Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbukti..Ini Cara Menghemat Kuota Data Internet Android Paling Jitu


Menurut mimin nih ya, harga paket internet disemua provider itu tidak murah meskipun di iklannya selalu dibilang murah.

Pada saat promosi provider selalu ngaku-ngkau banyak gratis tapi waktunya dibatasi hanya dijam pocong alias diatas jam 24:00....

Ada juga yang menawarkan harga relative rendah dari provider lain tapi berlaku pada area-area tertentu saja...
Intinya...Syarat dan ketentuan berlaku..

Dengan fakta tersebut, maka wajib hukumnya bagi anda yang memiliki anggaran terbatas untuk pandai mengatur penggunaan data internet.

Tujuannya ?

agar anggaran keuangan untuk keperluan lain tidak habis hanya untuk beli paket data.

Untuk itu Pada artikel kali ini,,mimin akan menjelaskan tentang bagaimana cara menghemat paket data internet yang benar untuk semua provider internet baik itu XL,Axis, Telkomsel, Smartfren dll.
Panduan ini berdasarkan pengalaman mimin pribadi dan referensi dari berbagai sumber...

Cara Hemat Paket Data Internet Perangkat Android


1.    Mematikan paket data saat tidak diperlukan

Agar penggunaan data internet lebih hemat, selalu ingat untuk mematikan data seluler pada perangkat android pada saat tidak diperlukan.

Misalnya anda sedang mengerjakan tugas sekolah atau kantor. Agar bekerja lebih nyaman, matikan data seluler agar data internet tidak terbuang percuma oleh pemberitahuan social media yang pastinya akan mengganggu konsentrasi anda dalam bekerja.

Mematikan data internet di hape android pastinya sudah tahu downk caranya..?. Tinggal klik ikon data seluler saja..

2. Gunakan Browser Hemat Data

Google chrome menjadi browser yang paling banyak digunakan pengguna android didunia. Selain karena factor kecepatan dan tampilan web yang sangat baik.

Tetapi juga disebakan Google Chrome adalah aplikasi bawaan system operasi android itu sendiri.

Sayangnya, Google Chrome tidak begitu bagus dalam penghematan data walaupun telah mengaktifkan data saver.

Apa itu fitur data saver...?

Fitur Data Saver pada Chrome adalah fitur yang memungkinkan penghematan pada saat browsing .

Sayangnya, fitur ini hanya mampu menghemat sedikit data saja. Dari hasil percobaan mimin, dari 20 MB data, hanya 1 MB saja yang mampu diselamatkan.

Kalau anda memang lebih suka browsing menggunakan Google Chrome dibanding browser lain mengkatifkan data saver itu wajib.

Untuk mengaktifkan data saver, buka Google Chorme, klik titik tiga dipojok kanan atas aplikasi, lalu pilih pengaturan. Selanjutnya klik “ Data Saver On”.

Jika anda punya keterbatasan data lebih baik gunakan browser lain. Untuk itu, mimin lebih merekomendasikan browser yang memang telah terbukti paling irit penggunaan data internet seperti Opera Mini.

Dari hasil pengujian, opera mini lebih hemat 4 kali lipat  dari Google Chrome dan 2 kali lipat dari browser UC Browser.

Sumber : http://blogs.opera.com

Oleh karena itu, maksimalkan keberadaan opera mini untuk segala keperluan internet anda seperti browsing, membuka email, buka facebook, Streaming Video dll.

Selain itu, ada fitur baru opera mini untuk menunjang aktifitas social media anda seperti facebook.

Terdapat pemberitahuan facebook sehingga anda tidak perlu menginstall aplikasi facebook lagi yang seperti kita tahu sangat boros data dan RAM.

Streaming youtube juga lebih hemat, karena video secara otomatis akan diperkecil resolusinya sehingga data yang terpakai lebih sedikit.

3. Matikan Sinkronisasi Otomatis Dari Aplikasi

Auto sync adalah fitur android agar yang anda install dapat sinkron dengan server google maupun server aplikasi tersebut.

Sinkronisasi ini memungkinkan server mengirimkan pemberitahuan berupa email atau pemberitahuan langsung tentang fitur dan update aplikasi.

Tapi pemberiatahuan tersebut menggunakan data internet juga, meskipun kita tidak tahu persis seberapa besar penggunaannya, tetapi dengan mematikan sinkronisasi otomatis dapat menghemat data internet anda.

Caranya....?

Buka menu Pengaturan / Akun & Sync lalu hilangkan centang pada akun yang ditautkan dengan perangkat anda.

4. Gunakan Aplikasi Lite

Facebook merupakan jejaring social yang memiliki pengguna terbayak saat ini, tercatat facebook saat ini memiliki pengguna lebih dari 2 miliar.

Karena sangat popular, keberadaan aplikasi facebook menjadi aplikasi wajib bagi pengguna smartphone android.

Masalahnya, aplikasi facebook terkenal boros data sehingga menyusahkan mereka yang terbatas paket datanya.

Sadar akan hal tersebut, facebook mengembangkan aplikasi yang lebih ringan yakni aplikasi facebook dan masengger versi lite (ringan).

Selain hemat data, aplikasi ini juga hemat ruang penyimpanan karena ukuran filenya hanya sekitar 1 MB saja. Selain kedua aplikasi tersebut, Line juga mengembangkan aplikasi Line versi Lite.

Cuma....aplikasi lite juga fitur-fiturnya banyak dipangkas demi hemat data dan ruang penyimpanan .

5. Matikan Update Aplikasi Otomatis Di Playstore
Agar kita bisa menikmati fitur baru dari aplikasi, kita dianjurkan untuk melakukan update aplikasi secara berkala.

Tetapi aktifitas mengupdate aplikasi bakalan menyusahkan saja apabila kita dalam kondisi krisis paket data internet.

Agar data tidak tersedot secara otomatis akibat update aplikasi, matikan fitur update otomatis tersebut dengan cara : Buka playstore - pengaturan  - matikan update otomatis atau atur agar proses update hanya berjalan pada saat perangkat tersambung pada jaringan wifi saja.

6. Install Aplikasi Penghemat Data

Supaya lebih irit lagi dalam penggunaan data internet, install aplikasi hemat data seperti opera max.
Opera max akan melakukan penghematan secara otomatis terhadap aplikasi-aplikasi yang dicurigai menggunakan data dalam jumlah banyak.

Aplikasi yang membutuhkan data internet akan secara otomatis dikompress penggunaan datanya, misalnya aplikasi social media dan aplikasi chating seperti BBM,Line, WA, Line, dan Kakao Talk.

7. Sesuaikan Resolusi Video Youtube

Sama seperti Google Chrome, youtube adalah aplikasi wajib yang ada pada perangkat smartphone dengan system operasi android.

Dengan adanya youtube, kita bisa menonton beraneka video dari berbagai chanel langganan kita.
Terkadang saking asiknya streaming, kita sampai lupa kalau paket data internet tinggal sedikit dan sadar setelah ada pemberitahuan dari sms provider.

Untuk menghemat penggunaan data dari aktifitas streaming youtube, lakukan setting resolusi video menjadi lebih rendah misalnya dengan membatasi video dengan kualitas HD hanya diputar saat tersambung dengan jaringan Wifi.

Caranya...?

Buka aplikasi youtube, klik akun anda yang ada dipojok kanan atas lalu buka Pengaturan / Umum Aktifkan OpsiBatasi penggunaan data seluler ” dan “ Matikan autoplay ”.

Meskipun telah melakukan pengaturan diatas, sebaiknya aktifitas streaming dikurangi karena bagaimanapun hematnya, streaming video adalah aktiftias yang menyedot data paling banyak dibandingkan aktifitas online lain.

