7 Aplikasi Penyimpanan Online Terbaik Untuk Android

Loading...
Salah satu masalah yang dihadapi oleh pengguna Android adalah keterbatasan ruang penyimpanan. Meskipun ruang simpan internal hape android terkini tiap waktu terus ditingkatkan jumlahnya, tetapi kita sebagai pengguna tetap saja ada yang merasa kurang.

Memang ada sih sebagian besar hape android telah disediakan opsi untuk memasang SD card (Memori Eksternal). Tetapi dibeberapa smartphone, slot Mircro SD digandeng dengan Slot SIM 2 (Hybrid) sehingga kita harus memilih apakah mau pasang SD Card atau SIM 2.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya punya solusi terbaik untuk anda dimana saat ini sudah ada (malahan banyak) aplikasi yang memberikan layanan penyimpanan online.

Kehadiran layanan ini tentunya bisa jadi solusi terbaik guna mengatasi keterbatasan ruang penyimpanan pada hape android anda.

Ruang penyimpanan yang diberikan juga beragam, ada yang 2 GB bahkan ada yang sampai 50 GB.
Apa saja aplikasi tersebut, berikut penjelasannya.

7 Aplikasi Penyimpanan Online Terbaik Untuk Android

7 Aplikasi Penyimpanan Online Terbaik Untuk Android

1. Google Drive

Nomor Wahid jatuh pada Google Drive yang merupakan aplikasi penyimpanan Online Google yang sudah ada disetiap produk hape android.

Aplikasi ini menyediakan 15 GB ruang penyimpanan guna menampung semua jenis file anda baik itu Foto, Video, Dokumen, aplikasi Android (APK) dll.

Untuk menggunakan layanan Google Drive, kita hanya perlu memiliki akun Google (Gmail) aktif dan sudah langsung menikmati layanannya.

Salah satu kemudahan dalam menggunakan Google Drive adalah  kita bisa dengan gampangnya menemukan file tertentu dari ribuan file yang sebelumnya kita simpan berkat kecanggihan mesin pencariannya.

Misalnya anda ingin mencari foto bunga yang dulu pernah anda jepret dengan kamera hape.
Anda cukup mengetikkan kata “ Bunga” pada kolom pencarian, dan mesin pencariannya akan mensortir foto yang ada berdasarkan query yang telah anda masukkan tadi.

Untuk belajar menggunakan Google Drive, silahkan baca panduannya disini.

2. Box

Memiliki nama yang rada-rada mirip dengan DropBox tapi kedua perusahaan yang menaungi aplikasi tersebut berbeda.

Box hadir dengan layanan prima dimana mereka memberikan akses berupa ruang penyimpanan 10 GB untuk versi gratisnya.

Peluang ini tentu sangat sayang dilewatkan, terlebih jika anda memiliki dua akun sekaligus yakni Google Drive dan Box. Maka secara total, anda sudah memiliki 25 ruang penyimpanan online untuk membackup file penting di hape anda.

3. DropBox

Aplikasi DropBox tersedia untuk perangkat Android dan iOS yang bisa didownload gratis di Playstore dan Apps Store.

Menggunakan DropBox, anda dapat dengan mudahnya mengakses beragam file yang telah anda simpan meskipun dalam kondisi tidak terkoneksi internet.

DropBox memberikan ruang penyimpanan gratis sejumlah 2 GB saja yang bisa anda manfaatkan untuk membackup foto, video dan dokumen.

Anda juga bisa membuat folder khusus yang bisa dishare isinya (di download) secara bebas oleh pengguna lain dengan memberikan link khusus menuju file tersebut.

4. OneDrive

OneDrive yang sebelumnya bernama Sky Drive merupakan layanan simpan data online milik Microsoft.

Fitur yang dimiliki sama lengkapnya dengan Google Drive seperti kemudahan dalam mencari file dari tumpukan file yang ada.

Aplikasi OneDrive tersedia untuk perangkat Android dan iOS, serta terpasang secara otomatis pada perangkat komputer dengan sistem operasi Windows 10.

OneDrive memberikan akses ruang penyimpanan sebesar 7 GB dan dapat bertambah dengan merekomendasikannya layanannya ke teman.

5. Mega Drive

Mega Drive mungkin kurang familiar karena pamornya masih kalah dibandingkan dengan Google Drive maupun DropBox.

Tapi tahukaha anda jika layanan penyimpanan online ini memberikan ruang kosong sejumlah 50 GB bagi member baru tanpa adanya biaya tambahan.

Angka tersebut tentunya sangat fantastis karena pesaing mereka seperti Google Drive, Box, DropBox dan One Drive hanya berani memberi memberikan ruang simpan dibawah 20 GB untuk member baru.

Meski demikian, karena kualitas layanan yang kurang maksimal banyak orang yang enggan menggunakan Servis dari aplikasi ini.

6. MiCloud

Selain dapat menggunakan Google Drive, pengguna hape Xiaomi punya 5 GB ruang penyimpanan awan gratis dari Xiaomi jika memiliki akun Mi.

Yang saya suka dari MiCloud adalah kita bisa membuat cadangan aplikasi dan data lain saat terhubung ke internet lalu dengan mudahnya merestore semua aplikasi dan datanya ke hape jika kelak melakukan flash yang mengharuskan kita format memori.

Yang terpenting, setelah mengaktifkan layanan MiCloud, kontak yang ada dihape akan aman meskipun kita telah menjual hape lama dengan syarat anda login menggunakan akun Mi yang lama.

7. iDrive

mendengar istilah “i” dibelakang kata Drive membuat orang berfikir bahwa ini adalah produk Apple.
Tetapi sebenarnya bukan, karena Apple punya layanan simpan online sendiri bernama iCloud.

iDrive sama seperti 6 layanan simpan data online lain memberikan beragam fitur unggulan seperti kemudahan merestore kontak, kalender, foto dan video yang sebelumnya telah anda unggah ke penyimpanannya.

Aplikasi ini memberikan akses hingga 5 GB untuk pengguna baru dengan penambahan ruang simpan hinga 1 TB dengan membayar ongkos sewa sejumlah $53 untuk satu tahun pertama.

Penutup

Demikian informasi tentang layanan / aplikasi penyimpanan online terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengatasi keterbatasan ruang pada memori internal hape android anda.
Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Aplikasi Penyimpanan Online Terbaik Untuk Android"

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown

close