Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Redmi 4X Black Mate Spesifikasi dan Harga Terbaru

Redmi 4X Black Mate Spesifikasi dan Harga Terbaru - Bagi anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk membeli Redmi 4X, review saya kali ini bisa anda jadikan referensi serta memberi gambaran bagaimana performa yang nanti akan anda dapatkan apabila jadi membeli Smartphone anyar Xiaomi ini.

Berbekal spesifikasi kelas menengah tapi dibanderol dengan harga merakyat, Redmi 4X sukses menjadi salah satu produk smartphone terlaris di situs jual beli online Lazada, sejajar dengan produk favorite lain seperti Redmi Note 4X dan Smartphone Android Samsung seri J Pro.

Redmi 4X yang mimin akan review adalah versi 16 GB dengan RAM 2GB warna hitam (Black). Untuk memulai review kali ini, mimin mulai dari spesifikasi hardware terlebih dahulu.

Lets drive in….

Spesifikasi Redmi 4X


SOC Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435 Octa core 1,4 GHz dengan CPU  dan GPU
CPU ARM Cortex A53
GPU Adreno 505
RAM 2 GB /3 GB / 4GB
Memory Penyimpanan (ROM) 16 GB /32 GB  / 64 GB (Support Eksternal Memory Hingga 128 GB)
Layar IPS LCD 5 inci dengan Resolusi HD (720 x 1.280)
Kerapatan Layar 294 PPI
Kamera Utama 13 MP
Kamera Depan 5 MP
Baterai 4100 mAH Non Removable
Sistem Operasi Android Marshmallow v.6.0.1 MIUI 8.2
SIM Dual SIM (Hybrid) Nano dan Micro
Jaringan 2G / 3G / 4G
Konektifitas Wifi, Bluetooth, GPS
Kelengkapan Sensor Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, Compas

Redmi 4X Black Mate

Unboxing Redmi 4X


Beberapa waktu lalu, tepatnya 3 Agustus 2017, mimin mendapat kiriman via POS Indonesia yang berisi seperangkat Smartphone Android Xiaomi Redmi 4X yang mimin beli dari Lazada.

Setelah membuka paket yang berwarna Orange (warna khas POS Indondesia) mimin bersyukur karena paket Smartphone pesanan mimin dipack dengan buble wrap yang rapi, tanpa adanya kerusakan sedikitpun pada paket.

Proses pengiriman juga  tergolong cepat, hanya butuh 4 hari saja sejak tanggal pemesanan barang pesanan sampai ditujuan.

Kotak kemasan Redmi 4X berisi beberapa komponen seperti : 1 unit perangkat Smartphone xiaomi Redmi 4X, Charger, buku manual penggunaan dengan bahasa Indonesia, dan kartu garansi.

Berbicara tentang kartu garansi, Redmi 4X yang mimin beli bukan garansi Resmi melainkan Garansi distributor.

Apa bedanya Garansi Resmi dengan Garansi Distributor...?

Silahkan anda Googling sendiri...!

Sayangnya, tidak ada sambungan charger yang diberikan dalam paket pembelian sehingga mimin harus beli sendiri sambungan adaptor charger seharga Rp.5000.

Asal anda tahu saja, model charger Xiaomi berbeda sekali dengan charger dari Samsung, Asus, atau Oppo.

Karena bentuk yang agak aneh ini, mimin kesulitan mengisi ulang daya. Terpaksa pinjam charger Zenfone 2 Laser yang mimin beli 2 minggu sebelumnya.

Desain

Desain body Redmi 4X tidak memiliki banyak perubahan disbandingkan dengan generasi Redmi X sebelumnya yakni 3X, bedanya ada pada desain sudut Redmi 4X yang dibuat agak membulat.

Apabila dilihat dari belakang, sekilas desain Redmi 4X akan mengingatkan kita pada produk Smartphone teranyar Apple yakni iPhone 7. Terlebih lagi hape yang mimin beli kebetulan warnanya hitam, pas banget dah pokoknya..

Body Redmi 4X yang full metal membuat body smarphone ini seolah menjadi magnet bagi sidik jari sehingga mudah sekali kotor. Terlebih lagi tangan mimin cepat sekali berkeringat, jadinya mimin selalu sedia tisu buat ngelap.

Selain mudah kotor, body metal juga membuat hape ini terasa licin saat dipegang maupun saat diletakkan dikantong baju. Untuk mengatasi licinnya body Redmi 4X, mimin membeli Casing Silicon seharga Rp.55.000 beberapa hari kemudian di Lazada.

