Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oppo A37, Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019

Oppo A37 resmi dirilis secara global pada bulan Juni 2016. Ponsel android yang menjalankan Android Lollipop dan Chipset Snapdragon 410 ini menargetkan segmen pengguna yang yang membutuhkan hape untuk aktifitas harian dengan nyaman.

Dengan harga rilisan yang hampir menyentuh harga tiga jutaan, tentu sangat mengejutkan apabila di tahun 2019 ini harga untuk seperangkat Oppo A37 kurang dari sepertiga harga barunya.

Seperti apa spesifikasi dari Oppo A37 dan layakkah dibeli tahun 2019, berikut tabel spesifikasi utama lengkapnya.

Tabel Spesifikasi Utama Oppo A37

Tampilan Layar 5 inci IPS LCD, 1280x720, 294 PPI
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 Quad Core 1.4 GHz, GPU Adreno 306
Memori 2/16, Support Eksternal Memori hingga 256 GB
Baterai 2600 mAH
Kamera Utama 8 MP dengan LED Flash dan fitur Panorama, Kamera Belakang 5 MP
Jaringan GSM,HSPA,LTE
Konektifitas Bluetooth 4.2 A2DP, Wifi 802.11 a/b/g/n; Micro USB V.2.0
Sensor Finger Print, Accelerometer, Proximity
Perangkat Lunak Android Lollipop 5.1.1 Color OS 3
Pilihan Warna Gold, Rose Gold

Ulasan Spesifikasi Oppo A37

Oppo A37, Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019

#1. Tampilan

Oppo A37 memiliki desain body ramping dengan sudutnya yang melengkung sehingga terlihat lebih menarik dan tidak kaku. Layarnya berukuran 5 inci dengan resolusi layar sudah HD 1280x720 serta telah menggunakan layar dengan panel IPS LCD.

Oppo A37, Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019


Body Oppo A37 dilapisi dengan casing belakang berbahan aluminium dan finisihing kaca pada bagian depan. Casing aluminium yang digunakan Oppo A37 membuat hape yang digadang sebagai pesaing ponsel Redmi 3 ini terlihat premium.

Pada bagian belakang body terdapat kamera utama yang letaknya di pojok kanan atas dan dibawahnya ada lampu LED flash untuk keperluan fotografi. Pada bagian muka ada kamera selfie, speaker dan LED notifikasi.

#2. Prosesor

Gambar Snapdragon 410

Oppo A37 diotaki dengan SoC dari Qualcomm yakni Snapdragon 410. SoC ini memiliki empat buah inti (Quad Core) ARM Cortex A53 dengan kecepatan 1.2 GHz. Snapdragon 410 dibangun dengan fabrikasi 28 nanometer. Prosesor ini merupakan produk pertama dari Qualcomm yang mendukung komputasi 64 bit.

Pengolah grafis SoC ini menggunakan Adreno 306 dengan berkecepatan 450 MHz yang mana performanya terbilang cukup baik menjalankan game ringan sekedar untuk menghabiskan waktu luang.

Yang perlu anda ingat...

SoC Snapdragon 410 dan beberapa seri chipset 400 lainnya bukanlah prosesor yang didesain untuk aktifitas gaming melainkan untuk kegiatan standar seperti Browsing, Streaming, Chating dan Photography.

#3. Memori

Oppo A37 memiliki memori penyimpanan sejumlah 16 GB yang mana angka tersebut akan dikurangi oleh sistem serta data aplikasi. Tersedia sekitar 7 GB memori kosong yang dapat digunakan untuk menyimpan file anda. Bila anda merasa ruang yang 7 GB tersebut kurang, tersedia slot memori eksternal dengan tipe Micro SD hingga 256 GB. Sedangkan untuk memori sistem terdapat RAM sejumlah 2 GB yang akan menghandle beragam aplikasi pada perangkat Oppo A37.

#4. Baterai

Bila dibandingkan dengan spesifikasi baterai ponsel android keluaran terbaru maka angka 2600 mAH tergolong sangat kecil. Kapasitas baterai yang kurang dari 3000mAH memang agak susah bila dibebankan tugas yang agak berat seperti bermain game atau Streaming video dalam waktu agak lama.

Tetapi bukan berarti Oppo A37 tidak bisa digunakan seharian, karena cukup tidaknya itu tergantung dari pengguna. Kalau sudah tahu kapasitas baterai kecil, maka sudah seharusnya melakukan penghematan daya sejak awal sehingga tidak perlu bawa charger kemanapun.

#5. Kamera

Oppo A37 memiliki dua buah kamera yang terletak di bagian depan dan belakang. Kamera belakang (utama) mempunyai resolusi 8 MP dan kamera selfie 5 MP. Kamera utama Oppo A37 telah dilengkapi dengan fitur Panorama untuk mengambil gambar 360 derajat.

Selain itu pada bagian belakang terdapat pula LED flash guna membantu proses pengambilan gambar pada saat kondisi kurang cahaya. Kelebihan selanjutnya dari kamera belakang Oppo A37 ini adalah kemampuannya merekam video dengan resolusi Full HD 30 FPS.

Sayangnya, kamera Oppo A37 tidak memiliki fitur HDR.

