Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung SM-G750H, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Spesifikasi Utama Samsung SM-G750H Beserta Kelebihan dan Kekurangan, Lengkap Dengan Harga Bekas Terbaru 2020 - Kali ini saya akan mengulas hape Samsung dirilis sekitar 6 tahun silam, atau tepatnya bulan September 2014. Produk yang saya maksud adalah Galaxy SM-G750H atau yang lebih tenar disebut Galaxy Mega 2.

Samsung Galaxy Mega 2 merupakan salah satu dari sekian banyak hape yang pernah nangkring di etalase dagangan dan sempat saya pakai selama 8 hari. Selain Galaxy Mega 2, hape yang pernah di lapak dagangan ada Realme 3, Samsung A6, Asus Z00WD, Mi A1 dll.

Oia..setahu saya Galaxy Mega 2 sendiri hadir dalam beberapa varian, ada yang sudah support jaringan 4G LTE dengan kode produk SM-G750F, sedangkan untuk yang SM-G750H masih mentok di HSDPA. Secara fisik kedua tipe ini sangat identik sehingga sulit untuk dibedakan.

Alasan saya mau bahas hape ini hanya pingin berbagi saja pengalaman menggunakannya selama 8 hari yang sudah tergolong lama sebab biasanya cuma mampir 3-4 hari saja. Kebetulan juga saya dapat barangnya masih lumayan bagus dan laku dengan margin keuntungan yang lumayanlah wkwkwkwk.

Yang mau dibahas dalam artikel kali ini ada 4 (empat) poin saja seperti :

  1. Spesifikasi hardware terutama SoC, Layar, RAM, Storage (Penyimpanan), kapasitas baterai, jaringan ;
  2. Spesifikasi sistem yang meliputi versi android dan Update  ;
  3. Kelebihan dan kekurangan (menurut saya) ; 
  4. Harga bekas terkini .

Dengan mengetahui 4 poin informasi tadi harapannya sih bisa memberi gambaran jelas tentang bagaimana sih Galaxy Mega 2 apabila anda jadi beli.

Jika setuju, ayo kita lanjut…!

Review Samsung Galaxy Mega 2 SM-G750H

Samsung SM-G750H

Spesifikasi Hardware Galaxy Mega 2

  • Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 720 x 1280 pixels, 6.0 inches (~245 ppi pixel density) Multitouch ;
  • SoC : Exynos 4415 Quad-core 1.5 GHz, GPU Mali-400 ;
  • Memori : 1.5 GB ;
  • Storage : 16 GB / 64 GB SD Card ;
  • Baterai : 2800 mAh ;
  • Jaringan : 2G, 3G, HSDPA ;
  • Kamera : 8 MP + 2 MP ;
  • Konektifitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot │Bluetoothv4.0, A2DP, LE │microUSB v2.0, NFC ;
  • Pilihan Warna : Hitam dan Putih.

Bagi yang masih belum “ngeh” sama data diatas, saya beri sedikit penjelasan…!

SoC Exynos 4415 

Chipset Exynos 4415 yang menjadi otak di Galaxy Mega 2 dikategorikan dalam set SoC Arsitektur ARMv7. SoC generasi ini diproduksi dalam beragam proses fabrkasi seperti 45 nm, 32 dan 28 nm. Si Exynos 4415 ini sendiri diproduksi dengan fabrikasi 28 nm yang secara ukuran sudah pasti lebih mini dibandingkan produk dengan fabrikasi lebih besar.

Selain ukuran yang menjadi lebih kecil, tingkat konsumsi daya dan panas yang dihasilkan lewat produksi 28 nm jauh lebih efisien sehingga baterai jadi lebih awet.

Anda jangan bandingkan performa Exynos 4415 ini dengan Snapdragon 425 karena sudah pasti kalah. Penyebabnya adalah SD 425 punya core lebih banyak meskipun sama-sama diproduksi dengan fabrikasi 28 nm. Meski bukan faktor segalanya, tapi jumlah core pastinya sangat mempengaruhi performa sebuah Chipset, katanya..!

