Rahasia…Cara Menghapus File Lainnya/ Misc/ Serba Aneka di Xiaomi


Rahasia…Cara Menghapus File Lainnya/ Misc/ Serba Aneka di Xiaomi


Smartphone xiaomi dengan segala kelebihan dan kekurangannya telah berhasil menjadi produsen hp ternama setara dengan Samsung, Sony dan Lenovo.

Meski tergolong merek yang relative baru, kepercayaan masyarakat terhadap produk smartphone dari Xiaomi begitu tinggi.

Hal ini dibuktikan begitu antusiasnya masyarakat membeli produk hp terbaru Xiaomi.

Saya telah mengulas 8 Keluhan Pengguna Xiaomi dan yang selalu menjadi momok para mifans adalah keberadaan File Lainnya/ Misc/ Serba Aneka.

Tutorial ini sudah saya upgrade, baca selengkapnya disini

Jadi begini…

Ketika anda membuka menu Setelan -> Penyimpanan anda akan menemukan bagian yang namanya “ File Lainnya” ditandai dengan warna abu-abu.

Saya dan mungkin anda pastinya merasa bingung dan bertanya “ folder ini isinya apaan sih…? “

Kalau berasumsi isinya Data atau Cache sudah pasti bukan karena label untuk kedua tipe file tersebut sudah ada.

Meskipun telah dicoba mengklik berulang-ulang bagian tersebut tidak mau terbuka.

Yang membuat jengkel, bagian dengan nama File Lainnya ini memakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit, ada yang 1 GB bahkan ada yang lebih dari 4 GB.

Seandainya ruang penyimpanan yang 2 GB terpakai untuk diisi filem dewasa hasil download dari xvideodotcom dengan resolusi 480P bisa muat 20 video lebih.

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini saya mau berbagi tips tentang Cara Menghapus File Lainnya Pada hp Xiaomi yang kemungkinan belum banyak diketahui orang.

Tetapi jujur...

Cara yang akan saya jelaskan ini tidak serta-merta bisa menghapus 100 % konten yang ada pada bagian file lainnya itu.

Melainkan hanya bisa membersihkan hampir 50 % dari total keseluruhannya.

Tertarik…?

Kalau iya lanjutkan baca sampai selesai.

Cara Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi

Ada tiga tahapan cara yang saya lakukan untuk menghapus / mengurangi jumlah ruang penyimpanan yang dimakan oleh File Lainnya di hp Xiaomi.

1. Metode Umum

Sejatinya MIUI bukan hanya stock android yang dioprek agar terlihat tampil berbeda dengan produk smartphone merek lain semata.

Tetapi pihak xiaomi berusaha membuat MIUI menjadi system yang sempurna, cepat dan stabil.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya fitur-fitur yang dijejali pada ROM MIUI.

Contoh : Android mungkin system operasi mobile terkotor dibanding iOS dan Windows Phone karena sistemnya paling rajin membuat sampah.

Mungkin karena itu aplikasi pembersih system seperti CCleaner dan sejenisnya laris manis di unduh pengguna android.

Sadar akan hal tersebut, xiaomi membenamkan aplikasi keamanan berlabel “ Security” yang didalamnya terdapat fungsi membersihkan sampah system.

Aplikasi tersebut merupakan kerjasama Xiaomi dengan Clean Master (salah satu aplikasi pembersih popular android).

Sedangkan fitur Scaning Virus merupakan kerjasama Xiaomi dengan AVAST, masak gak pada tahu antivirus AVAST…?

Kembali ketopik…!

Metode Umum yang saya maksud untuk membersihkan file lainnya pada hape Xiaomi adalah dengan menjalankan aplikasi Security (keamanan) ini secara rutin.

Caranya tinggal klik aplikasi lalu tekan tombol optimalkan, maka dalam beberapa detik system akan mengumpulkan sampah system.

Aplikasi ini juga akan menghentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang serta menggunakan banyak RAM .

Sampai saat ini mungkin anda tersenyum kecut, dan bergumam kalau begini sih gue bisa ngapain ente cerita min…!

