Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gampang Cuy...3 Cara Agar Browsing Lebih Lancar di Android

Agar Browsing Internet di Android Ngebut

Kemajuan teknologi telah membuat banyak perubahan dalam mempermudah segala urusan manusia. Tidak hanya membuatnya jadi lebih gampang, keberadaan internet juga telah merubah cara kita melakukan sesuatu.

Dulu kalau mau beli laptop, kita harus pergi ke toko komputer lalu pilih barangnya kemudian bayar.
Sekarang beda lagi caranya setelah ada internet.

Pertama Browsing dulu untuk mencari informasi laptop terbaik, lalu buka aplikasi jual beli online. Setelah itu pilih barangnya lalu Checkout bayar via Mobile Banking dan selesai.

Tinggal tunggu kurir dirumah mengantarkan barang yang anda beli tadi.

Ngomong-ngomong soal browsing, semua orang pastinya pernah mengalami kondisi dimana saat butuh informasi dengan cepat lalu browsing tapi hasil nihil karena loading lama.

Saya dulu sering melakukannya saat kuliah.

Misalnya pada saat Ujian dan menemukan kesulitan, kita bisa menyelesaikan soal dengan cara browsing jawabannya di internet.

Inilah yang dimaksud dengan pemanfaatan teknologi tepat guna.

Nilai  ujian bagus , dapat nilai IPK tinggi, Keluarga Bangga dan akhirnya setelah lulus jadi pengangguran.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya mencoba memberikan tips bagaimana caranya agar browsing internet dengan perangkat android jadi lancar.

Berikut penjelasannya...!

Baca Juga : Cara Membuat Hotspot Seluler Anti Hack di Android

3 Cara Agar Browsing Internet di Android Tidak Lambat

1. Pilihlah Provider Yang Tepat

Browsing Internet di Android Ngebut
Sumber : Kompas

Sebagian besar pengguna hape Android di Indonesia menggunakan data seluler guna mengakses internet. Seperti yang kita tahu pula saat ini ada 4 penyedia layanan internet dengan basis pengguna terbanyak yaitu : XL, Telkomsel, Smartfren dan Indosat.

Supaya aktifitas browsing kita lebih lancar, maka sudah seharusnya kita memilih penyedia layanan yang terbaik.

Untuk masuk dalam kategori terbaik, ada beberapa tolok ukur yang menjadi dasar untuk menentukan pemenang yakni : Kecepatan Download, Upload dan Browsing.

Lalu provider mana yang paling cepat...?

Yang jelas saya tidak bisa jawab, tetapi dari artikel yang dimuat dihalaman Kompas.com Telkomsel jauh mengungguli pesaingnnya dalam tiga penilaian tadi.

Jadi kalau mau browsing internet lancar, segera beralih ke penyedia layanan yang terbaik meskipun harga sedikit lebih mahal, jangan Cuma murah tapi kualitas sinyalnya murahan.

2. Setting Hape Agar Menggunakan Tipe Jaringan Terkuat

Punya hape yang sudah mendukung jaringan 4g lte tidak akan menjamin aktifitas browsing anda jadi lebih cepat. Tetapi yang paling menentukan kecepatan dalam menjelajah itu adalah kualitas jaringannya.

Saya tidak bermaksud mengatakan kalau jaringan 4G LTE itu lambat. Tetapi poin yang saya maksud adalah percuma saja bila anda berharap browsing jadi lancar sementara sinyal 4G byar pret alias tidak stabil.

Sinyal yang tidak stabil selain bikin KZL juga akan membuat perangkat bekerja keras menemukan sinyal sehingga baterai terkuras lebih cepat.

Untuk solusi terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan menurunkan tipe jaringan utama yang digunakan ponsel anda saat ini tapi tidak stabil (4G misalnya) ke jaringan yang lebih kuat seperti UMTS atau WCDMA.

Caranya...?

Pada perangkat Samsung Buka menu Pengaturan / Jaringan Lainnya / Jaringan Mobile / Mode Jaringan lalu pilih jaringan terkuat yang ada diwilayah anda.

Xiaomi (Redmi 4X) buka DialPad tekan angka *#*#4636#*#* lalu pilih “ Informasi Telepon 1” tergantung SIM mana yang anda pakai internetan, lalu pada menu “Pilih Jaringan Yang Disukai “ pilih WCDMA / UMTS / 4G.

3. Gunakan Browser Yang Tercepat

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan agar browsing internet lebih lancar adalah dengan menggunakan Browser yang paling cepat.

Masalahnya, bagaimana kita tahu bahwa aplikasi penjelajah yang kita gunakan itu cepat atau tidak.
Jangan bingung, anda tinggal tanya yang sudah melakukan uji coba dan membandingkan browser mana yang paling cepat.


situs android ternama Android Authority melakukan test guna mencari browser tercepat. Beberapa aplikasi browser diinstal pada satu hape dan digunakan untuk menjalankan beberapa test (Benchmark) guna melihat kemampuan dari masing-masing browser.

Singkatnya...browser tercepat menurut uji coba yang dilakukan adalah Puffin browser. Sangat aneh memang mendengar nama browser ini karena tidak terkenal sama sekali, padahal saya berharap ada nama Chrome atau Firefox.

Tapi ingat, hasil test yang dilakukan Android Authority bukan jaminan kok itu browser bagus apa tidak untuk digunakan, tetapi kembali lagi ke kita sebagai pengguna.

Sumber : Android Authority

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara agar dapat browsing lebih lancar di android, semoga penjelasan saya ini bisa bermanfaat untuk anda.

Terimakasih.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close