Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spek dan Harga Bekas Samsung Grand Neo Plus Duos GT-i9060i

Samsung Grand Neo Plus Duos GT-i9060i - Jika saat ini anda sedang mencari hape android tetapi dana yang anda punya terbatas misalnya 400-500 ribu saja, kemudian ada yang menawarkan anda Samsung Grand Neo Plus GT-i9060i seharga budget yang anda miliki, anda pasti bertanya “ apakah hape ini masih layak digunakan dimasa sekarang..? “.

Sebagai pembeli yang pintar anda memang harus berfikir seperti itu karena secara umum orang beli hape itu maunya digunakan lama dan bisa menghandle segala aktifitas perhapean yang kita lakukan sehari-hari.

Terkait dengan hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya mau share informasi tentang Samsung Grand Neo Plus GT-i9060i baik itu Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan serta Harga terbaru saat ini.

Berikut lepitannya.

Spesifikasi dan Harga Samsung Grand Neo Plus GT-i9060i

  • Tahun Rilis : Januari 2014
  • Body : Plastik
  • Layar : 5.01 inci, Panel TFT, Resolusi 480x800, Aspek Rasio 5:3, Kerapatan Layar 186 PPI
  • Chipset : Spreadtrum SC8830, CPU ARM Cortex A7 Quadcore 1.2 GHz, GPU Mali-400MO2.
  • Memori Internal : 8 GB / 16 GB
  • Memori RAM : 1 GB
  • Kamera : 5 MP f/2.6 (Auto Focus) + 2 MP VGA
  • Jaringan : GSM / HSPA
  • Konektifitas : WLAN (Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot), Bluetooth (4.0, A2DP, LE),GPS, Radio
  • Baterai : 2100 mAh (210 Jam Standby/11 Jam Waktu Bicara / 38 Jam Putar Musik)
  • Versi Android : Android Kit-Kat 4.4.4
  • Sensor : Accelerometer, proximity, Kompas

Chipset Spreadtrum SC880 Quadcore

Meski tergolong produk yang sudah lawas karena pertamakali dirilis itu tepatnya di bulan Januari tahun 2014, spesifikasi dari Samsung Grand Neo Plus GT-i9060i terbilang cukup oke bila dibandingkan dengan ponsel seangkatan dengan rentang harga yang sama.

SoC yang digunakan misalnya, ponsel ini menggunakan Spreadtrum SC8830 yang sudah Quad Core. Spesifikasi SoC yang digunakan ini masih lebih baik dari pendahulunya yakni Grand Neo biasa.

Spreadtrum SC8830 terdiri dari empat buah inti berupa CPU ARM Cortex A7 dengan kecepatan 1.2 GHz. didalam SoC ini ada pengolah grafis (GPU) Mali-400 MP2 berkecepatan 400 MHz, Modem 3G dengan kecepatan download hingga 42 MB/PS.

Layar TFT 5.01 Inci 

Samsung Galaxy Grand Neo Plus dibekali dengan layar seluar 5.01 inci berpanel TFT. Resolusi layar masih tergolong dibawah standar karena angkanya masih berada 400x800 bukan HD seperti kebanyakan ponsel androdi keluaran tahun 2016 keatas.

Layar TFT seperti yang kita tahu punya sedikit masalah pada sudut pandang yang terbatas. Sedikit saja dimiringkan makan gambar langsung tidak terlihat jelas. Berbeda dengan layar ponsel kekinian yang sudah menggunakan IPS atau Super AMOLED.

Selain itu, layar TFT juga punya konsumsi daya lebih banyak dibandingkan panel layar seperti IPS. Sialnya, Samsung Galaxy Grand Neo Plus hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2100 mAh yang untuk penggunaan normal sepertinya sulit bertahan seharian penuh.

Satu lagi, tidak ada pelindung layar semisal Corning Gorilla Glass atau Asahi DragonTrail sehingga memasang Tempered Glass sangat dianjurkan guna melindungi layar Grand Neo Plus dengan panel TFT yang agak sensitif terhadap sentuhan.

Kamera 5 MP + 2 MP VGA

Jangan pernah bandingkan spesifikasi kamera Samsung Grand Neo Plus dengan ponsel keluaran terbaru karena sudah pasti timpang. Kamera utama yang ada dibelakang beresolusi 5 MP dan telah dilengkapi dengan fitur Auto Focus serta LED flash untuk membantu pengambilan gambar pada kondisi minim cahaya.

Untuk kualitas rekamannya sendiri, kamera 5 MP ini mampu merekam video dengan resolusi HD 720P 30FPS. Meski demikian, tidak ada sensor EIS sebagai penyeimbang gambar pada kamera yang bisa membantu menstabilkan gambar saat merekam video.

Untuk kamera depannya sendiri hanya beresolusi VGA 2 MP, dan boleh jujur terlihat sebagai pelengkap saja. Tapi tidak terlalu buruk untuk ponsel keluaran 5 tahun lalu.

RAM 1 GB + ROM 8 GB

Disektor memori, Grand Neo Plus GT-i9060i berjalan menggunakan RAM 1 GB LPDDR3 dan ruang penyimpanan 8 GB. Angka 8 GB sepertinya cukup luas dan bakalan mampu menampung banyak file penting anda.

Perlu diingat bahwa angka 8 GB tersebut tidak dapat anda gunakan sepenuhnya karena 50% lebih digunakan untuk menginstal OS Android Kit-Kat dan aplikasi beserta datanya. Jadi hanya tersedia sekitar 4 GB saja untuk anda jadikan ruang penyimpanan.

