Biang Informasi Seputar Android

3 Cara Praktis Upgrade Android Grand Prime Ke Lollipop 5.2

Artikel terkait : 3 Cara Praktis Upgrade Android Grand Prime Ke Lollipop 5.2



Disclaimer
Segala kerusakan yang dihasilkan dengan mengikuti tutorial dalam artikel ini menjadi tanggung jawab masing-masing dan mimin tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan tersebut.

Sebelum mulai penjelasan tentang cara memperbarui versi android Galaxy Grand Prime SM G530H, mimin mau nanya dulu kepada anda...

  1. Apakah anda ingin Grand prime anda bisa berjalan 4 (empat) kali lebih cepat dari sebelumnya…?
  2. Apakah anda ingin Smartphone anda punya  tampilan yang lebih menarik…?
  3. Serta mempunyai kemampuan menghemat daya baterai dan data internet…?

Jika jawabannya iya, berarti anda berada ditempat yang tepat karena anda akan tahu caranya sebentar lagi setelah membaca artikel panduan ini.

Sebelum mulai kepokok pembahasan, mimin akan jelaskan dulu fitur-fitur yang ada pada Sistem operasi android lollipop 5.0.2 yang akan anda install pada galaxy grand prime.

Fitur android lollipop

#1. Android Lollipop Menggunakan Emulator Terbaru.
Sebelum versi lollipop (Kit Kat, Jelly Bean, Ice Cream Sandwich, Honey Comb, Gingger Bread, dst) Android menggunakan Emulator lawas yang dinamakan Dalvik.

Pada system operasi android lollipop, Dalvik sepenuhnya digantikan oleh emulator baru yakni Android Run Time (ART)

ART diklaim google dapat berjalan 4 (empat) kali lebih cepat dari Dalvik. Oleh sebab itu Secara teori, Android Lollipop dengan dengan Emulator ART bisa menjalankan aplikasi 4 kali lebih cepat dari sebelumnya.

#2. Menggunakan User Interface (UI) Material Design.
UI material design merupakan UI baru yang menawarkan system dengan tampilan lebih menarik dari versi android sebelumnya yang terlihat agak kaku.

Bentuk objek dirancang terlihat lebih flat, disusun oleh tumpukan garis dengan kombinasi warna yang menarik. Latar belakang aplikasi mengikuti wallpaper dan status bar dibuat agar terlihat transparan.

#3. Lebih Hemat Daya
Masalah klasik smartphone android masih tetap sama dari awal system operasi android dikembangkan yaitu boros daya baterai dan internet.

Guna mengatasi masalah tersebut, google mengembangkan Project Volta guna mencari solusi mengatasi penggunaan daya berlebih system operasi android.

Dari project tersebut hadirlah Doze mode yang akan menginstruksikan system untuk menghentikan aplikasi yang berjalan otomatis dilatar belakang yang menghabiskan daya baterai.

#4. User Terbatas
Untuk mencegah orang yang meminjam hape anda melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti melihat isi percakapan di WA atau melihat koleksi video pribadi, Google menambahkan fitur menambah user terbatas pada versi android Lollipop.

Fitur User terbatas ini memungkinkan anda membuat user yang hanya dapat melakukan beberapa hal saja misalnya telpon dan SMS, tergantung dari setting yang anda lakukan.

Pada saat user terbatas ini mencoba mengakses hak akses Author, User ini harus melewati Password yang sebelumnya anda tambahkan pada saat melakukan setting.

Cara Upgrade Android Grand Prime SM-G530H

Ada 3 (tiga)  cara yang bisa anda gunakan untuk mengupgrade android galaxy grand prime yaitu : Menggunakan Aplikasi Samsung KIES, Update via OTA dan Menggunakan Odin.

Cara 1. Menggunakan Samsung KIES

Samsung KIES (Key Intuitive Easy System) merupakan program khusus yang dikembangkan oleh Samsung untuk memudahkan pengguna smartphone Galaxy dalam : Membuat cadangan (Back Up) File, kontak, Firmware dll.

Samsung KIES juga dirancang agar dapat memudahkan anda melakukan pembaruan system apabila perangkat Galaxy anda mendapat jatah Firmware Android terbaru.

