Biang Informasi Seputar Android

Solusi Hp Android Lemot Padahal Aplikasinya Sedikit

Artikel terkait : Solusi Hp Android Lemot Padahal Aplikasinya Sedikit

Pernahkan anda mengalami kondisi dimana Hp android yang anda gunakan lemotnya parah padahal aplikasi yang terinstal sedikit…?

Atau anda juga pernah mengalami performa hp anda menurun padahal RAM yang tersisa masih cukup banyak untuk menjalankan aplikasi…?

Jika pernah, berarti kita senasib…

Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan share pengalaman saya mengatasi kedua masalah diatas dan semoga bisa anda terapkan di hp masing-masing.

Sebelum mulai, saya cerita dulu…

Pernah menggunakan Hp android jadul seperti Grand Duos ternyata banyak hikmahnya seperti : melatih kesabaran dan tambah banyak ilmu baru karena terus belajar mengatasi lemotnya performa saat menjalankan aplikasi.

Dengan spesifikasi yang tergolong ngepas (terutama RAM yang hanya 1 GB), pilihan aplikasi yang bisa diinstal juga terbatas pada aplikasi ringan (Lite Version) dan Game 2D Ringan.

Dengan pengalaman penggunaan selama lebih dari 1 tahun, sekiranya cukup bagi saya berbagi pengalaman bagaimana mengatasi masalah-masalah yang saya hadapi selama menggunakan hape tersebut, terutama saat lemotnya kumat.

Seperti kasus dua kondisi yang telah saya sebutkan diawal tadi. Untuk mulai pembahasan kita mulai saja dari yang pertama.
Hp Android Lemot

Hape Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

Peyebab 1. ROM Tidak Stabil

Menggunakan ROM / Firmware yang tidak stabil bisajadi salah satu penyebab mengapa performa hape anda parah banget meskipun anda hanya menginstal beberapa aplikasi saja di sistem.

Pihak manufaktur seperti Samsung, Asus, Xiaomi, Oppo dll juga tahu akan hal tersebut, untuk itu mereka secara berkala akan memberikan pembaruan sistem untuk masing-masing hape.

Pembaruan perangkat lunak ini berisi patch keamanan sistem, patch menjaga kestabilan sistem dan ada juga yang berisi pembaruan versi sistem operasi.

Apalagi sekarang Android sudah menggunakan Emulator baru yang dinamakan ART (Android Run Time) pengganti Dalvik, yang konon menurut google dapat meningkatkan kecepatan hape hingga 3 kali lipat.

Selain ketidak stabilan ROM bawaan pabrik, penggunaan Custom ROM yang sekarang ini makin marak beredar juga bisa membuat performa hape anda lambat.

Sebagaimana kita tahu, Custom ROM kebanyakan dikembangkan secara personal atau bisa juga sebuah tim yang hoby build sistem.

Karena keterbatasan sumberdaya, performa hape yang menjalankan Custom ROM tentu tidak sebagus hape dengan ROM pabrikan.

Untuk itu, bagi anda yang menggunakan hape untuk penggunaan harian, tidak direkomendasikan menggunakan Custom ROM.

Penyebab 2. Salah Instal Aplikasi

Anda menjalankan ROM pabrikan di hape anda, sedangkan aplikasi yang terinstal Cuma 5 yakni :

Facebook, Mesenger, Instagram, WhatsApp, dan Line, tapi mengapa anda tetap saja lemot…?

Seperti informasi yang saya dapat dari www.jalantikus.com, Facebook dan Mesengger mengkonsumsi RAM masing-masing sekitar 250 MB.

Jadi, saat keduanya berjalan akan menghabiskan 500 MB RAM, belum lagi WhatsApp, Instagram dan aplikasi chat lain yang rata-rata memakan RAM diatas 150 MB.

Bahkan dengan RAM 2 GB sekalipun jika anda memelihara banyak aplikasi social media dan chat seperti yang disebutkan diatas, jangan terlalu berharap deh anda dapat menggunakan hape dengan lancar.
Lalu bagaimana solusinya…?

