Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Bawaan Xiaomi Paling Bermanfaat, Jangan Dihapus...!

Daftar Aplikasi Bawaan Xiaomi Yang Tidak Boleh di Hapus Karena Punya Banyak Manfaat - Xiaomi dari yang saya lihat tidak seperti hape merk lain yang menjejali sistemnya dengan begitu banyak aplikasi bawaan yang penggunanya sendiri malas pakai karena gak tahu cara pakai atau memang tidak butuh.

Aplikasi bawaan unfaedah bawaan system atau Bloatware istilahnya selain hanya sebagai hiasan menu juga berkontribusi besar terhadap berkurangnya memori internal hape karena aplikasi-aplikasi tersebut rutin dapat update.

Setelah saya perhatikan, Xiaomi hanya menyertakan beberapa aplikasi bawaan yang menurut saya sangat bermanfaat serta memiliki fungsi yang sama baiknya dengan aplikasi populer yang ada di Google palystore.

Dalam postingan ini akan dijelaskan 7 Aplikasi Bawaan Xiomi yang bermanfaat untuk menunjang produktifitas maupun hobi kita, tanpa basa-basi lagi berikut penjelasan lengkapnya.

Aplikasi Bawaan Xiaomi Yang Tidak Boleh Anda Hapus

Aplikasi Bawaan Xiaomi Paling Bermanfaat

1. Mi Drop

Jika anda adalah pengguna xioami anda sebenarnya tidak perlu untuk menginstal aplikasi kirim file via wifi seperti ShareIt. Selain hanya memakan ruang penyimpanan memori internal saja, ShareIt semakin hari makin penuh dengan iklan yang membuat hape jadi loading sedikit lama untuk membukanya.

Terkait dengan hal tersebut sebenarnya anda tidak perlu lagi menginstal yang namanya aplikasi ShareIt karena sudah ada Mi Drop yang mana aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan ShareIt, superbeam dll. Selain itu, kecepatan transfer dari satu hape ke hape yang lain menggunakan Mi Drop sama cepatnya dengan ShareIt.

Dan yang penting, meskipun sama-sama menampilkan iklan setidaknya iklan yang tampil di aplikasi mi drop lebih tertata rapi serta tidak membuat hape jadi berat.

2. Galery

Galery pada ponsel Xiaomi tidak hanya sebatas alat untuk melihat koleksi file seperti gambar dan video. Tetapi lebih dari itu, galery pada ponsel Xiaomi dapat melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan hape merek lain seperti : membuat colase foto, mengedit video, mempercantik gambar dengan fitur penambahan efek, teks, sticker dll.

Khusus untuk gambar, anda bisa menghapus objek tertentu yang ada pada foto dalam skala kecil lewat menu ERASE.

3. Note

Sebagai seorang blogger, inspirasi untuk menulis seringkali datang disembarang waktu dan tempat. Jika tidak didokumentasikan ide-ide tersebut akan hilang. Untungnya sebagai pengguna Redmi 4X yang memiliki aplikasi bawaan Note (Catatan) saya bisa menulis ide-ide tersebut untuk dikembangkan lagi ke artikel lengkap lewat komputer untuk dipublikasikan.

4. Perekam Layar

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang sedang populer saat ini adalah dengan menjadi YouTuber. Anda akan dibayar oleh Google dimana uang tersebut merupakan bagi hasil pendapatan atas iklan yang tampil pada video yang anda upload ke YouTube.

Xiaomi sebagai salah satu produsen hape yang produknya banyak digunakan di indonesia. Dengan basis pengguna yang banyak maka membuat video tentang produk Xiaomi kemudian diupload ke YouTube pastinya akan mengundang jumlah penonton yang tidak sedikit.

Sebagai langkah awal Anda bisa mendokumentasikan video tutorial cara melakukan sesuatu di hape Xiaomi yang banyak orang cari dengan cara merekam tampilan layar hape anda.

Biasanya untuk merekam layar hape Android, orang menggunakan aplikasi dari Playstore seperti Do Recorder. Sebenarnya menginstal aplikasi Do Recorder itu tidak perlu karena Xiaomi sudah menyiapkan aplikasi perekam layar sendiri yang ada di folder Tool / Alat.

Aplikasi perekam layar ini memiliki kemudahan penggunaan yang sama dengan aplikasi lain serta kualitas video yang dihasilkan bisa anda sesuaikan hingga ke resolusi HD atau 1280 x 720.

Dan yang paling penting adalah, tidak watermarks yang ada pada video yang anda rekam seperti layaknya aplikasi Do Recorder versi gratis karena lisensi dari aplikasi ini sudah 100% khusus untuk pengguna Xiaomi.

5. Mi Remote

Mi remote merupakan aplikasi bawaan berikutnya dari Xiaomi yang berfungsi sebagai remote portable untuk segala jenis barang elektronik. Dari beberapa barang elektronik yang pernah dicoba, hampri semuanya bisa dioperasikan dengan aplikasi remote ini seperti TV dan AC.

6. Security

Sistem operasi Android dikenal sangat kotor karena menghasilkan banyak file junk yang jika dibiarkan akan memakan banyak ruang pada memori internal serta akan memberatkan kerja sistem Android itu sendiri.

Jika anda mengetikkan kata kunci pembersih Android di pencarian Google atau di Playstore anda akan disajikan banyak sekali aplikasi pembersih yang bisa anda gunakan secara gratis sepenuhnya, atau membayar lebih apabila ingin mendapatkan fitur lebih lengkap.

Tapi tahukah anda jika MIUI sendiri telah dilengkapi dengan aplikasi pembersih yang sangat powerfull untuk menjaga sistem Android tetap bersih dari segala macam file sampah, Cache aplikasi, Cache Facebook, Cache WhatsApp dll. Selain itu, aplikasi pembersih lanjutan yang akan melakukan scaning mendalam yang tidak bisa dilakukan aplikasi pembersih lain.

Aplikasi pembersih yang terpasang di miui sebenarnya bukan karya Xiaomi sendiri, tetapi dikembangkan bersama perusahaan perangkat lunak yang mengembangkan aplikasi Clean Master.

7. Game Booster

Xiaomi sangat menaruh perhatian pada meningkatnya jumlah pengguna hape Android yang memanfaatkan perangkatnya untuk bermain Game. Hal ini didukung oleh makin bermunculannya Game-Game berkualitas untuk perangkat Android yang bisa diunduh gratis di Playstore.

Karena kenyamanan dalam bermain Game adalah sebuah keharusan, Xiaomi mendesain miui menjadi sistem operasi mobile yang ramah Game. Ada sebuah aplikasi (fitur) dari miui yakni Game booster yang akan mengoptimalkan performa hape Android Xiaomi dalam bermain Game dengan memberikan resource memori dan CPU pada Game dan menghentikan aplikasi lain yang tidak dirasa perlu.

Game booster ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang hanya memiliki hape Xiaomi khususnya Redmi 4X dengan spesifikasi standar misalnya versi 2/16 (RAM 2 GB dan ROM 16 GB).

Demikian informasi tentang aplikasi bawaan Xiaomi yang berguna untuk meningkatkan produktifitas, semoga bermanfaat.

Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close