#6. Jaringan, Konektifitas dan Sensor

Ponsel android Oppo A37 dengan sudah mendukung jaringan 4G LTE semua operator yang ada di Indoneisa. Konektifitas ponsel ini sudah cukup lengkap seperti adanya Wi-Fi 802.11 standar, Blutetoot 4.0 dengan fitur A2DP, GPS serta port USB 2.0 untuk keperluan mengisi daya.

Untuk sensornya sendiri, Oppo A37 dilengkapi dengan sensor Proximity, Accelerometer dan kompas. Namun Sayangnya Oppo A37 tidak dilengkapi dengan sensor Gyroscope yang yang akan berfungsi mendeteksi orientasi layar secara otomatis. Fitur ini diperlukan pada saat bermain game balap.

#7. Perangkat Lunak Android

Oppo A37 dari pabriknya menjalankan sistem operasi android  lollipop 5.1.1 dengan antarmuka Color OS 3. Custom ROM besutan oppo generasi ketiga ini membawa beberapa fitur baru seperti  adanya mode Split Screen sehingga bisa tetap menjalankan dua aplikasi bersamaan serta adanya fitur Game Acceleration guna meningkatkan performa perangkat saat digunakan bermain game.

Sampai artikel ini ditulis, belum ada informasi resmi dari fihak oppo apakah perangkat seri a37 mendapatkan pembaruan sistem ke versi android terbaru. Meski terbilang agak susah sepertinya berharap opp a37 mendapat peluang upgrade ke Nougat atau Oreo, paling tidak bisa upgrade ke Marshmallow.

Mengapa upgrade os itu perlu...?

sebab android lollipop sudah terlalu ketinggalan. Perangkat lunak terbaru seperti Aplikasi Go Google hanya bisa berjalan padap hape dengan Android minimal versi 6.0 keatas.

Meski belum ada informasi resmi, ada baiknya secara rutin anda mengecek secara manual pembaruan perangkat lunak untuk oppo A37 anda dengan cara sebagai berikut :

Cara Melakukan Pembaruan Color OS

  1. Pertama-tama, silahkan masuk ke Setelan / Settings
  2. Setelah itu silahkan anda cari dan pilih “ Pembaruan Sistem“. Tapi perlu anda catat, biasanya kalau ada update pembaruan sistem ColorOS, maka akan muncul notifikasi di bilah atas layar smartphone OPPO anda
  3. Setelah langkah kedua selesai, maka akan muncul tampilan ColorOS pada smartphone anda. Bila muncul tulisan “versi saat ini sudah yang terbaru“, maka smartphone Android OPPO A37 anda sudah diperbarui ke versi terbaru. Jika tersedia tombol untuk “Perbarui Sistem” silahkan klik tombol tersebut untuk mulai memperbarui sistem ColorOS

Cara Instal Firmware Color OS 3 di Oppo A37 Via SD Card

  1. Download Firmware Oppo A37 lalu salin ke SD Card ponsel Oppo A37 tanpa dimasukkan kedalam folder.
  2. Pastikan daya baterai lebih dari 50% (usahakan 100%)
  3. Matikan Oppo A37 anda lalu Masuk ke System Recovery dengan cara tekan tombol “ Power +Volume Bawah “ bersamaan.
  4. Gunakan tombol Volume untuk memilih opsi yang ditampilkan dan tombol Power untuk memilih opsi.
  5. Pilih Wipe data & Cache supaya file sampah pada sistem bersih sehingga mengurangi resiko Bootloop setelah instalasi.
  6. Instal Firmware dengan memilih opsi “ Install From Storage Device” kemudian pilih SD Card lalu temukan file Firmware dengan format Zip yang sudah didownload tadi.
  7. Tunggu proses instalasi selesai.

#10. Pilihan Warna

Oppo A37 tersedia dalam dua pilihan warna yakni Gold dan Rose Gold.

Kelebihan Oppo A37

  1. Ditahun 2019 ini harga Oppo A37 sangat terjangkau, jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga pada saat perlisian.
  2. Resolusi layar sudah HD, serasi dengan ukuran layar yang berukuran 5 inci.
  3. Layar sudah dilindungi lapisan Gorilla Glass vesi 4.
  4. Sudah mendukung jaringan 4G LTE semua operator.
  5. Chipset Snapdragon 410 sangat bagus menghandle tugas ringan harian.

Kekurangan Oppo A37

  1. Kamera tidak punya fitur HDR seperti kebanyakan ponsel dikelasnya.
  2. Prosesor masih Quad Core
  3. Tidak ada sensor Gyroscope untuk mendeteksi perubahan orientasi layar
  4. Kapasitas baterai kurang dari 3000 mAH
  5. Masih menjalankan android Lollipop 5.1.1
  6. Pilihan warna hanya dua yakni Gold dan Rose Gold

Harga Pasaran Oppo A37, Baru dan Bekas 2019

Berdasarkan informasi dari beberapa Seller di TokoPedia, harga pasaran Oppo A37 baru saat ini kurang dari satu jutaan atau tepatnya Rp.960.000. Sedangkan untuk harga bekasnya berkisar antara Rp.500.000 s/d Rp.750.000 tergantung kondisi dan kelengkapan (Sumber : Forum Jual Beli Facebook Lokal).

Oppo A37, Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019


Demikian informasi tentang Spesifikasi dan Harga Baru dan Bekas Oppo A37, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close