Cara Upgrade Android Oppo F1S ke Marshmallow

Loading...
Cara Upgrade Android Oppo F1S ke Marshmallow

Banyak pengguna Oppo F1S yang bertanya-tanya " Apakah Oppo F1S bisa di Upgrade Androidnya ke versi Marshmallow "...

Pertanyaan ini tentu tergolong wajar karena perangkat Oppo F1S tergolong hape kelas atasnya Oppo. Pihak Oppo tentu faham akan hal tersebut dan akhirnya memberikan jawaban resmi dengan merilis file Update untuk Oppo F1S.

Selamat kepada anda yang menggunakan smartphone Oppo F1S karena sekarang anda bisa upgrade android anda ke versi 6.0 Marshmallow yang juga telah mendukung bahasa Indonesia.

Tapi...

Berhubung file update yang harus anda download cukup besar ( bisa mencapai 1 GB lebih ). Anda pastinya kepingin tahu dulu downk apa sih kelebihan dari android marshmallow ini. Karena kalau sekedar berubah versi ( dari versi 5 ke 6 ) tanpa ada penambahan fitur yang berarti, mending tidak usah upgrade.

Betul tidak…?

Untungnya Android 6.0 Marshmallow hadir dengan beberapa peningkatan fitur baru yang pastinya sayang untuk anda lewatkan Meski sebagian besar pembaruan di android marshmallow merupakan peningkatan dari fitur yang sudah ada pada versi sebelumnya (lollipop).

Yang pasti fitur-fitur ini akan meningkatkan kenyamanan anda dalam menggunakan smartphone Oppo F1S anda.

Penasaran apa saja fitur yang ada di Android 6.0 ini…?

Kelebihan Hape Oppo F1S Menggunakan Android Marshmallow

1. Semakin Hemat Daya Baterai

Tidak seperti iPhone, android diproduksi oleh baragam perusahaan dengan spesifikasi yang beragam pula. Ada yang menggunakan Chipset Snapdragon, MediaTek, Exynos, kirin dll. Ada yang baterainya berkapasitas 4100 mAh, 3000 mAh, 2000 mAh bahkan ada yang seribuan mAh.

Terkait dengan beragamnya kapasitas baterai ponsel android. Google menawarkan sebuah fitur pintar yang dinaman Doze Mode pada Android 6.0. Fitur ini akan secara otomatis menghentikan segala aktifitas yang memakan daya berlebih pada saat ponsel stand by atau mode sleep.

Jadi…hanya program penting (sistem) saja yang efektive berjalan saat masuk mode Doze.

2. Makin Gampang Mencari Apapun Dengan Google

Pada android versi sebelumnya jika ingin menggunakan mesin pencari Google kita mesti buka menu lalu pilih aplikasi google search. Tetapi sekarang tidak lagi, cukup dengan menekan tombol home agak lama maka akan muncul menu google (hallo google).

3. Bisa Menyisipkan Pesan Teks di Lockscreen

Ada fitur keren di android marshmallow yang mana anda bisa menulis pesan, no kontak yang bisa dihubungi atau nama anda pada layar saat ponsel sleep. Jadi kalau hape anda jatuh, orang yang menemukannya dengan mudah bisa menghubungi anda.

4. Full Google Apps

Update android kali ini akan membawa sebagian besar aplikasi google seperti foto, play film, google music dll. Meski anda tidak suka tapi aplikasi google ini tidak bisa anda hapus (menjadi bloatware) dan hanya memakan ruang penyimpanan saja.

Persiapan Sebelum Upgrade Android

1. Backup Data dan Aplikasi

Meskipun dalam prakteknya file yang ada di memori penyimpanan internal tidak akan dihapus. Tapi tidak ada salahnya apabila sebelum upgrade anda backup dulu file penting seperti aplikasi, kontak, foto dan video.

Selain untuk mengamankan file, hal ini juga memberikan ruang lebih besar untuk sistem operasi baru yang akan diinstall.

2. Pastikan Daya Baterai Full

Dari keterangan pihak oppo, untuk menginstall paket upgrade android marshmallow setidaknya diperlukan daya 40%. Tapi jangan berjudi dengan mengikuti informasi tersebut. Karena dari pengalaman, proses upgrade bisa memakan waktu 30-40 menit.

Proses yang berhenti karena kehabisan daya dapat mengakibatkan kerusakan pada ponsel. Untuk itu mengisi daya sampai penuh 100% merupakan hal utama yang harus anda persiapakan

3. Setidaknya Tersedia 1.5 GB Ruang Kosong Pada Memori Internal

Untuk dapat menginstall sistem baru, diperlukan ruang kosong pada memori internal minimal 1,5 GB. Apabila saat ini ruang penyimpanan internal sudah penuh, segera pindahkan file penting anda ke computer atau penyimpanan cloud seperti Google Drive.

4. Paket Data

Jika anda menggunakan Wifi (yang cepat tentunya). Anda bisa skip langkah persiapan ini. Namun bagi anda yang ingin menjalankan upgrade android menggunakan data seluler, setidaknya tersedia minimal 2 GB data. Lebih banyak lebih baik, tapi jangan ngepas, misalnya 1,5 GB.

Dari pengalaman, data yang digunakan untuk upgrade android via data seluler bisa dua kali lipat dari jumlah data yang ada.

Oke, semua persiapan sudah lengkap sehingg proses upgrade bisa anda lakukan.

Langkah Install Android Marshmallow di Oppo F1S

Langkah 1. Cek ketersediaan Pembaruan Perangkat Lunak Sistem untuk Oppo F1S anda. 