8. Beli paket 4G

Nah ini yang hot-hotnya, sekarang kan sudah era internet 4G yang lebih kencang dari generasi sebelumnya 2G dan 3G.

Yang lebih seru, paket 4G bonusnya lebih banyak dibandingkan paket data internet regular. Misalnya saja nih paket paket Xtra Combo XL yang harganya Rp.59.000 dapat data regular 2GB (semua jaringan) dan data di area 4G 4 GB.

Tidak hanya XL, provider lain seperti Telkomsel juga memberikan harga yang cukup murah untuk data di area 4G, untuk itu silahkan cek paket lain yang disediakan provider yang anda gunakan.
Tapi perangkat saya belum support 4G min..gimana ..?

Tips ini kan salah satu dari sekian tips yang akan dijelaskan, jadi baca terus sampai habis. Kalau mau menikmati paket 4G ya sebaiknya ganti hape saja yang sudah 4G.

Baca Juga :

Smartphone Android 4G Satu Jutaan Terbaik

9. Matikan fitur Auto Download Whatsapp

Fitur auto download whatsapp sebenarnya secara default telah diaktifkan oleh aplikasi chat WhatsApp (WA), tetapi fitur ini membuat paket data cepat habis karena file seperti Video dan Gambar yang diupload user lain secara otomatis diunduh perangkat.

Untuk itu kita perlu mematikan fitur ini dengan cara : Buka WA klik tombol menu (titik 3 pojok kanan atas) lalu pilih Setting / Data Usage / Media Auto Download.

Pada opsi When Using Mobile Data hilangkan centang pada semua opsi yang ada seperti : Images, Audio, Videos, Documents.

Begitu pula dengan opsi When Connected to Wifi, lakukan setting seperti diatas atau bisa juga dibiarkan secara default.

10. Install aplikasi WPS WPA Tester

Ini dia aplikasi andalan mimin pada saat paket data internet sedang minim. WPS WPA merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk smartphone android untuk dapat mengakses Wifi hotspot meskipun diproteksi dengan password dengan syarat Wifi tersebut memiliki WPS aktif.

Cara menggunakan WPS WPA Tester ternyata cukup mudah. Kita hanya perlu install aplikasinya dari google playstore dan jalankan.

Klik menu Scan untuk melakukan Scaning Hotspot yang dijangkau perangkat dan akan ditampilkan di layar.

Kalau ada hotspot yang dideteksi dan warna icon sinyalnya hijau, berarti hotspot tersebut bisa dibuka, trus klik (Try to Connect). Sebaliknya, kalau warna icon sinyalnya merah berate hotspot tersebut tidak bisa dibobol oleh aplikasi ini.

Tetapi...

Aplikasi ini biasanya membutuhkan akses Root pada perangkat, untuk itu pastikan perangkat anda telah di Root terlebih dahulu.

11. Matikan Update otomatis perangkat lunak

Pembaruan perangkat lunak seperti yang telah mimin jelaskan pada artikel artikel sebelumnya penting untuk kita lakukan.

Tujuannya agar perangkat optimal antara hardware dan softwarenya. Secara default pembaruan perangkat lunak akan didownload secara otomatis.

Meskipun penting, tapi proses ini membutuhkan data internet yang tidak sedikit. Tidak jarang file yang akan didownload bisa berukuran ratusan MB.

Untuk itu, setting perangkat agar download perangkat lunaknya hanya dilakukan saat perangkat terhubung dengan jaringan Wifi.

Cara mematikan update perangkat lunak otomatis :

Buka menu Pengaturan / Tentang Perangkat / Perbarui Perangkat Lunak lalu hilangkan centang pada opsi perbarui secara otomatis.

Nah...

Itulah 11 tips yang bisa mimin berikan untuk menghemat penggunaan data internet supaya tidak cepat habis.

Semoga tips yang mimin jelaskan bermanfaat dan jangan lupa like dan sharenya agar teman terdekat anda juga tahu tips ini.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close