Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asus Z00VD, Spesifikasi dan Harga Bekas Terkini 2021

Z00VD Asus Apa dan Keluaran Tahun Berapa ..?

Asus Z00VD merupakan kode produk dari Asus Zenfone Go ZC500TG dan merupakan ponsel Android lawas yang dirilis pada bulan Agustus 2015. Pada awal kemunculannya ponsel ini dibanderol dengan harga sekitar 1,5 jutaan rupiah.

Mengusung layar yang tergolong paling luas pada masa itu, hape ini sempat menjadi salah satu pesaing Samsung untuk produk Smartphone kelas Entry Level. Mengusung desain body Argonomis dan beda dari pesaing, ponsel Asus Z00VD sempat didaulat sebagai produk Smartphone Asus terlaris saat itu.

Seiring dengan berjalannya waktu keberadaan Zenfone Go ZC500TG mulai ditinggalkan karena spesifikasi yang diusung sudah tidak muat untuk menghandle aplikasi terkini yang makin tinggi kebutuhan hardwarenya.

Katanya...!!!

Benarkah demikian...?

Lalu seperti apakah spesifikasi sebenarnya dari Asus Z00VD ini..?

Asus Z00VD

Spesifikasi Utama Asus Z00VD

Kita mulai dari body dimana ponsel ini dilapisi cangkang berbahan plastik yang biasanya menjadi pilihan utama produsen untuk produk kelas Low End.

Namun ada yang menarik dengan Asus Z00VD ini, dimana tidak seperti produk hape merk lain berbahan plastik yang biasanya terasa ringan serta ringkih, pada saat digenggam Asus Z00VD terasa padat berisi dan begitu pula disemua sisinya dibuat presisi seperti ciri khas produk Asus.

Yang tidak kalah penting, ponsel ini begitu nyaman untuk dipegang berkat desain bodi bagian belakang dibuat agak melengkung mengikuti kontur lekuk telapak tangan. Hal ini membuatnya enak digenggam serta tidak mudah selip meski digunakan dengan satu tangan meski si pemilik kriteria pengguna dengan telapak tangan kecil.

Yang menarik juga dari desain Asus Z00VD ini adalah peletakan tombol navigasi dimana  posisi “ Recent Apps “ dan “ Back “ agak beda dengan merk lain. Tombol Recent Apps misalnya, pada hape  Xiaomi dan Samsung biasanya berada disebelah kiri, sedangkan Asus ada disebelah kanan. Begitu juga dengan tombol Back yang lazim berada disebelah kanan, di ponsel Asus berada disebelah kiri.

Satu lagi...

Dengan posisi Speaker utama yang berada dibelakang bodi, saat digunakan bermain Permainan dengan mode landscape, speaker jadi tertutup oleh tangan sehingga sound tidak jelas terdengar.

Beralih ketampilan dimana kita mendapati Asus Z00VD memiliki layar dengan luas 5 inci dengan panel IPS LCD beresolusi HD ( 1280 x 720). Rasio antara layar dan body sekitar 68%, dimana pada bagian muka ada bezel cukup tebal dibanding hape keluaran sekarang.

Untuk dapur pacunya, ada MediaTek MT6580 Quad Core CPU ARM Cortex A7 berkecepatan maksimal hingga 1.3 Ghz. SoC MediaTek ini dibekali dengan pengolah grafis (GPU) Mali 400MP2, salah satu GPU terbaik yang dikembangkan ARM pada masa itu. GPU Mali 400MP2 ini berkecepatan 500 MHz serta mampu mendukung perangkat dengan resolusi maksimal HD (720P).

Asus Z00VD RAM Berapa ?

Asus Z00VD memiliki memori RAM sejumlah 2 GB untuk menjalankan sistem Android Lollipop yang dijalankannya serta ruang penyimpanan sejumlah 16 GB sebagai tempat sistem Android tersimpan beserta aplikasinya sekaligus sebagai tempat anda menyimpan file seperti foto, video dan dokumen.
Berbicara tentang Android Lollipop dan Memori penyimpanan, kedua poin tadi harus anda fikirkan apabila ingin membeli Asus Z00VD ditahun 2019 ini.

Memangnya ada apa dengan Android Lollipop dan Ruang penyimpanannya...?

Pertama, ditahun 2019 ini rata-rata sudah menggunakan Android Oreo dan sudah bersiap-siap upgrade ke Pie. Menggunakan Android lollipop saat ini bukan opsi yang tepat karena keterbatasan fitur yang dimilikinya seperti  : tidak adanya Fitur Doze Mode untuk penghematan daya atau Fitur Quick Switch untuk berpindah aplikasi dengan cepat.

