Biang Informasi Seputar Android

Rahasia…Cara Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi

Artikel terkait : Rahasia…Cara Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi


Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Hape Xiaomi
Smartphone xiaomi dengan segala kelebihan dan kekurangannya menurut mimin telah berhasil menjadi produsen smartphone android ternama dan setara dengan merek-merek beken yang telah lebih dahulu terjun keranah perangkat mobile semisal : Mito, Evercoss, dan Advan (tolong dikoreksi jika salah).

Meski tergolong sebagai merek yang relative baru, kepercayaan masyarakat terhadap produk smartphone dari Xiaomi begitu tinggi.

Hal ini dibuktikan begitu antusiasnya masyarakat membeli produk smartphone terbaru Xiaomi saat flash sale di lazada. Mimin gak pernah dapet ikutan flash sale meski sudah antri lama, maklum stock barangnya terbatas dan sudah keburu habis dalam hitungan menit.

Jika berbicara tentang kekurangan yang dimiliki smartphone merek xiaomi, ada satu masalah yang selama ini selalu menjadi momok para mifans (sebutan untuk pecinta hape xiaomi) dan sampai saat ini belum ada penjelasan yang jelas terkait bagaimana menyelesaikan masalah tersebut.

Jadi begini…

Ketika anda membuka menu Setelan / Penyimpanan pada hape xiaomi anda maka system akan menampilkan kapasitas media penyimpanan perangkat beserta konten apa saja yang ada didalamnya.

Jika anda perhatikan, pada bagian terbawah dari informasi ruang penyimpanan, anda akan menemukan bagian yang namanya “ File Lainnya” ditandai dengan warna abu-abu.

Saya dan mungkin anda pastinya merasa bingung dan bertanya “ folder ini isinya apaan sih…? “

Mau bilang isinya data atau cache sudah pasti bukan karena data tersebut sudah ada, pas diklik malah tidak mau terbuka.

Yang membuat jengkel, bagian dengan nama file lainnya ini memakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit, ada yang 700 MB, 1 GB bahkan ada yang sampai 2 GB.

Memory 2 GB terpakai untuk hal yang tidak jelas peruntukannya pastinya bikin nyesek.

Padahal kalau ruang yang 2 GB diisi filem dewasa hasil download dari xvideodotcom dengan resolusi 480P bisa muat 20 video lebih…mantap kan…?

Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
File Lainnya / Misc / Serba Aneka

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini mimin mau berbagi tips tentang cara menghapus file lainnya pada hape xiaomi yang kemungkinan belum banyak diketahui orang.

Tetapi jujur ya, cara yang akan mimin jelaskan ini tidak serta-merta bisa menghapus 100 % konten yang ada pada bagian file lainnya itu, melainkan hanya bisa membersihkan hampir 50 % dari total keseluruhannya.

Tertarik…? Kalau iya lanjutkan baca sampai selesai

Kalau tidak, klik disini untuk membaca Tutorial Mempercantik Tampilan Hape Xiaomi Anda Menjadi Android One kayak Mi A1.

Disclaimer
Segala kerusakan yang dihasilkan dengan mengikuti tutorial dalam artikel ini menjadi tanggung jawab masing-masing dan mimin tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan tersebut.  

Cara Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi

Sebelum menjelaskan, mimin mau cerita dulu tentang apa sih kira-kira isi pada folder file lainnya yang memakan banyak ruang penyimpanan itu, bagi yang mau langsung baca panduannya silahkan diloncat ke langkah-langkahnya.

Sebelum berani menulis panduan ini, mimin terlebih dahulu mencari informasi tentang konten apa yang memenuhi folder file lainnya pada hape xiaomi.

Ada member forum XDA yang mengatakan kalau file lainnya itu kemungkinan isinya theme data penting yang dibutuhkan system untuk dapat berjalan secara maksimal.

Tetapi yang membuat mimin ragu tentang kebenaran kabar tersebut adalah : kalau memang file lainnya itu berisi data untuk system, mengapa kapasitasnya TIBA-TIBA BISA BERKURANG dan MEMBENGKAK tanpa ada informasi yang jelas.

Mengapa mimin memberi huruf tebal pada kata tiba-tiba bisa berkurang dan membengkak…?

Jadi begini, mimin kan orangnya suka gonta-ganti ROM, kadang Makai developer, kadang Stable, kadang ROM China, kadang pula ROM Global.

Setelah beberapa bulan kemarin berpindah dari Developer global ke Global Stable, mimin perhatikan ada 1,5 GB memori terbuang untuk file lainnya.

Beberapa minggu kemudian, ada update perangkat lunak terbaru untuk ROM Global Stable yang mimin gunakan. Ukuran file update sekitar 400 MB, tanpa fikir panjang lansug mimin download via OTA dan install seperti biasa.

Tahu gak apa yang terjadi selanjutnya…?

