Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga dan Spesifikasi Oppo A83 Tahun 2018/2019

Harga dan Spesifikasi Oppo A83 2018/2019 – Oppo merilis ponsel kelas menengah andalan terbarunya yakni A83 pada bulan januari 2018 silam. Ponsel ini dibekali dengan spesifikasi hardware yang cukup mumpuni dimana untuk Chipset dipercayakan pada SoC besutan MediaTek.

Ponsel ini diklaim dapat diandalkan untuk menjalankan aplikasi apa saja, tidak hanya sebatas Browsing dan Chating. Game online terbaru seperti Free Fire juga dapat dimainkan dengan lancar sebab secara spesifikasi baik itu CPU dan Memori, Oppo A83 sudah melebihi standar minimum yang ditetapkan.

Tidak hanya itu, Oppo juga membekali ponsel ini dengan Sistem yang ramah untuk Game sehingga pengguna dapat menghabiskan waktu luang dengan bermain game kesukaan dengan lancar.

Seperti apa spesifikasi lengkap dari Oppo A83...? Berikut informasi selengkapnya.

Harga dan Spesifikasi Oppo A83 Tahun 2018/2019


Spesifikasi Oppo A83

  • Chipset : MediaTek 6763T / Helio P23, CPU ARM Cortex A53 Octacore 2.5 GHz, GPU Mali-G71 MP2 770 GHz
  • Versi Android : Color OS 3.2 Android 7.1 Nougat
  • Memori RAM dan ROM :2/16, 3/32, 4/32, 4/64
  • Dukungan Eksternal Memori : Micro SD hinga 256 GB
  • Ukuran Layar : 5.7 inci, Resolusi HD+ 1440x720, Panel PS LCD, Kerapatan Layar 282 PPI, Pelindung Layar Corning Gorilla Glass V.3
  • Kamera Belakang : 13 MP,f/2.2, Fitur : Auto Focus, HDR dan Panorma.
  • Kamera Depan : 8 MP, f/2.2
  • Jaringan : GSM / CDMA / HSPA / LTE
  • Kelengkapan Komunikasi : WLAN (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot), Bluetooth (4.2, A2DP,LE), GPS (Yes, with A-GPS, GLONASS), USB (microUSB 2.0, USB On-The-Go)
  • Kelengkapan Sensor : Accelerometer, proximity, compass
  • Kapasitas Baterai : Non Removable Li-ion 3180 mAH

Mediatek 6763T Helio P23


MediaTek merilis Chipset anyar seri P yang masuk dalam jajaran SoC kelas medium yang dijadikan MediTek sebagai lawan sepadan Snapdragon 625 besutan Qualcomm. Secara performa, baik Helio P23 dan Snapdragon 625 terlihat seimbang, Cuma SD 625 sedikit dalam tingkat konsumsi daya sebab fabrikasinya sudah 14 nanometer, sementara Helio P23 masih 16 nanometer.

Chipset Helio P23 ini diharapkan banyak digunakan pabrikan ponsel ternama seperti Oppo dan Xiaomi untuk disematkan pada ponsel android kelas menengah mereka. Sekaligus memberi alternative sekaligus solusi bagi pengguna yang selama ini mengidamkan Ponsel Android dengan Chipset garang namun harganya terjangkau.

Chipset Mediatek P23 mengusung CPU Octacore dengan berbasis ARM Cortex A53 2.5 GHz. Meski terbilang usang, namun secara tenaga CPU ARM Cortex A53 ini tidaklah jeblok-jeblok amat dan diperkirakan masih banyak digunakan  hingga 3-4 tahun mendatang. Keunggulan CPU ini tidak lain ada pada konsumsi daya yang rendah.

Sebagai catatan teknis, Mediatek P23 ini dibekali dengan GPU MaliG71 MP2 dengan speed hingga 770 MHz. Disisi lain, ISP yang digunakan pada Chipset ini mampu melahap single kamera pada Smartphone hingga 24MP atau dua kamera dengan konfigurasi 13+13MP.

