Panduan Odin Multi Downloader Untuk Flash Semua Hape Samsung


Flashing hape adalah aktifitas menginstall firmware (perangkat lunak system) pada perangkat android khususnya merk Samsung.

Aktifitas flashing sendiri dilakukan dengan tujuan mengatasi permasalahan pada perangkat android seperti bootlop atau tujuan lain seperti meningkatkan versi android ke versi yang lebih tinggi.

Untuk dapat melakukan flashing pada hape, diperlukan beberapa alat bantu baik itu berupa hardware dan software. Salah satu kebutuhan software yang wajib ada saat melakukan flashing hape Samsung adalah odin multi downloader.

A.    Apa Itu Odin Multi Downloader


Odin multi downloader adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu proses install firmware resmi hape Samsung. Sedangkan untuk firmware custom semisal Cyanogen tidak memerlukan odin, tapi custom recovery seperti TWRP atau CWM.

Odin multi downloader atau singkatnya odin saja telah mengalami pembaruan versi sesuai dengan perkembangan versi dari system operasi mobile android itu sendiri. masing masing versi dari odin hanya dapat digunakan untuk hape dan versi android tertentu saja.

B.    Perlengkapan Tambahan Flashing Hape


Selain program Odin, ada beberapa tool yang kita butuhkan dalam proses flashing hape Samsung seperti :

1. Komputer
Computer diperlukan untuk menjalankan odin itu sendiri. Tipe komputer yang disarankan sebaiknya laptop daripada PC biasa, karena laptop punya daya cadangan pada baterai sehingga proses flashing dapat tetap berjalan meskipun ada kejadian tidak terduga seperti listrik mati.

Selanjutnya, laptop yang akan digunakan untuk menjalankan proses flashing hape telah menjalankan system operasi windows, rekomendasi Windows 7, 8, dan 10.

Bagaimana dengan system operasi Linux atau Mac OS..?

Untuk system operasi Linux Odin tidak dapat digunakan karena program ini dirancang khusus untuk system operasi Windows.

Untuk Linux ada alternative program yang digunakan untuk flash hape Samsung yakni Heimdall dan Java Odin. Untuk informasi kedua program tersebut silahkan search sendiri di Google.

2. Driver USB
Driver USB Samsung adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu system operasi windows membaca dan mengenali hape yang akan diflash.

Silahkan download Driver USB Samsung pada link berikut dan pastikan tipenya sesuai dengan tipe OS yang laptop anda gunakan, misalnya laptop anda menggunakan Windows tipe 32 bit, maka install driver USB untuk windows 32 bit.

3. Kabel USB Original
Kabel USB saya tekankan Original dan berfungsi baik karena lancar atau tidaknya proses flashing tergantung dari bagaimana perangkat hape terhubung dengan laptop.

Jangan remehkan hal yang satu ini dengan menggunakan kabel USB abal abal berkualitas rendah, karena bisa membuat proses flashing berhenti ditengah jalan dan kerusakan yang lebih parah pada perangkat hape android anda...!

4. Firmware Samsung
Firmware Samsung adalah file mentah yang akan diinstall pada perangkat serta dapat anda dapatkan dengan mendownloadnya terlebih dahulu dengan cara yang telah mimin jelaskan pada aritkel Cara Download Firmware Resmi Samsung.

C.    Cara Menggunakan Odin Multi Downloader

#1. Antar Muka Odin
Antarmuka program odin multidownloader sangat sederhana. Meskipun ada banyak tombol yang disediakan, namun pada praktiknya hanya beberapa bagian saja yang perlu anda ketahui fungsinya seperti :
Kolom “ID.COM” yang berfungsi menginformasikan apakah perangkat telah terbaca oleh system operasi windows yang laptop anda jalankan atau tidak. Apabila kolom ini berwarna biru, itu artinya perangkat telah terbaca dan proses flashing siap dilanjutkan.

Sebaliknya, apabila berwarna kuning atau tidak ada tanda, maka perangkat belum terbaca. Solusinya install driver USB Samsung yang sesuai dengan tipe OS yang laptop anda gunakan.

Tombol PDA berfungsi untuk memasukkan firmware yang akan diinstall pada perangkat android. Keterangannya nanti akan muncul pada form Message yang ada disebelah kiri bawah. Selanjutnya dan terakhir ada tombol start untuk memulai proses flashing.

#2. Versi Odin
Seperti yang telah mimin jelaskan sebelumnya, sesuai dengan perkembangan system operasi android saat ini sudah ada beberapa versi Odin dan masing-masing versi hanya dapat digunakan untuk menginstall versi android tertentu.

•    Odin3 V.1.30 sampai V.1.385 direkomendasikan untuk menginstall firmware android Ginggerbread – Ice Cream Sandwich.
•    Odin3 V.1.86 sampai V.3.09 direkomendasikan hanya untuk firmware android versi Jelly Bean –Kit Kat
•    Odin3 V.3.10.7 direkomendasikan untuk firmware android Lollipop
•    Odin3 V.3.11.1 direkomendasikan untuk firmware android Marshmallow
•    Odin V.3.11.2 sampai V.3.12.7 direkomendasikan untuk firmware android Nougat


Download odin disini

D.    Cara Flash Via Odin

Siapkan laptop dan pastikan baterai telah terisi penuh dan setidaknya mampu bertahan selama 1 jam dalam kondisi tidak tersambung dengan aliran listrik apabila terjadi mati lampu. Pastikan pula anda telah mengInstall driver USB Samsung.

Pastikan perangkat android Samsung yang akan diflash daya baterainya 100% . setelah itu segera masuk ke Download Mode dengan menekan kombinasi tombol Home + Power + Volume Bawah. Biasanya aka nada peringatan bla bla bla tapi abaikan dan tekan volume atas sekali untuk melanjutkan.

Secara default opsi Auto Reboot dan F.Time Reset telah dicentang pada menu Option, biarkan saja seperti itu. Sedangkan opsi lain seperti Re-Partition biarkan tanpa centang.

Jalankan Odin lalu klik pada tombol PDA yang ada pada bagian kanan program odin lalu pilih firmware yang telah dipersiapkan.

Tunggu proses pembacaan file selesai sampai muncul text “Added” pada form Messages disebelah kiri bawah program Odin.

Sambungkan perangkat hape Samsung dengan laptop menggunakan kabel data. Apabila perangkat terbaca akan ada tanda biru pada kolom “ID.COM”.

Pada tahap ahir proses, klik tombol “Start” untuk memulai proses Flashing. Proses ini biasanya akan memakan waktu 10-15 menit, apabila telah selesai perangkat akan restart otomatis dan masuk kedalam system.

Catatan :
Apabila terjadi Error seperti proses terhenti dengan adanya pesan warna merah pada form Messages, seger cabut perangkat dan lepaskan baterai.

Begitulah panduan menggunakan program odin multidownloader untuk keperluan flashing hape Samsung. silahkan beri masukan apabila ada yang terlewatkan pada penjelasan diatas lewat kolom komentar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Panduan Odin Multi Downloader Untuk Flash Semua Hape Samsung"

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown