Biang Informasi Seputar Android

7 Cara Efektive Merawat Hp Xiaomi Redmi 4x Yang Baru Dibeli

Artikel terkait : 7 Cara Efektive Merawat Hp Xiaomi Redmi 4x Yang Baru Dibeli

Bagi kalangan yang punya banyak uang perkara hape rusak bukanlah masalah, tinggal beli baru saja. Malahan sebelum hape lamanya rusak, sudah langsung beli yang baru karena tergiur hape keluaran baru.

Tetapi, bagi yang modal pas-pasan seperti saya, beli hape baru itu perkara rumit itupun harus jual hape lama untuk mencukupi harga sebuah hape baru.

Jika anda sama seperti saya, maka postingan kali ini wajib anda tahu dan terapkan. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merawat hape yang baru anda beli agar tidak mudah rusak dan kelak jika ingin beli hape baru dan menjualnya, harga bekasnya masih tinggi.

Kebetulan hape baru yang saya punya adalah redmi 4x. hape ini tergolong hape murah karena harganya yang dibawah 2 jutaan. Meski demikian performa yang diberikan redmi 4x boleh diandalkan dan tidak kalah dengan hape seharga 2 jutaan.

merawat redmi 4x

7 Cara Merawat Hp Xiaomi Redmi 4x Agar Tetap Awet Dan Harga Jualnya Tetap Tinggi.

Ponsel android sama halnya seperti computer terdiri dari hardware dan software. Agar hp tidak mudah rusak maka kedua hal tersebut harus dirawat dengan benar.

Perawatan keduanya juga berbeda dan selengkapnya akan saya jelaskan pada artikel kali ini.

Perawatan Hardware Hape Android Xioami

1.    Perawatan Body

Body redmi 4x berbahan metal sehingga akan teraca licin serta mudah meninggalkan noda sidik jari. Bodi yang licin membuatnya mudah untuk terjatuh, baik itu saat dipegang maupun pada saat ditaruh dikantong baju.

Noda sidik jari yang mudah melekat pada body juga membuat hape ini terlihat kumuh kalau kita tidak rajin membersihkan. Apalagi tangan saya mudah sekali berkeringat. Untuk itu saya selalu membawa tisu atau kain halus yang khusus digunakan untuk membersihkan noda sidik jari.

Sedangkan untuk melindungi hape dari kerusakan saat terjatuh anda dianjurkan memasang pelindung (casing) pada perangkat redmi 4x anda. Fungsi dari pemasangan cover tidak hanya untuk melindungi , tapi juga Mempercantik Tampilan Hape Anda.

Jika anda berkunjung kesitus jual beli online seperti Tokopedia, Bli-bli, Lazada atau Shopee untuk berbelanja casing hp, ada begitu banyak pilihan tipe casing yang ditawarkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lalu bagaimana cara memilih cover hape yang paling tepat untuk anda gunakan. Pertama kita harus tahu dulu jenis-jenis casing hape lalu membandingkan kelebihan dan kekurangannya. Setelah itu terserah anda mau pilih casing yang bagaimana.

Jenis-Jenis Casing Hp Android

#.1 Hardcase

Hardcase adalah jenis casing yang keras dan kuat, biasanya dibuat dari bahan aluminium atau plastic fiber yang keras dan kaku. Dengan menggunakan casing tipe ini akan membuat hape jadi terlihat lebih macho dan tampak elegan.

Selain tampak lebih gagah, menggunakan casing tipe hardcase akan melindungi hape anda dari benturan, sehingga yang pecah lebih dahulu saat jatuh ya tentu saja casingnya.

Kelebihan lain dari hardcase adalah kemampuannya yang menyalurkan panas dari hape. Kelebihan ini dapat menjadikan hape tetap adem serta baterai lebih awet sehingga cocok digunakan oleh anda yang hoby maen game menggunakan hape.

#.2 Softacase

Jenis casing yang satu ini paling banyak digunakan karena selain harganya yang lebih murah daripada hardcase, casing tipe ini memiliki daya perlindungan dari benturan yang lebih baik.

Kehandalan softcase dalam melindungi hape dari benturan karena bahan dari softcase yang terasa karena terbuat berbahan dasar karet atau busa yang dikombinasikan dengan aneka warna dan hiasan.