Oke…kita lanjut ketahap selanjutnya…

2. Metode Tingkat Lanjut

Metode pertama tadi adalah cara umum membersihkan system.

Tahap selanjutnya adalah menganalisis ruang penyimpanan secara mendalam menggunakan fitur pembersihan lanjutan yang ada dipojok kanan atas.

Secara otomatis, system akan melakukan pemeriksaan ulang secara mendalam, dan hasilnya akan akan tampak seperti gambar berikut :

Cara Menghapus File Lainnya/ Misc/ Serba Aneka di Xiaomi

Setelah selesai, klik tombol “ Bersihkan Sekarang “.

Maaf min, cara diatas sudah kita coba, tapi hasilnya nihil gimana neh, apa ada solusi yang lebih baik dan nyata hasilnya…?

3. Metode Extreme

Yang saya maksud dengan metode extreme disini adalah membersihkan system menggunakan Custom Recovery seperti TWRP.

Sebagai informasi, menginstall TWRP ternyata banyak manfaatnya.

Untuk pengguna seperti saya yang doyan sekali gonta ganti ROM, harus selalu sedia backup ROM supaya ada cadangan system yang sehat jika ROM yang dicoba ternayata tidak sebagus iklannya.

Selain itu, TWRP punya menu WIPE.

Fungsi dari WIPE yang dalam bahasa Indonesia artinya “ Hapus “ bukan istri.

Kalau WIFE baru artinya ISTRI.

Menu WIPE pada TWRP punya kemampuan membersihkan system lebih dalam dibandingkan kemampuan aplikasi pembersih.

Jika aplikasi pembersih biasa hanya mampu menjangkau data dan Cache aplikasi.

TWRP mampu menjangkau sampah hingga ke Emulator Android itu sendiri yakni Dalvi / ART.

Lalu bagaimana menggunakan TWRP membersihkan system android pada hape Xiaomi…?

Perhatian...!

Cara yang saya jelaskan ini berdasarkan pengalaman saya menggunakan perangkat Redmi 4X dan TWRP 3.0.3-0 Cofface.

Jadi, kalau ada perbedaan metode dan tampilan silahkan disesuaikan saja.

Bagi yang belum memasang TWRP silahkan baca panduan Tutorial Lengkap Instal TWRP dari A-Z.

Langkah-Langkah Hapus File Lainnya Dengan TWRP

Rahasia…Cara Menghapus File Lainnya/ Misc/ Serba Aneka di Xiaomi

  1. Masuk ke menu Setelah -> Penyimpanan lalu cek berapa besar bagian File Lainnya untuk kita bandingkan dengan hasilnya nanti.
  2. Masuk ke System Recovery TWRP dengan cara menekan Tombol Power + Volume Atas dan lepaskan saat logo MI muncul.
  3. Setelah masuk menu utama TWRP klik menu Wipe -> Advance Wipe lalu centang partisi Dalvik ART Cache dan Cache. Jangan Sentuh Partisi Lainnya...!
  4. Setelah itu, lakukan penghapusan dengan Swipe Slider kekanan kemudian Reboot System.
  5. Proses booting pertamakali akan memakan waktu agak lama, jangan panik.
Cek kembali berapa besar File Lainnya yang berhasil dihapus dengan cara ini, lalu ceritakan hasil maupun masalahnya di kolom komentar.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah saya sampaikan diatas, ada 3 kesimpulan yang bisa ditarik yaitu :
  1. File Lainnya merupakan residu yang hanya mengahbiskan ruang penyimpanan pada perangkat anda.
  2. Jangan ragu dan menunda melakukan update pembaruan system karena pembaruan system juga akan membersihkan konten yang menumpuk di folder File Lainnya
  3. Gunakan ROM Developer, karena dari pengalaman File Lainnya akan hilang sendiri bila rutin dibersikan menggunakan aplikasi pembersih bawaan.
Tutorial diatas hanya Versi Pertama (V.1) dari Tutorial Menghapus File Lainnya di hp Xiaomi Redmi 4X.

Tutorial Menghapus File Lainnya di hp Xiaomi Redmi 4X V.2 lebih sukses dan saya akhirnya bisa menggunakan Memori Internal saya 100 %.