Jika anda hanya menggunakan hape dengan RAM terbatas, anda harus lebih bijak dalam memilih aplikasi.

Misalnya, untuk facebookan anda bisa menggunakan Browser seperti Opera Mini atau menggunakan aplikasi Facebook Lite yang lebih hemat memori dan RAM.

Hape Lemot  Padahal Sisa RAM Banyak

Penyebab 3. Memori Internal Penuh

Hape android sama seperti laptop atau computer pada umumnya dimana saat ruang penyimpanan internal (Local Disk C pada Windows) mulai penuh akan dibarengi pula dengan penurunan kinerja dan itu sudah pasti.

Selain melambatnya kinerja hape, ada beberapa akibat serius yang juga bisa terjadi jika memori internal penuh seperti :
  • Aplikasi seringkali tertutup sendiri pada saat dijalankan
  • Sistem gagal melakukan pembaruan perangkat lunak sistem
  • Suhu hape cepat panas padahal tidak menjalankan aktifitas yang terlalu berat
Untuk itu, saat ruang penyimpanan telah terisi diatas 80%, segera lakukan backup file-file penting anda seperti Foto dan Video.

Anda dapat memindahkan file-file tersebut ke computer atau menguploadnya ke ruang penyimpanan awan seperti Google Drive, DropBox dll.

Tidak lupa pula, lakukan pembersihan Cache aplikasi secara berkala agar ada ruang bagi aplikasi maupun pembaruan sistem yang akan semakin meningkatkan kinerja hape anda.

Penyebab 4. Panas (Overheat)

Kelebihan panas (Overheat) pada hape umumnya disebabkan oleh aktifitas berat yang dilakukan secara terus menerus seperti Internetan dan main game (meskipun game ringan).

Membiarkan suhu hape terlalu panas akan membuat kecepatan processor menurun serta menguras daya pada baterai lebih cepat.

Untuk itu, istirahatkan hape anda sejenak dengan menganginkannya di permukaan yang rata dan keras seperti lantai agar panas dari hape dapat dialirkan.

Tips untuk anda :

Jika anda sering mengalami panas berlebih saat menggunakan ponsel, sebaiknya pasangkan hardcase agar suhu panas dapat dialirkan dengan mudah. Sebaliknya, jangan gunakan Softcase karena casing tipe ini tidak mengalirkan panas, malahan menahan panas.

Penyebab 5. Hape Terserang Malware

Penyebab terakhir yang bisajadi biang kerok melambatnya hape android anda adalah adanya serangan malware.

Menurut data yang dikutip dari www.jalantikus.com, 55% kasus kejahatan cyber yang terjadi akhir-akhir ini menargetkan perangkat android sebagai korban.

Selain kecepatan hape yang menurun, ada beberapa ciri yang dapat anda jadikan acuan apakah hape android anda telah terserang oleh malware, seperti :
  • Munculnya iklan pop up bahkan setelah anda menutup browser anda. Saya pernah menangani hape teman dengan ciri-ciri seperti ini. Bahkan, setelah mereset ke pengaturan pabrik sekalipun malware tersebut tidak bisa hilang dari sistem. Cara satu-satunya adalah flash ulang.
  • Ciri-ciri lain hape terkena malware adalah hape sering hang sendiri dan aplikasi keamanan bawaan tidak dapat digunakan yang disertai dengan suhu hape yang meningkat tanpa adanya aktifitas
Agar anda terhindar dari malware berbahaya sebaiknya hindari untuk menginstal aplikasi dari sumber tidak terpercaya.
Jika memungkinkan, install aplikasi kemanan sistem tambahan seperti Antivirus Avas for Android agar dapat melindungi anda secara offline maupun saat menjelajah internet.

Artikel Banggras Android Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik

Copyright © 2015 Banggras Android | Design by Bamz