Biang Informasi Seputar Android

Pembaruan Perangkat Lunak Android Samsung (Panduan Lengkap)

Artikel terkait : Pembaruan Perangkat Lunak Android Samsung (Panduan Lengkap)

ilustrasi update perangkat lunak android

Agar perangkat smartphone android Samsung Galaxy anda selalu dalam performa yang terbaik, pastikan anda telah menjalankan perangkat lunak (Software) terbaru yang tersedia untuk smartphone anda.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, mimin akan menjelaskan langkah-langkah memperbarui (Update) perangkat lunak smartphone android secara aman tanpa mengakibatkan kerusakan pada sistem maupun Smartphone.

Sebelum membahas lebih lanjut langkah update software pada perangkat Android, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu manfaat melakukan update Perangkat lunak itu sendiri.

Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Android

Ada 3 (tiga) manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memperbarui perangkat lunak android yaitu : manfaat kemanan, kestabilan sistem dan penambahan fitur.

Contoh manfaat kemanan...

Beberapa waktu lalu santer terdengar kabar ada Artis yang Smartphone-nya diretas Hacker sehingga foto-foto dalam Smartphone-nya tersebar luas kehalayak lewat internet.

Anda pasti bertanya..

Bagaimana bisa foto-foto yang ada pada perangkat smartphone bisa diambil dari perangkat lain dengan mudah…?

Sebenarnya sih tidak mudah, tetapi bisa..!

Namanya juga buatan manusia pasti ada saja kurangnya, begitu juga dengan software pada perangkat Android. Selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh Hacker untuk menerobos masuk dan mencuri file penting pada smartphone, terutama saat perangkat tersambung dengan jaringan internet.

Untuk itu, celah-celah keamanan ini perlu ditambal. Caranya dengan menginstall software versi terbaru yang telah disempurnakan.

Contoh kestabilan sistem...

Dulu saat masih menggunakan Samsung Galaxy Grand Duos Gt i9082 yang menjalankan versi Android 4.1.2, mimin kesulitan mematikan aplikasi pemutar mp3, harus ditutup secara paksa (Force Close) baru bisa.

Setelah menginstall update Android ke versi 4.2.2, masalah tersebut terselesaikan dan menutup pemutar mp3 cukup dengan sekali swipe saja.

Contoh penambahan fitur...

Awalnya aplikasi pesan instant WhatsApp hanya bisa mengirim pesan dalam bentuk Teks dan gambar.

Karena pengguna WhatsApp juga ingin mengirim video dengan mudah, para pengembang WhatsApp ahirnya menambahkan fitur kirim video pada aplikasi mereka.

Nah...dari tiga ilustrasi diatas dapat diambil kesimpulan jika Update perangkat lunak smartphone android itu penting sekali untuk anda jalankan, malahan Wajib.

Selain untuk meningkatkan keamanan perangkat dari serangan Hacker,  juga untuk menambah kenyamanan dan kemudahan anda menggunakan smartphone android dengan memanfaatkan fitur-fitur baru yang disematkan.

Jenis-Jenis Perangkat Lunak Android

Ada dua tipe perangkat lunak android yaitu : Perangkat lunak Sistem dan Perangkat Lunak Aplikasi.

Perangkat Lunak sistem merupakan perangkat lunak utama yang wajib ada. Perangkat lunak sistem juga ada 2 (dua) tipe, pertama ada perangkat lunak Upgrade Sistem yang berisi file peningkatan versi Android ke versi lebih tinggi, misalnya dari Jelly Bean ke Kit Kat, Kit Kat ke Lollipop dst.

Ada juga pembaruan yang hanya berisi file perbaikan sistem yang akan menambal celah kemanan sistem dan memperbaiki bug-bug yang ada ada sistem sebelumnya tapi tetap menggunakan versi Android yang lama.

Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak dengan fungsi khusus. Contoh aplikasi : Shareit untuk mengirim file via Wifi, WhatsApp untuk mengirim pesan instan, Ccleaner untuk membersihkan smartphone dari sampah sistem.

Perangkat lunak aplikasi hanya dapat berjalan jika pada hardware telah terpasang perangkat lunak sistem terlebih dahulu.