Menggunakan softcase juga dapat mencegah hape mudah jatuh dari kantong juga nyaman saat dipegang.

Tapi softcase ada kurangnya juga, casing tipe ini tidak bagus dalam mengalirkan panas yang dihasilkan hape sehingga tidak dianjurkan untuk digunakan oleh anda yang suka bermain game seperti game Mobile Legend.

#.3 Flip Cover

Flip cover adalah tipe casing yang tidak hanya melindungi bagian belakang dari hape tapi juga melindungi bagian depan atau layar.

casing jenis flip cover biasanya terbuat dari bahan kulit dan pada pelindung bagian depannya tampak transparan sehingga memudahkan anda melihat pemberitahuan adanya pesan atau chat WA yang masuk.

Flip cover dipasang dengan cara melepas casing bagian belakang hape yang nantinya akan digantikan oleh casing belakang bawaan flip cover.

#.4 Folio Case

Folio case mirip dengan flip cover, tapi yang membedakannya adalah kita tidak perlu membuka penutup belakang hape untuk memasang folio case.

Folio case bersifat universal sehingga apapun merk hape anda jika ukurannya pas makan dapat digunakan. Saya pribadi lebih menganjurkan menggunakan folio case dibandingkan Flip cover karena kemudahan penggunaan. Sedangkan flip cover harus mengorbankan penutup belakang hape.

#.5 Pounch Case

Saya sering melihat Pounch case atau sarung hape dipakai bapak-bapak. Namanya juga sarung, jadi untuk menggunakannya hape dimasukkan kedalamnya. Kalau ada telpon masuk ya mesti dikeluarkan dulu hapenya.

Meski terlihat tidak efektive tapi pounch case dapat melindungi hape dari segala ancaman yang dapat merusak hape seperti sinar matahari langsung maupun debu yang biasanya menyerang speaker.

#.6 Waterproof Case

Jenis casing yang terahir dari namanya saja sudah ketahuan kalau casing ini digunakan untuk melindungi hape dari air. Casing ini cocok untuk anda yang daerahnya sering hujan seperti Bogor.

Tips Memilih Casing Hape Yang Tepat :

  1. Pilihlah casing yang sesuai dengan aktifitas rutin anda. Misalnya anda seorang gamer MOBA yang cepat membuat hape panas. Untuk itu gunakan hape yang menyerap panas seperti Hardcase. Jika anda sudah terlanjur membeli Softcase, saat suhu hape meningkat, lepaskan casing softcase lalu angin-anginkan dengan melepasnya pada permukaan yang rata serta keras seperti lantai. Cara ini dapat menurunkan suhu hape dengan sangat cepat.
  2. Pilihlah casing yang sesuai dengan tipe. Tujuan menggunakan hape yang sesuai tipe adalah untuk mengindari tertutupnya bagian hape seperti kamera atau speaker.

2.    Kamera

Hape dengan kemampuan mengambil gambar yang baik menjadi pilihan utama pengguna hape android terutama dari kalangan anak muda.

Sekarang ini banyak kita temukan hape yang resolusi dan kemampuan mengambil gambarnya sudah mendekati kualitas gambar kamera DSLR.

Hape tipe seperti ini biasanya mahal dan perawatannya tidak hanya sebatas beli casing saja. Bagian camera juga perlu dijaga agar kemampuan utamanya dalam mengambil gambar tetap terjaga.

Namun entah karena kecerobohan sendiri atau karena apes, seringkali terjadi kerusakan berupa goresan pada lapisan luar kamera sehingga gambar yang dihasilkan kualitasnya berkurang.

Kalau sudah begini lunturlah kemampuan utama sebuah hape selfie. Jika anda mengalami hal tersebut, anda bisa melakukan tindakan perbaikan awal dengan cara mengelap layar depan kamera dengan kain halus atau tisyu plus sedikit pasta gigi.

Ya…pasta gigi sering digunakan untuk membersihkan permukaan benda yang halus seperti kepingan CD yang sudah mengalami banyak baret.