Postingan terkait:

40 Tanggapan untuk "Rahasia…Cara Menghapus File Lainnya/ Misc/ Serba Aneka di Xiaomi"

  1. APAKAH KLAU KITA COBA SEPERTI CARA EXTREM,HP APA BISA NORMAL ( TIDAK AKAN RUSAK )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman Gan...Hape saya masih normal sampai hari ini...

      Delete
  2. oke perlu dicoba ini, bisa minta contact nya gan? ini redmi 3 ku file lainnya / misc sampai 6 Gb bikin pusing

    ReplyDelete
  3. 2 cara udah di coba sebelum baca artikel ini.
    Pas baca cara extreme pengen nyoba. Tapi takut. Soalnya bukan yang paham banget sama sistem hp xiomi ini.

    Btw gan. File 'lainnya' gue 13gb ((entah apa coba isinya 😂))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung keberanian aja gan...dah parah kalo 13 GB gan

      Delete
  4. wipe data wipe cache, kembali ke setelan awal wkwkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tong baca tong....yang di diwipe itu Dalvik / ART Cache

      Delete
  5. Udah dicoba...file lainnya bisa berkurang ratusan MB...lumayanlah l

    ReplyDelete
  6. Belum coba yang mode extreme nih, sampe 5 gb nyesek amat nih hp, free up space 90mb😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan coba asal udah baca disclaimernya ya mas gan

      Delete
  7. Gan, mohon maaf nih, minta link download twrp,. Ane nyari nyari takut salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://forum.xda-developers.com/xiaomi-redmi-4x/development/official-twrp-3-2-1-0-xiaomi-redmi-4x-t3718217

      Delete
  8. Replies
    1. Nyesek bagnet gan...coba aja yang ekstreme...asal dah manut ma disclaimer diatas

      Delete
    2. Punyaku malah 16gb mas yg file lainnya.. Tolong dong gmn caranya? Krn ni jg bingung, klo ga bisa cara hapusnya otomatis mau nmbah hp lagi..

      Delete
  9. Min, saya mengalami hal yang sama. Bahkan File Lainnya di penyimpanan saya mencapai 5.4 Giga. Anjiiirr banyak bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk...ikhtiar aja gan silahkan mau dicoba atau ndak asal sudah saya share apa yang saya tahu

      Delete
  10. Gan klo hp dalam kondisi root bisa pake yg extreme? File lain nya ufh nyampe 10gb nih

    ReplyDelete
  11. Gan klo hp dalam kondisi root apa bisa pake cara extreme?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa downk gan...yang laen bisa masa agan ndak

      Delete
  12. Harus twrp dlu kah?
    Soalnya saya ke mode recovery ikutin step diatas ,tampilan nya tidak sama seperti diatas hanya ada reboot dan wipe data mm .. itu pun wipe all data

    Saya pake redmi 5a yg cuma punya internal 16gb ,, syedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake TWRP atau Recovery Bawaan...?
      Kalau yang ditutorial pake TWRP Agan Tomy

      Delete
  13. File MISC Handphone saya 23 GB. Lalu Saya sudah terapin semua step, tapi wasn't worked. Akhirnya saya flashing ROM,dan hasilnya kehapus semua gan.. yang penting sebelum flash rom harus backup data penting..

    ReplyDelete
  14. HH tanpa root bisa pake metode extrem g?

    ReplyDelete
  15. Wagelaseh..min pake cara kedua udh bisa ,ternyata sampahku emg banyak ,dari 10gb jadi 1gb,makasih min

    ReplyDelete
  16. Min klo blm root bs pake cara no 3 dan bagaimana caranye,,,pleasr🙏🙏

    ReplyDelete
  17. Min klo blm root bs pake cara no 3 dan bagaimana caranye,,,pleasr🙏🙏

    ReplyDelete
  18. kaa ituu khusus untuk xiaomi redmi 4x doang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cobanya di Redmi 4X...selama masih pakai MIUI pastinya bisa juga di hp Xiaomi lain

      Delete

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown

close