Agar Hape Xiaomi Nyaman dan Lancar Digunakan Main Game

Loading...
Ada berbagai alasan atau sebab seseorang membeli sebuah ponsel Android. Ada yang beli hape agar komunikasi jadi lebih mudah dan cepat, sebagai alat menyalurkan kreatifitas seni seperti edit foto dan video, buat gaya-gaya, buat foto-foto dan bermain game.

Alasan terakhir yang saya sebut “ Bermain Game” memang telah ngetrend sebab beberapa judul game terbaru khususnya Game online seperti : PUBG, AOV, dan Fortnite sukses menggerus banyak orang untuk ikut mencobanya meski dulunya mereka cukup seharian penuh main Tetris.

Dengan semakin menjamurnya pengguna game tersebut, hape yang yang spesifikasinya ngepas seperti RAM Cuma 2 GB dan Chipset sekelas Snapdragon 435 dianggap tidak cocok digunakan bermain game lalu berakhir di FJB.

Bagi anda para Gamers yang khususnya pengguna hape Xiaomi dengan spesifikasi ngepas seperti contoh diatas, serta belum ada dana lebih untuk beli hape baru ada baiknya mencoba 5 Tips dari saya berikut.

Tips ini hasil ngerumpi bareng member forum Xiaomi dan Experiment pribadi yang saya harap dapat membantu meningkatkan performa hape anda saat digunakan bermain game.

Seperti apa kelima tips tersebut, berikut penjelasannya.

Agar Hape Xiaomi Tidak Lag, Touchscreen Macet dan Overheat Saat Main Game 

Agar Hape Xiaomi Nyaman dan Lancar Digunakan Main Game

1. Gunakan ROM Resmi

Dari awal saya menggunakan hape merk Xiaomi saya belum pernah tahu bagaimana rasanya menggunakan ROM Aba-Abal karena saya biasanya membeli Ponsel Android di Seller terpercaya meskipun secara Online.

Yang dimaksud dengan ROM Abal-Abal itu sendiri adalah Custom ROM yang diedit oleh Distributor agar produk hape Xiaomi yang belum mendapat sertifikasi TKDN bisa menggunakan jaringan 4G LTE.

Karena tidak ORI dan pengembangannya yang terbatas, ROM abal-abal ini banyak masalahnya seperti : Gagal saat Update ROM dan hape jadi tidak optimal saat digunakan bermain game.

Untuk itu, segera beralih ke ROM resmi yang telah dioptimalkan agar sinkron dengan hardware sehingga aplikasi apapun yang anda instal dapat dijalankan dengan mulus.

Untuk cara berpindah dari ROM Abal-abal ke ROM resmi sudah sering saya ulas disini, dan artikel berikut bisa jadi panduan anda.

Panduan Pemula Cara Instal ROM MIUI 10 Yang Benar.

2. Aktifkan Fitur Percepat Permainan

Enaknya punya hape Xiaomi selain harganya yang terjangkau adalah ponsel ini dibekali dengan seabrek fitur bermanfaat. Salah satunya adalah fitur Game Booster (Percepat Permainan).

Fitur Game Booster ini seperti halnya aplikasi sejenis yang ada di Playstore akan mengoptimalkan seluruh hardware yang hape kita punya untuk game.

Jadi pada saat fitur tersebut aktif, aplikasi lain seperti anak tiri saja dimana Resource CPU, GPU dan RAM dipasok untuk Game saja.

Cara Mengaktifkan Game Booster di Xiaomi

Pertama buka menu Keamanan atau Security. Scroll ke bagian bawah, lalu temukan sebuah menu berlabel " Peningkat Kecepatan " dengan logo Joy Stick Game.


Agar Hape Xiaomi Nyaman dan Lancar Digunakan Main Game


Klik tanda (+) lalu tambahkan game mana saja yang ingin dioptimalkan. Untuk game-game ringan seperti Criminal Case tidak perlulah anda masukkan dalam daftar, meskipun sebenarnya sih tidak apa-apa.

Agar Hape Xiaomi Nyaman dan Lancar Digunakan Main Game


Setelah saya coba di game Asphalt 8 Aribone dan MotoGP, performa Redmi 4X saya memang jadi lebih baik dibandingkan sebelum mengaktifkan fitur tersebut.

Jadi, segera coba fitur Game Booster dari MIUI ini...!

3. Kontrol Suhu

Suhu hape yang terlalu panas akibat digunakan terlalu lama bermain game itu ibarat pedang bermata 3.

Mata pertama membuat jalannya game jadi lambat (lemot). Mata kedua membuat daya simpan baterai menyusut dengan cepat dan Mata ketiga bikin main game tidak nyaman.

