Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Upgrade MIUI 9 Ke MIUI 10 Redmi 4X

Cara Mudah Upgrade MIUI 9 Ke MIUI 10 Redmi 4X

Cara Mudah Upgrade MIUI 9 Ke MIUI 10 Redmi 4X - Sekedar sharing pengalaman instal ROM MIUI 10 Global Beta Stable di ponsel Xiaomi Redmi 4X Santoni sekitar 3 minggu yang lalu. Dari berita-berita yang saya baca sebelumnya, ROM terbaru ini membawa banyak perubahan, baik itu fitur maupun antar muka sistem.

Perubahan itu ada yang menurut saya bagus ada pula yang tidak. Kelebihan dan Kekurangan ROM MIUI 10 akan saya jelaskan juga nanti untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum buru-buru melakukan upgrade ROM.

NB : Link download MIUI 10 dengan format Zip ada di ahir artikel.

Okeh..let’s drive in....

Fitur -Fitur MIUI 10

Setelah membaca berbagai artikel tentang fitur baru dari MIUI 10 saya hanya bisa menemukan beberapa saja diantaranya. Mungkin karena saya sulit memahami penjelasan yang bahasanya terlalu tinggi hahahaha.

1. Recent Apps Dua Baris

Tampilan Recent Apps di MIUI 10 kembali dibenahi. Tampilan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan tidak terpotong melainkan ditampilkan secara utuh dengan gaya dua baris vertikal.

Cukup dengan menekan lama pada aplikasi yang diinginkan maka akan muncul opsi selanjutnya seperti : LOCK untuk mengunci aplikasi sehingga tetap berada di recent apps, SPLIT untuk masuk mode split screen dan ke APPS MANAGER guna mengakses pengaturan aplikasi.

Untuk menutup aplikasi direcent apps tinggal swipe saja kekiri atau kekanan.

2. Sound Yang Unik

Saya agak sedikit terperangah setelah menghapus salah satu file yang ada di file manager lalu terdengar seperti suara pasir. Tidak hanya itu, kadang terdengar seperti tetesan air tapi saya sendiri lupa pas menekan tombol apa.

3. Widget Yang Mode Baru

Saat masih dihalaman muka swipe layar kekanan untuk masuk ke Widget Area yang berisi beragam pintasan yang bisa anda pilih sesuai keperluan.

Yang suka mencoba aplikasi baru pasti suka fitur ini karena salah satu widgetnya akan menampilkan List Aplikasi Populer saat ini.

4. Game Booster dan Screen Recorder

Yang paling baru menurut saya ada di bagian ini. Pada saat memainkan game maka otomatis tiga tombol navigasi seperti tombol Home, Back dan Recent Apps akan dimatikan.

Disudut atas ada menu kecil yang bila disentuh akan menampilkan opsi seperti : Game Booster, Screen Recorder dan Screenshot.

Game Booster yang akan mempercepat kinerja ponsel saat digunakan bermain game dengan memakasimalkan semua resource hardware untuk menjalankan game yang sedang dimainkan.
Untuk anda yang suka berbagi video di media sosial tentang serunya aktifitas gaming pasti suka dengan vitur Perekam layar yang bisa diaktifkan dengan satu kalik klik saja.

Kelebihan dan Kekurangan MIUI 10

Beberapa fitur yang telah saya uraikan diatas adalah beberapa kelebihan yang ada di MIUI 10. Sedangkan kekurangan yang ada di MIUI 10 adalah makin banyaknya iklan yang muncul. Buka aplikasi musik ada iklan, buka Security ada iklan, buka Galery ada iklan juga.

Mungkin menampatkan iklan didalam sistem menjadi salah satu cara Xiaomi mencari lahan pendapatan baru. Saya pribadi tidak merasa terganggu dengan iklan yang muncul di antarmuka sistem MIUI karena peletakkannya tidak menutupi menu aplikasi dan terlihat bersih seperti Native Ads.

Selain itu, ROM MIUI 10 yang ponsel Redmi 4X dapatkan juga masih berbasiskan Android Nougat seperti halnya MIUI 9. Padahal awalnya santer terdengar kabar jika ROM ini bakalan menggunakan Android 8 Oreo.

Baca Juga :

Cara Upgrade MIUI 9 ke MIUI 10

Oia sebelum melakukan upgrade ke MIUI 10 saya menjalankan ROM MIUI 9 versi Global Beta serta telah memasang Custom Recovery. Alasan saya menggunakan ROM Global Beta tidak lain agar lebih cepat mendapatkan pembaruan sistem. Buktinya ya seperti MIUI 10 ini.

Untuk menginstal MIUI 10 anda bisa menggunakan dua cara yang telah saya coba yaitu : via OTA atau menggunakan Custom Recovery (TWRP).

#1. Upgrade Via Over The Air

Untuk anda yang mau upgrade via ota sebaiknya mempersiapkan data internet yang lumayan. File update yang didownload berukuran 1,3 GB. Pastikan pula anda menggunakan sim card yang sudah mendukung 4G agar downloadnya lebih cepat. Saya sendiri menggunakan paket Telkomsel Flash 7 GB seharga Rp.45.000.

Persiapan lainnya, sediakan setidaknya 2 GB ruang kosong di memori internal dan baterai dalam kondisi full 100%. Anda sebaiknya memindahkan file ukuran jumbo yang ada di memory internal. meskipun pada prosesnya nanti proses upgrade ke MIUI 10 ini tidak akan menghapus data di memori internal.

Setelah semua persiapan lengkap, anda bisa menjalankan proses upgrade dengan masuk ke MENU PENGATURAN / TENTANG PONSEL / PEMBARUAN SISTEM.

Nanti akan muncul notifikasi dan arahan yang akan anda ikuti. Setelah download selesai perangkat akan meminta restart untuk masuk ke proses instalasi sistem.

Itu saja...

#2. Upgrade Via TWRP

Masuk ke system recovery TWRP. Untuk masuk ke TWRP bisa pakai kombinasi tombol dengan terlebih dahulu mematikan ponsel atau membuka menu SETELAH / TENTANG PONSEL / PEMBARUAN SISTEM. Klik OPSI SELANJUTNYA YANG DITANDAI DENGAN 3 (TIGA) TITIK DISUDUT KANAN atas lalu pilih opsi masuk ke perbaikan sistem.

Setelah masuk ke menu utama TWRP, pilih menu WIPE. Jalankan ADVANCE WIPE terlebih dahulu dengan memilih PARTISI DALVIC / ART CACHE dan CACHE. Tekan tombol BACK kemudian pilih menu INSTALL. Cari file Zip ROM MIUI 10 lalu Swipe lagi untuk menginstal lalu tunggu prsoes sampai selesai.

Setelah beberapa minggu menggunakan miui 10 fitur baru seperti game booster, video recorder recent apps dll menurut saya sangat bermanfaat, sehingga saya pribadi sangat menganjurkan anda segera upgrade ke MIUI 10.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close