Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tested...Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 Duos Bootloop

Bagaimana ya cara mengatasi Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU/DS Stuck di Logo Samsung doank tanya temanku yang dari tadi selalu manyun.

Itu namanya Boot Loop jawabku singkat sambil mengisi TTS yang hampir penuh karena diisi orang.
Boot Loop..? Apaan itu Om tanyanya lagi...

Jadi...Bootloop merupakan istilah yang ditujukan kepada perangkat android yang bermasalah pada perangkat lunak sistem dengan gejala seperti perangkat gagal masuk (booting) kedalam sistem dengan sempurna tapi hanya sampai logo kemudian restart dan terus berulang.

Ada dua tipe bootloop pada ponsel Android Samsung yang harus anda tahu yaitu : Bootloop ringan dan Berat.

Bootloop Ringan MUNGKIN disebabkan masalah antara sistem android itu sendiri dengan hardware, yang sekali lagi MUNGKIN disebabkan perangkat yang terlalu lama sehingga perlu rehat sejenak.

Sedangkan bootloop berat disebabkan karena aktifitas user yang melakukan kesalahan pada saat mengedit sistem android seperti :

  • nstalasi Firmware Yang Tidak Sempurna 
  • Melakukan Rooting pada perangkat
  • Pernah Melakukan Tweak Pada Sistem (memasang Xposed)
  • Terjadi Kesalahan pada saat mengedit Build.Prop
  • Salah dalam memberikan permision pada File System.

Terus gimana cara ngatasin hape Samsung saya ini Om, tanyanya lagi meski aku sudah tahu kalau ini ujung-ujungnya dia bakalan minta di perbaiki hapenya.

Mengatasi Samsung Galaxy Ace 4 Bootloop Tanpa Flash

Cara Flash Galaxy Ace 4 Duos SM-G316HU/DS Bootloop

Cara 1. Istirahatkan Sejenak Samsung Galaxy Ace 4 Anda

Cara ini hanya berlaku apabila ponsel android samsung galaxy mengalami bootloop ringan. Bootloop ringan yang disebabkan perangkat terlalu lelah.

Cara mengistirahatkan ponsel yang saya maksud adalah dengan cara mematikan perangkat, serta membuka baterai (jika bisa dibuka) kemudian melepaskan SIM Card dan Kartu Memory Eksternal (SD Card) lalu diamkan selama satu jam.

Jika memang benar perangkat Samsung Galaxy anda  mengalami bootloop ringan,setelah semua komponen hape dipasang kembali ponsel akan normal seperti sediakala.

Jika tidak...maka kriteria bootloopnya sudah ada di level berat yang bisa diatasi dengan cara alternative berikut ini.

Cara 2. WDFS (Wipe Data Factory Reset)

Wipe Data Factory Reset (WDFR) adalah istilah lain dari Setel Ulang Perangkat Ke Pengaturan Pabrik dimana semua pengaturan yang telah anda buat beserta file, aplikasi, akun yang tertaut dengan aplikasi akan terhapus seperti laiknya hape baru.

Melakukan WDFR selalu direkomendasikan apabila telah melakukan upgrade android ke versi lebih tinggi karena cara ini akan membersihkan Penyimpanan Sistem dari sampah sistem yang mana bisa menyebabkan Bootloop.

Cara Melakukan Wipe Data Factory Reset (WDFR)  

Matikan perangkat lalu masuk Mode Perbaikan (Recovery Mode) dengan cara menekan kombinasi tombol “ Power + Home + Volume Atas ”.

Gunakan tombol volume untuk berpindah dari opsi yang satu ke opsi yang lain dan tombol power untuk memilih salah satu opsi.

Pilihlah opsi “ Wipe Data Factory Reset “ yang kemudian dilanjutkan dengan memilih “ Delete All User Data “.

Setelah proses pengembalian ke pengaturan pabrik selesai, kembali kemenu utama lalu Restart perangkat dengan memilih menu “ Reboot System Now “.

Lakukan setting awal perangkat anda seperti laiknya hape baru.

Setelah melakukan langkah-langkah perbaikan awal seperti yang dijelaskan tadi tetapi hape masih saja Boot Loop, solusi terakhir tentu saja dengan Flash Ulang.

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU/DS 

Cara Flash Galaxy Ace 4 Duos SM-G316HU/DS Bootloop

Persiapan

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan supaya nanti pada saat flashing tidak terjadi masalah yang dapat memperparah kondisi hape. Persiapan yang dimaksud antaralain :

1. Download Firmware Original Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU/DS

Firmware yang digunakan untuk Flashing Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU/DS tentu saja yang Original yang mana dikembangkan oleh Samsung sendiri, bukan Custom ROM.

Firmware Original bawaan hape Samsung memiliki format TAR.MD5, tetapi biasanya dikemas dalam format Zip.