Bagaimana cara menggunakan Samsung KIES untuk menjalankan Upgrade Android…?

Pertama download dulu program Samsung KIES disini. Yang perlu anda ingat adalah downloadlah Samsung KIES versi 3 bukan yang lain.

Mengapa harus Samsung KIES versi 3…?

Karena versi 2.6 ditujukan untuk perangkat Samsung Galaxy yang menjalankan Android 4.2 kebawah. Sedangkan Galaxy Grand Prime SM-G530H menjalankan Android Kit Kat Versi 4.4.

Untuk Driver USB anda tidak perlu menginstalnya, karena didalam installer Samsung KIES sudah ada driver terbaru.

Setelah anda download program Samsung KIES, segera install pada computer (dianjurkan menggunakan laptop) tapi jangan dijalankan dulu sampai perangkat Samsung Galaxy sudah siap untuk diupgrade.

Sebelum mulai, ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan yaitu :

Pertama, pastikan baterai perangkat Smartphone anda dayanya telah terisi 100%. Hal ini untuk menghindari terhentinya proses upgrade ditengah jalan karena Smartphone kehabisan daya.

BAHAYA….

Kedua, lakukan backup Kontak, file-file penting didalam memori internal karena akan dihapus saat proses upgrade berlangsung.

Ketiga, pastikan computer yang anda gunakan memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Cepat atau tidak proses upgrade menggunakan KIES tergantung dari kecepatan internet anda.

Keempat, catat Model perangkat Galaxy anda misalnya SM-G530H. Catat juga Nomor IMEI yang dapat anda lihat di sticker dibelakang baterai Smartphone atau tekan “ *#06# ” di dial pad.

Yang terakhir catat versi pita dasar yang dapat anda lihat dengan membuka menu : Setting / Tentang Perangkat / Versi Pita Dasar yang ada tulisan HXCU atau XXU.

Masing-masing perangkat punya pita dasar yang berbeda.

Versi pita dasar ini akan kita gunakan nanti saat mencari firmware yang Smartphone anda butuhkan untuk kita install menggunakan Odin.

Setelah semua persiapan selesai matikan smartphone anda. Langkah selanjutnya masuk ke Download Mode dengan menekan kombinasi tombol Home + Volume Bawah + Power.

Bila anda mengalami kesulitan masuk ke Download Mode karena perangkat buru-buru masuk menu. Siasati dengan menekan tombol kombinasi satu persatu seperti tekan Home lalu Volume Bawah baru kemudian tombol power.

Tunggu beberapa saat sampai muncul peringatan akan bahaya menginstal OS Custom. Abaikan saja dengan menekan tombol Volume Atas untuk menlanjutkan atau Volume Bawah untuk Cancel.

 Jalankan Aplikasi Samsung KIES dan sambungkan Smartphone dengan komputer menggunakan kabel data. Tunggu beberapa saat sampai KIES mengenali dan perangkat anda.

Gambar Download Mode
Download Mode
Akan ada persan Pop Up yang meminta anda untuk mengkonfirmasi apakah anda akan melanjutkan proses. Langsung saja anda klik “Confirm” untuk melanjutkan.

Selanjutnya anda akan melihat tampilan awal Samsung KIES, klik pada menu TOOLS dan pilih submenu “FIRMWARE UPGRADE AND INTIALITATION “.

Anda akan diminta memasukkan nama atau tipe perangkat samsung galaxy anda misalnya SM-G530H. Setelah itu masukkan nomor IMEI yang sudah anda catat lalu klik OK untuk melanjutkan.

Begitu juga apabila ada pesan peringatan bahwa aktifitas upgrade ini akan menghapus semua file didalam memori internal abaikan saja lalu klik tombol START UPGRADE.

KIES akan mendownload firmware yang cepat atau tidaknya tergantung kecepatan internet anda. Proses ini akan berlangsung lama, jadi anda bisa melakukan aktifitas lain seperti ngopi dan merokok asal jangan sampai lupa kalau anda sedang upgrade firmware.

Setelah mendownload KIES akan menginstall firmware dan prosesnya akan ditampilkan pula pada perangkat anda.