Anda tinggal mengoles dan mengusap secara perlahan pada bagian yang terdapat goresan. Dan lakukan sampai goresan tersamar atau hilang sama sekali.

3.    Layar

Layar adalah komponen input dan output pada ponsel android. Dengan layar kita bisa mengetik, nelpon, nonton video dll. Tapi komponen yang satu ini sangat rentan terkena goresan baik itu dari benda asing atau karena usapan tangan saat penggunaan. Untuk itu diperlukan pelindung layar tambahan seperti anti gores atau Tempered Glass.

Tapi belakangan ini Hp keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan layar gorilla Glass yang mampu memberi perlindungan dari goresan sangat baik, bahkan dari benda tajam sekalipun.

Sehingga banyak yang beranggapan kalau sudah menggunakan gorilla glass itu sudah cukup jadi tidak perlu lagi memasang tempered Glass.

Menurut saya pendapat ini kurang tepat, karena layar gorilla glass meskipun kuat tidak akan mampu melindungi layar dari keretakan akibat terjatuh atau goresan halus dari pasir.

Teman saya membuktikan hal tersebut saat kami sedang asiknya mandi di pantai Gili Trawangan. Saat sedang mengambil gambar layar hape yang konon sudah dilindungi dengan gorilla glass generasi ketiga akhirnya tergores juga.

Untuk itu, selalu gunakan atau pasang tempered glass pada ponsel android anda meskipun menggunakan layar tipe Gorilla Glass.

Tips Memasang Tempered Glass Pada Redmi 4X :

Layar Redmi 4X tidak sepenuhnya rata, melainkan  agak membentuk Curve pada bagian sisinya. Kondisi ini membuat tempered glass terpasang tidak sempurna dan meninggalkan ruang udara yang terlihat kurang enak.

Untuk menghilangkan ruang udara tersebut, rekatkan dengan cara melumasinya dengan minyak goreng (Baru) menggunakan Cotton Buds kemudian oleskan disekeling layar yang masih belum merekat sempurna.

Setelah itu gunakan tisu untuk menekan tempered glass secara perlahan sampai benar-benar melekat. Cara ini sudah saya coba dan berhasil.

4.    Speaker

Redmi 4X memiliki kualitas audio yang cukup baik. Apalagi ditambah dengan menginstal aplikasi Dolby Atmos, suara yang dihasilkan selain lebih keras juga lebih enak dikuping.

Tapi yang perlu diingat adalah, speaker itu terdiri dari komponen magnetic yang mana semakin keras tarikan magnetnya, semakin bagus kualitas audionya.

Masalahnya, kerasnya tarikan magnet tidak hanya menghasilkan kualitas suara yang bagus, tetapi debu dan benda benda halus lain ikut tertarik dan menutupi lubang speaker. Oleh karena itu secara berkala, luangkan waktu untuk membersihkan speaker hape anda.

Membersihkan speaker juga tidak boleh sembarangan seperti menggunakan benda tajam seperti jarum. Hal ini dapat merusak speaker secara permanen. Gunakan benda kecil yang tumpul atau gunakan selotip yang direkatkan pada speaker lalu tarik dengan perlahan sehingga debu dan benda halus lain tadi menempel pada selotip.

Perawatan Software Redmi 4X

5.    Perlindungan Sistem Android

ROM atau Firmware bertindak layaknya Windows pada laptop. Kalau sistemnya bagus makan performa hape juga akan bagus. Untuk itu, system perlu juga mendapat perawatan agar aktifitas anda dalam menggunakan hape lancar.

Ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk merawat system yaitu : rutin menginstal pembaruan perangkat lunak system (jika ada) dan membersihkan file sampah yang memakan ruang kosong pada memori internal.

#1. Menginstal Pembaruan Perangkat Lunak Terbaru

Secara berkala pihak Xiaomi merilis pembaruan perangkat lunak MIUI yang ponsel Xiaomi jalankan. Untuk ROM Stable jadwal rilisnya tiap bulan, sedangkan ROM Developer dirilis tiap minggu, tepatnya pada hari jum’at.

Untuk mengecek ketersediaan pembaruan system gunakan menu : Pengaturan / Tentang Ponsel / Pembaruan Sistem lalu klik tombol “ Periksa Pembaruan “.

