Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Yang Benar Flash Asus Zenfone Go ZC500TG Z00VD


Cara Yang Benar Flash Asus Zenfone Go ZC500TG Z00VD Tanpa PC - Bootloop merupakan istilah yang ditujukan kepada perangkat android yang bermasalah pada perangkat lunak sistem dengan gejala seperti perangkat gagal masuk (booting) kedalam sistem dengan sempurna tapi hanya sampai logo kemudian restart dan terus berulang.

Penyebab dan Cara Mengatasi Hape Zenfone Go ZC500TG Bootloop

Ada dua tipe bootloop pada ponsel Android yang harus kamu tahu yaitu : Bootloop ringan dan Berat.
Bootloop ringan mungkin disebabkan masalah antara sistem android itu sendiri dengan hardware, yang sekali lagi mungkin disebabkan perangkat yang terlalu lama sehingga perlu rehat sejenak.

Sedangkan bootloop berat disebabkan karena aktifitas user yang melakukan kesalahan pada saat mengedit sistem android seperti :
  1. Instalasi Firmware yang tidak sempurna karena firmware baru bentrok dengan data dari system lama
  2. Rooting untuk mendapatkan hak akses perubahan sistem secara penuh
  3. Unlock Bootloader yang gagal
  4. Melakukan Tweak Pada Sistem (memasang Xposed)
  5. Salah dalam memberikan permision pada File System.

Setelah mengetahui peyebab dari perangkat Zenfone bisa mengalami bootloop, pertanyaan selanjutnya tentu saja bagaimana cara mengatasinya.

Ada tiga opsi yang bisa kamu gunakan jika perangkat Zenfone mengalami bootloop sesuai dengan tingkatan kerusakannya yaitu :
  1. Istirahatkan hape
  2. Wipe Data Factory Reset
  3. Flash

Cara 1. Istirahatkan Hape

Cara ini hanya berlaku apabila ponsel android mengalami bootloop ringan. Bootloop ringan yang disebabkan perangkat terlalu lelah.

Cara mengistirahatkan ponsel tidak cukup dengan hanya mematikan perangkat, tapi diikuti dengan membuka baterai (jika bisa dibuka) melepaskan SIM Card dan Kartu Memory Eksternal (SD Card) lalu diamkan selama satu jam.

Jika memang benar perangkat Zenfone milikmu mengalami bootloop ringan,maka setelah semua komponen hape dipasang kembali ponsel akan normal seperti sediakala.

Jika tidak...maka kriteria bootloopnya sudah ada di level berat yang bisa kamu atasi dengan cara alternative berikut ini.

Cara 2. Wipe Data Factory Reset (WDFR)

Apabila setelah mengistirahatkan hape tapi perangkat masih mengalami Bootloop, coba setel ulang (RESET) ke pengaturan pabrik biasa disebut Wipe Data Factory Reset.

Berhubung perangkat tidak bisa masuk ke Sistem karena Bootloop, maka kita hanya bisa melakukan penyetelan ulang melalui Sistem Recovery.

Alangkah lebih baik lagi jika diperangkat anda telah terpasang Custom Recovery seperti TWRP atau ClockWorkMood (CWM).

Langkah-langkah Menjalankan Wipe Data Factory Reset

  • Langkah 1. Matikan perangkat dengan cara lepas baterai kemudian pasang kembali.
  • Langkah 2. Masuk ke Sistem Recovery dengan cara menekan tombol Power + Volume bawah secara bersamaan. Lepaskan tombol power setelah ponsel bergetar tapi jangan lepaskan tombol volume bawah sambil ditekan berulang-ulang.
  • Langkah 3. Setelah masuk Sistem Recovery, pilih opsi Wipe Data Factory Reset-> Delete All User Data dengan menekan (Volume +) atau (Volume -) untuk memindahkan kursor dan tombol power untuk memilih opsi.
  • Langkah 4. Restart perangkat dan setting kembali ponsel seperti laiknya hape baru.
Apabila pada perangkat Zenfone telah terpasang Custom Recovery TWRP, berikut langkah-langkah cara melakukan WDFR...
  • Langkah 1. Matikan perangkat dan masuk ke Sistem Recovery TWRP dengan menekan tombol kombinasi POWER + VOLUME BAWAH.
  • Langkah 2. Pilih menu WIPE yang ada dipojok kanan atas kemudian pilih opsi FORMAT DATA.
  • Langkah 3. Akan muncul peringatan bahwa aktifitas WIPE DATA akan menghapus semua data didalam perangkat namun abaikan saja lalu swipe tombol kekanan dan tunggu proses selesai.
  • Langkah 4. Setelah itu mulai ulang perangkat dengan milih menu REBOOT -> SYSTEM

Cara 3. Flash Via SD Card

  • Langkah 1. Download Firmware Zenfone Go ZC500TG Z00VD simpan di SD Card ( Link ada di akhir post)
  • Langkah 2. Matikan Zenfonemu lalu masuk ke Sistem Recovery dengan menekan tombol POWER + VOLUME BAWAH. Setelah masuk Sistem Recovery gunakan tombol Volume untuk memindahkan kursor dan tombol POWER untuk memilih opsi.
  • Langkah 3. Pada Sistem Recovery ada 5 opsi yang diberikan yaitu : REBOOT TO SYSTEM NOW, APPLY UPDATE FROM ADB, WIPE DATA / FACTORY RESET, WIPE CACHE PARTITION, APPLY UPDATE FROM SD CARD.
  • Langkah 4. Pilih opsi Apply Update From SD Card lalu cari firmware yang telah didownload tadi di SD Card, lalu gunakan tombol POWER untuk memilih opsi install dan tunggu hingga proses instalasi Firmware selesai.
Setelah proses pemasang firmware selesai, perangkat akan restart sendiri dan booting untuk kemudian melakukan setup awal seperti hape baru.

Penutup

Demikian informasi tentang cara Flash Ulang Asus Zenfone Go ZC500TB Z00VD via SD Card tanpa perlu menggunakan PC, semoga bermanfaat.

Link Firmware
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close