Oppo A83 sendiri tidak menggunakan kamera ganda melainkan single kamera yang berupa 13 MP dengan aperture f/2.2. Kamera utama dari Oppo A83 ini sudah dilengkapi dengan fitur Auto Focus dan kemampuan mengambil gambar dengan mode HDR dan Panorama.

Tidak ada teknologi EIS (Electronic Image Stablizer pada kamera dari Oppo yang dapat membantu menstabilkan objek saat perangkat digunakan memotret atau merekam objek bergerak.

Untuk membantu Smartphone beroperasi dalam waktu yang lama namun tetap memberikan performa maksimal dan konsisten, Chipset Mediatek P23 dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan seperti Power Aware Scheduling, Thermal Management dan UX Monitoring.

Untuk urusan Konektifitas, MediaTek Helio P23 mendukung penggunaan Dual SIM. Modem yang disematkan pada Chipset ini adalah Modem 4G LTE World Mode yang mana memungkinkan perangkat terhubung kesemua jaringan 4G secara global. Downlink maksimal dari Modem ini tembus hingga 300 MBPS.

Layar 5.7 inci Beresolusi HD+


Oppo A83 hadir dengan desain kekinian yang mana telah menerapkan konsep full view. Tidak ada lagi tombol fisik (tombol Home, Back dan Recent Apps) melainkan diganti dengan tombol virtual yang akan hilang secara otomatis pada saat menjalankan aplikasi tertentu.

Panel yang digunakan untuk layar seluar 5.7 dengan resolusi HD+ inci ini masih IPS LCD dengan aspek rasio 18:9 serta kerapatan pixel layar standar yakni ada di angka 282 PPI.

Guna melindungi layar dari goresan benda keras saat ada pelindung layar dari Corning yakni luminasi Gorilla Glass V.3. Kaca Gorilla Glass Versi 3 ini menurut penjelasan dari fihak korning punya ketahanan yang 3X lebih kuat dari generasi sebelumnya (v.2).

Selain peningkatan pada sisi kekuatan, Gorilla Glass V.3 ini disebut-sebut punya kemampuan meningkatkan hingga 50% daya tahan kaca setelah lapisan mengalami kerusakan, serta dapat menyamarkan 40% bekas goresan yang dapat terlihat.

Tersedia Pilihan RAM 2GB dan 3GB


Dewasa ini kebutuhan Smartphone android dengan kapasitas RAM besar terus meningkat. Bukan sekedar untuk gaya-gayaan, tetapi beragam aplikasi baru seperti Game Online dan Sistem Android itu sendiri faktanya memakan RAM cukup banyak.

Android Nougat 7.1 seperti yang dijalankan Oppo A83 secara normal pada kondisi Idle akan menkonsumsi RAM hingga 1,5 GB hanya untuk Sistem, bukan untuk aplikasi lain yang saat itu sedang berjalan.

Sementara disisi lain, Oppo A83 tersedia dalam 4 pilihan memori RAM dan ROM yakni varian 2/16, 3/32/ 4/32 dan 4/64. Khusus pasaran Indonesia, yang lazim ditemui itu adalah varian 2/16 dan 3/32.

Memilih varian 2/16 ditahun 2019 ini sepertinya bukan pilihan yang tepat sebab dengan 16 GB memori, praktis hanya tersedia sekitar 6 s/d 7 GB ruang kosong pada memori internal yang bisa digunakan untuk menyimpan file, baik itu gambar hasil jepretan kamera atau file lainnya.

Angka 6-7 GB tadi akan terus berkurang seiring dengan semakin sering perangkat digunakan sebab setiap kali menjalankan aplikasi, sistem akan menghasilkan Cache yang bakalan memenuhi memori penyimpanan  bila tidak dibersihkan secara berkala.

Untungnya masalah memori untuk varian 2/16 dapat diatasi sebab ponsel ini memiliki Slot Micro SD terdedikasi yang bisa menampung memori hingga 256 GB.