Selain melindungi dan mempercantik tampilan hape, casing ini juga berfungsi mengurangi rasa panas yang sangat terasa akibat dari aktifitas hardware didalamnya.

Dari pantauan mimin, setelah browsing internet selama 30 menit, suhu baterai dapat mencapai 40 derajat celcius. Padahal sebagaimana kita tahu, suhu perangkat yang terlalu tinggi dapat mengurangi daya tahan baterai secara perlahan.

Selain mengurangi daya simpan baterai, panas yang dihasilkan kerja CPU akan membuat pemakaian menjadi kurang nyaman.

Beralih ke kelengkapan input dan output, redmi 4X dilengkapi dengan 1 buah Port USB 2.0 yang berada pada bagian bawah body, diapit oleh dua lubang speaker dan 1 microphone.


Dibagian belakang ada kamera utama dengan 13 MP dan flash serta pemindai sidik jari yang umumnya terdapat pada smartphone kalas menengah.

Yang mimin sukai dari kamera Redmi 4X, baik kamera depan dan belakang mampu merekam video dengan resolusi HD meskipun kualitas gambar yang dihasilkan berbeda.

Dibagian atas ada 3,5 port audio jack, sedangkan pada bagian depan ada speaker untuk kebutuhan komunikasi.

Pada sisi sebelah kanan terdapat tombol volume dan power, sedangkan disebelah kirinya terdapat slot SIM card dan Memori Micros SD yang dikeluarkan dengan mencolok lubang kecil dengan colokan khusus yang ada pada kotak kemasan hape.

Terkait dengan keberadaan tempat menaruh SIM card, Redmi 4X memang support dual SIM. SIM 1 bertipe Micro dan SIM 2 tipe Nano, istilah kerennya “Hybrid”.

Susahnya, jika menggunakan dua buah SIM card berarti tidak ada ruang untuk SD Card bila ingin menambah kapasitas ruang penyimpanan. Kebetulan perangkat Redmi 4X yang mimin beli hanya memiliki 16 GB ruang penyimpanan.

Memang ada sih cara alternative yang dapat digunakan bila ingin tetap menggunakan dual SIM dan juga memasang SD Card bersamaan.

Caranya dengan menggabungkan SIM 2 (Nano) dengan SD Card, tapi cara ini cukup beresiko karena dapat menyebabkan kerusakan pada SD card maupun SIM card.

Performa Hardware

Selama satu minggu masa pengujian, mimin cukup puas dengan performa yang diberikan Redmi 4X terutama dalam memainkan konten multimedia.

Kualitas audio yang dihasilkan saat memutar MP3 dari speaker sangat jernih meskipun tidak melakukan setting manual pada ekualizer serta tanpa menginstall aplikasi Audio tambahan semisal Dolby Atmos yang rencananya akan mimin install.

Begitu juga saat memutar video dengan resolusi HD (720P), tidak ada lag samasekali. Bahkan video dengan resolusi Full HD (1080) dapat dimainkan dengan baik, meskipun video dengan resolusi sedemikian harus diputar dengan aplikasi pemutar video pihak ketiga seperti VLC.

Bermain game HD semisal Asphalt 8 : Airbone dengan Redmi 4X bukanlah perkara yang sulit, karena game tersebut berjalan tanpa cela.

Cuma, karena maen game balap harus menggunakan mode landscape menyebabkan speaker yang terletak pada dibagian bawah body sering tertutup oleh tangan.

Selain itu, panas berlebih dari aktifitas hardware pada saat bermain game begitu terasa sehingga was-was juga digunakan bermain game terlalu lama.

Daya tahan baterai menjadi nilai plus juga dari mimin untuk Redmi 4X. Dengan kapasitas baterai sebesar 4100 mAh, perangkat ini dapat bertahan selama satu harian penuh.

Mimin melakukan percobaan kecil untuk menguji daya tahan baterai dari Redmi 4X , dimana pengisian daya dilakukan pada pukul 06:35 pagi dalam kondisi daya 0%. Dengan teknologi Fast Charging, baterai telah terisi daya 100% pada pukul 08:40, jadi Cuma butuh 2 jam saja untuk mengisi daya baterai yang 4100 mAH.

Dalam kondisi daya baterai 100%, mimin melakukan beragam aktifitas dengan Redmi 4X seperti bermain game, streaming YouTube, buka Facebook, Chating, Browsing internet dan foto-foto.

