Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Bongkar) 10 Kelebihan J7 Prime SM-J610F/DS

Menguak 10 Kelebihan Samsung Galaxy J7 Prime SM-J610F/DS Beserta Kekurangannya - Pastinya anda setuju dengan pendapat saya jika sebagai pembeli yang pintar kita harus tahu apa saja kelebihan Samsung Galaxy J7 Prime dibandingkan hape Samsung Seri J lain seperti J7 biasa, J7 Core atau hape merek lain dengan rentang harga yang sama.

Mengapa kita harus tahu apa kelebihan dari J7 Prime…?

Supaya kita tidak dianggap BELI KUCING DALAM KARUNG.

Anda bisa bayangkan bagaimana KECEWANYA anda setelah membeli hape ini karena mengharapkan fitur tertentu seperti “ Mode Bokeh “ misalnya, namun ternyata J7 Prime tidak punya fitur yang tersebut.

Supaya tidak menyesal dikemudian hari, berikut saya tampilkan daftar kelebihan dari Samsung J7 Prime yang saya tulis dengan sebaik mungkin.

Berikut lepitannya…!

10 Kelebihan Samsung J7 Prime SM-J610F/DS

10 Kelebihan J7 Prime SM-J610F/DS

1. Tampilan Premium

Samsung J7 Prime tampak lebih Premium dan kekinian dibanding ponsel Samsung keluaran terdahulu seperti Galaxy S5 yang punya cangkang plastik disemua sisi. J7 Prime sendiri dibalut casing yang berbahan kombinasi plastik dan aluminium pada bagian frame.

Saya pernah pakai yang warna Gold dan menurut pengalaman pribadi, hape Samsung J7 Prime sangat nyaman digunakan serta tidak mudah slip karena ukurannya sangat pas ditangan.

Berbicara tentang warna, Samsung J7 Prime hadir dengan 3 pilihan warna yakni : Black, Gold dan Rose Gold.

2. Resolusi Layar Tinggi

Galaxy J7 Prime dibekali dengan spesifikasi layar yang menarik sebab tidak seperti ponsel Android kebanyakan yang menggunakan layar tipe IPS, Samsung menyematkan layar PLS TFT yang secara kualitas setara dengan IPS namun punya ongkos produksi lebih rendah.

Layar merupakan komponen dengan penggunaan daya terbanyak dimana pemakaiannya bisa mencapai 70%. Produsen hape terus meningkatkan kemampuan pengehematan daya pada layar dengan menyematkan beragam fitur pada sistem seperti fitur kecerahan otomatis.

Samsung sebagai produsen ponsel Android terbesar pernah menjelaskan kalau hape dengan layar PLS TFT seperti Galaxy J7 Prime mampu menghemat daya secara signifikan karena kemampuan panel layar PLS yang menghasilkan warna hitam tanpa listrik. Berbeda dengan IPS hanya bisa menghasilkan warna bila partikel layar dialiri listrik.

Resolusi layar Galaxy J7 Prime sudah Full HD (1080x1920) yang mana resolusi layar segini bikin mata nyaman baca artikel web atau dokumen PDF lewat hape karena TEXT TETAP TERLIHAT PADAT DAN JELAS. Terlebih layarnya tergolong lebar yakni 5,5 inci dengan kerapatan layar yang mencapai angkat 401 PPI.

Selain itu, Galaxy J7 Prime bakalan makin nyaman dijadikan hape multimedia untuk streaming YouTube dengan lancar karena kelebihan ke-2 berikut.

3. Sudah Mendukung Jaringan 4G LTE

Dewasa ini Internet telah jadi kebutuhan semua orang. Baik itu untuk berkomunikasi maupun hiburan seperti Streaming video, bermain game dll.

Meski jaringan HSDPA tidak burutk, namun ponsel dengan dukungan 4G LTE menjanjikan kecepatan yang lebih baik sehingga komunikasi lewat media apapun jadi lebih lancar.

Dulu kita mikir-mikir mau Videocall karena selain tidak lancar karena kecepatan internet yang ada juga terbatas.

Sekarang orang sudah terbiasa melakukan video karena semua operator sudah mendukung teknologi tersebut.

Samsung Galaxy J7 Prime pun demikian. Dengan Chipset Exynos yang menggunakan Modem LTE CAT 4 yang mana kecepatannya bisa tembus 150 MBPS Download dan 50 MBPS Upload.

4. Performa Stabil

10 Kelebihan J7 Prime SM-J610F/DS

Samsung J7 Prime punya performa sangat baik untuk segala aktifitas menggunakan ponsel Android. Dengan dukungan Chipset Exynos 7870 Octacore yang diproduksi dengan fabrikasi 14 nm. Terlebih untuk sistemnya sendiri sudah ada memori RAM sejumlah 3 GB yang bakalan bikin aplikasi apapun ngacir saat dijalankan.

Jika anda punya hoby main game populer seperti Free Fire, tidak ada yang salah jika anda mengandalkan J7 Prime karena dijamin jalannya game lancar jaya dengan resolusi yang diseuaikan tentunya.

5. Mendapat Pembaruan Sistem Android Pie

Samsung J7 Prime termasuk produk yang dimanjakan Samsung karena sudah tiga kali mendapatkan pembaruan sistem (Versi Android).

Pada awal perilisan, hape ini menjalankan Android 6, selang setahun kemudian tersedia update sistem ke Nougat, kemudian Oreo dan yang terbaru Android Pie dengan antarmuka One UI.