Pada bagian file lainnya yang semula 1,5 GB berkurang drastis menjadi hanya 500 MB…!

Apa yang terjadi kira-kira saudara…?

Menurut mimin, 1,5 GB itu merupakan sampah system, setelah ada pembaruan maka system yang telah diperbarui itu berhasil membersihkan 1 GB sampah yang selama ini hape Xiaomi mimin kandung…

Tidak sampai disitu, pengalaman mimin terkait file aneh yang ada di folder file lainnya ini berbeda pula pada saat mimin menggunakan ROM Developer.

Ketika mimin banyak mengisi memori dengan beragam file, ukuran file lainnya juga ikut bertambah meskipun file telah dihapus atau dipindahkan ke computer.

Anehnya lagi, kalau mimin tidak mengisi file apapun kedalam memori dalam kurun waktu lama serta rutin melakukan pembersihan system dengan aplikasi bawaan xiaomi, kapasitas file lainnya ini terus menyusut sampai mendekati 50 MB…GILAAAAA

Dari hasil pengalaman dan penelusuran tersebut ahirnya mimin meyakinkan diri kalau konten yang ada pada folder file lainnya itu adalah RESIDU yang pihak xiaomi sendiri bingung mau naruhnya dimana, gitu aja.

Lalu, bagaimana cara membersihkannya…?

Cara membersihkan system dari tumpukan file lainnya ini mimin bagi menjadi tiga tahap yaitu : Metode Umum, Metode Tingkat Lanjut dan Metode Extreme

1.    Metode Umum
Sejatinya MIUI bukan hanya stock android yang dioprek agar terlihat tampil berbeda dengan produk smartphone merek lain semata.

Tetapi pihak xiaomi berusaha membuat MIUI menjadi system yang sempurna, cepat dan stabil.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya fitur-fitur yang dijejali pada ROM MIUI.

Contoh : Android mungkin system operasi mobile yang terkotor dibanding iOS dan Windows Phone karena sistemnya paling rajin membuat sampah.

Mungkin karena itu aplikasi pembersih system seperti CCleaner dan sejenisnya laris manis di unduh pengguna android.

Sadar akan hal tersebut, xiaomi membenamkan aplikasi keamanan berlabel “ Security” yang didalamnya terdapat fungsi membersihkan sampah system serta meningkatkan kecepatan perangkat android serta fitur scaning yang gunnya mencegah virus menyerang system.

Aplikasi tersebut tidak dibuat sembarangan, karena system permbersihnya merupakan kerjasama Xiaomi dengan Clean Master (salah satu aplikasi pembersih popular android) dan fitur scaningnya merupakan kerjasama Xiaomi dengan AVAST, masak gak pada tahu antivirus AVAST…?

Kembali ketopik…!

Cara umum yang mimin maksud untuk membersihkan file lainnya pada hape Xiaomi adalah dengan menjalankan aplikasi security (keamanan) ini secara rutin.

Caranya tinggal klik aplikasi lalu tekan tombol optimalkan, maka dalam beberapa detik system akan mengumpulkan sampah system, mengentikan aplikasi yang tidak berguna tapi ikut menggunakan banyak RAM dll, serta melakukan scaning terhadap kemungkinan penyerangan virus kedalam system.

Tampilan aplikasinya kurang lebih seperti ini :

Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Aplikasi Security
Sedangkan cara menjalankan aplikasi ini kayak gini :

Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Klik Tombol Optimalkan Untuk Membersihkan
Sampai saat ini mungkin anda tersenyum kecut, dan bergumam..kalau begini sih gue bisa ngapain ente cerita min…!

Oke…kita lanjut ketahap selanjutnya…

2.    Metode Tingkat Lanjut
Itu cara umum membersihkan system, tahap selanjutnya adalah kita menggunakan fungsi analisis secara mendalam yang dimiliki aplikasi security Xiaomi.

Untuk menggunakannya, tombol pembersihan lanjutan yang ada dipojok kanan atas…!

Secara otomatis, system akan melakukan pemeriksaan ulang secara mendalam, dan hasilnya akan ditampilkan seperti pada gambar berikut ini :

Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Klik Permbesihan Lanjutan

Hasil scaningya kurang lebih kayak gini gan, sampah yang terdeteksi langsung hapus saja dengan mengklik tombol “ Hapus Sekarang “.

Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Bersihkan Satu Persatu
Maaf min, cara diatas sudah kita coba, tapi hasilnya nihil gimana neh, apa ada solusi yang lebih baik dan nyata hasilnya…?

3.    Metode Extreme
Yang mimin maksud dengan metode extreme disini adalah membersihkan system menggunakan Custom Recovery seperti TWRP.

Sebgai informasi, menginstall TWRP sebenarnya penting sekali dilakukan, mengingat mimin yang doyan sekali gonta ganti ROM, jadi harus selalu sedia backup ROM supaya ada cadangan system yang sehat jika ROM yang dicoba ternayata tidak sebagus iklannya.