Pada pada pukul 09:00 malam, masih tersisa 30% daya baterai yang dapat digunakan untuk internetan selama berjam-jam.

Selain karena kapasitas baterai yang jumbo, kemampuan Redmi 4X dalam menghemat daya juga ditunjang oleh fitur hemat daya system operasi Android Marshmallow v.6.1 yang secara otomatis mematikan aplikasi yang memang tidak dibutuhkan tapi ikut mengkonsumsi daya dan data.

Pada sisi kamera, gambar yang dihasilkan dari kamera utama 13 MP menurut mimin sangat bagus. Terdapat 9 mode yang disediakan yang diantaranya : panorama, manual, pelurus, suasana, HHT, tilt Shirt, Audio, dan Timer.

Anda juga dapat menginstall aplikasi kamera lain seperti Google Camera yang mimin gunakan untuk mengambil gambar Bokeh dengan mudah.

Dukungan Perangkat Lunak

Xiaomi Redmi 4X termasuk perangkat yang beruntung karena telah resmi mendapatkan jatah Upgrade versi Android Nougat 7.1.2 dengan balutan MIUI 9.

MIUI 9 sendiri diklaim akan dibekali dengan fitur Learning Machine. Fitur ini menurut penjelasan dari berbagai sumber akan meningkatkan performa smartphone dalam menjalankan segala aktifitas.

Kunci dari fitur ini adalah memaksimalkan segala resource seperti CPU dan RAM untuk aplikasi yang sedang berjalan.

Sedangkan aplikasi yang tidak diperlukan tapi masih berjalan dilatarbelakang akan dikurangi penggunaan resourcenya.

Satu fitur lagi yang mimin suka pada MIUI 9 yaitu fitur Split Screen. Fitur ini memungkinkan kita menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Cara menggunakannya adalah menekan tombol recent apps dan pada pojok kiri atas tekan tombol split screen lalu tarik keatas aplikasi yang ingin anda jalankan secara bersamaan.

Baca Juga Gaes : Aplikasi Bawaan Xiaomi Paling Berfaedah

Keunggulan Redmi 4X

  1. Desain bodi cantik mirip iPhone 7
  2. Kapasitas baterai besar
  3. Dapat Upgrade system ke Android Nougat (MIUI 9)
  4. Kemampuan gaming bagus

Kekurangan Redmi 4X

  1. Manajemen panas tidak optimal yang dibuktikan dengan suhu baterai yang dapat mencapai angka 40 derajat celcius padahal hanya digunakan untuk aktifitas biasa seperti browsing internet ;
  2. Kualitas hasil foto saat minim cahaya banyak noise, sebaliknya dalam kondisi cukup cahaya hasil jepretan sangat memuaskan ;
  3. Mudah jatuh karena body yang terbuat dari bahan metal terasa licin ;
  4. Kurang rapi jika dipasangkan Tempered Glass karena bagian pinggir layar tidak merekat sempurna disebakan pada bagian ini layar agak sedikit melengkung ;

Harga Baru dan Bekas

Mimin membeli perangkat Smartphone Android Xiaomi Redmi 4x seharga Rp.1.400.000 di Lazada dan metode pembayaran melalui Indomaret. Sedangkan harga bekasnya tergantung kondisi fisik smartphone ya.

Dari pantauan mimin di Forum jual beli Smartphone Android Facebook didaerah mimin, harga secondnya berkisar Rp.1.200.000 saja.

Kesimpulan

Dengan rentang harga satu jutaan saja mimin cukup puas selama menggunakan Redmi 4X untuk kebutuhan komunikasi, multimedia dan gaming. Disamping fitur-fitur premium seperti adanya pemindai sidik jari dan kapasitas baterai yang besar.

Adanya update system Android Nougat memberikan nilai lebih bagi Redmi 4X. Bagaimana tidak, Smarphone Samsung sekelas Galaxy J7 Prime saja masih menggunakan Android Marshmallow meski harganya dua kali lipat dari Redmi 4X.

Bagi anda yang berminat memiliki Redmi 4X dengan segera, silahkan klik link berikut untuk memesannya langsung dari Lazada.

Mumpung harganya belum baik dan Seller ini juga punya reputasi yang baik berdasarkan penilaian pembeli berkat pelayanan yang prima serta proses pengiriman barang yang cepat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close