Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kereen...8 Fitur Andalan Android Marshmallow

Dirilis pada bulan agustus 2015, varian os android yang satu ini menawarkan banyak fitur baru guna semakin memudahkan penggunanya mengoperasikan perangkat, serta semakin mudah menggunakan produk aplikasi dari google.

Berikut adalah 8 fitur baru Android Masrshmallow beserta manfaatnya bagi perangkat yang mendapat pembaruan OS ke versi ini.

8 Fitur Andalan Android Marshmallow

8 Fitur Andalan Android Marshmallow

1. OK Google Pada Layar

Fitur OK Google yang membuat segala aktifitas di Ponsel Android tidak melulu menggunakan tangan menjadi lebih mudah digunakan karena sudah ada dilayar utama.

Anda tinggal menekan tombol Mikropon yang ada di Search Box lalu mengucapkan OK Google. Masalah keakuratan memang menjadi problem besar dari aplikasi ini dimana seringkali si Google salah dengar misalnya SWITCH yang ditampilkan CHELSEA.

2. Google Now On Tap

Pada dasarnya Google Now On Tap adalah mesin pencari yang akan menampilkan hasil berupa Card atau Kartu yang dapat anda pilah sesuai keinginan.

Awalnya pencarian berbasiskan teks kemudian berkembang dengan ditambahkannya fungsi perintah suara seperti halnya Apple SIRI dan Cortana milik Microsoft.

3. Battery Saver

Gambar Fitur Android Marshmallow

Adanya Project Volta pada edisi Android Lollipop membawa manfaat yang sangat berarti bagi pengembangan fitur Sistem Operasi Android seterusnya.

Sebelumnya di Android L, penghematan baterai berlangsung secara otomatis dan terkadang memangkas fungsi tertentu yang pengguna butuhkan.

Perbaikan dilakukan di Android M dimana anda dapat mengaktifkan Mode Hemat Daya dengan mengakses menu Pengaturan >> Baterai >> Hemat Daya.

Pada menu ini akan ditampilkan informasi berupa list aplikasi yang memakan banyak daya baterai sehingga dapat anda kontrol pemakaian dayanya dengan lebih baik.

4. Pesan Pada Layar Saat Perangkat Terkunci

Kehilangan perangkat dijalan merupakan hal yang paling ditakutkan semua orang karena bisa menjadi celah orang mengambil data pribadi anda.

Pada edisi Android Marshmallow ada fitur menarik dan ternayata sangat perlu dimana anda dapat menambahkan pesan tertentu pada layar perangkat disaat perangkat terkunci.

Anda bisa menulis Nama dan Alamat maupun Nomor kontak yang bisa dihubungi jika kebetulan ada orang yang menemukan perangkat Android anda dijalan.

5. Pengaturan Permison Masing-Masing Aplikasi 

Buka Menu Pengaturan >> Aplikasi >> Nama Aplikasi >> Permision untuk mengatur apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi.

Fitur ini ada karena semakin tingginya rasa khawatir akan adanya aplikasi tertentu yang tanpa izin mengumpulkan data pribadi dengan mengakses aplikasi semisal GPS dan Kamera secara tersembunyi.

6. Menampilkan Persentase Baterai

Anda mungkin sering bingun dengan ponsel Android generasi awal yang mana kita harus masuk ke menu pengaturan untuk mengetahui sisa daya dalam baterai.

Alternative lainnya menggunakan aplikasi yang fungsinya hanya sebatas menampilkan persentase baterai yang dibayar dengan iklan yang mengganggu.

Pada edisi Android Marshmallow persentase baterai dapat anda bisa menampilkan persentase baterai dengan mengakses System UI Tuner kemudian Aktifkan opsi guna menayangkan Persentase Baterai.

7. Native File Explorer

Meskipun dirasa tidak terlalu penting adanya File Explorer Native dari Google menambah aneka pilihan aplikasi pengaturan berkas yang ada saat ini.

Meskipun memiliki keterbatasan fitur seperti tidak adanya opsi untuk mengatur permision sebuah file dan hanya berkutat pada fungsi umum sebuah File Explorer seperti Salin, Pindah dan Hapus.

8. Pengaturan Volume Lebih Baik

Pada edisi android sebelumnya, ketika memperkecil Volume perangkat saat mendengarkan musik seringkali juga ikut memperkecil fungsi lain seperti volume Alarm dan Panggilan.

Keluhan pengguna ini dijawab Google dengan melakukan perbaikan pada pengaturan Volume dimana setelah menekan tombol volume (+/-) akan ada slider invidu untuk masing-masing fungsi seperti Media, Alarm dan Panggilan tanpa harus masuk kemenu Pengaturan.

Nah itulah 8 hal baru yang akan anda temukan jika anda melakukan Upgrade ke Android 6 Marshmallow, apakah anda tertarik untuk mencobanya...?
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close