support Jaringan 4G LTE (Bahkan Smartfen)

Dewasa ini Internet telah jadi kebutuhan semua orang. Baik itu untuk berkomunikasi maupun hiburan seperti Streaming video, bermain game dll.

Meski jaringan HSDPA tidak burutk, namun ponsel dengan dukungan 4G LTE menjanjikan kecepatan yang lebih baik sehingga komunikasi lewat media apapun jadi lebih lancar.

Dulu kita mikir-mikir mau Videocall karena selain tidak lancar karena kecepatan internet yang ada juga terbatas.

Sekarang orang sudah terbiasa melakukan video karena semua operator sudah mendukung teknologi tersebut.

Samsung Galaxy J7 Pro pun demikian. Dengan Chipset Exynos yang menggunakan Modem LTE CAT 4 yang mana kecepatannya bisa tembus 150 MBPS Download dan 50 MBPS Upload.

Satu hal lagi…

Konektifitas Nirkabel Samsung J7 Pro sudah cukup komplit seperti Wi-Fi AC, Bluetooth 4.1 yang mendukung fitur A2DP untuk streaming Audio keperangkat Speaker yang mendukung hal tersebut dengan kualitas Stereo. Anda juga NFC yang kebanyakan hanya tersedia di ponsel Flagship.

4. Support OTG

Kelebihan Samsung J7 Pro selanjutnya adalah sudah mendukung penggunaan USB On The Go (OTG) untuk transfer file dari Flashdisk ke perangkat atau sebaliknya.

Fitur ini tentunya akan memudahkan kita melakukan pencadangan file yang kerap bikin memori cepat penuh seperti foto dan video hasil jepretan kamera.

Meski kapasitas penyimpanan J7 Pro termasuk besar yakni 32 GB, namun angka tersebut tidaklah akurat karena sebagiannya digunakan untuk sistem dan aplikasi bawaan.

Dari pengalaman, sekitar 7 GB akan dipakai untuk sistem dan aplikasi dan sisanya sekitar 25 GB untuk penyimpanan.

5. Sensor Lengkap (Termasuk Gyro)

Kelengkapan Sensor termasuk salahsatu hal yang jadi pertimbangan seseorang sebelum membeli sebuah produk Smartphone. Samsung J7 Pro sendiri punya sensor yang terbilang lengkap.

Sensor Gyroscope dan Accelerometer diperlukan untuk menjalankan game tertentu, terutama permainan tipe balapan seperti : Asphalt, Raging Thunder dll.

6. Prosesor Kencang

10 Kelebihan Samsung J7 Pro SM-J730G/DS

Menggunakan SoC kelas menengah berupa Exynos 7870 yang diproduksi dengan fabrikasi 14 nanometer dengan speedclock 1.6 GHz apapun jenis aplikasi yang anda jalankan di J7 Pro akan lancar jaya.

Meski bukan yang paling kencang, Exynos 7870 yang menggunakan CPU ARM Cortex A53 plus teknologi HMP didalamnya mampu mengungguli pesaingnya sesama SoC kelas menengah seperti Snapdragon 625 besutan Qualcomm.

Keunggulan Exynos 7870 ada pada teknologi core HMP yang bisa memilah mana aplikasi yang butuh kinerja Core banyak dan mana yang bisa di handle dengan satu Core saja serta kecepatan RAM yang 40% lebih baik dibanding SD 625. Keunggulan ini membuat konsumsi daya perangkat dengan Exynos 7870 lebih efisien namun tetap bisa ngebut melahap aplikasi apapun.

7. Kapasitas Baterai Jumbo

Samsung J7 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 3600 mAh yang bisa menghasilkan talk time lebih dari 24 jam dan kemampuan memutar audio tanpa henti lebih dari 80 jam.

Dengan kapasitas baterai yang sedemikian besar, anda tidak perlu bawa charger kemana-mana karena takut kehabisa daya di tengah hari.

Ponsel ini sudah dioptimalkan efisiensi penggunaan dayanya baik itu dari segi Software dan Hardware seperti penggunaan SoC 7870 dengan teknologi HMP dan penambahan fitur Night Mode pada sistemnya.

8. Punya Pemindai Sidik Jari

Samsung J7 Pro dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap yang mana dapat anda aktifkan salahsatunya sesuai keperluan.

Mengamankan file atau aplikasi dari tangan jahil tidak melulu hanya dengan POLA atau PIN yang bisa dipelajari, tetapi sudah tersedia mode yang lebih baik yakni pemindai sidik jari yang mana tombol atau sensornya terletak di tombol Home.

9. Sinyal Kuat

10 Kelebihan Samsung J7 Pro SM-J730G/DS

Kualitas jaringan yang tidak stabil ternyata bisa menjadi penyebab daya pada baterai cepat habis meskipun kita tidak menjalankan aplikasi apapun.

Hal ini disebabkan perangkat akan bekerja keras mencari sinyal untuk mengakomodasi kebutuhan kita akan berkomunikasi. Saya pernah menggunakan SIM card dari operator seluler tanah air yang punya promo bagus tapi kualitas sinyal Buruk.

Walau data seluler sudah dimatikan, total sekitar 25% daya hilang tanpa sebab setelah ditinggal tidur semalaman.

Karena kondisi seperti pengalaman saya memang kerap terjadi di Indonesia yang faktanya memang jaringan internetnya tidak merata menginspirasi Samsung untuk mengembangkan teknologi penguat sinyal yakni Signal MAX.

Samsung J7 Pro, J7 Prime bersama ponsel seri A lainnya seperti A7 dan A5 jadi produk Samsung yang menggunakan teknologi Signal Max.

Teknologi Signal Max ini sebenarnya merupakan penerapan dua antena sekaligus yakni Primer dan Sekunder pada satu perangkat dengan satu buah Receiver.

Kamera Primer sudah jelas fungsinya yakni menangkap sinyal untuk diteruskan Receiver. Antena sekunder juga begitu, namun sinyal yang ditangkap dialirkan ke Receiver.

Dengan teknologi ini meski sinyal didaerah anda tidak lancar-lancar amat dipastikan komunikasi tetap lancar dan daya tidak cepat habis.

10. Kualitas Kamera Mumpuni

Kamera menjadi komponen penting berikutnya yang juga sangat mempengaruhi niat seseorang membeli sebuah perangkat Smartphone Android.

Samsung J7 Pro sendiri dipersenjatai kamera utama 13 MP f1/9 yang mana menggunakan Sensor Samsung tipe CMOS plus seabrek fitur kamera unggulan seperti tersedianya Mode HDR dan Panorama .

Harga Terbaru Samsung J7 Pro (Paling Murah)

Samsung J7 Pro dengan spesifikasi RAM 3 GB dan Storage 32 GB dibanderol dengan harga termurah  Rp.2.949.000 di BliBli.com.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close