Dari sekian banyak fitur yang disematkan pada Android Pie, ada beberapa aplikasi yang menonjol untuk dibahas seperti Adaptive Battery.

Fitur ini akan mempelajari kebiasaan pengguna dalam menggunakan aplikasi sehingga hanya aplikasi prioritas yang disokong daya.

Google sebagai empunya Android sangat merekomendasikan ponsel yang menerima pembaruan sistem ke android Pie untuk segera upgrade karena fitur Adaptive Battery benar-benar mampu menekan penggunaan daya secara maksimal.

Ditambah lagi bila anda mengaktifkan fitur Dark Mode yang mana sekali lagi menurut Google ponsel dengan mengaktifkan Dark Mode konsumsi dayanya bisa lebih hemat 70% saat dilakukan Streaming YouTube dibanding mengurangi kecerahan layar hingga 0%.

Bagaimana….?

6. Punya Pemindai Sidik Jari

Ponsel dengan pemindai sidik jari dipastikan lebih aman dibandingkan mode kunci dengan PIN atau pola yang mana kedua mode keamanan tersebut bisa dipelajari atau ditiru.

Dengan mengaktifkan mode keamanan Finger Print pada J7 Prime, anda akan terhindar dari tangan-tangan iseng yang mencoba mencuri file atau melihat koleksi foto video anda yang sifatnya pribadi.

7. Kapasitas Baterai Besar

Ukuran baterai Samsung J7 Prime tergolong besar dimana ada penampung daya berkapasitas 3300 mAh yang siap menunjang aktifitas anda seharian, BAHKAN LEBIH.

Dengan Chipset Exynos 7870 yang super hemat berkat produksinya yang sudah menggunakan Litografi 14 nm, ditambah layar dengan panel PLS TFT, didukung pula dengan fitur Adaptive Battery dan Dark Mode pada sistem.

Pengujian menghasilkan Talk Time 21 Jam pada jaringan 3G serta lebih dari 84 jam saat digunakan memainkan musik tanpa henti dari persentase baterai 100% hingga 0%.

Hal ini cukup menjadi bukti jika Samsung J7  Prime memang SANGAT HEMAT DAYA BATERAI.

8. Punya Pelindung Layar

Untuk menghindari layar tergores akibat bergesekan dengan benda keras saat ditaruh di saku celana atau ditempat lain yang memungkinkan gesekan, pengguna biasanya melindungi hapenya dengan memasang Tempered Glass.

Pengguna Samsung J7 Prime tidak perlu khawatir dengan layar yang akan tergores akibat bergesekan dengan koin pada saku atau benda keras lain sebab layarnya sudah dilindungi dengan pelindung berupa Gorilla Glass V.3.

9. Support OTG

Kelebihan Samsung J7 Prime selanjutnya adalah sudah mendukung penggunaan USB On The Go (OTG) untuk transfer file dari Flashdisk ke perangkat atau sebaliknya.

Fitur ini tentunya akan memudahkan kita melakukan pencadangan file yang kerap bikin memori cepat penuh seperti foto dan video hasil jepretan kamera.

Meski kapasitas penyimpanan J7 Prime termasuk besar yakni 32 GB, namun angka tersebut tidaklah akurat karena sebagiannya digunakan untuk sistem dan aplikasi bawaan. Dari pengalaman, sekitar 7 GB akan dipakai untuk sistem dan aplikasi dan sisanya sekitar 25 GB untuk penyimpanan.

10. Kamera Dengan Sensor SONY

Samsung membekali J7 Prime dengan sensor dari Sony yakni IMX258 untuk mendukung pengambilan gambar dengan kualitas terbaik lewat kamera 13 MP tunggal yang ada dibelakang body yang mana telah dilengkapi pula dengan flash dan Mode HDR.

Kekurangan J7 Prime

10 Kelebihan J7 Prime SM-J610F/DS

1. Banyak Aplikasi Bawaan Yang Tidak Penting (Bloatware)

Saya mencatat ada beberapa aplikasi bawaan Galaxy J7 Prime yang tidak semua orang butuh dan hanya memakan ruang penyimpanan.

Beberapa diantaranya adalah aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel dll yang tidak semua orang butuh. Memori yang digunakan juga tidak sedikit dan saat update via Playstore, ukuran file pembaruan bisa mencapai ratusan MB.

Makanya, anda sebaiknya MENGHAPUS aplikasi ini dari sistem bila jadi membeli Samsung J7 Prime…!

2. Kamera Tunggal (Tidak Punya Mode Potret)

Kamera sebenarnya menjadi salah satu keunggulan Samsung J7 Prime bila melihat kualitas gambar yang dihasilkan dari kemera utama. Namun kamera utama dengan resolusi 13MP yang dibekali dengan Sensor SONY IMX258 ini tidak punya fitur BOKEH yang menjadi syarat wajib hape-hape kekinian.

Kesimpulan

Dengan 10 kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy J7 Prime menjadi pembuktian jika produk ini bisa jadi rekomendasi bagi anda yang membutuhkan ponsel merek Samsung dengan harga terjangkau dan performa yang prima.

Dibandingkan dengan 2 kekurangan yang ada, sepertinya dua hal tersebut tidak cukup untuk menutupi kelebihan dari ponsel yang dibanderol dengan harga termurah Rp. 2.399.000 ini.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close