3 Efek Pembaruan Software Android Samsung


3 Efek Pembaruan Software Android Samsung


3 Efek (Manfaat) Utama Pembaruan Software Android Samsung - Agar Smartphone Android Samsung Galaxy anda selalu dalam performa yang terbaik, pastikan anda telah menjalankan Perangkat Lunak Terbaru.

Perangkat Lunak ini bisa anda dapatkan dengan cara mengeceknya di Menu Pembaruan Sistem atau melalui Google Playstore.

Tapi anehnya, banyak saya temukan teman yang justru ingin mematikan notifikasi adanya software terbaru untuk hape mereka.

Padahal pihak manufaktur telah berbuat sangat baik dengan mengirimkan pembaruan software yang pastinya akan membuat System Ponsel menjadi lebih baik.

Supaya anda tidak menjadi salahsatunya.Kali ini, saya akan menjelaskan Pentingnya menginstal pembaruan perangkat lunak Android pada Ponsel Samsung anda.

Tidak lupa pula langkah-langkah memperbarui Software hape android Samsung anda secara aman tanpa menghapus data yang ada di memori internal.

Efek Pembaruan Perangkat Lunak Android

Ada 3 (tiga) manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memperbarui perangkat lunak android yaitu :
  1. Menjaga keamanan system
  2. Menjaga kestabilan sistem dan 
  3. Menambahan fitur baru yang bermanfaat

#1. Meningkatkan Kemanan System.

Beberapa waktu lalu santer terdengar kabar ada Artis yang Smartphone-nya diretas Hacker sehingga foto-foto dalam Smartphone-nya tersebar luas kehalayak lewat internet.

Anda pasti bertanya. Bagaimana bisa foto-foto yang ada pada perangkat smartphone bisa diambil dari perangkat lain dengan mudah…?.

Sebenarnya sih tidak mudah, tetapi bisa..! Namanya juga buatan manusia pasti ada saja kurangnya, begitu juga dengan software pada perangkat Android.

Selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh Hacker untuk menerobos masuk dan mencuri file penting pada smartphone, terutama saat perangkat tersambung dengan jaringan internet.

Untuk itu, celah-celah keamanan ini perlu ditambal. Caranya dengan menginstall software versi terbaru yang telah disempurnakan.

#2. Menjaga Kestabilan System

Dulu saat masih menggunakan Samsung Galaxy Grand Duos Gt i9082 yang menjalankan versi Android 4.1.2.

Saya merasa kesulitan mematikan aplikasi pemutar mp3, harus ditutup secara paksa (Force Close) baru bisa.

Setelah menginstall update Android ke versi 4.2.2, masalah tersebut terselesaikan dan menutup pemutar mp3 cukup dengan sekali swipe saja.

#3. Penambahan Fitur Baru

Kelemahan OS Android adalah : Sistem ini menghasilkan begitu banyak sampah yang jika dibiarkan akan mengurangi ruang penyimpanan internal.

Makanya...Aplikasi pembersih sangat selalu dipasang di hape Android.

Sayangnya...aplikasi pembersih ini juga mengakibatkan ponsel menjadi lambat karena ikut mengkonsumsi RAM.

Untungnya saat masih menggunakan Galaxy Grand Prime yang kebetulan mendapat Upgrade Android Versi 5.0.2.

Selain menambah cantik tampilan, Sistemnya juga dibekali dengan aplikasi pembersih bawaan Device Maintainance sehingga tidak perlu instal Ccleaner, AVG Cleaner dll.

Nah...dari tiga ilustrasi diatas dapat diambil kesimpulan jika Update perangkat lunak smartphone android itu penting sekali untuk anda jalankan, malahan Wajib.

Selain untuk meningkatkan keamanan perangkat dari serangan Hacker,  juga untuk menambah kenyamanan dan kemudahan anda menggunakan smartphone android dengan memanfaatkan fitur-fitur baru yang disematkan.

Jenis-Jenis Perangkat Lunak Android

Pertama saya mau meluruskan dulu kalau ada 2 (dua) tipe perangkat lunak yang ada pada Ponsel android anda yaitu :
  1. Sistem Operasi dan 
  2. Aplikasi.
Perangkat Lunak sistem operasi  itu ya Android itu sendiri (Lollipop, Marshmallow dll) sedangkan Aplikasi itu merupakan perangkat lunak dengan fungsi khusus seperti Shareit, Facebook, WhatsApp dll.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada dua jenis perangkat lunak android yaitu Perangkat lunak sistem dan aplikasi.

