Cara Upgrade Firmware Samsung Grand Prime SM-530H

Kali ini saya mau sharing pengalaman instal Android Lollipop 5.0.2 pada Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H untuk menggantikan Firmware Android Kit Kat bawaan hape.

Berbeda dengan Firmware Lollipop terdahulu yang hanya mendukung Bahasa Inggris. Firmware yang satu ini sudah mendukung Bahasa Indonesia sehingga tidak perlu instal aplikasi penambah bahasa seperti More Locale.

Tapi ada yang aneh dengan Samsung...

Meskipun mendapatkan update OS Android resmi dari Samsung, ponsel ini (khusunya yang pernah saya pakai) tidak mendapatkan pemberitahuan adanya pembaruan perangkat lunak seperti hape merk lain yang pernah saya gunakan.

Sehingga saya tidak bisa menjalankan Pembaruan Sistem secara Online (Over The Air) seperti yang direkomendasikan para pakar Android.

Yang belum tahu apa itu Upgrade Android Secara Over The Air (OTA) bisa disimak penjelasan dan persyaratannya di :

•    Cara Aman Upgrade Android Via OTA Supaya Tidak Gagal

Pilihan yang ada hanya dua yakni menggunakan PC plus Aplikasi Odin atau Menggunakan bantuan Aplikasi Samsung KIES.
Mempertimbangkan faktor jaringan internet yang tidak stabil, saya akhirnya lebih memilih  menggunakan Odin ketimbang Samsung KIES. Panduan menggunakan Odin untuk menginstal Android Lollipop itulah yang akan saya jelaskan kali ini.

Kalau anda sekedar ingin tahu cara menggunakan Samsung KIES , anda bisa baca dulu Panduan Super Lengkap Upgrade Android ini.

Sebenarnya kita juga bisa upgrade ke Android Lollipop tanpa menggunakan PC, melainkan lansung dari  ponsel menggunakan Custom Recovery seperti CWM atau TWRP.

Akan tetapi, cara ini hanya bisa digunakan apabila Firmware yang akan diinstall merupakan Custom ROM seperti Cyanogen Mod.

Keunggulan menggunakan Custom ROM menurut saya hanya ada di versi Androidnya yang sudah tinggi dari Firmware resmi misalnya ROM versi Marshmallow bahkan Nougat.

Tapi jagan tanyakan tentang kestabilan sistem. Penggunaan Custom ROM itu tidak pernah jauh dari masalah (BUG). Banyak custom ROM tidak bisa menjalankan fitur utama seperti Wi-Fi, Bluetooth, jadi Cuma bisa Nelpon, SMS sama internetan doank.

Yang paling saya tidak suka dari Custom ROM adalah Tweak System yang keterlaluan. Seperti jaringan yang 3G diubah menjadi 4G padahal bohongan.

Padahal agar Grand Prime bisa menggunakan jaringan 4G kita bisa pakai Mi-Fi yang harganya cukup terjangkau dan bisa dishare ke banyak perangkat.

Masalah Custom ROM akan kita coba bahas nanti. Semoga saja saya punya banyak waktu luang untuk menyusun materinya.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana memasang Firmware Lollipop bahasa Indonesia di Samsung Galaxy Grand Prime, hal pertama yang harus anda lakukan adalah terlebih dahulu mendownload Firmwarenya di 5 Situs Rekomendasi ini.

Langkah-langkah Upgrade Android Samsung Grand Prime

Upgrade Firmware Samsung Grand Prime
Ilustrasi Ponsel Samsung Galaxy
Singkatnya...terdapat 7 langkah instalasi Firmware pada Ponsel Samsung Galaxy Grand Prime yaitu :
  1. Mendownload Firmware Lollipop 5.0.2
  2. Install Driver USB Samsung
  3. Aktifkan Pendebug USB pada Ponsel
  4. Masuk ke Download Mode
  5. Jalankan Odin
  6. Sambungkan Ponsel Kabel Data Orisinil (Bawaan)
  7. Mulai proses Flash


Download Firmware Samsung

Pada saat anda akan mendownload sebuah Firmware untuk ponsel Samsung, jangan sekali-kali beranggapan jika hape dengan seri dan spesifikasi yang sama otomatis menggunakan Firmware yang sama juga.

Yang harus anda perhatikan pertamakali adalah Pita Dasar-nya. Buka menu : SETTING / TENTANG PERANGKAT / VERSI PITA DASAR ( itu lho yang ada tulisan HXCU atau XXU ).

Jadi begini...

Firmware Grand Prime HXCU hanya dapat terpasang pada Ponsel dengan Pita Dasar HXCU juga. Jika anda memaksakan untuk memasang Firmware yang berbeda, akan terjadi ERROR pada aplikasi Odin.

