Biang Informasi Seputar Android

Berhasil..!! Upgrade Android Galaxy J5 Ke Marshmallow

Artikel terkait : Berhasil..!! Upgrade Android Galaxy J5 Ke Marshmallow


Selamat saya ucapkan kepada anda yang menggunakan perangkat samsung galaxy J5 (SM-J500G) karena akhirnya perangkat ini resmi mendapatkan pembaruan perangkat lunak sistem sehingga versi androidnya dapat ditingkatkan ke versi Android 6.01 (Marshmallow).

Pembaruan sistem ini seperti kabar yang telah banyak beredar sejak beberapa bulan yang lalu akan membawa banyak perubahan pada sistem UI maupun pada fitur.

Selain TouchWiz yang merupakan UI resmi dari Samsung, akan ada penambahan beberapa fitur Android Marshmallow yang akan semakin meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan perangkat J5 anda.

Misalnya Google Now on Tap, kontrol lebih baik atas aplikasi, dam peningkatan daya tahan baterai dengan adanya Doze. Selain itu pembaruan lainnya adalah pola getaran baru untuk notifikasi.

Tidak lupa pula selain penambahan beberapa fitur penting diatas, saya mencatat dalam update kali ini juga menyertakan tambahan aplikasi berupa aplikasi kesehata n yakni S Health.

Aplikasi S Health yang sebelumnya hanya tersedia pada perangkat Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge dapat membantu Anda melacak dan mengelolah kesehatan Anda setiap harinya.

Untuk lebih jelasnya tentang S Helath anda dapat belajar menggunakan aplikasi ini dengan membaca panduannya pada link berikut : https://telset.id/103257/mengelolah-kesehatan-dengan-aplikasi-s-health/

Untuk mendapatkan pembaruan sistem anda dapat menggunakan 2 metode yakni VIA OTA atau Upgrade Secara Offline.

Disclaimer
Saya tidak bertanggungjawab terhadap segala bentuk kerusakan yang terjadi pada perangkat Samsung Galaxy J5 anda apabila menjalankan panduan ini. Resiko sepenuhnya anda tanggung sendiri...OK
Syarat Upgrade Android Galaxy J5 SM-J500G VIA OTA 

VIA OTA maksudnya anda mendowload langsung file update yang diperlukan langsung dari perangkat anda.

Karena ukuran file yang harus anda unduh lumayan besar, PENTING sekali untuk anda agar mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

#1. Baterai dalam Kondisi full 100%

Pastikan baterai perangkat anda telah terisi 100%, karena kehabisan daya pada saat menginstall sistem bisa mengakibatkan KERUSAKAN FATAL pada perangkat.

Seandainya anda sudah terlanjur mendownload, sebaiknya cancel dan isi kembali daya atau jalankan update sambil melakukan pengisian daya dengan menghubungkan charger ( tidak direkomendasikan).

#2. Perangkat tidak dalam kondisi root

Kedua, pastikan perangkat anda tidak dalam kondisi telah di Root. Tujuannya adalah untuk menghindari crash pada sistem yang disebabkan perubahan yang telah anda lakukan setelah melakukan rooting pada sistem.

#3. Setidaknya tersedia 1GB ruang kosong dalam memory internall

Untuk menginstall firmware baru yang berukuran 800 MB lebih, pastikan pula memori internal pada perangkat Samsung Galaxy J5 anda tersedia setidaknya 1GB ruang kosong.

Untuk itu hapus atau pindahkan file-file seperti foto, musik, dan video yang ada pada memori internal ke SD card atau mentransfernya terlebih dahulu ke laptop (komputer).

#4. Tersedia paket data setidaknya 1,5GB

Pada saat menjalankan upadate, perangkat akan memberi peringatan sebaiknya proses download menggunakan jaringan internet yang cepat dan stabil seperti jaringan Wifi.

Ini bukan perkara wajib, melainkan saran saja karena kita juga bisa mendownload file update menggunakan paket data dengan kuota setidak-tidaknya 1,5 GB.

Jangan sampai anda beli paketnya yang ngepas ya, misalnya hanya 1 GB karena dari pengalaman saya update VIA OTA, dari 1,5 GB data internet, hanya tersisa 300 MB saja.

Setelah melengkapi persiapan diatas, kita bisa lanjut ke proses update..

Cara Upgrade Android VIA OTA

Untuk mulai mengunduh pembaruan yang berukuran 800 MB lebih buka menu :

Pengaturan-Tentang Perangkat-Pembaruan Perangkat Lunak-Cek Pembaruan , dan berikut ini adalah screenshot jalannya pross Upgrade Android via OTA :






Apabila tersedia, anda akan mendapatkan pesan tentang adanya pembaruan yang langsung anda download dari perangkat.

Cara Ugrade Android Offline

Baik cara online maupun offline, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan agar proses update berjalan dengan lancar seperti :

A. Komputer, direkomendasikan menggunakan laptop untuk menghindari berhentinya proses update karena kejadian tidak terduga seperti mati lampu.

B. Baterai perangkat telah terisi 100% atau setidaknya 80%

C. Perangkat dalam Developer Mode (Mode Pengembang)

D. Driver USB samsung, perangkat lunak ini dibutuhkan agar perangkat J5 dapat dibaca oleh sistem operasi windows.

E. Odin multi downloader v.3.10, tool ini berfungsi membantu kita menginstall fimrware pada perangkat.

F. Firmware Samsung Galaxy J5, silahkan anda download firmware yang sesuai dengan perangkat anda dengan memperhatikan pita dasar yang perangkat anda gunakan. Silahkan baca panduannya pada artikel Cara Mendapatkan Firmware Resmi Samsung.

Cara Install Firmware Via Odin


meningkatkan versi anrdoid Galaxy J5
Centang Auto Reboot dan F.Time Resete
  1. Matikan perangkat dan masuk ke DOWNLOAD MODE dengan menekan tombol Home + Power + Volume Bawah
  2. Akan ada peringatan jika menginstall firmware dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat, tapi abaikan saja dan tekan volume atas sekali
  3. Jalankan Odin Multi Downloader, lalu hubungkan perangkat dengan kabel data ke port usb komputer dan tunggu sampai odin membaca perangkat dengan munculnya tanda biru dengan tulisan COM26 (bisa juga beda)
  4. Centang pada opsi Auto Reboot dan F.Time Reset
  5. Pada tombol AP disebelah kanan pilih firmware Samsung Galaxy J5 SM-J500G  dengan ekstensi TAR.MD5 yang telah anda download sebelumnya dengan terlebih dahulu di ekstrak dengan Winrarr atau 7Zip jika belum.
  6. Jika sudah akan ada pesan “Checking md5 succesfully” dan “ leave css
  7. Klik start untuk memulai Proses update yang akan memakan waktu kurang lebih 15 menit. Setelah selesai perangkat akan restart otomatis
  8. Perangkat akan booting lebih lama dari biasanya. Hal ini disebabkan sistem yang baru membaca keseluruhan hardware pada perangkat.
  9. Setelah proses boot selesai, ada proses install aplikasi yang kira-kira akan membutuhkan waktu beberapa menit. Untuk itu pada saat proses ini sebaiknya anda bersabar dulu ya.
Sampai proses ini, anda telah berhasil menjalankan update versi android J5 SM-J500G anda ke android marshmallow versi 6.0.1.

Tutorial Upgrade Android Lainnya :

Cara Upgrade Android J7 Prime Ke Nougat 7.0

Panduan Instal Android Lollipop Galaxy Grand Prime Hanya 5 Menit

Artikel Banggras Android Lainnya :

Copyright © 2015 Banggras Android | Design by Bamz