Sedangkan untuk penyimpanan yang hanya 16 GB, jika nanti anda berencana untuk menginstal banyak aplikasi baik itu Permainan atau program umum, opsi menambah ruang simpan dengan SD Card sangat dianjurkan.

Karena pada dasarnya untuk sistemnya sendiri akan memakan banyak ruang memori internal, dimana untuk sistem bisa mencapai 5 GB. Angka tersebut belum ditambah data aplikasi Pre-Instal yang bisa mencapai 3-4 GB sehingga otomatis hanya tersisa 7-8 GB sebagai ruang penyimpanan awal.

Untungnya Asus Z00VD ini punya Slot Ekspansi Memori hingga 64 GB dengan tipe Micro SD yang bisa menjadi ruang tambahan guna mengatasi keterbatasan memori internal.

Tips untuk anda...!

Maksimalkan pula keberadaan aplikasi Google Drive yang menyediakan 15 GB ruang penyimpanan awan secara gratis sehingga anda tidak melulu mengandalkan memori internal untuk menyimpan foto dan video. Cara penggunaan Google Drive Android dapat anda baca di Tutorial Google Drive Untuk Pemula.

Komponen penting lainnya yang perlu untuk dibahas adalah baterai. Asus Z00VD dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas 2700 mAh. Angka yang sebenarnya sangat kecil jika dibandingkan dengan kapasitas baterai terbaru yang minimalnya 3000 mAh.

Meski kapasitas baterai kurang dari 3000 mAh, bukan berarti hape ini tidak bisa digunakan seharian, karena semua itu tergantung dari intensitas penggunaan hape itu sendiri. Untuk penggunaan normal yang terbatas pada aktifitas Telpon, SMS, Internetan dan besosial media, angka 2700 mAh pastinya cukup bertahan seharian penuh.

Oia...

Untuk kamera Asus Z00VD punya dua buah kamera yang masing-masing beresolusi 8 MP dibelakang dan 2 MP didepan. Kualitas gambar yang dihasilkan kamera belakang dari Asus Z00VD cukup baik.

Yang paling keren dari kamera Asus Z00VD adalah kemampuannya mengambil foto bokeh  meski hanya menggunakan satu buah kamera saja. Kemampuan ini didukung oleh aplikasi kamera bawaan yang dibenamkan dengan fitur “ Deep of Field “ atau DOF .

Cara menggunakannya cukup mudah, anda tinggal buka aplikasi kamera tekan tombol mode dipojok kiri bawah (berbentuk kotak-kotak) lalu pilih Mode Kedalaman Bidang atau Deep of Field.

Anda cukup menjepret objek sekali lalu tahan karena kamera akan secara otomatis mengambil gambar kedua untuk efek blurnya.

Referensi : Cara Foto Bokeh Asus Zenfone 2 Laser

Kelebihan Asus Z00VD Zenfone Go ZC500TG

  1. Desain Argonomis dengan bentuk bagian belakang melengkung membuatnya mudah dan nyaman dipegang, meski sebenarnya desainnya ini membut hape jadi terlihat agak tebal.
  2. Ukuran layar sudah pas (5 inci) tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil serta Resolusi layar sudah HD, jadi tidak masalah untuk streaming Youtube dengan resolusi tinggi. 
  3. Memori RAM 2GB yang sudah cukup untuk menghandle aplikasi apapun ditahun 2019 ini seperti Permainan PUBG yang salah satu syaratnya adalah RAM minimal 2 GB.

Harga Bekas Asus Z00VD / Zenfone Go ZC500TG

Karena merupakan produk lama, sangat sulit menemukan Asus Z00VD dalam kondisi baru. Untuk harga bekasnya sendiri hape ini dibanderol dengan harga beragam, namun kisaran harga untuk hape dengan kondisi fisik masih mulus yang didapat dari OLX sekitar Rp.650.000.

Harga ini tidak mutlak, karena jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah anda tinggal mencarinya di FJB Facebook. Hape Asus Z00VD banyak dijual dengan beragam kondisi dan harga.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Bekas Asus Z008D Terkini

Pertanyaan Seputar Asus Z00VD Beserta Solusi

Ada banyak pertanyaan seputar Asus Z00VD yang akan coba saya jawab pada postingan ini seperti masalah jaringan internet, Fimrware dan kerusakan yang sering dialami penggunanya.

