Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Firmware Lenovo A7000 ke Marshmallow, Pakai 2 Cara Ini Saja

Update Firmware Lenovo A7000 ke Marshmallow, Pakai 2 Cara Ini Saja

Kabar bahagia untuk anda yang menggunakan Lenovo A7000 karena sekarang anda bisa melakukan Upgrade OS Android yang sebelumnya Lollipop ke Marshmallow.

Hal ini juga menjadi salah satu Kelebihan Lenovo A7000 dibandingkan hp sejenis dengan rentang harga yang sama tapi mentok hanya di Android L.

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara menginstal Android M di Lenovo A7000, berikut fitur-fitur menarik yang akan anda dapat setelah menginstal Android Marshmallow.

Fitur Android Marshmallow


Ada 7 Fitur Android Marshmallow yang bisa anda gunakan di ponsel Lenovo A7000 anda dan sangat saya jika anda lewatkan.

Kedelapan fitur tersebut adalah :

#1. Fitur OK Google Langsung Pada Layar

Fitur OK Google yang membuat segala aktifitas di Ponsel Android tidak melulu menggunakan tangan menjadi lebih mudah digunakan karena sudah ada dilayar utama.

Anda tinggal menekan tombol Mikropon yang ada di Search Box lalu mengucapkan OK Google.

#2. Fitur Google Now On Tap

Pada dasarnya Google Now On Tap adalah mesin pencari yang akan menampilkan hasil berupa Card atau Kartu yang dapat anda pilah sesuai keinginan.

Awalnya pencarian berbasiskan teks kemudian berkembang dengan ditambahkannya fungsi perintah suara seperti halnya Apple SIRI dan Cortana milik Microsoft.

#3. Fitur Battery Saver

Adanya Project Volta pada edisi Android Lollipop membawa manfaat yang sangat berarti bagi pengembangan fitur Sistem Operasi Android seterusnya.

Sebelumnya di Android L, penghematan baterai berlangsung secara otomatis dan terkadang memangkas fungsi tertentu yang pengguna butuhkan.

Perbaikan dilakukan di Android M dimana anda dapat mengaktifkan Mode Hemat Daya dengan mengakses menu Pengaturan >> Baterai >> Hemat Daya.

Pada menu ini akan ditampilkan informasi berupa list aplikasi yang memakan banyak daya baterai sehingga dapat anda kontrol pemakaian dayanya dengan lebih baik.

#4. Fitur Pesan Pada Layar Saat Perangkat Terkunci

Kehilangan hape dijalan merupakan hal yang paling ditakutkan semua orang karena mungkin saja ada konten seperti foto dan video yang sifatnya pribadi.

Pada edisi Android Marshmallow ada fitur menarik dan dirasa sangat perlu dimana anda dapat menambahkan pesan tertentu pada layar perangkat disaat perangkat terkunci.

Anda bisa menulis Nama dan Alamat maupun Nomor kontak yang bisa dihubungi jika kebetulan ada orang yang menemukan perangkat Android anda dijalan.

#5. Fitur Pengaturan Permison Masing-Masing Aplikasi

Cara mengaktifkan fitur ini tinggal Buka Menu Pengaturan >> Aplikasi >> Nama Aplikasi >> Permision untuk mengatur apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi.

Fitur ini ada karena semakin tingginya rasa khawatir akan adanya aplikasi tertentu yang tanpa izin mengumpulkan data pribadi dengan mengakses aplikasi semisal GPS dan Kamera secara tersembunyi.

#6. Fitur Menampilkan Persentase Baterai

Anda mungkin sering bingun dengan ponsel Android generasi awal yang mana kita harus masuk ke menu pengaturan untuk mengetahui sisa daya dalam baterai.

Alternative lainnya menggunakan aplikasi yang fungsinya hanya sebatas menampilkan persentase baterai yang dibayar dengan iklan yang mengganggu.

Pada edisi Android Marshmallow persentase baterai dapat anda bisa menampilkan persentase baterai dengan mengakses System UI Tuner kemudian Aktifkan opsi guna menayangkan Persentase Baterai.