Sumber : https://oppo.custhelp.com/euf/assets/images/FAQ/FAQ_34_Common/FAQ_34_Common_1.png


Pada umumnya Sistem Android Color OS akan langsung menampilkan pemberitahuan adanya pembaruan sistem seperti gambar diatas. Namun dibeberapa kasus, kita harus cek sendiri secara manual barulah pemberitahuan itu muncul.

Langkah 2. Untuk mengecek buka menu PENGATURAN -> PONSEL -> PERBARUI SISTEM -> PERBARUI SEKARANG.


Sumber : https://oppo.custhelp.com/euf/assets/images/FAQ/FAQ_34_Common/FAQ_34_Common_3.png

Setelah mengetahui adanya Pembaruan System yang tersedia untuk perangkat kita, download file update yang berukuran lebih dari 1 GB tersebut.

Proses download ini yang membuat Upgrade berjalan lambat. Tetapi itu tergantung jaringan internet yang anda gunakan sih sebenarnya. Saya sendiri sebagai pengguna Telkomsel Flash biasanya butuh waktu 30 menit sampai proses download selesai.

Langkah 3. Instal File Update 

Setelah proses download selesai, kita tinggal lanjut ke tahap instalasi sistem. Prosesnya juga agak sedikit lama sih sebenarnya. Makanya dari awal saya tekankan untuk mengisi daya sampai 100%, agar proses download dan instal tidak terganggu karena harus ngecas dulu.

Setelah proses instal selesai, booting pertamakali mungkin agak lama. Biasanya pada tahap ini sistem sedang membaca dan menyesuaikan diri dengan hardware Oppo F1S kita .

Sampai disini, Upgrade Android Oppo F1S sudah selesai.

Lalu bagaimana cara Upgrade bagi mereka yang punya keterbatasan paket data untuk mendownload file update yang besarnya lebih dari 1 GB.

Untuk masalah ini, Oppo punya solusi yaitu menginstal file update lewat System Recovery.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Download Firmware Color OS Terbaru Untuk Oppo F1S

Pertama download terlebih dahulu ROM Color OS terbaru di www.oppo.com/id/downloads. Ukuran File 1.3 GB.

Baca Juga : Kumpulan Firmware Oppo Terbaru

Langkah 2. Copy Firmware ke SD Card / Internal

Sumber : https://oppo.custhelp.com/euf/assets/images/FAQ/FAQ_34_Common/FAQ_34_Common_4.png

Setelah download selesai, pindahkan file update yang telah didownload tadi ke SD Card tanpa perlu membuat folder khusus. Kalau tidak punya SD Card, copy saja ke Internal (Root Directory) tanpa folder.

Langkah 3. Masuk ke System Recovery (Sistem Pemulihan)

Masuk ke System Recovery dengan cara menekan tombol “ Power + Volume Bawah “ bersamaan. Setelah muncul logo Oppo, lepaskan semua tombol.

Langkah 4. Instal Firmware

Sumber : https://oppo.custhelp.com/euf/assets/images/FAQ/FAQ_34_Common/FAQ_34_Common_5.png

Setelah masuk lakukan Wipe data dan cache untuk menghapus data dan cache aplikasi yang ada pada sistem sebelumnya. Biasanya kalau tahap ini dilewatkan ponsel akan Bootloop atau restart terus menerus.

Setelah Wipe Data Selesai, Instal Fimrware yang telah didownload tadi.
Sumber : https://oppo.custhelp.com/euf/assets/images/FAQ/FAQ_34_Common/FAQ_34_Common_6.png

Langkah 5. Enjoy Android Marshmallow

Setelah semua langkah tadi selesai anda jalankan, Restart Oppo F1S dan selamat menikmati lembut dan hematnya datanya Android Marshmallow.

Kekurangan Oppo F1S Dengan Android Marshmallow

Pihak oppo telah berupaya keras memberikan pengalaman pengguna yang terbaik ketika mengembangkan Color OS. Kalau ada yang tidak suka dengan perubahan yang diberikan itu sah-sah saja.

Bagi anda yang belum dan masih ragu menjalankan upgrade android ke marshmallow pada ponsel Oppo F1S, beberapa hal ini mungkin bisa jadi pertimbangan.

1. Penghapusan Fitur Mode Mudah

Mode mudah merupakan fitur yang akan meringkas tampilan menu ponsel android menjadi lebih sederhana. Mengaktifkan mode mudah tampilan hape seperti laiknya menggunakan feature phone yang hanya menampilkan menu : Panggilan, Pesan, Galery, Kontak, Panggilan darurat dan Galery Favorite.

2. Banyak Bloatware

Telah disebutkan diawal kalau upgrade android ke marshmallow berisi aplikasi google yang bagi sebagian besar anda jarang anda gunakan. Misalnya Google Hangout, Google Foto, Google Music, Play Film dan Chrome. Aplikasi google ini tidak bisa anda hapus, tapi masih bisa di Non Aktifkan.

Bagaimana…Apakah anda siap upgrade android Oppo F1S anda ke Marshmallow…?

Penutup

Demikian langkah-langkah Instalasi Firmware Android Marshmallow untuk Oppo F1S, semoga dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

Apabila ada tahap-tahap yang belum dimengerti, atau tips tambahan yang perlu dimasukkan, silahkan ikut berkontribusi dengan menampilkannya di kolom komentar.

Terima Kasih

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Upgrade Android Oppo F1S ke Marshmallow "

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown

close