Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Update Android Asus ZE600KL Z00L ke Marshmallow

Cara Update Android Asus ZE600KL Z00L ke Marshmallow

Smartphone Android dari Asus ZE600KL dengan kode Z00L merupakan salah satu varian Zenfone 2 Laser yang dirilis Asus pada Januari 2016 lalu.

Berbekal desain dan spesifikasi yang cukup bagus, Zenfone 2 Laser ZE600KL menjadi salah satu gadget terlaris di pasar tanah air.

Desain body Argonomis yang menyesuaikan dengan bentuk telapak tangan sehingga lebih erat digenggam dan tidak mudah jatuh meskipun memiliki ukuran layar yang cukup lebar.

Dengan dibekali CPU ARM Cortex A53 dan sokongan RAM 2 GB, ponsel ini mampu menjalankan game yang lumayan berat seperti PUBG.

Untuk melengkapi segala kelebihan tersebut, Asus setelah sekian lama melakukan riset akhirnya merilis pembaruan perangkat lunak (Firmware) yang berbasis Androdi 6 Marshmallow untuk ZE600KL.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan kepada anda tata cara pemasangan firmware dan persiapan apa saja yang harus ada supaya proses pemasangan berjalan lancar.

Tapi sebelum itu, saya mau menginformasikan fitur baru apa saja yang ada di firmware terbaru ini dan manfaatnya bagi kamu yang menggunakan ponsel ini sehari-hari.

10 Fitur Android Marshmallow dan Manfaatnya

1.    OK Google Pada Layar

Fitur OK Google yang membuat segala aktifitas di Ponsel Android tidak melulu menggunakan tangan menjadi lebih mudah digunakan karena sudah ada dilayar utama.

Anda tinggal menekan tombol Mikropon yang ada di Search Box lalu mengucapkan OK Google. Masalah keakuratan memang menjadi problem besar dari aplikasi ini dimana seringkali si Google salah dengar misalnya SWITCH yang ditampilkan CHELSEA.

2.    Google Now On Tap

Pada dasarnya Google Now On Tap adalah mesin pencari yang akan menampilkan hasil berupa Card atau Kartu yang dapat anda pilah sesuai keinginan.

Awalnya pencarian berbasiskan teks kemudian berkembang dengan ditambahkannya fungsi perintah suara seperti halnya Apple SIRI dan Cortana milik Microsoft.

3.    Battery Saver

Adanya Project Volta pada edisi Android Lollipop membawa manfaat yang sangat berarti bagi pengembangan fitur Sistem Operasi Android seterusnya.

Sebelumnya di Android L, penghematan baterai berlangsung secara otomatis dan terkadang memangkas fungsi tertentu yang pengguna butuhkan.

Perbaikan dilakukan di Android M dimana anda dapat mengaktifkan Mode Hemat Daya dengan mengakses menu Pengaturan -> Baterai -> Hemat Daya.

Pada menu ini akan ditampilkan informasi berupa list aplikasi yang memakan banyak daya baterai sehingga dapat anda kontrol pemakaian dayanya dengan lebih baik.

4.    Pesan Pada Layar Saat Perangkat Terkunci

Kehilangan perangkat dijalan merupakan hal yang paling ditakutkan semua orang karena bisa menjadi celah orang mengambil data pribadi anda.

Pada edisi Android Marshmallow ada fitur menarik dan ternayata sangat perlu dimana anda dapat menambahkan pesan tertentu pada layar perangkat disaat perangkat terkunci.

Anda bisa menulis Nama dan Alamat maupun Nomor kontak yang bisa dihubungi jika kebetulan ada orang yang menemukan perangkat Android anda dijalan.

5.    Pengaturan Permison Masing-Masing Aplikasi

Buka Menu Pengaturan -> Aplikasi -> Nama Aplikasi -> Permision untuk mengatur apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi.

Fitur ini ada karena semakin tingginya rasa khawatir akan adanya aplikasi tertentu yang tanpa izin mengumpulkan data pribadi dengan mengakses aplikasi semisal GPS dan Kamera secara tersembunyi.