Memperbarui perangkat lunak Sistem android baik itu yang berisi Patch perbaikan sistem maupun Versi Android Terbaru yang diberikan Samsung untuk hape anda dapat dilakukan dengan cara :  membuka menu Setting (Setelan) / Tentang Ponsel (About Phone) / Pembaruan Perangkat Lunak Otomatis.

Lalu klik periksa ketersedian perangkat lunak. Jika tersedia, maka akan ada pemberitahuan dan detail dari pembaruan yang akan didownload. Setelah anda faham isi file pembaruan anda tinggal mengunduhnya dengan menekan tombol Download.
Ada baiknya saat mendownload pembaruan perangkat lunak sistem, anda menyediakan paket data yang cukup, baterai dalam kondisi full 100 %.

Pembaruan Aplikasi Android

Mengapa aplikasi-aplikasi tersebut harus diperbarui...?

Seperti yang telah mimin jelaskan diawal, aplikasi versi terbaru akan membawa perbaikan maupun fitur baru yang akan memudahkan dalam menggunakan aplikasi.

Seperti contoh aplikasi Masengger Facebook yang dulu hanya bisa digunakan sekedar mengirim pesan teks dan gambar.

Tetapi sekarang ada fitur panggilan video (Videocall) yang dapat anda gunakan setelah menjalankan aplikasi Masengger versi terbaru.

Secara online anda bisa mendownloadnya melalui Google Playstore, Galaxy Aps maupun pasar aplikasi sejenis seperti Xiaomi Appstore, Oppo Store dll.

Update melalui Google Palystore caranya sama saja mudahnya dengan update aplikasi melalui Galaxy Apps. Bedanya, Galaxy Apps didesain khusus menyediakan perangkat lunak terbaru untuk Smartphone Android Galaxy, baik itu aplikasi pihak ketiga maupun bawaan sistem.

Cara Update Aplikasi di Playstore

Masuk ke Google Playstore dengan login menggunakan akun Google anda. Setelah masuk beranda Playstore, swipe kekanan untuk melihat menu Playstore kemudian klik “Aplikasi dan Game Saya”.

Selanjutnya akan ditampilkan aplikasi apa saja yang belum anda update. klik tombol “Update semua” untuk mulai menjalankan proses pembaruan.
Kalau anda kebetulan tidak ada paket data internet untuk memperbarui aplikasi langsung dari Google Playstore atau Galaxy Apps. Anda bisa kewarnet sebentar untuk download aplikasi mentah dalam format APK disitus APK Mirror.

Database aplikasi begitu lengkap disitus ini, bahkan ada aplikasi yang tidak akan anda temukan di Google Playstore seperti Google Camera.

Bagaimana kalau tidak ada paket data maupun tidak punya uang untuk sewa internet ...?

Tidak usah khawatir, masih ada cara alternative yang tidak mengeluarkan biaya.

Caranya adalah berbagi aplikasi terbaru dari Smartphone android teman menggunakan aplikasi ShareIt. Menurut berita kecepatan transfer menggunakan Shareit 10 kali lebih cepat dibanding Bluetooth.

Kesimpulan

Menjalankan update perangkat lunak wajib anda jalankan agar smartphone Android Galaxy anda tidak mudah diretas Hacker dan bug-bug pada sistem yang lama dapat ditambal.

Ada dua jenis perangkat lunak yang perlu untuk diupdate yaitu : perangkat lunak sistem dan aplikasi.

Sebelum menjalankan update, pastikan anda telah melakukan pencadangan baik itu pencadangan sistem maupun file-file penting di memori internal ke SD Card atau laptop.

Memperbarui perangkat lunak sistem dapat dilakukan secara online dan offline.

Perangkat lunak aplikasi dapat diperbarui secara online menggunakan Google Playstore atau Galaxy Apps.

Secara offline, aplikasi-aplikasi yang ingin anda update dapat diunduh paket APK-nya disitus APK Mirror lalu instal secara manual, tapi pastikan perangkat anda mengizinkan aplikasi sumber tidak terpercaya bisa diinstall.

Anda juga dapat meminta bantuan teman anda membagikan aplikasi terbaru yang telah terinstall menggunakan aplikasi Shareit atau aplikasi sejenis seperti Super Beam.

Ada pertanyaan...?

Postingan terkait:

close