Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Cerdas Agar Redmi 4X Tidak Cepat Panas

Salah satu bagian dari Redmi 4X yang membuatnya terlihat begitu keren meski hanya sebuah hape kelas Entry Level adalah Casing Metal yang digunakannya. Kalau dilihat sepintas dari jarak 2 KM, hape ini akan tampak seperti iPhone 6 tanpa loggo buah apel tergigit dibelakangnya.

Selain membuat Redmi 4X terlihat keren, casing metal membuat suhu yang dihasilkan dari aktifitas Chipset terasa lebih panas saat digenggam.

Yang tidak kalah bikin kesel, suhu tinggi membuat telapak tangan cepat berkeringat lalu Redmi 4X jadi terlihat dekil sepanjang waktu.

Tidak sampai disitu...

Panas jika dibiarkan akan memperpendek pemakaian baterai karena mengurangi daya simpan dari sel-sel yang ada pada baterai.

Untuk itu segera turunkan panas dengan segera setelah suhu Redmi 4X anda tidak normal.
Cara lengkapnya akan dijelaskan pada artikel berikut ini...!

Penting...!

Bacalah panduan ini secara perlahan agar informasi yang didapat tidak setengah-setengah.

3 Cara Ampuh Agar Redmi 4X Tidak Cepat Panas

Agar Redmi 4X Tidak Cepat Panas

1. Hentikan Aktifitas Berat Yang Sedang Berjalan

Ponsel dengan spesifikasi dan fitur pendingin terbaik sekalipun jika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti game berkualitas HD pastinya akan terasa lebih panas pada body, terutama pada bagian dimana Chipset berada. Panas berlebih ini dihasilkan dari aktifitas prosesor yang sedang menjalankan eksekusi rumit didalam sistem.

Masing-masing prosesor punya batas toleransi panas tertentu. Pasa saat suhu sudah mencapai panas maksimal, perangkat biasanya akan hang atau reboot secara otomatis untuk mengembalikan kestabilan sistem dan mengindari kerusakan hardware yang disebabkan suhu tinggi.

Untuk anda yang sering menggunakan Redmi 4X untuk bermain game, pada saat suhu terlalu tinggi maka segeralah hentikan aktifitas gaming anda sejenak. Biarkan suhu hape kembali normal terlebih dahulu, barulah dilanjutkan gamingnya.

Saya biasanya meletakkan ponsel dilantai (keramik) yang memiliki permukaan permukaan yang keras dan dingin beberapa saat agar suhu panas terserap lebih cepat.

Anda bisa coba cara ini karena selalu berhasil menurunkan suhu dengan sangat baik.

Artikel Bermanfaat Untuk Redmi 4X :




2. Atur Agar Sinyal Stabil

Penyebab kedua Redmi 4X terkadang menghasilkan panas berlebih adalah sinyal data seluler yang tidak stabil. Kadang 4G, lalu turun ke 3G dan begitu terus berulang-ulang.

Sinyal yang tidak stabil juga dapat meningkatkan suhu ponsel karena aktifitas antena yang sibuk mencari sinyal terkuat. Selain membuat game online seperti AOV, Mobile Legend maupun PUBG jadi terjeda kondisi ini bakalan bikin kesal gamers.

Yang sudah ngalamin pasti sadar betapa menyakitkannya kondisi itu...

Untuk itu, lakukan setting agar Redmi 4Xanda selalu menggunakan sinyal terkuat yang ada didaerah anda.

Saya sendiri meskipun area rumah sudah tercover jaringan 4G tapi tetap memprioritaskan jaringan dibawahnya seperti WCDMA, karena sinyal LTE masih turun naik.

Selain menghasilkan panas, sinyal yang turun naik juga bikin baterai cepat habis dari biasanya.

Guna menjadikan sinyal terkuat menjadi prioritas yang Redmi 4Xanda jalankan lakukan uji jaringan dengan cara menekan *#*#4636#*#* pada dialpad.

Setelah itu, pilih menu “ Informasi Telepon 1” jika SIM yang digunakan untuk internetan berada di Slot SIM 1, atau “ Informasi Telepon 2” jika berada di slot SIM 2.

Lalu pada “ Setel Jenis Jaringan Yang Disukai” aturlah jaringan terkuat yang ada diarea anda saat ini.
Perlu untuk anda ingat...

Pengaturan yang anda buat ini sifatnya sementara dan akan kembali ke pengaturan semula setelah perangkat Restart / Reboot.

Satu hal lagi...

Gunakanlah provider internet yang memiliki jaringan terkuat didaerah jika tidak mau melakukan setting diatas berulang-ulang.

Ditempat saya sendiri, Telkomsel menjadi provider dengan kekuatan sinyal paling kuat sehingga banyak digunakan orang yang ingin koneksi internet lancar jaya.

3. Gunakan Casing Yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sinyal yang buruk dan aktifitas gaming menjadi penyebab ponsel Redmi 4X cepat panas (malahan terlalu panas).

Cara terahir jika ingin perangkat Redmi 4X panasnya tetap stabil, gunakan casing yang tepat agar panas yang dihasilkan dari aktifitas CPU dapat dialirkan dengan cepat.

Casing dengan tipe apa yang terbaik untuk Redmi 4x...?

Casing terbaik untuk anda gunakan pada perangkat Redmi 4X adalah tipe Hard Case. Casing tipe seperti ini mengalirkan suhu hape lebih cepat dibanding tipe lain karena sifatnya yang keras.

Hindari untuk menggunakan casing dengan tipe Jelly Case / Softcase karena tipe casing seperti ini hanya menyerap panas tapi tidak mengalirkannya (mengendap).

Bukannya jadi dingin, memasang casing tipe jelly / softcase malahan akan membuat hape jadi Overheat.

Penutup

Demikian informasi tentang cara menurunkan panas berlebih pada ponsel Redmi 4X dengan cepat sehingga aktifitas gaming dan lainnya dapat anda lakukan dengan lancar.

Jika ada tips atau cara yang lebih ampuh, anda bisa memberi masukan dikolom komentar.

Terimakasih.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close