Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung J1 Biasa SM-J120F. Spek dan Harga Bekas Terbaru 2019

Sejak beberapa tahun terakhir, pasar gadget tanah air disesaki produk smartphone android dari negeri tirai bambu China. Strategi marketing yang dilakukan hampir semua produsen hape asal China tersebut sama yakni membuat produk dengan spesifikasi tinggi namun dibanderol dengan harga terjangkau.

Konsumen tanah air yang dari dulu hanya mengenal Samsung sebagai pabrikan hape nomor satu jadinya mendapat begitu banyak pilihan merek Smartphone alternative mengingat harga smartphone dari Samsung cenderung mahal.

Sadar bahwa kondisi persaingan tidak mudah lagi, Samsung bergerak cepat dengan membangun kembali lini produk kelas entry level sebagai jawaban atas membanjirnya hape Android dari Xiaomi, Oppo, Asus dll.

Salah satu produk smartphone murah yang ditawarkan samsung adalah Galaxy J1 SM-J120F yang dirilis tahun 2016. Ponsel ini dibanderol dengan harga terjangkau serta komposisi hardware yang cukup untuk menghandle aktifitas komunikasi harian.

Seperti apa spesifikasi utama yang ditawarkan samsung di Galaxy J1 SM-J120F ini dan berapa harga yang ditawarkan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Spesifikasi Samsung J1 SM-J120F 2016

Samsung J1 Biasa SM-J120F

1. Layar Super AMOLED 4,5 inci

Keunggulan pertama yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy J1 2016 ada pada layar yang menggunakan panel Super AMOLED pada layar seluas 4.5 inci beresolusi 540x960 plus kerapatan layar 245 PPI.

Seperti yang sama kita tahu, tidak banyak smartphone kelas Entry Level maupun medium yang menggunakan layar dengan panel Super AMOLED sebab teknologi layar yang dikembangkan Samsung ini tergolong mahal.

Kelebihan panel Super AMOLED dibandingkan IPS ada pada konsumsi daya yang lebih sedikit sehingga tidak terlalu menguras daya baterai. Selain itu, sudut pandang layar dengan panel Super AMOLED lebih luas hingga 180 derajat.

2. Exynos 3475 ARM Cortex A7

Samsung J1 Biasa SM-J120F

Beralih ke sektor dapur pacu dimana Samsung Galaxy J1 SM-J120F diotaki System on Chip juga dari Samsung yakni Exynos 3475 dengan CPU Quad Core ARM Cortex A7 berkecepatan 1,3 GHz. Pengolah Grafisnya dipercayakan kepada ARM Mali 400 MP4 berkecepatan 440MHz yang cukup bisa diandalkan guna menampilkan gambar dengan kualitas baik.

Perbandingan yang pas untuk SoC dari Samsung ini dapat kita temukan pada Oppo A37 yang menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 410. Perbedaan performa antara keduanya tidak terlalu jauh dan sama-sama diproduksi dengan fabrikasi 28 nanometer. Keduanya juga punya kartu grafis dengan performa setara meskipun dari skor pengujian Exynos 3475 lebih unggul beberapa poin.

Guna mendukung kinerja dari SoC Exynos 3475, didalam perangkat Samsung SM-J120F dibenamkan RAM 1 GB LPDDR3 dan memori penyimpanan sejumlah 8 GB. Walaupun kapasitas RAM dari hape ini sebatas 1 GB, untuk aktifitas harian seperti Browsing Internet, Chating dan mengakses akun jejaring sosial bisa dihandle dengan baik oleh ponsel ini.

Hanya Saja...

Seperti pengalaman pengguna dengan ponsel seri J1 generasi terdahulu dengan memori internal sebatas 8 GB, menambah eksternal memori bertipe Micro SD sangat penting untuk dilakukan sebab setelah dikurangi System dan Data Aplikasi, hanya tersedia 3-4 GB saja untuk file seperti foto dan video.