Redmi 4X sudah resmi mendapat pembaruan system ke Android 7 Nougat. Anda bisa langsung mendownload ROM dengan cara diatas, atau cara manual dengan mendownload ROM-nya lebih dahulu dan menginstalnya.

Penjelasan tentang cara upgrade android xiaomi Redmi 4x ke Nougat telah saya jelaskan disini.

#2. Membersihkan File Sampah

File sampah pada Smartphone Xiaomi lebih mudah untuk dibersihkan karena secara otomatis system akan member informasi apabila ada file sampah yang menumpuk.

Xiaomi juga punya pembersih system yang canggih dimana hanya dengan satu kali klik semua masalah pada ponsel langsung teratasi seperti : Membersihkan Junk File, Membersihkan RAM, Meningkatkan Penghematan Baterai dan perlindungan dari virus.

sistem keamanan redmi 4x

Untuk lebih jelasnya tentang cara membersihkan Hp Xiaomi dari file sampah sehingga menambah ruang kosong pada memori internal baca Panduan Membersihkan File Lainnya Pada Hape Xiaomi.

6.    Perlindungan Aplikasi

Sebenarnya hape android apapun telah dibekali dengan program aplikasi bawaan. Namun karena fitur yang mungkin kurang lengkap, aplikasi bawaan harus didukung pula oleh aplikasi pihak ketiga.

Conothnya adalah Browser. Browser bawaan Xiaomi memang baik tapi terkadang sering mengalami crash sehingga saya lebih suka menggunakan Google Chrome atau Opera.

Aplikasi pihak ketiga juga tidak bisa lepas dari masalah, dan pengembang seperti google pun tahu kalau ada lubang kemanan yang bisa jadikan jalan masuk virus.

Untuk itu, agar semua aplikasi yang kita gunakan terbebas dari virus, kita perlu melakuka pembaruan aplikasi dengan versi terbaru.

Bagaimana cara memperbarui aplikasi android…?

Kita cukup masuk ke Google Playstore, lalu buka menu  “Aplikasi dan Permainan Saya “. Lalu akan ditampilkan aplikasi yang perlu mendapatkan update, lengkap dengan versi dan ukuran file update yang harus anda download. Tekan tombol perbarui semua (Update All) untuk mulai mengunduh.

7.    Perlindungan File

Saya menganggap Hp adalah benda private yang tidak boleh digunakan oleh sembarang orang. Untuk itu saya melindungi ponsel saya dari tangan nakal dengan mengaktifkan fitur sidik jari sehingga hanya saya yang bisa menggunakannya.

Untuk mengaktifkan perlindungan sidik jari pada Redmi 4X, buka menu pengaturan / Kunci Layar dan Sandi lalu “ Kelola Sidik Jari “. Lakukan perekaman sidik jari dengan mengikuti instruksi yang diberikan plus menambahkan metode login alternative baik menggunakan PIN atau Kode.

Kadang ada file tertentu yang tidak boleh dilihat orang lain seperti video eheeem atau gambar Eheemm. Agar keberadaan file-file tersebut tidak terdeteksi, saya menggunakan aplikasi tambahan yaitu Lock it.

Lockit adalah aplikasi untuk melindungi file-file penting dari sembarang orang. Foto maupun video yang sifatnya rahasia dapat dengan mudah kita sembunyikan dan tampilkan lagi jika kondisi sudah aman.

Yang paling saya suka dari aplikasi lockit adalah kemampuannya melindungi aplikasi tertentu seperti WA, Pesan, Email, Permainan dll dengan meminta kode maupun PIN plus fitur memotret orang yang mencoba masuk dengan memasukkan kata sandi yang salah.

Saya terkadang hanya tertawa sendiri melihat hasil jepretan dari aplikasi Selfie Penyusup dari aplikasi Lockit yang ternyata isinya saya sendiri yang kadang buru-buru masukkan PIN.

Itulah 7 Efektive Cara Merawat Ponsel Android Redmi 4x semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Postingan Selanjutnya : Aplikasi Terbaik Untuk Hp RAM 1 GB

Artikel Banggras Android Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik

Copyright © 2015 Banggras Android | Design by Bamz