Tapi secara performa sih ya..kalau untuk pemakaian harian tidak bakalan masalah terutama untuk menjalankan aplikasi Sosial Media kayak Facebook, Twitter dan Pinterest sejauh ini fine-fine saja.

Cuma, untuk aplikasi pesan instan ke WhatsApp sering gak respons saat hidupin data seluler terus ada banyak pemberitahuan pesan masuk. Kalau untuk masalah kayak gini sepertinya sih wajar sebab bukan karena kesalahan sistem atau apa tapi jumlah pesan yang bisa diolah disaat yang sama memang terlalu banyak.

Layar lebar sampai susah dipegang…!

Sebenarnya saya tergolong penyuka hape dengan layar lebar seperti kebanyakan hape keluaran sekarang yang rata-rata diatas 5 inci. Hape yang saya pakai sekarang ini layarnya 5.8 inci dan masih enak digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Seperti data spesifikasi diatas Si Galaxy Mega 2 ini punya layar 6 inci yang secara hitung-hitungan cuma beda sedikit dengan hape yang sekarang saya pakai. Masalahnya Galaxy Mega 2 ini punya bezel lumayan tebal sehingga ukuran layarnya jadi membengkak.

Sebagai golongan cowok dengan telapak tangan mungil yang menurut pendapat banyak orang selalu dikejar-kejar cewek saya agak kesulitan mengoperasikan si Mega 2 ini.

Untungnya, layar lebar Samsung Galaxy Mega yang beresolusi HD ini enak banget saat dipakai streaming Youtube. Pandangan mata luas dan kalau dipakai baca-baca artikel web gak bikin sakit mata. Teks terlihat jelas meski ukurannya kecil.

Memori 1.5 GB + Storage 16 GB

Saya agak kecewa sama Galaxy Mega 2 setelah mengetahui spesifikasi memori sistemnya yang nanggung banget. Bayangin saja, RAM 1,5 GB yang sebenarnya bakalan pas kalau digenapkan jadi 2 GB saja. Sedangkan untuk Storagenya ada 16 GB yang terhitung masih oke dibanding 8 GB.

Meski tergolong mini untuk ukuran hape keluaran baru, tapi kapasitas Storage Galaxy Mega 2 masih bisa di toleransi sebab tersedia slot memori ekspansi untuk memasang SD Card. Selama penggunaan beberapa hari, saya memasang Micro SD sebesar 16 GB class 10 merek KingSton untuk menampung video terutama Film hasil download di Indoxxi wkwkwkwk.

Dari keterangan produknya sendiri, hape ini bisa dipasangi memori eksternal hingga 64 GB. Tapi asal sudah saya kasi tahu dari sekarang kalau memasang memori eksternal terlalu besar di hape keluaran lama itu keseringan bikin loading hape jadi agak lama, terutama saat dihiudpkan. Saran saya sih hape Galaxy Mega ini cukup pakai yang 16 GB saja.

Baterai Kurang, Jaringan Sedang

Samsung Galaxy Mega 2 seperti informasi  di awal tadi punya baterai berkapasitas 2800 mAh. Agak kurang bila dibandingkan hape kekinian yang sudah diatas 3000 mAh memang. Tetapi namanya juga produk lama, untuk ukuran sedemikian dimasa itu (tahun 2014) Galaxy Mega 2 termasuk yang paling jumbo.

Bisakah bertahan seharian…?

Jawabnya tergantung...!

Selama saya gunakan untuk menjalankan aplikasi harian yang gak jauh-jauh dari Sosial Media dan Chating masih tergolong oke. Dengan baterai kondisi full 100% pukul 7 pagi, baru ngecharge jam 8 malem dengan daya tersisa 5%. Itupun data seluler tidak selalu aktif, kadang hidup kadang mati.

Tidak pernah main game, tetapi sedikit streaming Youtube pagi-pagi untuk nonton Higlight Liga Champions atau Liga Inggris yang gak sempat ditonton malem harinya.