1. Jaringan Asus Z00VD Sudah 4G...?

MediaTek MT6580 yang menjadi otak dari Asus Z00VD tidak dibekali denga modem 4g sehingga jaringan yang didapat maksimalnya ada di HSPA saja. Meski demikian, kecepatan unduh maksimal dari modem ini sangat tinggi, mencapai 42 MBPS. Sedangkan untuk uploadnya bisa mencapai 7 MBPS.

Perlu untuk diingat, melakukan perubahan pada sistem atau menginstal Custom ROM tertentu tidak akan bisa mengubah hape ini bisa menjalankan jaringan 4G karena masalahnya ada pada hardware yakni Modem pada SoC yang belum mendukung jaringan 4G LTE.

Tapi anda sebetulnya tidak perlu khwatir karena kecepatan internet 3G sebetulnya cukup tinggi dan yang paling penting lebih stabil dibanding 4G. hal ini disebabkan sebaran jaringan 3G jauh lebih merata dibanding 4G yang baru beberapa tahun gencar dipromosikan.

2. Asus Z00VD Firmware Bisa Upgrade ke Marshmalllow...?

Sayangnya, Asus Z00VD dari situs resmi Asus sendiri tidak mendapatkan pembaruan perangkat lunak sistem yang lebih tinggi dari Lollipop. Untuk bisa menjalankan versi Android diatasnya, caranya hanya satu yakni menggunakan Custom ROM.

Tetapi menggunakan Custom ROM punya resiko seperti beberapa fungsi dari hape tidak berjalan semestinya. Sebagaimana kita tahu Custom ROM dikembangkan secara bebas dengan dukungan resource terbatas. Jadi besar kemungkinan custom rom yang beredar diinternet memiliki banyak BUG.

Untuk Firmware resminya sendiri anda tidak perlu susah-susah cari dinternet karena Banggras Android telah menyediakan Fimrware terbaru untuk Asus Z00VD disini.

3. Apakah LCD Asus Z00VD Mudah Rusak...?

Kerusakan pada LCD atau Touchscreen biasanya disebabkan oleh benturan akibat jatuh atau tekanan benda keras lain saat berada dikantong.

Kerusakan LCD dan Touchscreen akan berakibat pada layar jadi tidak sensitif terhadap sentuhan serta warna  berubah aneh (tidak karuan).

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada saat menghadapi kondisi seperti ini tentu saja dengan ganti LCD dan Touchscreen. Untuk harga komponen pengganti cukup murah, survey harga LCD + Touchscreen di beberapa situs jual beli seperti Bukalapak dan Tokopedia sekitar Rp.245.000 hingga Rp.300.000 saja. Itu belum termasuk ongkos kirim dan pemasangan. Jika anda bisa memasang sendiri, tentu lebih baik.

Untuk yang mau belajar cara pemasangan LCD dan Touchscreen Asus Z00VD mandiri bisa belajar dari video berikut :


4. Apakah Asus Zenfone Go Cocok Untuk Gaming ?

Sebenarnya semua hape andorid pasti bisa digunakan untuk bermain game, entah itu hape Flagship atau hape kentang asal game yang akan dimainkan tidak terlalu banyak memakan resource hardware. Kalau untuk game kekinian seperti FF,PUBG dsb, sebaiknya tidak usah sebab spesifikasi ponsel ini sudah terlalu lawas.

Kesimpulan

Setelah anda mengetahui apa saja spesifikasi utama dari Asus Z00VD, apa kelebihan dan kekurangannya, pertanyaannya terakhir yang muncul adalah apakah hape ini masih layak digunakan di tahun 2019.

Jawabannya tergantung kebutuhan anda, jika anda merasa cukup dengan spesifikasi Asus Z00VD seperti penjelasan diatas maka tidak ada salahnya menggunakan hape ini ditahun 2019, toh harga bekasnya juga sangat terjangkau.

Sedangkan kalau anda misalnya menginginkan hape dengan performa yang sesuai dengan aplikasi terkini (khsusunya Permainan) sebaiknya beralih ke hape lain misalnya Redmi 6A. selain sudah mendukung jaringan 4G LTE, performanya juga lebih baik dari Asus Z00VD karena spesifikasi hardware yang digunakan jauh lebih baik.

Sedangkan untuk anda yang ingin mendapatkan hape yang sudah mendukung jaringan 4G LTE tapi harganya murah, silahkan pilih salah satu dari 20 hape 4G ini.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close