Versi Android Oppo A83


Seperti yang sudah disebutkan diawal tadi, Oppo A83 menjalankan Android Nougat 7.1 dengan balutan Color OS Versi 3.2. Secara tampilan, Color OS 3.2 ini terlihat jadi lebih menarik dengan kombinasi warna pada menu yang dirancang begitu indah. Antarmuka sistem terlihat lebih bersih dengan peletakan widget dan meminimalkan Bloatware yang seringkali dikeluhkan pengguna.

Pembaruan yang hadir pada Color OS 3.2 tidak hanya ada pada tampilan, tetapi ROM ini juga dibekali dengan seabrek fitur baru yang sayang untuk dilewatkan.

Apa saja fitur Color OS 3.2...?

Fitur Baru Color OS 3.2

Gambar Color OS V3.2
Tampilan Color OS 3.2

1. Tombol Navigasi Gesture

Simple dan praktis menjadi tema dari perancangan navigasi Gesture yang disematkan pada Color OS 3.2 yang manda dijalankan oleh beberapa produk Oppo seperti A83.

Pengguna dapat beralih dari yang sebelumnya menggunakan tombol fisik ke mode Gesture dengan cara mengaktifkannya mode ini di menu pengatura Pengaturan tambahan tombol navigasi.

Disana anda bisa sekaligus menyembunyikan keberadaan tombol virtual yang ada bila merasa sudah nyaman dan terbiasa dengan mode Gesture yang memang telah menjadi trend semenjak Apple memperkanlkannya.

Gerakan Dasar Navigasi Mode Gesture pada Color OS 3.2 antaralain :

  • Untuk kembali kehalaman sebelumnya, geser sisi layar kanan keatas
  • Untuk membuka menu Control Center geser sisi layar kiri keatas
  • Untuk membuka beranda, geser bagian tengah layar keatas
  • dan Untuk melihat tugas baru geser bagian tengah layar bagian atas dari layar ke arah kanan lalu tahan kira-kira satu detik.

2. Fitur Pengenalan Wajah Canggih

Gambar Face Recognition Oppo A83
Face Recognition Oppo A83

Oppo A83 dilengkapi dengan pemindai wajah yang akan meningkatkan tingkat keamanan hape anda pada level lebih tinggi.

Seperti halnya fitur Face ID yang dikembangkan Apple, Oppo A83 juga dibekali dengan fitur serupa yaitu Face Recognition. Fitur ini akan memindai secara akurat 128 titik pada wajah pengguna dalam waktu yang sangat cepat. Pengujian yang dilakukan, untuk membuka kunci layar dengan fitur ini dibutuhkan waktu sekitar 0.08 detik saja.

Untuk menggunakan fitur ini, terlebih dahulu masukkan data wajah pengguna dengan cara membuka Setting - Fingerprint, Face & Passcode - Face recognition - (Enroll Face) Daftarkan Wajah.

Baca Juga Gaes : Cara Root Oppo A83 Mudah....!

3. Game Acceleration


Salah satu tujuan utama pengguna membeli perangkat ponsel android adalah untuk memenuhi kebutuhan akan game online populer seperti PUBG dan Free Fire.

Meski memiliki spesifikasi hardware yang cukup, bermain game dengan ponsel pintar Android tidaklah selancar iOS sebab Android dikembangkan dalam beragam Custom UI seperti Color OS yang milik Oppo.

Sistem Android seperti yang disebutkan diawal tadi ternyata menkonsumsi RAM sangat tinggi, ponsel dengan RAM 3 GB pada kondisi standby dapat kehilangan 1,4 GB RAM cuma-cuma hanya untuk kebutuhan sistem saja. Makanya, di Playstore selain game, aplikasi yang laris manis diunduh salahsatunya adalah Meemory Booster.

Guna memaksimalkan performa ponsel saat digunakan memainkan game, didalam Color OS 3.2  disematkan fitur Game Acceleration. Fitur ini akan memaksimalkan fungsi hardware untuk sepenuhnya digunakan memaksimalkan jalannya game. Jadinya, baik itu CPU, GPU dan RAM prioritas utamanya akan dikerahkan untuk kelancaran game.

Kita bisa mengatur, apakah pada saat permainan berlangsung, panggilan masuk ditolak secara otomatis atau dijawab dengan mode yang dapat diatur tanpa mengurangi kenyamanan bermain game.

Untuk mengaktifkan Game Accelerator, masuk ke Pengaturan - Game Accelerato, dan aktifkan tombol Graphics Acceleration dan Mistouches Prevention, No Disturbance, dan Prohibit Auto Brighnes Adjustmen.

4. Modeh Hemat Daya Pintar

Gambar Baterai Oppo A83
Ilustrasi Baterai Oppo A83

Biasanya, pada saat perangkat android sudah memasuki daya kritis dibawah 20%, sistem akan mengaktifkan yang namanya penghemat baterai.

Fitur penghemat baterai ini dapat membantu pengguna menggunakan perangkat lebih lama karena fitur-fitur yang mengkonsumsi daya akan dimatikan secara otomatis Wi-Fi, data Seluler, Bluetooth, GPS, dan Personal Hotspot.

Masalahnya, tidak semua orang suka dengan fitur ini sebab, meski daya dalam kondisi minim orang juga masih ingin buka facebook atau streaming Youtube.

Makanya, Oppo dalam pembaruan Color OS ini memungkinkan penggunanya tetap dapat menghibur diri dengan bisa mengakses data seluler untuk browsing internet atau facebookan. Penghematan yang dilakukan ditekan lewat kaulitas kecerahan dan aplikasi lain yang memang kurang diperlukan saat itu.

Untuk mengatur fungsi Hemat Daya, buka Pengaturan - Baterai - Hemat Daya.

7 Kelebihan Oppo A83


  1. Ukuran layar besar 5.7 inci serta dilindungi dengan pelindung berupa Corning Gorilla Glass versi 3 yang punya daya tahan 3X lebih kuat dari Gorilla Glass V.2.
  2. Support jaringan 4G LTE untuk internetan cepat berkat penggunaan modem LTE Cat 7 yang downlink bisa tembus hingga 300 MBPS.
  3. Menjalankan Android cukup baru dan stabil yakni Android 7.1 yang dibalut dengan Custom UI Color OS V3.2 yang dilengkapi dengan banyak fitur, salah satunya Game Acceleration untuk meningkatkan performa hape menjalankan game.
  4. Punya dedicated Micro SD Slot yang bisa menampung memori eksternal hingga 256 GB dan tidak mengganggu keberadaan SIM 2 bila menggunakankan dua kartu sekaligus. 
  5. Support USB OTG guna memudahkan menyalin file untuk backup dari hape ke perangkat USB seperti Flashdisk bila memori internal hape sudah penuh.
  6. Punya pemindai wajah yang mampu membaca secara akurat 128 titik pada wajah dalam waktu 0.08 detik.
  7. Minim Bloatware sehingga memori internal dapat digunakan untuk menginstal lebih banyak aplikasi yang dirasa perlu saja.

Harga Oppo A83 Tahun 2019..?

Harga dan Spesifikasi Oppo A83 Tahun 2018/2019

Harga Terbaru Oppo A83 RAM 2GB dan 3GB 2019 


Harga Oppo A83 varian RAM 2GB dan 3GB bervariasi antara toko online yang satu dengan yang lain. Sebagai gambaran, berikut daftar harga RATA-RATA Oppo A83 di Market Place terkemuka seperti Shopee, Lazada dan BliBli.
  • Oppo A83 2/16 : Rp. 1.499.000
  • Oppo A83 3/32 : Rp. 2.100.000

Harga Bekas / Second Oppo A83 RAM 2GB dan 3GB

Hape Oppo A83 punya harga purna jual cukup bagus dimana untuk varian 3/32 dengan kondisi yang bagus harga second ada diangka Rp.1.300.000, sedangkan untuk varian 2/16 dengan kondisi yang baik pula sekitar Rp.900.000.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close