Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal TWRP dan Root Samsung SM-J111F/DS Tanpa PC

Cara Install TWRP di Samsung Galaxy J1 Ace SM-J111F/DS Sekaligus Root Lewat Recovery Tanpa PC - Kali ini saya akan jelaskan gimana caranya menginstal Recovery Pihak ketiga di Samsung Galaxy J1 Ace SM-J111F. Tujuan kita nginstal Recovery ini supaya hape jadi lebih mandiri dan tidak tergantung dengan PC kalau maun instal Firmware Custom, Root dsb.

Tapi sebelum lanjut, sudah pada tahu belum apa itu Recovery…?

Yang dimaksud dengan System Recovery Mode pada perangkat Android adalah partisi Bootable khusus yang di dalamnya telah terinstal konsol pemulihan. System Recovery Mode atau Mode Pemulihan System dalam Bahasa Indoneisa berisi beragam tool pemulihan dan juga fitur untuk menginstal firmware kedalam perangkat android.

Sebenarnya dari awal semua perangkat Android sudah dilengkapi dengan recovery bawaan atau yang biasa disebut dengan Stock Recovery. Namun masalahnya, Recovery Bawaan Samsung ini memiliki fungsi utama yang sangat terbatas, yaitu untuk menghapus data pengguna dan juga untuk memberikan update System secara manual dengan paket pembaruan terverifikasi.

Untuk masuk ke dalam mode ini, setiap perangkat Android memiliki cara yang berbeda-beda. Khusus perangkat buatan Samsung untuk masuk ke System Recovery Mode biasanya menggunakan kombinasi Tombol “ Home + Power + Volume Up “. Sedangkan untuk Ponsel Samsung keluaran terbaru yang tidak memiliki tombol Home, cukup dengan tombol “ Power + Volume Up “.

Untungnya, Stock Recovery yang ada di perangkat android Samsung dapat diganti dengan Custom Recovery yang punya fitur lebih lengkap seperti : Instal Firmware (ROM), Instal Aplikasi, Backup dan Restore System, Reset Ke Pengaturan Pabrik dll. Custom Recovery yang banyak digunakan saat ini ada 2 yakni Clock Work Mod (CWM) dan Tim Win Recovery Project (TWRP).

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang  Custom Recovery TWRP pada ponsel android Samsung SM-J111F yang menjalankan Android Lollipop.

Baca Juga Gaes : Supaya Memori J1 Ace Tidak Cepat Penuh...!

Cara Instal TWRP dan Root Samsung SM-J111F/DS Tanpa PC


Cara Instal TWRP Samsung SM-J111F

Sebagai informasi, ada beberapa bahan dan alat yang diperlukan untuk menginstal Custom Recovery TWRP dengan lancar yaitu :

1. Perangkat komputer, bisa pakai Desktop PC atau Laptop ; 

2. Kabel Data Original Samsung (Jangan gunakan merek kabel data merek lain) ;

3. Program Odin  ;

4. Driver USB Samsung ;

5. TWRP Samsung Samsung SM-J111F.

Langkah-Langkah Instal TWRP

Pertama, Install Driver USB Samsung yang sudah didownload tadi. Biasanya komputer minta Restart kalau sudah instal driver, maka langsung Restart saja.

Aktifkan USB Debuging dan Unlock OEM di Menu Setelan → Opsi Pengembang → Pendebug USB dan OEM Terbuka Kunci.

Ekstrak File TWRP bila masih dalam format Zip sampai didapat sebuah file dengan eksternsi Tar.MD5.

Jalankan program Odin yang sudah anda download tadi, bila masih dalam format Zip ekstrak dulu dengan aplikasi 7Zip atau Winrarr.

Matikan Samsung Galaxy Samsung SM-J111F lalu masuk “ Download Mode ”dengan menekan tombol “ Home + Power + Volume Down ”.

Setelah muncul peringatan, tekan Volume Atas untuk menghilangkan pesan tersebut dan masuk download mode.

Sambungkan perangkat Samsung Samsung SM-J111F ke PC dengan kabel data sampai balok  ID:COM dipojok kiri atas akan aplikasi akan berubah berwarna biru.

Klik tombol AP / PDA pada program Odin, lalu cari file TWRP dengan ekstensi Tar.MD5 tadi lalu pencet tombol START dan tunggu sampai program Odin menampilkan pesan “ RESET “ yang artinya proses pemasangan TWRP komplit.

Ponsel akan restart dengan sendirinya, karena Odin sudah di Setting untuk Restart Otomatis dan anda bisa tutup program Odin setelahnya.

Cobalah untuk masuk ke Recovery TWRP dengan menekan kombinasi " Home + Power + Volume Atas ".

Saat awal masuk ke TWRP, akan ada pesan “ Keep System Read Only “ . Yang anda lakukan adalah :
Pertama-tama anda kasi Centang di “ Never Show This Screen During Boot Again “. Supaya nanti saat masuk ke TWRP tidak menemukan lagi pesan ini dilayar utama.

Kemudian dilanjutkan dengan Opsi “ Select Languange “  untuk memilih bahasa. Secara default bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, sedangkan untuk yang mendukung bahasa Indonesia masih jarang, paling hanya TWRP Red Fox doang.

Selanjutnya, “ Swipe To Allow Modification “ untuk mengizinkan TWRP melakukan modifikasi pada sistem Android.

Kalau sudah nantinya anda akan dibawa ke menu utama dari TWRP yang akan menampilkan 8 buah menu Yakni :  INSTALL, WIPE, BACKUP, RESTORE, MOUNT, SETTINGS, ADVANCED dan REBOOT.

Untuk mengetes fungsi dari TWRP yang sudah kita instal ada baiknya kita coba instal sesuatu program seperti Aplikasi Root dengan memasang aplikasi SuperSU.

Cara Root Samsung Samsung SM-J111F Via TWRP  

Cara Instal TWRP dan Root Samsung SM-J111F/DS Tanpa PC

Pertama, download SuperSU untuk Samsung Samsung SM-J111Fx lalu letakkan di SD card.

Masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol  “ Home + Power + Volume Up “ .Selanjutnya pilih menu “INSTALL” kemudian cari file Update Super SU yang ada di SD Card.

Setelah ketemu, pilih filenya lalu Swipe Togle kekanan untuk install dan tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah kembali kemenu awal lalu Reboot ke System.

Guna memastikan perangkat Samsung Galaxy Samsung SM-J111F telah berhasil di Root, gunakan aplikasi Root Checker.

Demikian informasi tentang cara Instal TWRP di Samsung Galaxy Samsung SM-J111F dan Test Root dengan SuperSU, Semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close