Baterai Hape Bunting (Kembung), Penyebab dan Solusi

Loading...
Sial betul nasib seorang kakak, dimana saat si bungsu hape android dengan merk Ad*** sedikit gembung tetapi saya tidak lekas menggantinya.

Karena bersifat Non Removable, saya biarkan saja hape tersebut baterainya kembung toh nanti tidak akan sampai membengkak karena akan di block oleh casing belakang yang terbuat dari logam.

Alhasil, karena terus digunakan, baterainya makin kembung dan seperti dugaan tidak akan menekan kebelakang tetapi kembungnya kedepan sehingga LCD yang pecah.

Sial benar...terpaksa harus cari hape baru kalau tidak mau si bungsu ngambek makan dan masuk sekolah.

Terus jadi deh beli Asus ZB500KL,begitulah awal mulanya.

Dari pengalaman tersebut, saya tidak ingin kejadian baterai kembung terjadi lagi dan membimbing si bungsu belajar cara perawatan hape yang benar.

Penyebab dan Solusi Baterai Hape Kembung

Baterai Hape Bunting (Kembung), Penyebab dan Solusi

Penyebab Baterai Hape Kembung

Dari sekian banyak kasus baterai kembung, rata-rata tipenya adalah Lithium Ion yang memang memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk digunakan pada berbagai macam jenis gadget, namun ia memiliki kekurangan yaitu celah yang sempit antara sel dengan cover luar. Selain itu, baterai tersebut juga memiliki tekanan di dalamnya.

Guna menghindari baterai kembung, ada baiknya anda mulai saat ini tidak melakukan kembali beberapa hal berikut  seperti : membiarkan smartphone di-charge terlalu lama, menelepon saat di-charge, membiarkan HP berada pada suhu ekstrem, dan faktor usia menjadi penyebab paling umum saat ini yang kemungkinan dapat membuat baterai HP menggembung serta kehilangan kemampuan simpan dayanya.

Jika baterai hape sudah terlanjut kembung, bagaimana solusinya...?

Solusi Baterai Kembung

Baterai Hape Bunting (Kembung), Penyebab dan Solusi


Ada banyak tutorial ngawur yang banyak berseliweran di internet tentang cara mengatasi baterai hape android yang kembung.

Dan berikut ini adalah tiga diantaranya yang dengan bodohnya juga pernah saya coba.

Mengatasi Baterai Kembung Dengan Cara Ditusuk Jarum 

Awalnya saya berfikir baterai yang kembung itu disebabkan ada aliran udara yang tersumbat didalam baterai sehingga membuatnya kembung.

Karena penasaran saya pernah menusuknya dengan jarum, dan saya ingat betul kondisinya baru saya lepas dari hape.

Terlihat seperti aspal hitam yang keluar dari dalam baterai, untung belum saya icip enak apa tidak rasanya. Kalau sampai saya icip mungkin artikel ini tidak akan anda baca hari ini.

Yang jelas, menusuk baterai yang kembung jangan pernah anda lakukan karena ditakutkannya kandungan zat berbahaya pada baterai yang rusak melekat ditangan anda dan masuk bersama makanan yang anda makan.

Mengatasi Baterai  Baterai Kembung Dimasukkan Kulkas

Mungkin inti dari cara yang dimaksud dari tutorial ngawur ini adalah mendinginkan suhu baterai sehingga daya simpannya normal kembali.

Tapi cara ini saya anggap terlambat, karena seharusnya baterai itu didinginkan saat masih dalam kondisi baik.

Baterai kembung itu ibarat manusia sudah sekarat. Tidak bisa diselamatkan lagi. Untuk itu tidak perlu deh anda masukkan kedalam kulkas segala, kalau bak sampah sih iya.

Mengatasi Baterai Baterai Kembung Dikempiskan 

Kalau diingat kembali, kelakuan saya yang mengenjet baterai hape yang kembung dengan pintu membuat saya malu sendiri.

Bagaimana bisa sebuah baterai yang daya simpan yang sudah habis akibat elemen dan sel didalamnya telah rusak bisa kembali normal hanya dengan dikempiskan.

Itusih ibarat mengharapkan Cewek kembali Virgin setelah bunting dengan cara Aborsi.

Kesimpulannya, baterai hape yang kembung itu harus diganti. Baik itu baterai tanam maupun yang bisa dilepas.

Jika ponsel yang anda gunakan bertipe tanam (Non Removable) anda sebaiknya membawanya ke Service Resmi sehingga spare part yang anda dapatkan terjamin kualitasnya.

Atau kalau anda ingin mencoba mengganti baterai sendiri, anda bisa membeli baterai secara online seperti di Bukalapak dan Tokopedia lalu memasangnya sendiri.

Di Youtube ada banyak tutorial mengganti hape android tipe Non Removable seperti video berikut ini.



Cara Menghindari Baterai Hape Kembung

Baterai Hape Bunting (Kembung), Penyebab dan Solusi

Gunakan Selalu Charger Asli

Jika anda adalah salah satu orang yang sering pinjam charger untuk mengisi daya hape meskipun tidak sesuai dengan merk hape yang anda gunakan, mulai sekarang bertaubatlah.

Selain bikin malu saja, menggunakan charger milik hape lain tidak baik bagi kelangsungan baterai hape anda.

Masing-masing charger memiliki voltase yang tidak sama, sehingga saat anda mengisi daya dengan charger dengan voltase lebih rendah atau lebih tinggi, IC yang ada pada baterai anda sangat rentan rusak.

Jangan Gunakan Hape Saat Isi Daya

Selain bisa membunuh penggunanya seperti yang sering muncul di TV dimana muka pengguna hape terbakar karena ledakan dari baterai hape yang dipakai saat sedang mengisi daya.

Mengisi daya sambil menggunakan hape juga membuat proses pengisian menjadi lebih lama, karena daya yang masuk seperti sekedar lewat saja sebab langsung dipakai.

Jangan Biarkan Hape Overheat

Panas adalah musuh utama dari baterai hape, karena akan mempengaruhi sel-sel baterai sehingga dapat memuai kemudian kembung, juga dapat mengurangi daya simpan daripada sel-sel baterai tersebut.

Untuk itu, jika anda ingin baterai anda awet digunakan bertahun-tahun, hindari suhu yang terlalu panas dengan cara mendinginkan hape saat suhunya naik ketika digunakan bermain game.

Anda juga membantu mempermudah penyaluran panas yang dihasilkan hardware didalam ponsel android anda dengan memasang Casing tipe Hardcase yang sangat baik dalam menghantar panas.

Penutup

Demikian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi baterai hape bunting alias kembung, semoga bermanfaat untuk anda pembaca Banggras Android.

Terimakasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Baterai Hape Bunting (Kembung), Penyebab dan Solusi"

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown

close