Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Langkah Mudah Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG

Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG

Kemampuan menghasilkan foto dengan latar belakang blur atau yang umum disebut Bokeh menjadi salah satu fitur yang dicari saat seseorang akan membeli hape baru.

Karena minat pasar begitu tinggi akan hape android dengan kemampuan foto bokeh, produsen hape berlomba-lomba menciptakan produk yang dapat memenuhi minat pasar tersebut. Selah satu cara yang ditempuh dengan menyematkan dua buah kamera sekaligus.

Semakin kesini, jumlah kamera hape android semakin bejibun, ada yang 3 bahkan adapula yang memasang 4 kamera sekaligus.

Tapi tahukah anda jika sebenarnya Foto Bokeh yang bagus tidak melulu hanya bisa didapatkan dengan hape dual camera. Hape dengan satu kamera sebenarnya memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut karena dari awal sudah ada fitur BLUR disematkan didalam software-nya (aplikasi kamera).

Salah satu produk yang memiliki fitur tersebut adalah Asus Zenfone 2 Laser. Produk Smartphone Android ini dibekali dengan beragam fitur menarik didalam aplikasi kameranya.

Salah satunya ya fitur Blur tadi. Disamping itu ada juga fitur Perekam Video Gerak Lambat yang biasanya hanya ada di aplikasi kamera tertentu (Google Camera) atau produk hape kelas menengah keatas.

Kembali ke laptop...

Lalu bagaimana cara mengambil foto Bokeh dengan hape single kamera seperti Asus Zenfone 2 Laser ZE550KG...?

Foto Bokeh Dengan Zenfone 2 Laser Single Kamera.

Langkah 1. Buka aplikasi kamera pada ponsel Asus Zenfone 2 Laser anda.

Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG


Langkah 2. Klik menu aneka mode foto berbentuk kotak-kotak  yang ada dipojok kiri bawah lalu pilih “ Kedalaman Bidang “  atau “ Dept of Filed “.

Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG


Perlu untuk anda ingat jika Mode Dept of Field (DOF) hanya bisa digunakan pada kamera utama (belakang) bukan kamera Selfie (depan).


Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG

Langkah 3. Ambil foto lalu tahan posisi (stabilkan) kamera karena gambar akan diambil dalam dua kali shot.

Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG

Dibutuhkan waktu beberapa detik untuk memproses gambar sebelum ditampilkan. Jika dirasa kurang pas anda bisa atur kualitas blurnya pada tool disebelah kanan layar.

Tips Supaya Foto Bokeh Hasilnya Maksimal

Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG

1. Atur dan Tentukan Jarak Objek

Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG

Guna menghasilkan foto bokeh bagus arahkan kamera hape Asus anda lebih dekat dengan objek. Hal ini dapat membantu kamera lebih mudah untuk menentukan fokus.

2. Pilihlah Latar Belakang Objek Yang Jauh

Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG

Saat akan mengambil gambar bokeh menggunakan ponsel android Hindarilah latar yang berdekatan dengan objek yang akan difoto karena akan membuat bingung algoritma aplikasi kamera membedakan antara objek dan latar.

Satu lagi...

Pastikan anda agar memilih background yang jaraknya agak jauh dari objek serta memiliki bentuk  yang tidak rumit.

3. Perhatikan Kondisi Pencahayaan

Foto Bokeh Tanpa Dual Kamera ZE550KG


Pada saat akan mengambil gambar bokeh dengan hape maupun kamera, kualitas cahaya adalah nomor satu. Pastikanlah saat akan mengambil gambar objek ketersediaan cahaya dalam kondisi yang ideal.

Foto Bokeh Tanpa Dual Camera di Hape Non Asus

Langkah Pertama Download dan install aplikasi Google Camera.

Setelah prosesnya selesai, buka Google Camera. Selanjutnya pilih modus Lens Blur, caranya dengan mengusap tepi layar dari kanan ke kiri.

Modus Lens Blur ini cocok sekali untuk memotret orang, makanan atau subjek lain secara close up dalam jarak maksimal 1,5 meter.

Pada saat akan mengambil foto, anda diharuskan menggerakkan smartphone ke atas jika posisi hape vertikal atau kesamping jika posisi hape horisontal. Untuk mengambil foto bokeh dengan sempurna, dan gerakkan secara perlahan-lahan.

Jangan takut salah karena aplikasi Google Camera akan memberitahu anda, kalau gerakan yang anda lakukan ternyata kurang pas.

Setelah proses pengambilan gambar, selanjutnya kita akan masuk proses perenderan gambar yang memakan waktu beberapa detik. Tunggu sebentar, maka hasil foto bokeh anda bakal keluar.

Jika hasilnya kurang maksimal, tinggal klik menu nomor dua setelah menu share di bagian bawah. Anda bisa mengedit titik fokus dan juga seberapa kuat efek buramnya. Setelah itu, jangan lupa untuk disimpan.

Penutup

Demikian tutorial lengkap cara mengambil foto bokeh menggunakan hape dengan satu kamera saja, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close