Jika dirasa kurang, anda bisa menambah memori penyimpanan karena tersedia slot ekspansi yang dapat menampung memori hingga 64 GB tipe Micro SD.

Meskipun tersedia juga varian dengan ROM 16 GB, namun tipe yang satu ini agak sulit ditemukan (dijual) sehingga kebanyakan orang tahunya ponsel ini hanya punya storage 8 GB.

Satu lagi...

Jangan lupa juga kalau Google memberikan ruang penyimpanan online sejumlah 15 GB secara gratis lewat aplikasi Google Drive.

Bagi yang belum bisa menggunakan Google Drive untuk menyimpan berkas secara online, baca panduanya disini.

Karena hape ini buatan Samsung, anda tidak perlu khawatir jika kelak baterai asli anda rusak / kembung karena komponen hape Samsung relative lebih mudah ditemukan dibanding hape merk lain.

Kelebihan Samsung Grand Neo Plus Duos GT-i9060i

Untuk kelebihan dari Samsung Grand Neo Plus Duos GT-i9060i ada beberapa poin saja yang bisa dianggap sebagai unggulan seperti :

  1. Ukuran layar Oke. Dengan ukuran layar 5 inci, hape ini masih enak digunakan menonton video YouTube dan sedikit bermain game. 
  2. Teknologi Jaringan Baik. Samsung Galaxy Grand Neo Duos yakni Spreadtrum SC8830 sudah dilengkapi dengan modem 3G dengan kecepatan download maksimal hingga 42 MB/PS dan Upload 5.76 MB/PS.
  3. Punya Slot Micro SD Terdedikasi tipe Micro SD hingga 64 GB.
  4. Hasil Jepretan Kamera Bagus. Hasil jepretan dari kamera Samsung Gand Neo Plus sudah cukup baik dan tidak akan malu-maluin kalau dibikin profil PesBuk.

Harga Bekas Samsung Grand Neo Plus 

Meskipun produksi dari Samsung Grand Neo Plus sudah lama dihentikan, tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan hape ini dalam kondisi baru.

Misalnya saja di TokoPedia, masih ada Seller yang menjual Samsung Grand Neo Plus Original lengkap dengan DusBox dan bergaransi seharga Rp.888.000 saja.

Sedangkan untuk harga bekasnya tergantung kondisi barang. Untuk Samsung Grand Neo dengan kondisi mulus harga 400-500 ribu sudah pas sekali dengan kondisi sekarang.

Apalagi kalau ada keluarga yang memberikannya kepada anda secara sukarela jangan sampai ditolak bro, itu lebih dari lumayan.

Kesimpulan

Setelah anda tahu spesifikasi Samsung Grand Neo Plus ini apa. Anda juga sudah tahu apa kelebihan dan kekurangannya. Juga sudah tahu berapa harga baru dan bekasnya.

Pertanyaannya...

Apakah ponsel ini masih layak digunakan / dibeli ditahun 2019 ini...?

Jawabannya tergantung, jika anda termasuk orang yang menggunakan hape sebatas untuk penggunaan standar seperti : Telpon, SMS dan Internetan, Samsung Grand Neo Plus tidak ada salahnya dimiliki atau dibeli asal harganya pas dengan catatan kondisinya masih sangat mulus.

Murahnya sekitar 400-500 itu sudah oke menurut saya.

Tapi kalau sampai anda ditawari dengan harga diatas itu, misalnya Rp.800.000 meskipun kondisinya baru, sebaiknya tabung saja uangnya bro buat hape keluaran terbaru seperti Redmi 6A yang kisaran harganya satu jutaan saja.

Atau kalau anda ngebet ingin hape yang sudah menjalankan hardware terkini (misalnya sudah 4G) silahkan cek salah satu dari 20 hape ini.

Yups demikian informasi tentang Samsung Galaxy Grand Neo Plus semoga berfaedah untuk anda semua. Silahkan klik share dan komen jika artikel ini bermanfaat. Kalau tidak, klik salah satu link dibawah ini untuk membaca artikel saya yang lain, siapa tahu ada yang anda suka.

Gambar Samsung Grand Neo Plus


Gambar Samsung Grand Neo Plus Duos GT-i9060i

Gambar Samsung Grand Neo Plus Duos GT-i9060i

Gambar Samsung Grand Neo Plus Duos GT-i9060i


F.A.Q Samsung Grand Neo Plus

1. Apakah Samsung Grand Neo Sudah Mendukung Jaringan 4G LTE...?

Tidak, Ponsel ini hanya mendukung jaringan tertinggi hingga HSPA. Untuk kebutuhan harian seperti Browsing Internet, Chating dengan aplikasi WhatsApp, Videocall dll, jaringan yang dimilikinya sudah terbilang cukup memadai.


2. Mana Lebih Baik, Grand Neo Plus atau Galaxy Grand Prime

Secara usia Grand Neo Plus lebih dulu dirilis beberapa bulan dibandingkan Grand Prime. Secara spesifikasi, Grand Prime unggul terutama pada SoC yang digunakan dimana CPU-nya sudah menggunakan ARM Cortex A53 sedangkan Grand Neo Plus masih A7.

Begitu pula dengan dukungan OS, Grand Prime mendapat pembaruan sistem hingga Lollipop, sedangkan Grand Neo mentok di Kit-Kat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close