Tempat terbaik untuk mendownload Firmware Samsung sebaiknya di situs yang ada di artikel ini. Kelima Situs Web tersebut telah terbukti selalu mengupdate database Firmwarenya secara berkala.

Instal USB Driver Samsung

Sistem operasi Windows hanya akan bisa mengenali ponsel anda jika terlebih dahulu anda menginstal Driver USB dengan vesi yang tepat.

Driver USB ini tersedia dalam dua tipe yakni versi 32 dan 64 bit. Jadi anda tinggal sesuaikan saja dengan tipe Windows yang anda gunakan.

Setelah anda download, langsung instal saja seperti biasa. Kalau anda sebelumnya sudah menginstal Aplikasi Samsung KIES tidak perlu instal driver lagi karena didalam aplikasi tersebut sudah ada Drivernya.

Mengaktifkan Pendebug USB

Untuk dapat mengaktifkan yang namanya Pendebug USB, anda harus mengaktifkan Mode Pengembang (Developer Mode) dengan cara buka MENU SETTING  / TENTANG PERANGKAT) / VERSI PITA DASAR lalu ketuk lima kali berturut-turut.

Selanjutnya tekan tombol kembali, maka akan muncul pilihan Developer Mode pada menu PENGATURAN. Masuk ke opsi Developer Mode dan beri centang pada AKTIFKAN PENDEBUG USB.

Cara Masuk Download Mode

Untuk masuk ke Download Mode gunakan tombol kombinasi HOME + VOLUME BAWAH + POWER.

Bila anda mengalami kesulitan masuk ke Download Mode karena perangkat buru-buru masuk menu. Siasati dengan menekan tombol kombinasi satu persatu seperti tekan HOME lalu VOLUME BAWAH baru kemudian TOMBOL POWER.

Tunggu beberapa saat sampai muncul peringatan akan bahaya menginstal OS Custom abaikan saja dengan menekan tombol VOLUME ATAS untuk melanjutkan instalasi Firmware. Bila ingin membatalkan Download Mode tekan VOLUME BAWAH.

Cara Menggunakan Odin

Masing-masing versi dari Odin Multy Downloader ditujukan untuk Smartphone Samsung dengan versi Android yang berbeda-beda.

Jadi pastikan anda menggunakan Versi Odin yang tepat. Download aplikasi beserta penjelasan tentang versi yang tepat untuk Flash Grand Prime disini.

Menghubungkan PC dengan Smartphone

Gunakan kabel data asli ponsel anda dan tentunya dalam kondisi baik. Hindari menggunakan kabel data hape merk lain dan dalam kondisi bermasalah. Salah dalam menggunakan kabel data dapat menyebabkan proses instalasi mentok di layar hitam dengan pesan “ Connect With Samsung KIES”.

Instalasi Firmware Lollipop

Setelah anda mecolokkan kabel data di Port USB, Odin akan memberi tanda bahwa perangkat telah terbaca dengan kode warna biru. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
   
Upgrade Firmware Samsung Grand Prime
Tampilan Odin
  • No 1. Akan berwarna BIRU jika perangkat terbaca dan berwarna KUNING atau MERAH bisa terjadi ERROR
  • No.2 Pengaturan Default yang tidak perlu dirubah
  • No.3 Klik tombol AP lalu cari Firmware dengan Format File Tar.MD5
  • No.4 tombol START untuk mulai menginstal Firmware
Setelah proses instal selesai, perangkat anda akan RESTART otomatis. Proses Booting pertamakali akan sedikit lebih lama karena sistem secara otomatis akan memperbaharui aplikasi bawaan versi lama dengan versi baru bawaan Lollipop.

FAQ

  • Apakah proses Upgrade Android Grand Prime ke Lollipop akan menghapus data...?
  • Jawab : Proses Upgrade tidak menghapus data, supaya lebih yakin dan tenang sebaiknya data penting pada memori internal anda pindahkan sementara ke SD Card.
  • Apakah Firmware Lollipop ini STABIL...?
  • Jawab : Sangat stabil dan tidak pernah ada ERROR.
  • Apakah sebelum Upgrade harus isi daya baterai dulu...?
  • Jawab : WAJIB dan usahakan 100%.
  • Lebih baik Pakai Laptop atau PC...?
  • Jawab : Laptop saja, kalau mati lampu prosesnya masih bisa jalan.
  • Apakah Grand Prime bisa di Upgrade lagi Ke Marshmallow atau Nougat...?
  • Jawaban : Kalau yang anda maksud Firmware Resmi maka jawabannya TIDAK, tapi kalau Custom ROM jawabannya BISA.

Postingan terkait: