Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hape Android Lemot Seperti Keong, Atasi Dengan 5 Tips Ini

Seringkali saya dibuat jengkel oleh hape sendiri yang  aplikasi kamera loadingnya lama sekali sampai-sampai moment yang akan di Jepret sudah terlanjur lewat.

Saya pernah mengalami hal kurang enak yang disebabkan kamera hape ngadat, dimana saat menghadiri acara nikahan keluarga, ketika akan mengambil foto kamera tidak mau dibuka.

Saya jadi tidak enak karena kedua mempelai sudah eksyen cantik cukup lama menunggu kamera hape saya terbuka.

Dari pengalaman tersebut, saya mengambil banyak pelajaran tentang bagaimana memperlakukan hape dengan spesifikasi rendah agar tetap JOSS meski sudah umuran.

Berikut ini adalah tips dari saya tentang cara mengatasi hape android yang melabat.

5 Tips Mudah Mengatasi Hape Android Lemot Seperti Keong

Hape Android Lemot Seperti Keong, Atasi Dengan 5 Tips Ini

1. Perbarui Perangkat Lunak Sistem Secara Rutin (Jika Ada)

Update Software Android sejatinya bukan bertujuan untuk menghabiskan kuota internet anda. Lebih dari itu menginstal file pembaruan sistem berguna untuk memperbaiki BUG pada sistem serta meningkatkan performa hape.

Makanya saya heran pada saat saya masuk Grup Diskusi Android di Facebook banyak orang yang bertanya bagaimana cara menghentikan Pembaruan Perangkat Lunak.

Menolak untuk update perangkat lunak sama saja artinya anda tidak sayang dengan hape anda. Untuk mendapatkan pembaruan sistem sesuai dengan tipe hape dan versi android yang anda gunakan bisa langsung melalui perangkat dengan cara:

Buka menu Pengaturan -> Tentang Ponsel -> Pembaruan Perangkat Lunak – Cek Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika tersedia, download file update yang ada lalu instal dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh sistem.

2. Kosongkan Lebih Banyak Ruang Memori Internal

Jangan pernah membiarkan memori internal hape anda hampir penuh atau hanya menyisakan beberapa ratus MB saja karena akan membuat hape anda berjalan lambat.

Tidak hanya itu, memori internal yang penuh akan membuat aplikasi jadi tidak bisa dibuka atau tertutup sendiri saat dijalankan (Force Close).

Mengosongkan lebih banyak ruang pada memori internal akan memberi cukup tempat bagi aplikasi untuk menyimpan Cache.

Oleh karena itu bagi anda yang memiliki ruang penyimpanan internal terbatas seperti : Lenovo A1000, A7000 dan Samsung Grand Prime sebaiknya tidak menyimpan data di memori internal.

Data-data penting seperti foto dan video sebaiknya dipindah ke Memori Eksternal atau cadangkan di Harddisk Laptop.

Memori internal difokuskan saja untuk menyimpan data aplikasi, sehingga tersisa ruang cukup banyak bagi sistem untuk menjalankan fungsinya.

Selain dengan melakukan Backup Data di Memori Eksternal, anda juga harus rutin membersihkan sistem dari file sampah yang menumpuk supaya tidak memakan ruang penyimpanan.

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Google Files Go yang dapat diunduh secara gratis di Playstore.

3. Beralih Ke Aplikasi Ringan

Sekarang ini sudah banyak pengembang perangkat lunak android yang membuat aplikasi versli Lite. Aplikasi Lite adalah versi ringan dari aplikasi standard yang lebih sedikit menggunakan data seluler, Memori RAM, ruang penyimpanan internal dan daya baterai karena fitur-fitur yang teralu berat untuk hape spek rendah telah dihapus.

Beberapa aplikasi populer yang sudah tersedia versi Lite-nya adalah Facebook, Messenger, Instagram, Line dan Twitter.

Selain aplikasi versi Lite, anda juga bisa mencoba aplikasi Go dari Google dimana aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki hape dengan keterbatasan memori.

Google Maps Go misalnya, aplikasi ini hanya berukuran beberapa ratus KB saja. Ukuran ini jauh lebih kecil dibanding aplikasi Maps standard karena Google Maps Go untuk beroperasi menggunakan Google Chrome sebagai penunjuk peta.

Tetapi ada satu kekurangan dari aplikasi Lite yaitu : Dengan adanya pemangkasan fitur pada aplikasi Lite  pengalaman penggunaan aplikasi pastinya tidak akan sebaik versi standar.

4. Jangan Memasang Widget Berlebih dan Wallpaper HD

Meskipun Widget cuaca saat memasuki musim hujan seperti saat ini perlu untuk dipasang, namun demi kenyamanan penggunaan hape lebih baik widget-widget tersebuit anda hapus saja.

Untuk mengecek ramalah cuaca, anda bisa buka situs ramalan cuaca melalui pencarian google tanpa perlu pasang Widget yang memberatkan sistem.

Lenovo A1000 dan Samsung J2 Prime adalah dua produk hape yang memiliki resolusi kurang dari 720P. jika dipaksakan untuk memasang Wallpaper dengan resolusi lebih tinggi dari 400x800 maka sistem akan memerlukan memori lebih banyak untuk memuat gambar tersebut.

Akibatnya, loading hape jadi lebih lama dan respons layar terhadap sentuhan juga berkurang. Untuk itu hindarilah menggunakan Wallpaper dengan resolusi tinggi, tapi gunakanlah gambar yang sesuai dengan spesifikasi layar hape misalnya 400x800.

Jika gambar yang anda punya lebih besar dari standar yang seharusnya digunakan, lebih baik gambar tersebut di crop terlebih dahulu.

5. Hindari Menggunakan Aplikasi Louncher

Apex dan Go Louncher merupakan dua aplikasi peluncur sistem yang digandrungi pengguna android saat ini karena bisa menjadikan tampilan hape lebih kekinian meskipun produk lama.

Dengan memasang louncher, kita bisa edit dan ganti icon dengan mudah, gonta-ganti tema semaunya tanpa harus edit sistem segala.

Tetapi aplikasi peluncur seperti Apex dan Go Louncher ternyata menghabiskan RAM yang cukup banyak hingga ratusan MB.

Untuk itu bagi anda yang menggunakan hape dengan RAM kurang dari 1 GB sebaiknya tidak usah memasang louncher karena akan memberatkan sistem saja.

Penutup

Demikian informasi tentang cara mengatasi perangkat android dengan ram kecil agar tidak lemot. Apabila ada informasi yang belum jelas atau ada tips tambahan silahkan berkontribusi dengan berkomentar.

Terimakasih
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close