Kualitas jaringan stabil karena saya juga pakai Telkomsel yang ditempat tinggal saya punya kualitas sinyal paling bagus. Sinyal yang bagus bikin baterai jadi awet karena tidak butuh energi terlalu banyak buat nangkep sinyal.

Walaupun tidak support 4G tapi untuk komunikasi sehari-hari sangat lancar jaya dan tidak pernah ada masalah selama pemakaian.

Yaiyalah bambang, cuma delapan hari doang pakainya…!

Sistem Mentok di Android Kit-Kat

Yang bikin saya gemes dengan hape ini adalah tidak tersedianya pembaruan sistem ke android terbaru paling tidak Lollipop seperti Grand Prime. Walau android Lollipop sebenarnya punya fitur yang tidaklah terlalu menonjol dibanding Kit-Kat tetapi dukungan aplikasi untuk Android Lollipop kebawah terus berkurang.

Seperti kasus WhatsApp yang membatasi aplikasinya hanya bisa berjalan di hape dengan sistem minimal Jelly Bean 4.3. Dua atau tiga tahun mendatang tidak menutup kemungkinan bakalan menaikkan standar sistem operasinya ke Lollipop atau Marshmallow.

Makanya, kalau mau beli hape untuk penggunaan lama sebaiknya pakai hape dengan dukungan Android terbaru saja supaya dukungan aplikasinya lama.

Baca Juga Gaes : Tutorial Root Galaxy Mega 2 Supaya Punya Fitur Kayak Android Baru

Kelebihan Galaxy Mega 2 (Menurut Saya)

  1. Layar dengan ukuran 6 inci plus resolusi HD buat saya cukup OKE untuk Streaming video Youtube tanpa lag asal koneksi internet ngebut ;
  2. Punya NFC meski gak pernah pakai tapi Okelah daripada gak ada ;
  3. Daya tahan baterai cukup Oke, meski banyak faktor sebenarnya yang bikin daya cepat habis tapi sepengalaman saya sih begitu ;
  4. Storage 16 GB yang tergolong standar tapi masih mending ketimbang J2 Prime yang hanya punya 8 GB internal. Galaxy Mega 2 masih bisa tambah 20 aplikasi sementara J2 Prime pasang aplikasi segitu langsung ngasi pesan “ Ruang Penyimpanan Tidak Cukup “ .

Kekurangan Galaxy Mega 2 (Menurut Saya Lagi) 

  1. Meski tidak saya bahas di penjelasan tapi kamera Galaxy Mega 2 memang standar BGT ;
  2. Belum Support 4G jadi gak bisa pakai Smartfren Unlimited 4G ;
  3. SoC kurang bertenaga masih kalah ma SD 425 ( kalau dilihat dari jumlah core) ;
  4. RAM 1.5 GB cukup naggung padahal kalau ditambah 500 MB bakalan pas di standar hape Zaman Now yang minimal punya RAM 2 GB ;
  5. Sistem Operasi mentok di Android Kit-Kat meski bisa diakali dengan menginstal Custom ROM tapi kalau bukan Stock ROM performanya pasti beda.

Harga Galaxy Mega 2 Bekas

Samsung SM-G750H

Harga bekas Galaxy Mega 2 SM-G750H kalau ngikutin data dari situs Laku6.com berkisar antara Rp.700.000 s/d Rp.800.000 saja. Tapi angka tersebut tidak mutlak ya, karena harga pasaran di FJB Facebook bisa lebih murah.

Tinggi tidaknya harga dipengaruhi banyak faktor. Salahsatu faktorny adalah adalah kondisi fisik hape yang masih mulus (minim baret). Kondisi fisik hape yang masih mulus bisa kita jadikan kesimpulan kalau yang jual barang juga pintar ngerawat hape.

Oke, sepertinya itu saja yang bisa share mengenai pengalaman menggunakan Samsung Galaxy Mega 2 SM-G750H, semoga bisa memberi sedikit gambaran buat kalian yang rencananya mau beli.

Terimakasih…!
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close