Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagus Mana Infinix X510 Hot 2 Atau Galaxy Grand Prime..?


 Pada artikel versus kali ini mimin akan membandingkan dua smartphone android fenomenal yakni Infinix Hot 2 X510 Android One dengan Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H.

Kalau dalam dunia sepakbola, Infinix Hot 2 itu ibarat Licester City yang secara mengejutkan berhasil menjadi juara liga Inggris musim 2015-2016 dengan status klub Underdog dengan kuangan yang terbatas.
Brand Infinix sendiri merupakan pemain baru dalam industry smartphone dengan induk perusahaan yang berada di Hongkong.

Tanpa menunggu lama, produk-produk smartphone android dari Infinix laku keras di pasaran tanah air. Salah satu produk smartphone infinix yang menjadi idola adalah ya seri X510 ini.

Sejak beberapa bulan lalu, toko smartphone di Lazada yang menjual Infinix Hot 2 selalu kehabisan Stock. Tidak hanya di Lazada saja, situs belanja online lain juga mengalami hal yang sama.

Sedangkan Galaxy Grand Prime mimin ibaratkan Manchester City yang dari segi finansial dan kualitas pemain dua tingkat diatas Licester City .

Kalau kita bandingkan Samsung dengan Infinix menurut mimin perbandingan yang tidak seimbang, lawan samsung yang sepadan itu cuma Apple.

Lalu…mengapa Infinix Hot 2 bisa sekencang itu ya penjualannya..?

Fenomena tersebut membuat mimin semakin penasaran sehingga muncul ide untuk membandingkan kedua perangkat smartphone ini dari berbagai aspek.

Point-point yang akan mimin adu (bandingkan) ada 8 yakni : Layar, CPU, GPU, RAM, Memory Internal, Dukungan Perangkat Lunak, Benchmark dan Harga.

Catatan : Disini kita hanya hanya membandingkan data diatas kertas, tidak termasuk pengalaman penggunaan. Beberapa informasi dalam artikel ini didukung data dari sumber yang kredibel.

1.    Layar
Kedua perangkat android ini, baik infinix hot 2 maupun galaxy grand prime sama-sama memiliki layar 5 inch.

Yang membedakannya adalah jenis layar yang digunakan, dimana Infinix Hot 2 sudah menggunakan layar tipe IPS LCD, sedangkan Grand Prime masih menggunakan layar tipe TFT.

Apa kelebihan IPS LCD dibanding TFT..?

Layar TFT mempunyai keterbatasan pada sudut pandang dan visibilitas yang sempit ketika berhadapan dengan cahaya langsung atau sinar matahari.

Selain itu, tampilan layar dengan teknologi TFT mengkonsumsi daya baterai yang lebih besar dibandingkan LCD, karenanya kurang bagus untuk pemakaian yang lama.

Sedangkan IPS LCD..?

Layar IPS merupakan penyempurnaan dari layar jenis TFT, yang mana layar tipe ini mengkonsumsi daya baterai lebih rendah sehingga smartphone bisa digunakan dalam waktu lebih lama serta memberikan sudut pandang yang lebih baik dan lebih luas.

Dari sisi kerapatan layar Infinix Hot 2 menggunakan layar dengan kerapatan layar 294 ppi, sedangkan Grand Prime hanya 220 ppi.

Apa sih bedanya smartphone dengan kerapatan layar tinggi…?

PPI atau Pixel per Inch adalah istilah untuk menggambarkan jumlah titik pixel dalam satu inci layar smartphone. 294 ppi berarti ada 294 titik pixel dalam satu inchi layar.

Sehingga layar dengan dengan ppi tinggi akan menampilkan gambar lebih halus, sedangkan layar dengan ppi rendah akan sebaliknya.

Dibawah ini adalah contoh perbedaan gambar dengan jumlah kerapatan layar berbeda yang mimin sunting dari http://pocketnow.com/2012/12/12/how-important-are-ppi


Udah tahu downk pemenang untuk sesi pertama ini…?

Yupss…Infinix memimpin untuk sementara. Dengan demikian skor sementara 1-0 untuk Licester city..ehh Infinix hot 2.

2.    CPU
Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan CPU berinti 4 (Quad Core) dengan kecepatan 1,2 GHz.

Yang membedakannya adalah CPU-nya berasal dari brand dan arsitektur CPU yang berbeda.

Infinix Hot 2 menggunakan CPU Mediatek MT6582 dengan arsitektur ARM Cortex A7 yang hemat daya, harganya lebih murah tapi  loyo dalam hal tenaga.

Sedangkan Galaxy Grand Prime menggunakan Procesor dari Qualcom yakni Snapdragon 410 dengan arsitektur ARM Cortex A53 yang lebih kencang serta hemat daya juga.

Sebagian besar produk gadget android beberapa tahun ini didominasi oleh gadget dengan CPU arsitektur ARM Cortex A53

Selengkapnya tentang perbandingan kedua CPU ini bisa anda baca disini

Dengan asumsi kebanyakan orang lebih suka performa yang lebih kencang maka mimin memutuskan untuk urusan CPU, Grand Prime unggul dari Infinix sehingga skor sementara menjadi imbang 1-1.

3.    GPU
GPU (Graphics Procesing Unit) adalah hardware yang bertugas khusu untuk mengolah gambar pada perangkat Smartphone maupun Komputer.

Karena sedikit sekali data yang bisa mimin dapatkan tentang GPU, maka mimin mengambil sampel dari data GPU terbaik oleh panduanmembeli.com. Terima kasih atas informasinya.