Cara Update Perangkat Lunak Android

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada dua jenis perangkat lunak android yaitu Perangkat lunak sistem dan aplikasi.

Memperbarui perangkat lunak sistem android maupun aplikasi dapat dilakukan secara online yang biasa disebut Over The Air (OTA) maupun offline dengan memanfaatkan program bantuan seperti Odin Multi Downloader dan seperangkat komputer.

Agar dapat menginstall Pembaruan Perangkat Lunak Sistem secara online, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Samsung KIES atau Mengunduh secara langsung dari Smartphone android.
Disclaimer
Segala kerusakan yang dihasilkan dengan mengikuti tutorial dalam artikel ini menjadi tanggung jawab masing-masing dan mimin tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan tersebut. 
1. Menggunakan program PC Suite (Samsung Kies)

Samsung KIES (Key Intuitive Easy System) merupakan program khusus yang dikembangkan oleh Samsung untuk memudahkan pengguna smartphone dan Tablet Android Galaxy untuk : Membuat cadangan (Back Up) File, kontak, Firmware dll.

Selain itu, Samsung KIES juga dirancang agar dapat membantu anda melakukan pembaruan system apabila perangkat anda mendapat Firmware Android terbaru.

Lalu bagaimana cara menggunakan Samsung KIES untuk menjalankan Upgrade Android…?

Pertama download dulu Installer Samsung KIES disini. Yang perlu anda ingat adalah ada dua versi Samsung KIES yaitu versi 2.6 dan 3.

Versi 2.6 hanya dapat digunakan untuk perangkat Samsung Galaxy yang menjalankan Android 4.2 kebawah. Sedangkan versi 3 untuk perangkat Samsung Galaxy yang menjalankan Android 4.3 keatas.

Untuk Driver USB anda tidak perlu install, karena didalam installer Samsung KIES itu sendiri sudah ada driver terbaru.

Setelah anda download program Samsung KIES, segera install pada komputer anda. Mimin menganjurkan menggunakan laptop ketimbang PC karena karena laptop punya cadangan daya dari baterai apabila terjadi hal yang tidak terduga seperti mati lampu.

Sebelum mulai menjalankan Upgrade, ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan dan tidak boleh dilewatkan langkah-langkahnya yaitu :

Pertama, pastikan baterai perangkat Smartphone anda dayanya telah terisi 100%. Hal ini untuk menghindari terhentinya proses upgrade ditengah jalan karena Smartphone kehabisan daya.

Kedua, lakukan backup Kontak, file-file penting didalam memori internal karena akan dihapus saat proses upgrade berlangsung.

Ketiga, pastikan computer yang anda gunakan memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Cepat atau tidak proses upgrade menggunakan KIES tergantung dari kecepatan internet anda.

Keempat, catat Model perangkat Galaxy anda misalnya SM-J500G. Catat juga Nomor IMEI yang dapat anda lihat di sticker dibelakang baterai Smartphone atau tekan “ *#06# ” di dial pad.

Kelima catat versi pita dasar yang dapat anda lihat dengan membuka menu : Setting / Tentang Perangkat / Versi Pita Dasar yang ada tulisan HXCU atau XXU. Masing-masing perangkat punya pita dasar yang berbeda.

Versi pita dasar ini akan kita gunakan nanti saat mencari firmware yang Smartphone anda butuhkan untuk kita install menggunakan Odin.

Setelah semua persiapan selesai anda lakukan, matikan smartphone anda. Langkah selanjutnya masuk ke Download Mode dengan menekan kombinasi tombol Home + Volume Bawah + Power.

Bila anda mengalami kesulitan masuk ke Download Mode karena perangkat buru-buru masuk menu. Siasati dengan menekan tombol kombinasi satu persatu seperti tekan Home lalu Volume Bawah baru kemudian tombol power.

Tunggu beberapa saat sampai muncul peringatan akan bahaya menginstal OS Custom. Abaikan saja dengan menekan tombol Volume Atas untuk menlanjutkan atau Volume Bawah untuk Cancel.