Selain itu, TWRP punya menu WIPE. Fungsi dari WIPE yang dalam bahasa Indonesia artinya “ Sapuan “ bukan istri..kalau WIFE baru artinya ISTRI.

Menu WIPE pada TWRP punya kemampuan membersihkan system lebih dalam dibandingkan kemampuan aplikasi pembersih.

Jika aplikasi pembersih biasa hanya mampu menjangkau data dan Cache aplikasi, TWRP mampu menjangkau sampah di Emulator Android itu sendiri seperti DALVIK atau yang lebih baru namanya ART.

Lalu bagaimana menggunakan TWRP membersihkan system android pada hape Xiaomi…?

Perhatian : Cara yang mimin jelaskan ini berdasarkan pengalaman mimin menggunakan perangkat Redmi 4X dan TWRP 3.0.3-0 Cofface. Jadi, kalau ada perbedaan metode dan tampilan silahkan disesuaikan saja.

Pertama masuk dulu ke TWRP dengan cara buka menu Setelan / Tentang Ponsel / Pembaruan Sistem.

Pada pojok kanan atas ada titik 3, klik tombol tersebut lalu pilih opsi “ Mulai Ulang ke Mode Pemulihan “, kalau perangkat anda menggunakan bahasa inggris silahkan disesuaikan.

Gunakan cara diatas apabila perangkat dalam kondisi hidup, sedangkan kalau kondisi mati, gunakan kombinasi tombol “Volume Up + Power “ lalu tahan, tunggu sampai perangkat bergetar, lepaskan dan biarkan saja sampai perangkat anda masuk kesistem recovery TWRP.

Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Tampilan TWRP
Setelah masuk kemenu utama TWRP, akan anda menemukan delapan pilihan, langsung klik WIPE / Advance Wipe lalu centang pada : Dalvik / ART dan Data Cache, pilihan yang lain Data, Internal Storage, System dan Micros SD Card jangan anda centang.

Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Klik Advance Wipe
Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Centang : Dalvik/ART Cache dan Cache

Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi
Jalannnya Proses Pembersihan
Kalau salah satu ikutan dicentang dan di Wipe, kira-kira gimana gan..apakah hape saya bakalan rusak…?

Kalau anda melakukan Wipe data maka aplikasi yang telah anda install akan mulai dari nol. Semua pengaturan, akun dll habis dibersihkan.

Kalau yang Internal Storage itu maksudnya memori internal yang akan dihapus isinya. Itu artinya, foto, video, Documen dll amblas dihapus.

Kalau system anda centang dan di Wipe, sistem android anda hilang, harus install ulang ROM lagi, dan yang terahir Micro SD (memori eksternal), kalau di Wipe maka semua data di Micros SD akan hilang.

Lalu eksekusi proses WIPE dengan swipe kekanan, saya yakin anda tidak akan bingung karena instruksi dari aplikasinya sangat jelas.

Setelah selesai, pilih opsi REBOOT SYSTEM untuk memulai ulang perangkat dan masuk kedalam system Android.

Proses booting mungkin agak lebih lama dari biasanya, untuk itu dimohon kesabarannya.

Jika sudah masuk kedalam system, tanpa ba bi bu lagi buka menu Setelan / Penyimpanan dan bandingkan berapa ratus MB ruang yang bisa diselamatkan.

Silahkan ceritakan pengalaman anda  mencoba cara ini dan hasil yang didapat dikolom komentar (sangat saya rekomendasikan..)

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah mimin sampaikan diatas, ada 3 kesimpulan yang bisa ditarik yaitu :
  1. File Lainnya yang mengambil banyak ruang pada perangkat smartphone android xiaomi merupakan residu. Gunakan ketiga cara yang telah dijelaskan diatas untuk menyelamatkan lebih banyak ruang kosong pada perangkat anda.
  2. Jangan ragu dan menunda melakukan update pembaruan system jika perangkat anda mendapatkannnya, karena dari pengalaman, pembaruan system akan membersihkan konten yang menumpuk di folder File Lainnya
  3. Gunakan ROM Developer, karena dari pengalaman File Lainnya akan hilang sendiri bila rutin dibersikan menggunakan aplikasi pembersih bawaan.

Sudah itu saja…!

Suka dengan artikel ini, saya yakin anda juga akan suka artikel saya yang ini “ Cara Upgrade Android Hape Xiaomi Tipe Apa Saja

Artikel Banggras Android Lainnya :

2 komentar:

  1. APAKAH KLAU KITA COBA SEPERTI CARA EXTREM,HP APA BISA NORMAL ( TIDAK AKAN RUSAK )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman Gan...Hape saya masih normal sampai hari ini...

      Delete

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik

Copyright © 2015 Banggras Android | Design by Bamz