Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kelemahan YouTube Go. Dari Gambar Pecah Hingga Tidak Bisa Komen

Dari yang semula hanya sebuah fortal untuk berbagi video, YouTube telah berkembang menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir semua informasi yang ada di Google Seach juga bisa ditemukan di Youtube.

Terlebih sejak adanya fitur monetasi video yang digalangkan oleh Google, banyak Blogger dan situs berita yang mengunggah video mereka di Youtube guna melengkapi konten berupa artikel.

Jika anda perhatikan, hasil pencarian yang ditampilkan dihalaman pertama Google khususnya yang terkait dengan Tutorial akan menampilkan Video dari Chanel YouTube dibagian pertama, baru diikuti halaman web dll. Hal ini tentu sangat wajar karena panduan dari video tentunya lebih mudah difahami pengunjung dibandingkan dengan panduan yang berupa tulisan atau gambar.

Namun ada satu masalah yang dihadapi oleh pengguna yang ingin mengakses YouTube, khususnya pengguna yang tidak memiliki jaringan internet yang cepat serta keterbatasan jumlah kuota internet bila menggunakan data seluler.

Jika hanya memiliki paket 1-2 GB saja perbulan, jangan terlalu sering menikmati konten dari YouTube karena data yang sedemikian biasanya akan habis dalam beberapa hari saja. Tingginya penggunaan data disebabkan kualitas video yang ada di Youtube juga beragam, ada yang tinggi ada juga yang rendah. Video dengan kualitas tinggi akan memakan data seluler lebih banyak.

Melihat kondisi tersebut, Google mengembangkan sebuah aplikasi baru yang diharapkan dapat menjadi solusi tingginya penggunaan data seluler oleh aplikasi YouTube. Beberapa waktu lalu Google merilis aplikasi YouTube Go yang mana aplikasi ini dapat memberi pilihan kualitas video yang akan ditonton, mau yang Rendah, Sedang atau Tinggi.

Anda juga bisa download video yang menurut anda menarik, sehingga dapat dinikmati nanti saat tidak terhubung ke internet. Yang tidak kalah keren lagi, anda bisa berbagi file video yang telah anda download tadi dengan sesama pengguna tapi tidak dapat tersimpan di memori intenal.

Meski demikian , setelah menggunakan aplikasi YouTube Go ternyata ada beberapa kelamahan yang dimiliki aplikasi ini antaralain :

5 Kelemahan YouTube Go

5 Kelemahan YouTube Go
Ilustrasi YouTube Go

1. Kualitas Gambar Rendah

Tujuan awal dikembangkannya aplikasi YouTube Go adalah untuk menekan penggunaan data seluler sehingga tidak memberatkan pengguna yang memiliki kuota internet terbatas. Dengan YouTube Go kita bisa menikmati video pilihan dengan tiga kriteria yakni Rendah, Standar dan Tinggi.

Meski demikian, dari pengalaman pengguna gambar video dengan resolusi tinggi sekalipun seringkali kualitasnya masih kalah dibandingkan Youtube standar dan seringkali pecah. Namun kondisi ini lumrah karena versi YouTube Go ini dirancang khusus untuk mereka yang terbatas kuota internetnya sehingga jika ingin gambar yang lebih baik, silahkan saja balik ke aplikasi youtube standar.

2. Tidak Bisa Lihat Profil Lengkap Chanel

Seringkali saat kita suka dengan konten sebuah chanel di youtube kita ingin mengenal lebih jauh tentang si empunya chanel tadi. Namun di aplikasi YouTube Go anda tidak bisa mendapatkan hal itu karena hanya tampil informasi jumlah subscriber, jumlah tayangan dan daftar video yang ada di chanel tersebut.

3. Tidak Bisa Komentar

Biasanya nih, kalau ada video yang sedang trending itu selalu ramai dengan komentar. Tetapi jika anda termasuk yang suka komen dichanel youtube sebaiknya tidak menggunakan aplikasi yotube go karena tidak ada fitur tambahkan komentar di aplikasi ini.

4. Jumlah Video Yang Tampil di Beranda Terbatas

Saat anda membuka aplikasi YouTube Go jumlah video yang ditampilkan tidak sebanyak aplikasi standar. Setelah dihitung kurang lebih 30 video saja yang ditampilkan dihalaman muka.

5. Tidak Bisa Melihat Video Trending

Anda tidak akan menemukan video atau tombol trending di aplikasi YouTube Go sehingga otomatis hanya video yang anda sukai, sudah anda subscribe atau video lain yang sejenis dengan yang sering anda tonton.

Itulah daftar kelemahan aplikasi YouTube Go yang sebenarnya dapat dimaklumi karena aplikasi ini dari awal ditujukan untuk pengguna dengan paket data internet kecil. Jadi kalau anda yang punya kuota banyak, tidak perlu menggunakan aplikasi ini.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close