Jalankan Aplikasi Samsung KIES lalu sambungkan perangkat Samsung Galaxy dengan komputer menggunakan kabel data. Tunggu beberapa saat sampai KIES mengenali dan perangkat anda.

Akan ada persan Pop Up yang meminta anda untuk mengkonfirmasi apakah anda akan melanjutkan proses. Langsung saja anda klik “Confirm” untuk melanjutkan.

Selanjutnya anda akan melihat tampilan awal Samsung KIES, klik pada menu TOOLS dan pilih submenu “FIRMWARE UPGRADE AND INTIALITATION “.

Anda akan diminta memasukkan nama atau tipe perangkat samsung galaxy anda misalnya SM-J500G. Lanjutkan dengan memasukkan nomor IMEI yang sudah anda catat lalu klik OK untuk melanjutkan.

Begitu juga apabila ada pesan peringatan bahwa aktifitas upgrade ini akan menghapus semua file didalam memori internal abaikan saja lalu klik tombol START UPGRADE.

KIES akan mendownload firmware secara otomatis. Proses ini akan berlangsung lama, jadi anda bisa melakukan aktifitas lain sembari menunggu proses download dan install firmaware baru selesai.

Setelah semua tahapan upgrade selesai mulai dari mendownload file upgrade dan instalasi sistem baru, perangkat akan melakukan Restart dan booting agak sedikit lama untuk menginstall aplikasi bawaan sistem.

2. Update langsung dari Smartphone

Bila update menggunakan Samsung KIES terlalu sulit karena anda tidak memiliki PC. Anda bisa menjalankan update langsung dari perangkat Smartphone anda.

Sebenarnya...

Secara default, smartphone android telah disetting agar pada saat tersedia pembaruan perangkat lunak, perangkat anda langsung mendownload file update secara otomatis.

Tetapi...

Karena file update bisa berukuran ratusan MB bahkan sampai 1 GB, fitur update otomatis ini sebaiknya dinonaktifkan saja, terlebih harga paket data internet juga tidak murah.

Sebelum menjalankan update perangkat lunak langsung dari perangkat android, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan.
Pastikan baterai smartphone anda terisi 100 % . Dari pengalaman mimin, proses update perangkat lunak berlangsung cukup lama tergantung seberapa besar file update dan seberapa cepat proses downloadnya.

Untuk menghindari proses update berhenti ditengah jalan karena daya baterai habis, siapkah charger agar sewaktu-waktu saat dibutuhkan tinggal colok.

Tersedia paket data yang cukup untuk mendownload file update. Apabila file update yang harus didownload berukuran 800 MB, sebaiknya tersedia paket data internet 2X (dua kali) lipat dari besar file Update.

Karena dari pengalaman, data yang digunakan untuk download bisa lebih dari file update tersebut.

Tersedia setidaknya 1GB ruang kosong pada memori internal smartphone untuk menginstall file Update yang telah didownload.

Perangkat dalam kondisi Un-Root. Sistem android akan menolak untuk menginstall file update apabila perangkat dalam kondisi Root meskipun anda tidak pernah mengutak atik sistem.

Lakukan Reset (Pengaturan Pabrik) terlebih dahulu sebelum menjalankan update.

Backup data penting pada memori internal. Untuk menghindari hilangnya kontak, foto, video, audio dan dokumen karena menjalankan proses update, pastikan anda telah memindahkan file-file penting kememori eksternal (SD Card) atau laptop.

Setelah semua persiapan lengkap, anda bisa langsung menjalankan proses update perangkat lunak dengan membukan menu Setting (Setelan) / Tentang Ponsel (About Phone) / Pembaruan Perangkat Lunak Otomatis, lalu klik periksa ketersedian perangkat lunak.

Apabila memang tersedia file update, download file update dan tunggu sampai selesai.

Setelah itu akan ada menu pilihan yang menanyakan apakah file update akan diinstall sekarang atau nanti setelah Restart.

Klik iya lalu tunggu proses install sampai selesai yang akan memakan waktu kurang lebih 15-20 menit. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Panduan Update Perangkat Lunak Galaxy J5 SM J500G.

