Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Android Nougat (7.0) Beserta Manfaatnya

Android Nougat dirilis pada tanggal 23 Agustus 2016, tetapi dari beberapa bocoran beberapa perangkat Samsung seperti J7 Prime bakalan mendapat jatah pembaruan ke Android Nougat 7.0.

Bagi anda yang menggunakan J7 Prime, berikut ini adalah fitur-fitur yang akan anda dapatkan setelah melakukan upgrade OS ke Nougat.

Fitur Android Nougat (7.0) Beserta Manfaatnya

Fitur Android Nougat

1. Multy Window

Kehadiran fitur Multy Window pada Android nougat akan membuat anda bisa membuka dua aplikasi sekaligus dan menjalankannya secara bersamaan.

Anda cukup menekan tombol Recent Apps lalu klik tombol Multy Window di pojok kiri atas. Drag aplikasi yang mau anda gunakan secara bersamaan keatas dan kebawah.

2. Quick Switch

Quick switch mempercepat perpindahan aplikasi ke aplikasi yang lain tanpa menyebabkan lag pada aplikasi yang akan anda buka.

Cara penggunaan cukup dengan tap 2 kali pada tombol Recent Apps maka aplikasi akan berpindah.

3. Data Saver

Google ngerti banget kebanyakan orang mengakses internet menggunakan data seluler sehingga fitur pengehmat data seluler sudah selayaknya menjadi prioritas. Penggunaan data seluler juga dapat dikontrol dengan mudah. Anda bisa mebatasi penggunaan data seluler dihape dengan menjatah dengan besaran tertentu yang sebelumnya telah anda kalkulasi pemakaian data perharinya.

Setelah anda aplikasikan, setiap anda menggunakan data lebih dari jatah harian, data seluler akan dimatikan secara otomatis.

4. Mengoptimalkan Mode Doze

Dengan memanfaatkan sensor khusus yang ada pada perangkan ponselmu, sistem Android bisa mendeteksi apakah perangkat sedang dalam kondisi aktif bekerja atau tidak.

Jika tidak, misalnya saja ponsel ada disaku celana maka baik itu data seluler dan aplikasi yang memakan daya tidak perlu dinonaktifkan sementara waktu.

Hal ini memungkinkan perangkat dengan kapasitas baterai tidak terlalu besar dapat bertahan seharian.

5. Notifikasi Baru Mode Baru

Gaya penampilan notifikasi menjadi salah satu bagian yang dipermak disetiap edisi Android.

Pada Edisi Android Nougat ini tampilannya dibuat dalam bentuk kartu untuk tiap aplikasinya serta dalam formasi bertumpuk.

Ketika anda menerima notifikasi atau pemberitahuan yang dirasa kurang perlu dari aplikasi tertentu (Browser misalnya) anda bisa dengan mudah mengatur sehingga tidak menerima pemberitahuan sejenis kedepannya.

Caranya : Tap dan tahan icon notitifkasi yang dimaksud lalu klik atau swipe guna mematikan notifikasi dari aplikasi yang dimaksud.

6. Update Pada Latar Belakang

Salah satu fitur baru pada Android nougat adalah kemampuannya untuk menjalankan update perangkat lunak dibelakang sehingga anda tetap bisa menjalankan beragam aktifitas dengan ponselmu.

7. Kaya Emoji

Google mengklaim telah menyediakan lebih dari 1500 Emoji yang terintegrasi dengan bahasa Indonesia sehingga kata-kata tertentu dapat berubah menjadi Emoji pada saat anda mengetikkannya di Keyboard.

8. Booting Lebih Cepat

Booting lebih cepat akan memudahkanmu untuk segera menjalankan aktifitas tanpa harus lelah menunggu animasi loading Android yang menyebalkan.

9. Sistem Keamanan Berlapis

Google membenamkan sistem keamanan terbaru di Playstore yang diberinama Play Protect.
Sistem keamanan ini diklaim bisa memindai jutaan aplikasi perharinya.
Bahkan saat aplikasi secara diam-diam melakukan hal-hal yang mencurigakan dilatar belakang, sistem ini akan memberitahukan keberadaan aplikasi tersebut dan menghapusnya dari Sistem.

10. Dukungan API Vulkan

Buat para Gamers, kehadiran API Vulkan akan tentunya merupakan berkah karena akan menjadikan tampilan Game-game terbaru yang mendukung API ini menjadi lebih 3D dan hidup.

11. Balas Cepat

Anda tidak perlu membuka WA saat sedang asyik streaming youtube, cukup tap sekali pemberitahuan pesan masuk lalu balas seketika itu juga.

Demikianlah informasi tentang 11 Fitur baru Android Nougat (7.0) semoga dapat menambah wawasan anda tentang Sistem Operasi Android.

Terimakasih.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close