Kalau untuk masalah yang satu ini kita tidak bisa berbuat telalu banyak sebab suhu panas berasal dari aktifitas hardware, dan hal tersebut sangatlah wajar terjadi.

F.Y.I teman-teman...!

Melambatnya performa hape saat digunakan bermain game yang dibarengi menignkatnya suhu hape merupakan salah satu upaya dari sistem untuk menghindari kerusakan komponen seperti CPU.

Jadi jangan berfikir ponsel anda jelek saat lambat karena digunakan main game terlalu lama, tetapi itu tandanya hape anda pintar karena bisa memberi peringatan untuk mengistirahatkan perangkat anda sejenak.

Meski terkadang juga kesal sendiri, tapi mengitirahatkan hape merupakan cara yang paling tepat kalau ingin ponsel anda panjang umur.

Saya pribadi cukup meletakkan hape di lantai yang dingin agar panasnya terserap dengan cepat selama beberapa menit, baru kemudian mainnya dilanjutkan.

4. Gunakan Hardcase

Poin keempat ini terkait dengan point ketiga dimana saat suhu hape terlalu tinggi game jadi tersendat. Memasang Hardcase jadi salah satu cara untuk mendinginkan hape dengan segera karena sifat dari panas itu sendiri akan lebih cepat mengalir pada permukaan yang keras.

Penting...!

Hindari penggunaan Jelly Case karena casing tipe ini tidak mengalirkan panas dengan baik malahan menyimpannya.

Selain untuk membantu melancarkan sirkulasi suhu panas, Hardcase juga berfungsi meredam panas dari body hape Xiaomi yang rata-rata sudah Body Metal sehingga tidak terlalu terasa ditelapak tangan.

Sebenarnya 4 cara diatas sudah cukup untuk meningkatkan performa hape Xiaomi digunakan baermain game. Tetapi saya mau kasih satu bonus tips lagi hasil nanya-nanya di forum Xiaomi.

5. Matikan Pengoptimalan MIUI (Bonus Tips)

Fitur ini sebenarnya fungsinya rada-rada mirip dengan Game Booster. Jadi kalau performa hape sudah enak hanya dengan fitur Game Booster, cara tambahan ini tidak perlu deh anda terapakan.

Alasan saya share disini sebagai informasi saja toh tidak enak juga memendam sesuatu itu didalam hati.

Ada satu fitur tersembunyi yang dimiliki oleh ROM MIUI yang dinamakan “ Optimisasi MIUI ”. Fitur ini seperti namanya berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi dari keseluruhan sistem.

Dengan aktifnya fitur tersebut secara default, maka memori RAM dan hardware lain seperti CPU dan GPU akan di atur sedemikian rupa agar tidak ada fungsi sistem yang terganggu akibat menjalankan satu aplikasi.

Terdengar sangat berguna memang, tapi ada efek yang ditimbulkan seperti pembatasan memori saat hape digunakan bermain game.

Seperti yang kita tahu, game dengan kualitas grafis tinggi memerlukan Resource lebih tinggi dibandingkan aplikasi ringan seperti mengetik dengan Ms.Word.

Supaya ada tersedia cukup memori untuk aplikasi sistem yang berjalan dilatar belakang, jumlah memori yang dialokasikan untuk game jadi terbatas sehingga jalannya permainan jadi tidak sempurna.

Untuk itu, beberapa memberi dari forum Xiaomi yang telah saya minta nasehatnya menganjurkan untuk mematikan saja fitur pengoptimalan miui tersebut dengan cara :

Aktifkan mode pengembang, karena fitur pengoptimalan memori ini tersembunyi dan hanya bisa dimatikan jika perangkat anda sudah masuk mode pengembang.

Cara masuk mode pengembang (Developer Mode) itu sendiri caranya adalah : Buka menu pengaturan / Tentang Ponsel / tap 5-7 kali pada versi MIUI.

Nanti pada menu pengaturan atau lebih tepatnya di Setelan Tambahan / Opsi Pengembang pada bagian atas Swipe tombol untuk mengaktifkan mode pengembang. Scroll layar kebawah lalu temukan opsi Optimisasi MIUI lalu nonaktifkan.

Agar Hape Xiaomi Nyaman dan Lancar Digunakan Main Game
Pilih Opsi Pengembang

Agar Hape Xiaomi Nyaman dan Lancar Digunakan Main Game
Aktikan Opsi Pengembang Dengan Cara Swipe Tombol Kekanan

Agar Hape Xiaomi Nyaman dan Lancar Digunakan Main Game
Matikan Optimisasi MIUI

Demikianlah 5 tips dari saya tentang cara mengoptimalkan hape xiaomi untuk bermain game agar terbebas dari lag, touchscreen macet dan panas berlebih.

Selamat mencoba.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Agar Hape Xiaomi Nyaman dan Lancar Digunakan Main Game "

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown

close