6.    Menampilkan Persentase Baterai

Anda mungkin sering bingun dengan ponsel Android generasi awal yang mana kita harus masuk ke menu pengaturan untuk mengetahui sisa daya dalam baterai.

Alternative lainnya menggunakan aplikasi yang fungsinya hanya sebatas menampilkan persentase baterai yang dibayar dengan iklan yang mengganggu.

Pada edisi Android Marshmallow persentase baterai dapat anda bisa menampilkan persentase baterai dengan mengakses System UI Tuner kemudian Aktifkan opsi guna menayangkan Persentase Baterai.

7.    Native File Explorer

Meskipun dirasa tidak terlalu penting adanya File Explorer Native dari Google menambah aneka pilihan aplikasi pengaturan berkas yang ada saat ini.

Meskipun memiliki keterbatasan fitur seperti tidak adanya opsi untuk mengatur permision sebuah file dan hanya berkutat pada fungsi umum sebuah File Explorer seperti Salin, Pindah dan Hapus.

8.    Pengaturan Volume Lebih Baik

Pada edisi android sebelumnya, ketika memperkecil Volume perangkat saat mendengarkan musik seringkali juga ikut memperkecil fungsi lain seperti volume Alarm dan Panggilan.

Keluhan pengguna ini dijawab Google dengan melakukan perbaikan pada pengaturan Volume dimana setelah menekan tombol volume (+/-) akan ada slider invidu untuk masing-masing fungsi seperti Media, Alarm dan Panggilan tanpa harus masuk kemenu Pengaturan.

9.    Minim Bloatware

Aplikasi tidak penting seperti Trip Advisor, Cermin, Asus Drive dll dihapus dan digantikan produk aplikasi dari Google seperti Google Drive, Foto, dll.

10.    Kaya Tema dan Wallpaer Terbaru

Theme Store Asus kini memiliki koleksi tema dan wallpaper lebih banyak dibanding edisi sebelumnya saat masih menjalankan Android Lollipop. Tersedia ribuan tema yang bisa diunduh gratis meskipun ada juga yang berbayar.

Nah itulah 10 hal baru yang akan anda temukan jika anda melakukan Upgrade ke Android 6 Marshmallow, apakah anda tertarik untuk mencobanya...?

Ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk memasang Firmware Asus Zenfone terbaru tanpa harus menggunakan bantuan PC yaitu FOTA dan Menggunakan Recovery.

Cara 1. Firmware Over The Air

Istilah Firmware Over The Air (FOTA) maksudnya mendownload dan menginstal sendiri firmware terbaru langsung dari perangkat Zenfonemu.

Supaya proses upgradenya berjalan lancar, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan antara lain:

  • Perangkatmu terhubung dengan jaringan internet yang cepat dan stabil (direkomendasikan menggunakan jaringan Wi-Fi). Jika menggunakan Data Seluler setidaknya tersedia dua kali lipat ukuran File Update yang akan didownload. Misalnya File Update / Upgrade berukuran 1.5 GB, minimal paket data anda tersedia 3 GB.
  • Sediakan 2 GB ruang kosong dalam ruang penyimpanan internal perangkat anda untuk menyimpan sistem baru yang akan dipasang.
  • Pastikan Daya Baterai Full 100%, hal ini ditujukan untuk menghindari proses download terhenti karena perangkat kehabisan daya.
  • Perangkat tidak dalam kondisi sudah di-Root
  • Lakukan Backup file yang ada di memori internal untuk jaga-jaga saja.

Langkah-Langkah Upgrade Firmware Zenfone Via FOTA

Langkah 1. Pastikan kamu telah mendapatka notifikasi adanya pembaruan system untuk perangkatmu. Jika tidak, lakukan pengecekan manual dengan membuka menu Settings -> About -> System update

Cara Update Android Asus ZE600KL Z00L ke Marshmallow

Langkah 2. Setelah mendapatkan notifikasi, Klik menu Setting tersebut kemudian tap untuk mendapatkan informasi detail perihal isi dari pembaruan perangkat lunak yang akan didapat.