Apabila proses install selesai, Smartphone akan melakukan Restart dan booting agak sedikit lama untuk menginstall aplikasi bawaan sistem.

Cara 2. Upgrade Via OTA

Menjalankan Upgrade firmware secara online atau Over The Air (OTA) prinsipnya sama saja seperti menggunakan Samsung KIES.

Cuma pada metode ini kita tidak membutuhkan PC tetapi langsung menggunakan perangkat samsung Galaxy yang akan di Upgrade Firmwarenya.

Persiapannya sama saja seperti menggunakan Samsung KIES, jadi jangan dilewatkan tahapannya. Apabila ada yang kurang jelas silahkan dibaca ulang.

Pertama, buka menu setting (Setelan) pada perangkat samsung galaxy anda lalu klik About Phone (Tentang Perangkat).

Untuk memulai mendownload firmware terbaru, klik menu Perbarui Perangkat Lunak / Unduh pembaruan secara manual.

Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi tentang perangkat lunak terbaru yang akan didownload mulai dari ukuran file sampai informasi fitur yang akan didapatkan setelah menginstall firmware tersebut.

Proses download bisa berlangsung agak lama tergantung dari kecepatan internet yang anda gunakan. Dan yang paling penting, jangan sampai proses upgrade gagal karena anda kehabisan paket data.

Dari beberapa kali pengalaman melakukan upgrade firmware via OTA ukuran firmware perangkat samsung Galaxy bisa berukuran 800 MB sampai lebih dari 1 GB.

Untuk itu pastikan anda memiliki kuota paket internet 2X (dua kali lipat) dari ukuran file yang akan anda download.

Setelah proses download selesai biarkan perangkat menginstall firmware yang telah didownload tadi dengan terlebih dahulu meminta RESTART.

Booting akan sedikit lebih lama dari biasanya, karena dibutuhkan waktu agak lama guna menginstall aplikasi baru pada sistem.

Cara 3. Upgrade Manual Menggunakan Odin

Berbeda dengan cara pertama dan kedua, cara ketiga menggunakan Odin tidak perlu terkoneksi ke internet.

Cuma..

Firmwarenya harus anda download terlebih dahulu sesuai dengan tipe hape dan pita dasar yang mimin minta untuk dicatat diawal tadi.

Untuk mendapatkan firmware yang anda butuhkan caranya telah mimin jelaskan secara lengkap Tutorial Download Firmware Samsung. Silahkan gunakan cara yang menurut anda paling mudah.

Firmware yang telah didownload biasanya masih dalam format zip. Sedangkan ekstensi file dari firmware setelah dikestrak adalah MD5.

Gunakan program 7Zip untuk mengkestrak firmware yang telah anda download lalu letakkan dalam satu folder bersama dengan program Odin.

Untuk program Odin sendiri dapat anda download dan baca panduan dari masing-masing tombol yang ada pada program Odin di artikel ini.

Tidak lupa pula download dan install Driver USB samsung terbaru yang sesuai dengan sistem operasi windows (32 atau 64 bit) yang anda gunakan pada komputer ( direkomendasikan menggunakan laptop).

Tapi jika anda sudah menginstall aplikasi Samsung KIES dikomputer, anda tidak perlu menginstall driver karena didalam KIES sudah terdapat driver terbaru.

Aktifkan Developer Mode ( Mode Pengembang) pada perangkat Samsung Galaxy Grand Prime anda dengan cara : buka menu Setting (Setelan) / About Phone (Tentang Perangkat) / Baseband Version (Versi Pita Dasar) lalu ketuk lima kali berturut-turut.

Anda akan mendapati menu baru yakni Mode Pengembang tepat diatas menu Tentang Perangkat.

Buka menu developer mode tadi lalu aktifkan Debuging USB ( Mendebug USB), cara mengakitkfannya tinggal diklik saja (Swipe).

Setelah semua persiapan lengkap, saatnya masuk ketahap flashing Grand Prime menggunakan Odin.

Pertama matikan Galaxy Grand Prime kemudian masuk Download Mode. Caranya telah mimin jelaskan diawal, jika lupa silahkan baca kembali.