Pada saat memori internal sudah hampir penuh, perangkat Samsung J1 2016 biasanya akan sering terkena masalah seperti Aplikasi tertutup sendiri, Aplikasi tidak bisa diinstal dari playstore dan yang pasti begitu lambat menjalankan sistem.

3. Android Lollipop 5.1

Samsung J1 Biasa SM-J120F

Android lollipop 5.1 merupakan versi perbaikan dari lollipop generasi awal yang mana pada android versi inilah mulai diperkenalkan antarmuka sistem Material Design oleh Google. Didalam Changelog android 5.1 ini ada beberapa perbaikan penting yang diberikan seperti :
  1. Perbaikan manajemen RAM dengan meningkatkan kecepatan perpindahan aplikasi saat digunakan multitasking serta mengontrol penggunaan memori oleh aplikasi latarbelakang yang tidak terlalu penting guna dialokasikan ke aplikasi yang rutin digunakan ;
  2. Perbaikan manajemen daya baterai menjadi lebih baik dengan memangkas penggunaan daya dari aplikasi latar belakang guna meningkatkan masa pakai perangkat ;
  3. Peningkatan fungsi pada bagian notifikasi
  4. Perbaikan pada manajemen daya saat perangkat terhubung dengan jaringan Wi-Fi
  5. Dan perabikan fungsi OK Google.
Untuk masalah tampilan mungkin kurang terasa Google-nya sebab versi Android 5.1 yang dijalankan Samsung SM-J120F sudah dibalut dengan UI TouchWiz Samsung yang khas.

Pada bagian kamera, Samsung menyematkan dua buah kamera yang masing-masing beresolusi 5 MP dibelakang yang sudah dilengkapi LED Flash guna membantu pengambilan gambar pada kondisi ruangan minim cahaya.

Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 2 MP yang mampu merekam video dengan kualitas HD 30 FPS. Meskipun demikian, harus diakui memang jikalau gambar yang dihasilkan dari kamera Samsung J1 2016 tidak terlalu tajam sebab dari resolusi dan fitur yang disematkan terlihat sebagai pelengkap saja namun mengingat harganya yang terjangkau tentu hal tersebut harus dimaklumi.

Satu hal lagi...

Samsung J1 2016 dilengkapi dengan Modem yang sudah mendukung jaringan 4G LTE sehingga aktifitas Streaming YouTube, Karaoke dengan Smule, VideoCall dengan WhatsApp bakalan lebih lancar.

4. Konektifitas Lengkap

Meski ukuran perangkat Samsung J1 tergolong kecil tapi jangan tanya kelengkapan konektifitasnya. Selain mendukung jaringan 4G LTE, perangkat ini dilengkapi Bluetooth 4.1 yang mendukung penggunaan fitur A2DP guna mentransfer audio berkualitas stereo keperangkat Speaker yang mendukung fitur tersebut dengan terlebih dahulu melakukan PAIR perangkat.

Selain itu, ada fitur Wi-Fi Direct yang mana fitur ini memungkinkan anda menstreaming video dari perangkat J1 Ace 2016 ke perangkat TV yang mendukung fitur tersebut.

Port pengisian daya untuk baterai berkapasitas 2050 mAH bertipe Micro USB 2.0 yang umum digunakan ponsel kebanyakan sehingga kalau kebetulan lagi lupa bawa Charger ke kantor bisa pinjam milik teman asal jangan keseringan.

Harga Baru dan Bekas Samsung J1 SM-J120F Tahun 2019

Harga Samsung J1 Biasa SM-J120F
Grafik Harga Samsung J1 2016 SM-J120F

Dari grafik yang dikutip dari situs Pricebook.com, harga Samsung Galaxy J1 2016 SM-J120F terus mengalami penurunan. Saat ini untuk perangkat J1 2016 baru harganya rata-rata Rp.1.000.000 s/d Rp.1.100.000. sedangkan untuk harga bekasnya berkisar antara Rp.400.000 s/d Rp.550.000.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close