Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada...5 Masalah Akibat Memori Internal Penuh

F.Y.I Saya ini dulu pernah menggunakan ponsel Android Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H. ponsel tersebut memiliki memori internal 8 GB dan RAM 1 GB.

Pada awal-awal penggunaan, semua fitur dan fungsi berjalan sangat baik. Hasil jepretan kamera bagus, internetnya cepat saat digunakan download anime naruto, sistem berjalan lancar dst. Intinya semua berjalan sesuai dengan harapan.

Namun Semuanya Berubah Saat Negara Api Menyerang...!

Saat itu saya tidak punya uang untuk belum mau membeli sebuah SD Card karena dari perkiraan sendiri memori 8 GB yang dimiliki Samsung Grand Prime sudah lebih dari cukup untuk menampung Foto dan Anime Naruto yang setiap minggunya terus update serialnya.

Pada masa itu pula saya belum memiliki perangkat Notebook yang bisa digunakan untuk menampung file-file yang ada di hape baik itu foto, dokumen, video maupun catatan ringan.

Ternyata, prediksi saya yang menganggap 8 GB internal memori itu cukup itu salah besar karena dalam waktu 2 bulan saja ruang penyimpanan sudah hampir penuh sehingga tidak ada tempat untuk file lain.

Yang lebih bikin nyesek, memori internal Android yang penuh bukan hanya perkara tidak bisa simpan data lagi, tetapi ada 5 masalah turunan yang akan muncul jika tidak segera diatasi.

Apa saja kelima masalah tersebut...?

Berikut penjelasan lengkapnya...!

5 Masalah Akibat Memori Internal Android Penuh

5 Masalah Akibat Memori Internal Penuh

1. Loading Jadi Lambat

Ponsel Android yang memori internalnya penuh digunakan ngapa-ngapain saja susah. Buka browser lelet padahal kuota internet banyak.

Digunakan foto-foto kameranya lama respons sehingga momen penting yang awalnya ingin diabadikan dengan kamera sudah lewat.

2. Kamera Tutup Sendiri


Masih terkait dengan masalah yang pertama tadi dimana saat akan mengambil gambar, aplikasi kamera secara tiba-tiba tertutup sendiri. Meskipun dicoba berkali-kali tetap tidak bisa.

3. Aplikasi Tidak Bisa Diupdate

Aplikasi Android biasanya akan mendapat pembaruan versi yang bisa kita download di Playstore. Tetapi hal tersebut tidak akan bisa anda lakukan lagi jika memori internal anda penuh.
Seringkali saya kehabisan paket data karena update aplikasi yang rata-rata besarnya 50 MB, tetapi pada saat instalasinya gagal.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Gagal Update

4. Sistem Sering Hang

Bisa buka aplikasi mungkin sudah cukup bagus jika dibandingkan dengan masalah yang satut ini. Memori internal yang penuh akan mengakibatkan sistem hang yang ditandai dengan munculnya pesan “ System Android Telah terhenti”.

5. Kepingin Ganti Hape

Karena sudah lelah dengan ke 4 masalah tadi, maka akan muncul masalah no.5 yakni keinginan untuk mengganti hape baru dengan spek lebih gahar.

Tapi masalahnya adalah kemampuan dana orang yang ingin segera ganti hape tidak pernah berbanding lurus dengan keinginan sehingga terpaksa harus menerima kondisi Hape Lemot Seperti Keong.

Solusi Untuk Memori Internal Android Cepat Penuh

Karena keterbatasan sarana untuk menampung limpahan file dari hape serta tidak punya pengetahuan cukup untuk mengatasi ke 5 masalah diatas saya jadi sering bingung sendiri. Sementara kalau saya bawa hape ketukang servis takutnya dikibulin lalu diminta ongkos perbaikan tinggi.

Agar anda tidak mengalami hal yang sama seperti saya dulu, berikut adalah solusi terbaik yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi.

Dengan menjalankan tips dari saya ini anda tidak akan mengalami lagi yang namanya Hang, Aplikasi tertutup sendiri meskipun anda tidak punya SD Card.

Langkah 1. Bersihkan Cache dan Junk File

Cache adalah data aplikasi yang disimpan supaya aplikasi yang telah ditutup pada saat dibuka kembali lebih cepat tidak makan RAM.

Sedangkan File Junk itu maksudnya sampah sistem yang ada karena aktifitas dari sistem Android itu sendiri maupun aplikasi yang kita jalankan.

Ukuran Cache akan terus bertambah seiring makin sering kita menggunakan aplikasi. Begitupula halnya dengan Junk File.

Untuk itu, supaya ada sedikit ruang kosong yang bisa dimanfaatkan sistem untuk membuat Cache baru, hapuslah Cache lama secara berkala.

Anda bisa menghapusnya secara manual di menu pengaturan atau menggunakan aplikasi pembersih sistem seperti Ccleaner, Samsung Device Maintainance dll.

Langkah 2. Cadangkan File di Google Drive

Google sangat sayang dengan pengguna Android sehingga menyediakan layanan penyimpanan awan seperti Google Drive dengan batas maksimal 15 GB.

Sayangnya banyak yang tidak pernah menggunakan fitur ini padahal diluar sana banyak orang yang harus mengeluarkan dana tidak sedikit untuk membeli ruang penyimpanan sebesar yang diberikan Google tadi.

Untuk itu, segera update aplikasi Google Drive anda sekarang juga dan nikmati kenyamanan menyimpan data secara online yang kapan saja dapat anda akses kembali seperti halnya menyimpan data di Harddisk Laptop.

Langkah 3. Sinkronkan Hape Dengan Google Foto

Karena ponsel Android terbaru memiliki resolusi kamera yang tinggi, satu buah file foto bisa berukurang 5 MB. Jika dalam sehari anda bisa menyimpan 5 buah foto dengan masing-masing berukuran 5 MB, anda bisa kalikan sendiri berapa banyak ruang pada memori internal yang diambil hanya untuk foto.

5 Foto x 5  MB = 25 MB

25 MB x 30 Hari =750 MB

Apabila anda termasuk orang yang suka foto-foto dengan hape, sangat direkomenasikan mensinkronkan perangkat anda dengan aplikasi Google Foto.

Aplikasi ini jika diaktifkan akan secara otomatis membackup foto yang ada di Folder DCIM /  Camera pada memori internal anda ke Google Drive.

Kalau foto sudah ada cadangannya, anda bisa hapus file yang ada di memori internal agar ada ruang tambahan untuk foto lain.

Umpamanya suatu saat anda ingin melihat atau membagikan koleksi foto ke sosial media seperti Facebook anda tinggal menshare link dari foto tersebut tanpa harus download ulang.

Penutup

Nah itulah kawan-kawan semua penjelasan singkat saya tentang masalah yang akan diakibatkan memori penyimpanan internal Android penuh, lengkap dengan solusinya.

Semoga informasi yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Jika ada hal yang kurang jelas dari penjelasan diatas silahkan berkomentas dan secepat mungkin akan saya balas.

Terimakasih.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close