Silahkan download Firmware Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU/DS lalu ekstrak dan letakkan pada tempat (folder) yang mudah anda temukan, misalnya di Dekstop

Daftar Situs Tempat Download Firmware Samsung Original Terlengkap

2. Download dan Instal Samsung USB Driver

Pada praktiknya nanti kita memerlukan perangkat PC (akan lebih baik menggunakan laptop) dengan Sistem Operasi Windows. Agar ponsel Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU/DS dapat terdeteksi oleh Windows maka anda harus menginstal Driver USB Samsung.

Download Driver USB Samsung

3. Siapkan Kabel Data Original

Pernah kejadian dulu pas nge-flash Grand Duos proesnya macet ditengah jalan sehingga HH jadi hanya menampilkan Gambar hitam dengan icon kuning yang belum pernah saya lihat sebelumnya.

Setelah diteliti dan bertanya di forum Facebook, penyebabnya adalah kabel data yang tidak dalam kondisi baik.  Untuk itu supaya terhindar dari hal tersebut gunakanlah kabel data bawaan dan dalam kondisi baik, kalau bisa sih yang baru.

4. Download Odin

Karena untuk flash ponsel android samsung dengan firmware resmi kita harus menggunakan bantuan komputer dan program khusus yakni Odin Multy Downloader.

Program Odin ini terdiri dari beberapa versi sesuai dengan versi android yang dijalankan ponsel yang akan kita flash.

Download Odin Untuk Flash Samsung Galaxy Ace 4

5. Sebaiknya Hape di Reset Dulu

Seperti saran para suhu diforum-forum teknisi ponsel Android sebelum flashing sebaiknya HH di Reset dulu sampai bersih.

Caranya...?

Matikan perangkat lalu lepaskan baterai guna memastikan perangkat benar-benar mati.

Berikutnya tekan tombol “ Power + Home+ Volume Up “ secara berurutan untuk merestart ponsel Anda. Tunggu sampai layar Recovery booting muncul, sebelum Anda melepaskan tombol tersebut.

Gunakan [tombol Volume] untuk berpindah dari satu opsi ke opsi lain, pilih opsi Wipe data factory reset, lalu konfirmasikan pilihan Anda menggunakan tombol Power.

Cara Flash Galaxy Ace 4 Duos SM-G316HU/DS


Langkah-Langkah Flash Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU/DS

Yang jelas sebelum menjalankan cara ini pastikan daya baterai setidaknya 50% saja supaya proses flashing tidak terhenti ditengah jalan karena HH kehabisa daya.

Langkah 1. Aktifkan Pendebug USB

Dalam kondisi Bootloop, tahap 1 ini bisa anda lewati saja...!

Agar perangkat android bisa terpasang custom recovery Aktifkan Pendebug USB dan Membuka Kunci OEM dengan cara mengaktifkan Mode Pengembang (Developer Option).

Cara mengaktifkan Mode Pengembang buka menu “ Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x) “ .  Sekarang, aktifkan USB Debugging dengan cara buka menu  “ Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB “ .

Pada perangkat Android versi Marshmallow keatas, centang juga opsi Bukan Kunci OEM.  Opsi ini seperti Unlock Bootloader pada hape Xiaomi.

Langkah 2. Instal Driver USB Samsung

Driver USB Samsung kita perlukan agar perangkat Samsung Galaxy kita bisa terbaca oleh komputer. Odin sendiri hanya dapat bekerja di komputer dengan Sistem Operasi Windows.

Program Odin tidak bisa membaca hardware, sehingga untuk mendeteksi perangkat dia bergantung dari komputer tempat dia dijalankan.

Langkah 3. Masuk Download Mode

Cara Flash Galaxy Ace 4 Duos SM-G316HU/DS

Masuk ke Download Mode dengan menekan tombol kombinasi “ Power + Home + Volume Bawah “. Setelah muncul logo Samsung lepaskan semua tombol tadi.

Akan muncul peringatan bahaya melakukan instalasi perangkat lunak tidak resmi, tapi abaikan saja dengan menekan Volume Atas  untuk masuk ke Download Mode.

Langkah 4. Jalankan Program Odin

Jalankan Program Odin dengan cara klik kanan pada program lalu Run As Administrator.  Pada menu Option biarkan settingan default pada F.Time Reset dan Auot Reboot.

Cara Flash Galaxy Ace 4 Duos SM-G316HU/DS


Sambungkan Samsung Galaxy anda dengan komputer menggunakan kabel data. Apabila perangkat terbaca, ID:COM pada Odin akan berwarna BIRU.

Klik tombol AP pada odin lalu cari Firmware dengan format TAR.MD5 yang telah anda download tadi.  Tunggu hingga ada pesan “ ADDED” di Messages Box.

Langkah terakhir Klik tombol START untuk memulai penginstalan Firmware.  Prosesnya tidak membutuhkan waktu lama ( hanya beberapa detik ).

Akan tampil pesan ”  Pass “ pada kotak warna hijau (bagian kiri atas) perangkat akan restart.

Booting pertama mungkin agak lama karena Sistem baru akan membaca dan mengenali hardware terlebih dahulu serta memasang aplikasi terbaru bawaan Samsung Galaxy Ace 4.

Demikian informasi tentang Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 Duos SM-G316HU/DS Yang Bootloop, Semoga Bermanfaat.

Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close