Jalankan program Odin lalu alihkan perhatian ketombol “ AP ” atau “ PDA ” yang berada disebelah kanan aplikasi Odin.

Klik tombol tersebut untuk memasukkan firmware yang sudah diekstrak dengan ekstensi file MD5.

Proses ini agak sedikit lama karena ukuran firmware setelah diekstrak bisa membesar hingga 2X (dua kali) lipat.

Akan ada pesan “ Added “ di Messages Box yang menandakan firmware berhasil diload. Selanjutnya hubungkan Grand Prime dalam posisi Download Mode tadi dengan komputer menggunakan kabel data.

Berbicara tentang kabel data, sangat dianjurkan untuk menggunakan kabel data asli (bawaan) serta dalam kondisi baik dan tidak pernah terjadi gangguan ketika digunakan melakukan pengisian daya.

Menggunakan kabel data yang bermasalah hanya akan membuat gagal proses upgrade. Firmware sehingga menyebabkan smartphone Bootloop dan masalah lain yang lebih parah seperti kerusakan EMMC.

Untuk lebih jelasnya tentang antarmuka Odin, perhatikan gambar berikut ini :



Gambar Odin
Tampilan Odin Multi Downloader
Klik tombol start untuk memulai proses install yang akan berlansung 5-7 menit saja dan perangkat akan RESTART setelah penginstalan firmware komplit 100%.

Proses booting pertamakali akan sedikit lebih lama dari biasanya karena sistem akan memasang aplikasi bawaan sistem yang baru.

Setelah masuk kemenu dengan melakukan settingan perangkat pertama kali maka dapat dikatakan proses Upgrade Android Grand Prime ke Lollipop sukses.

FAQ

T : Apakah ketiga cara yang telah dijelaskan diatas akan menghapus file dan aplikasi yang ada di memori internal…?

J : Tidak, hanya metode upgrade via Samsung KIES yang akan memformat memori internal. Sedangkan untuk cara kedua dan ketiga baik aplikasi beserta akun masih terinstall kecuali melakukan reset kepengaturan pabrik guna menyegarkan sistem.

T : Apakah dengan mengupgrade Android Samsung Grand Prime SM-G530H langsung bisa 4G…?

J : Tidak…mengupgrade Android ke versi yang lebih tinggi tidak akan merubah hardware pada smartphone manapun. Agar bisa 4G silahkan beli perangkat MIFI yang sudah 4G apabila anda tidak mau beli hape baru yang sudah 4G.

T : Apa fungsi Smart Manager yang tiba-tiba terinstall setelah saya upgrade Android ke Lollipop…?

J : Smart Manager merupakan aplikasi bawaan sistem yang akan membantu anda mempercepat kinerja Smartphone android dengan cara membersihkan file sampah dan melegakan RAM.

T : Galaxy Grand Prime saya punya pita dasar yang berbeda dengan firmware versi Indonesia sehingga mengharuskan saya menggunakan firmware versi luar negeri seperti Rusia, bagaimana caranya agar perangkat saya bisa bahasa indonesia…?

J : Gunakan aplikasi More Locale yang akan menambah bahasa indonesia pada pengaturan Bahasa. Apabila anda tida melakukan Reset kepengaturan pabrik, bahasa yang sebelumnya digunakan misalnya bahasa Indonesia akan digunakan lagi setelah proses upgrade selesai dijalankan.

T : Apakah Grand Prime saya setelah upgrade ke Lollipop juga bisa diupgrade ke Marshmallow atau Nougat…?

J : Tidak, karena saat ini Lollipop merupakan versi android terakhir yang diberikan Samsung. Mimin pesimis Grand Prime akan mendapat jatah Marshmallow atau Nougat, kecuali menggunakan Custom ROM seperti Leneage atau Cyanogen.

Demikian penjelasan cara Upgrade Android Galaxy Grand Prime SM-G530H ke Lollipop 5.0.2 menggunakan KIES, Via OTA dan Odin.

Apabila ada yang dirasa kurang jelas dari artikel ini silahkan tanyakan dikolom komentar.

Baca Juga :

Cara Upgrade Android J7 Prime Ke Nougat

Artikel Banggras Android Lainnya :

Copyright © 2015 Banggras Android | Design by Bamz