Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mantap...Cara Ampuh Hemat Kuota Internet WhatsApp

Whatsapp merupakan aplikasi berkirim pesan dengan pengguna aktif harian terbanyak. Menurut berita yang Banggras baca di kompas.com ada 1 Miliar orang menggunakan aplikasi WA setiap harinya.

Karena kepopulerannya, hampir sebagian besar pengguna android memasang aplikasi ini meskipun tidak terlalu sering digunakan.

Masalahnya, selain kerapkali membuat ruang penyimpanan internal ponsel android cepat penuh, Whatsapp juga membuat banyak penggunanya bangkrut karena aplikasi ini jika tidak dikontrol akan menghabiskan banyak sekali data internet seluler.

Untuk itu...

Guna mengatasi masalah tersebut, Banggras punya 3 buah tip ampuh untuk menekan penggunaan data internet berlebih aplikasi Whatsapp.

Bagaimana caranya...?

Berikut penjelasan lengkapnya...!

3 Cara Hemat Kuota Internet Aplikasi WhatsApp

Cara Menghemat Kuota Internet

Gunakan Penyedia Layanan Internet Yang Tepat

Cara pertama yang bisa anda terapkan untuk menghemat kuota internet dari aplikasi whatsapp adalah dengan memilih provider (penyedia layanan internet) yang tepat.

Telkomsel, XL, Axis, Indosat dan Smartfren merupakan 5 perusahaan penyedia layanan internet dengan pengguna terbanyak saat ini.

Masing masing perusahaan punya strategi tersendiri dalam memberikan pelayanan demi memberi kepuasan kepada penggunanya.

Sebagai pengguna internet aktif setiap harinya, Banggras sangat puas terhadap layanan yang diberikan oleh telkomsel karena setiap kali membeli paket data Telkomsel membagi data yang kita beli menjadi 3 bagian yaitu : Chat dan Sosial Media, Video Max dan Reguler.

Misalnya paket Flash 7,5 GB seharga Rp.35.000. dari total 7.5 GB data yang kita beli 2 GB khusus untuk aplikasi jejaring sosial seperti facebook dan Twitter serta aplikasi berkirim pesan seperti WhatsApp, 2 GB lagi untuk VideoMax dan sisanya kuota internet reguler.

Dengan menggunakan sistem kuota terpisah, kita bisa leluasa facebookan dan chating via WA , atau menonton serial TV kesukaan lewat aplikasi HOOQ atau VIU tanpa takut aplikasi tersebut ikut menghabiskan kuota internet reguler.

Jadi...dengan adanya pembagian tersebut, kita dengan mudah mengontrol penggunaan paket data internet seluler.

Tetapi Banggras punya satu pertanyaan...

Meskipun secara kuantitas, data yang dikhususkan untuk jejaring sosial dan aplikasi chat jumlahnya lebih sedikit daripada kuota internet reguler, Banggras peribadi belum pernah menggunakan data khusus tersebut sampai habis, selalu ada sisa ratusan MB sampai habis masa berlaku paket.

Sedangkan kuota internet reguler yang jumlahnya dua kali lipat lebih besar, justru selalu habis beberapa hari sebelum masa berakhir paket.

Ada yang bisa bantu jawab...?

Silahkan komentar.

Matikan Auto Download Content

Cara kedua untuk menekan penggunaan data dari aplikasi whatsapp adalah dengan mematikan fitur autodownload content. Fitur ini akan secara otomatis mendownload media yang dikirimkan ke akun whatsapp kita.

Seandainya sebatas gambar meme yang ukurannya hanya beberapa ratus KB mungkin tidak masalah, tetapi bagaimana kalau yang dikirim berupa video.

Untuk itu segera matikan fitur Auto Download Content dengan cara membuka menu Setelan / Penggunaan Data dan Penyimpanan, lalu pilah konten seperti tipe apa saja yang otomatis diunduh saat online dengan data seluler.

Lebih Selektif Saat Membuka Kontent Kiriman

Cara ketiga ini masih terkait dengan cara kedua, dimana untuk menghemat data internet saat menggunakan whatsapp kita sebaiknya lebih selektif memilih konten yang masuk ke kontak kita.

Jika dari awal kita sudah tahu paketan internet hanya 1 GB, kemudian ada yang mengirim video dengan ukuran file cukup besar maka sebaiknya video tersebut ditunda dulu sampai ada jaringan Wi-Fi gratis atau tidak perlu dibuka samasekali, toh nantinya akan anda hapus juga karena hanya akan membuat memori internal ponsel cepat penuh.

Sudah itu saja...

Penutup

Itulah tip singkat Cara Menghemat Penggunaan Data Internet Saat Menggunakan Aplikasi Whatsapp. Semoga informasi ini dapat membantu anda menghemat pengeluaran hanya untuk membeli kuota internet.
Terimakasih.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close