Adakalanya perangkat Smartphone android tidak mendapatkan pemberitahuan tentang adanya pembaruan software sehingga firmwarenya harus didownload terpisah kemudian diinstall secara manual.

Proses ini dikenal dengan istilah Flashing Android.

Seperti yang terjadi pada Samsung Galaxy Grand Prime SM 530H, meskipun resmi mendapat pembaruan sistem ke versi 5.0.2 Lollipop (sebelumnya menjalankan Kit Kat 4.4.4).

Menjalankan proses update secara offline harus menggunakan PC dengan bantuan program Odin Multi Downloader.

Tahap persiapannya sama dengan menjalankan update secara online jadi jangan dilewatkan langkah-langkahnya.

Selanjutnya, download odin versi terbaru atau yang sesuai dengan versi android yang dijalankan oleh smartphone anda saat ini. Selengkapnya tentang Odin multi downloader dapat anda baca panduannya disini.

Tidak lupa pula siapkan Firmware terbaru untuk smartphone android Galaxy anda yang harus sesuai dengan tipe dan pita dasarnya.

Mimin telah menjelaskan panduan mendownload firmware samsung terbaru untuk wilayah indonesia pada panduan ini.

Anda bebas menggunakan salah satu dari beberapa cara yang mimin jelaskan, tergantung cara mana yang menurut anda paling mudah.

Karena menggunakan PC dalam proses instalnya, diperlukan driver USB samsung terpasang pada komputer Windows anda.

Bila sebelumnya anda telah menginstall Samsung KIES, tahap ini bisa anda lewati karena didalam Samsung KIES sudah ada driver USB samsung.

7 langkah install Firmware samsung dengan Odin Multi Downloader

Jalankan Odin dan Pada “Option” centang Auto Reboot dan F.Time Reset.

Klik menu “AP atau PDA” yang berada pada sebelah kanan aplikasi Odin dan cari Firmware untuk smartphone Galaxy anda dengan fortmat “MD5”.

Apabila masih dalam format ZIP atau RAR ekstrak terlebih dahulu. Tunggu proses load firmware sampai ada pesan “Succesfully “ pada Message Box.

Masuk kedownload mode smartphone android anda dengan menekan tombol “Power + Home + Volume Bawah” tunggu sampai muncul Logo Android dengan tulisan “Downloading” dibawahnya serta pesan “Don’t Turn Of Your Phone”

Hubungkan smartphone android ke PC dengan kabel data bawaan yang masih dalam kondisi baik
Tunggu sampai ada keterangan “0:[COM3]” pada ID yang berada disebalah kiri atas aplikasi odin yang menandakan perangkat android telah terbaca

Klik tombol Start untuk memulai proses install sistem.

Apabila peroses instalasi sistem baru telah selesai, perangkat akan restart otomatis.

Gambar Panduan Odin
Tampilan Odin

Pembaruan Perangkat Lunak Android Aplikasi

Sebelumnya sudah mimin jelaskan kalau perangkat lunak aplikasi dapat diperbarui secara online dan offline.

Pertanyaannya...

Mengapa aplikasi-aplikasi tersebut harus diperbarui...?

Seperti yang telah mimin jelaskan diawal, aplikasi versi terbaru akan membawa perbaikan maupun fitur baru yang akan memudahkan dalam menggunakan aplikasi.

Seperti contoh aplikasi Masengger Facebook yang dulu hanya bisa digunakan sekedar mengirim pesan teks dan gambar.

Tetapi sekarang ada fitur panggilan video (Videocall) yang dapat anda gunakan setelah menjalankan aplikasi Masengger versi terbaru.

Secara online anda bisa mendownloadnya melalui Google Playstore, Galaxy Aps maupun pasar aplikasi sejenis seperti Xiaomi Appstore, Oppo Store dll.

Update melalui Google Palystore caranya sama saja mudahnya dengan update aplikasi melalui Galaxy Apps.

Bedanya, Galaxy Apps didesain khusus menyediakan perangkat lunak terbaru untuk Smartphone Android Galaxy, baik itu aplikasi pihak ketiga maupun bawaan sistem.

Langkah-langkah update aplikasi dari Google Palystore :
Masuk ke Google Playstore dengan login menggunakan akun Google anda. Setelah masuk beranda Playstore, swipe kekanan untuk melihat menu Playstore kemudian klik “Aplikasi dan Game Saya”.

Selanjutnya akan ditampilkan aplikasi apa saja yang belum anda update. klik tombol “Update semua” untuk mulai menjalankan proses pembaruan.

gambar Playstore
Aplikasi Android Playstore

Kalau anda kebetulan tidak ada paket data internet untuk memperbarui aplikasi langsung dari Google Playstore atau Galaxy Apps.

Anda bisa kewarnet sebentar untuk download aplikasi mentah dalam format APK disitus APK Mirror.

Database aplikasi begitu lengkap disitus ini, bahkan ada aplikasi yang tidak akan anda temukan di Google Playstore seperti Google Camera.

Bagaimana kalau tidak ada paket data maupun tidak punya uang untuk sewa internet ...?

Tidak usah khawatir, masih ada cara alternative yang tidak mengeluarkan biaya.

Caranya adalah berbagi aplikasi terbaru dari Smartphone android teman menggunakan aplikasi ShareIt.

Shareit memungkinkan kita mengirim file antar perangkat menggunakan Wifi dengan tinggi.

Menurut berita kecepatan transfer menggunakan Shareit 10 kali lebih cepat dibanding Bluetooth.

Dengan Shareit semua jenis file bisa dikirim, baik itu Video, Audio, Gambar, Dokumen bahkan aplikasi yang telah terpasang juga bisa dikirim.

Dengan kemampuan Shareit ini, anda bisa meminta teman anda mengirim aplikasi terbaru yang telah terinstall untuk anda install di Smartphone anda.

Kesimpulan

Menjalankan update perangkat lunak wajib anda jalankan agar smartphone Android Galaxy anda tidak mudah diretas Hacker dan bug-bug pada sistem yang lama dapat ditambal.

Ada dua jenis perangkat lunak yang perlu untuk diupdate yaitu : perangkat lunak sistem dan aplikasi.

Sebelum menjalankan update, pastikan anda telah melakukan pencadangan baik itu pencadangan sistem maupun file-file penting di memori internal ke SD Card atau laptop.

Memperbarui perangkat lunak sistem dapat dilakukan secara online dan offline.

Secara online, anda bisa menggunakan aplikasi Samsung Kies dengan bantuan PC dengan Sistem operasi Windows atau OS X, atau anda dapat mengunduh langsung file update dari smartphone anda menggunakan paket data internet.

Secara offline, anda dapat memperbarui sistem menggunakan program Odin Multi Downloader dengan bantuan PC Windows.

Untuk firmwarenya diunduh secara terpisah sesuai dengan tipe hape dan pita dasar smartphone android.

Perangkat lunak aplikasi dapat diperbarui secara online menggunakan Google Playstore atau Galaxy Apps.

Secara offline, aplikasi-aplikasi yang ingin anda update dapat diunduh paket APK-nya disitus APK Mirror lalu instal secara manual, tapi pastikan perangkat anda mengizinkan aplikasi sumber tidak terpercaya bisa diinstall.

Anda juga dapat meminta bantuan teman anda membagikan aplikasi terbaru yang telah terinstall menggunakan aplikasi Shareit atau aplikasi sejenis seperti Super Beam.

Demikian panduan pembaruan perangkat lunak android samsung galaxy kali ini.

Apabila ada penjelasan yang kurang lengkap dapat ditanyakan dikolom komentar.

Silahkan baca panduan saya yang lain...!

Baca Juga Panduan Upgrade Versi Android :

Cara Praktis Upgrade ROM Xiaomi Tipe Apa Saja

Panduan Upgrade Sistem Android Oppo F1s

Cara Efektive Menignkatkan Versi Android Samsung J7 Prime Ke Android 7.0

Tutorial Instal Firmware Marshmallow Zenfone 2 Laser

Artikel Banggras Android Lainnya :

Copyright © 2015 Banggras Android | Design by Bamz