#7. Fitur Pengaturan Volume Lebih Baik

Pada edisi android sebelumnya, ketika memperkecil Volume perangkat saat mendengarkan musik seringkali juga ikut memperkecil fungsi lain seperti volume Alarm dan Panggilan.

Keluhan pengguna ini dijawab Google dengan melakukan perbaikan pada pengaturan Volume dimana setelah menekan tombol volume (+/-) akan ada slider invidu untuk masing-masing fungsi seperti Media, Alarm dan Panggilan tanpa harus masuk kemenu Pengaturan.

Nah itulah 7 fitur baru yang akan anda temukan jika anda melakukan Upgrade Lenovo A7000 anda  ke Android 6 Marshmallow.

Tertarik untuk mencobanya...?

Cara Mudah Update Firmware Lenovo A7000

Ada dua metode update yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan versi android lenovo a7000 dari lollipop ke marshmallow yaitu :
  1. Update OTA / FOTA
  2. Update Manual

Langkah-Langkah Update Firmware Lenovo A7000 OTA

Biasanya pada saat fihak Manufaktur merilis pembaruan Sistem Operasi untuk perangkatnya secara online, akan ada pemberitahuan saat perangkat terhubung dengan jaringan internet.

Dalam beberapa kasus, ada juga yang tidak mendapatkan pemberitahuan tapi setelah dicek baru pemberitahuannya muncul.

  • Cek apakah perangkat Lenovo A7000 anda mendapatkan pembaruan sistem ke Marshmallow dengan cara buka menu Pengaturan -> Tentang Ponsel -> Informasi Perangkat Lunak -> Cek Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Setelah dikonfirmasi perangkat mendapatkan pembaruan Firmware, nanti anda akan diarahkan untuk mendownload file update yang tersedia.
  • Download File update yang biasanya berukuran lebih dari 1 GB, untuk itu pastikan anda memiliki paket data yang cukup, baterai penuh 100%, dan ruang kosong pada memori internal 2 GB.
  • Setelah proses download selesai, jalankan proses pemasangan sistem baru dengan cara merestart perangkat Lenovo A7000 anda.
  • Booting awal mungkin agak sedikit lama, tapi tenang saja karena saat pertamakali booting itu ada proes pemasangan aplikasi baru didalam sistem.
Meskipun terlihat mudah, proses Update Firmware Lenovo A7000 OTA tadi bakalan menjadi perkara yang sulit bagi mereka yang ada di daerah yang signal 4G dan 3G masih jarang.

Selain itu...

Menggunakan cara diatas artinya kita tidak punya cadangan Firmware jika kelak perangkat Lenovo A7000 Mengalami Bootloop.

Untuk itu, bagi anda yang sulit download Firmware karena jaringan lelet dan memerlukan cadangan Firmware, cara manual jadi opsi terbaik untuk anda.

Tapi sebelum itu, buat cadangan file yang ada di Memori internal hape anda terlebih dahulu untuk jaga-jaga.

Pastikan juga baterai terisi penuh agar perangkat tidak mati saat proses instalasi Firmware.

Langkah-Langkah Update Firmware Lenovo A7000 Secara Manual
  • Download Firmware lenovo  ;
  • Ganti naman firmware tadi menjadi Update.Zip lalu Copy ke SD Card tanpa folder ;
  • Matikan perangkat Lenovo A7000 anda lalu masuk ke Recovery Mode dengan cara Tekan & tahan Volume Bawah dan Power secara bersamaan ;
  • Gunakan tombol Volume Bawah dan Atas memindahkan kursor keatas dan kebawah, serta gunakan tombol Power untuk memilih opsi ;
  • Pilih menu (Opsi) Apply Update Form SD Card ;
  • Cari file update dengan nama Update.Zip ;
  • Tunggu proses instalasi Firmware selesai, setelah itu perangkat akan Restart dan masuk ke Sistem baru

Penutup

Demikian informasi tentang Cara Upgrade Android Lenovo A7000 ke Android Marshmallow Tanpa PC, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close