Langkah 3. Download file pembaruan (Update) Setelah itu sistem akan mencari file update dan tunggu prosesnya selesai 100%.

Langkah 4. Setelah proses download selesai system akan meminta untuk melakukan Restart guna menginstal File Update yang telah didownload tadi. Harap maklum jika booting pertama kali agak sedikit lama, karena system baru terlebih dahulu memindai hardware dan aplikasi yang telah terpasang pada system sebelumnya.

Sampai proses ini, boleh dikatakan proses upgrade Android pada perangkat Zenfone anda telah berhasil dilakukan.

Cara 2. Instal Manual Menggunakan Android Recovery

Seperti namanya, cara ini kita akan melakukan proses upgrade firmware dengan cara menginstalnya secara manual dari perangkat Zenfone tanpa menggunakn PC yang disunting dari forum Zentalk  .

Yang kita perlukan hanya firmware yang sesuai dengan Seri, Tipe dan SKU dari perangkat Zenfone yang kamu gunakan.

Contoh :
•    Seri  : Zenfone 2 Laser
•    Tipe : Z00L
•    SKU : WW

Perhatian :
  1. Pastikan firmware yang kamu download SKU-nya sesuai dengan SKU yang tertera diperangkat Zenfone kamu, misalnya WW -> WW, CN -> CN, TW -> TW. Memilih SKU yang tidak sesuai akan menyebabkan proses instalasi gagal.
  2. Kamu tidak bisa merubah firmware yang tadinya memiliki SKU WW -> TW, serta tidak bisa melakukan Downgrade firmware. Misalnya versi firmware yang Zenfone kamu gunakan saat ini V2.20.40.13 kemudian kamu akan menginstal firmware dengan versi dibawahnya misalnya V2.19.40.18 maka dipastikan proses instal akan gagal.
  3. Pada saat proses upgrade sedang berjalan pastikan perangkat Zenfonemu tidak kekurangan daya. Dari keterangan pihak Asus sendiri cukup dengan 15 % daya, tapi saya pribadi sebaiknya 100 % full.
Kunjungi situs dukungan firmware Asus di http://www.asus.com/tw/support untuk mendownload file pembaruan sistem yang diperlukan dengan memperhatikan tiga catatan diatas.

Untuk Zenfone 2 Laser ZE600KL tipe Z00L dan SKU WWW, berikut Link 3 firmware terbaru :

Setelah fimrware selesai kamu download, cek kembali kondisi firmware tersebut menggunakan Winrarr atau 7Zip.

Jika didalam file Zip hanya tertera 1 file dan masih dalam keadaan tercompres (format Zip) ekstrak kembali sehingga yang didapat berupa file Zip dengan beberapa file didalamnya, perhatikan gambar berikut :
Cara Update Android Asus ZE600KL Z00L ke Marshmallow

Firmware yang berwarna merah harus diekstrak lagi, sedangkan firmware sebelah kanan yang berwarna kuning siap untuk diinstal.

Setelah itu, copy file firmware tersebut ke memori internal tanpa dimasukkan kedalam folder kembali. Maka sistem akan otomatis membaca keberadaan file update denga icon tanda seru dipojok kiri atas menu bar.

Cara Update Android Asus ZE600KL Z00L ke Marshmallow

Klik icon tersebut lalu perangkat akan resrtart kemudian masuk Recovery Mode.

Tunggu proses instalasi selesai yang dapat memakan waktu 15-30 menit. Booting pertamakali akan sedikit lebih lama karena ada proses pemasangan sistem dan aplikasi baru.

Penutup

Demikian informasi tentang Cara Pemasangan Firmware Terbaru Asus Zenfone 2 Laser ZE600KL semoga bermanfaat.

Jika ada penjelasan yang kurang jelas / salah silahkan ada informasikan melalui kolom komentar.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close