Dari hasil benchmark dengan game Ice Storm , Grand Prime unggul jauh dari Infinix hot 2 dengan skor 39.853, sedangkan Infinix Hot 2 dengan Mali 400 MP2 mendapatkan skor 24.415 saja.

Dengan demikian skor kembali berubah 2-1 untuk keunggulan Galaxy Grand Prime.

4.    Memory Sistem (RAM)
Untuk point perbandingan yang ke-empat ini, Infinix unggul kembali dari Grand Prime sehingga kedudukan kembali imbang 2-2. Infinix Hot 2 memiliki RAM 2 GB sedangkan Grand Prime hanya 1 GB saja.

RAM yang lebih besar akan memudahkan perangkat untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan secara lebih lancar.

Dengan trend aplikasi baru yang semakin rakus akan RAM, Infinix Hot 2 dengan RAM lebih besar akan lebih bisa nyaman untuk menjalankan aplikasi terbaru.

Selain itu, Infinix Hot 2 yang menjalankan Stock Android yang memiliki keunggulan berupa konsumsi RAM lebih rendah dibandingkan ROM besutan Samsung dengan antar muka Touchwiz-nya.

Dalam kondisi ideal, system Infinix Hot 2 hanya menggunakan 500 MB RAM saja, sehingga ada 1,5 GB RAM kosong untuk aplikasi yang lain.

5.    Memory Internal
Selanjutnya pada point ruang penyimpanan, Infinix Hot 2 kembali unggul dari grand Prime, sehingga skor kembali berubah menjadi 3-2.

Infinix Hot 2 memiliki ruang penyimpanan 16 GB yang artinya dua kali lipat ruang penyimpanan Grand Prime yang hanya 8 GB. Selain itu, tersedia slot memori expansi hingga 64 GB untuk kedua perangkat ini.

Apabila kedua perangkat menggunakan versi android yang sama yakni Lolipop yang akan mengambil ruang kosong sekitar 4 GB dari ruang penyimpanan internal, maka Grand Prime menjadi perangkat yang lebih membutuhkan memori eksternal, sedangkan infinix masih punya sisa 12 GB unutk menyimpan video, music, gambar dll.

6.    Dukungan Perangkat Lunak
Infinix Hot 2 adalah Smartphone Android One generasi kedua yang merupakan kolaborasi antara Google dan Produsen Smartphone (Infinix).

Komposisi hardware yang digunakan oleh Smartphone android one merupakan standard resmi dari Google sehingga untuk masalah pembaruan perangkat lunak sistem, perangkan Andrid One berada pada barisan depan mendapatkannya bersama Google Pixel dan Nexus.

Mau bukti…?

Infinix Hot 2 awalnya telah menjalankan Android v.5.1.1, dan beberapa waktu lalu telah resmi mendapatkan jatah upgrade ke system operasi Android v.6 Marshmallow.

Bagaimana dengan Grand Prime…?

Smartphone Samsung ini harus puas hanya mendapatkan jatah upgrade sampai android v5 Lolipop (sebelumnya Kit-Kat v.4.4.4), dan panduan Upgrade-nya telah mimin jelaskan pada artikel Upgrade Android Grand Prime ke Lolipop 5.0.2

Skor kembali berubah menjad 4-2 untuk Infinix Hot 2.

7.    Benchmark
Skor benchmark menjadi salah satu factor yang menyebabkan seseorang memutuskan membeli sebuah smartphone.

Data hasil benchmark menggunakan tool Antutu yang mimin sunting dari situs Tabloid Pulsa dan Kimovil.com, tak disangkan Infinix Hot 2 unggul tipis dari Grand Prime dengan skor 20.886. Sedangkan Samsung galaxy grand prime mendapatkan skor 20.428.

Meski masih ada satu point lagi yang harus diadu, namun perbedaan skor sementara antara Infinix Hot 2 dengan Galaxy Grand Prime sudah terlalu jauh yakni 5-2 untuk Infinix Hot 2.

8.    Harga
Saya yakin jika sebagian besar dari kita lebih suka dengan harga yang lebih murah jika dihadapkan dengan sebuah produk yang memiliki spesifikasi yang agak mirip. Untuk itu, pada point terakhir ini harga termurah dianggap lebih baik.

Untuk masalah harga, anda bisa mendapatkan Infinix Hot 2 dengan harga Rp.1.430.000 di Lazada, sedangkan Grand Prime SM-530H Rp.2.599.000 disitus yang sama.

Dengan demikian, skor ahir untuk duel Infinix Hot 2 X510 Vs Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H adalah 6-2 untuk Infinix Hot 2.

Kesimpulan dan Penutup
Dari perbandingan diatas mimin menyimpulkan jika nama besar tidak selalu menjamin produk yang dihasilkan akan lebih baik dibandingkan dengan produk dari brand yang masih baru.
Satu lagi..

Unggul hanya pada komponen seperti CPU dan GPU tidak menjamin performa smartphone secara keseluruhan tapi harus ditunjang juga oleh komponen lain seperti RAM dan dukungan OS yang lebih baik.

Tetapi..

Produk smartphone dari produsen yang sudah punya nama besar seperti Samsung punya kelebihan berupa Smartphone besutannya lebih teruji daya tahannya dan kualitasnya.

Sehingga, apabila kelak anda ingin menjualnya pembeli tidak terlalu banyak bertanya karena sudah yakin dengan produk Samsung.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close