Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman...Cara Root Oppo A83 RAM 2GB Ala XDA

Cara Root Oppo A83 Tanpa PC - Rooting adalah aktifitas membukan kunci keamanan sistem sehingga pengguna mendapatkan hak akses penuh serta bebas melakukan pengeditan pada file sistem.

Meski berbahaya, Rooting seringkali dilakukan dengan beragam dalih, ada yang ingin mempercepat kinerja hape, mengedit tampilan, menginstal aplikasi tertentu yang butuh hak akses Root dll.

Lalu, bagaimana cara nge-Root hape Oppo A83 dengan aman seperti yang direkomendasikan di forum XDA Developer...?, berikut penjelasannya.

Tetapi sebelum masuk ke cara Root Oppo A83, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan seperti Unlock Bootloader. Jadi, mau tidak mau tahapan ini harus anda lakukan sebelum beranjak ketahap selanjutnya.

Cara Root Oppo A83


Cara Mudah Unlock Bootloader Oppo A83 

Mengaktifkan USB Debuging (Pendebug USB) dan OEM Unlocking (Memebuka Kunci OEM) adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum anda bisa melakukan Unlock Bootloader atau lebih jauh lagi Rooting Oppo a83.

Kedua istilah ini, baik itu USB Debuging dan OEM Unlock adalah langkah untuk memberikan garansi agar Oppo A83 dapat terkoneksi dengan PC guna melakukan perubahan pada bootloader dengan bantuan program tertentu.

Tidak menjalankan langkah ini membuat PC tidak bisa membaca perangkat, atau bisa saja terbaca namun proses Unlock bootloader gagal (Failed).

USB Debuging dan OEM Unlock adalah fitur yang terdapat pada hape android setelah Mode Pengembang (Developer Mode) diaktifkan. Untuk itu supaya bisa lanjut, pertama kita tampilkan dulu menu Developer Mode pada perangkat Oppo A83.

Caranya, buka menu Pengaturan → Tentang Ponsel → kemudian tap 7X secara beruntun "Build Number" sehingga muncul pesan Pop Up " You Are Now a Developer ".

Cara Enable USB Debuging dan OEM Unlock Oppo A83

  • Langkah 1. Buka menu Pengaturan → Developer Mode.
  • Langkah 2. Scroll layar kebawah kemudian cari USB Debuging lalu aktifkan dengan memberi centang atau slide Togle kekanan → kekiri.
  • Langkah 3. Scroll kembali layar kebawah dan temukan OEM Unlock dan aktifkan dengan memberi centang atau slide Togle kekanan → kekiri. Selesai.

Sekarang anda bisa lanjut ke proses Unlock Bootloader.

Untuk dapat melakukan Unlock Bootloader pada perangkat Oppo A83, diperlukan alat bantu berupa PC → Laptop dengan Os Windows. Selain itu diperlukan juga Kabel data bawaan Oppo untuk menghubungkan PC dengan hape.

Langkah-langkah Unlock Bootloader Oppo A83

  • Langkah 1. Download tool yang diperlukan yakni ADB dan Fastboot Tools  dan Driver USB Oppo A83.
  • Langkah 2. Instal Driver USB Oppo terlebih dahulu agar Windows dapat membaca hape Oppo dengan sempurna.
  • Langkah 3. Ekstark file ADB Fastboot yang sudah di download tadi dengan aplikasi 7Zip sehingga akan tampil 5 buah file yakni : adb, AdbWinApi.dll, AdbWinUsbApi.dll, fastboot dan MAF32.
  • Langkah 4. Masih didalam folder hasil ekstrakan tadi, tampilkan jendela CMD dengan cara tekan tombol "SHIFT" dan tahan. klik kanan sembarang lalu pilih opsi "Open Command Windows Here" atau "Open PowerShell Windows Here".
  • Langkah 5. Sambungkan Oppo A83 dengan PC menggunakan kabel data.
  • Langkah 6. Ketikkan "adb devices" tanpa tanda petik di CMD yang sudah terbuka tadi. Fungsinya untuk menbaca keberadaan perangkat ADB (Oppo A83). Bila sukses, nanti dilayar CMD ada serangkaian kode berupa angka dan huruf yang pertanda perangkat Oppo A83 terbaca.
  • Langkah 7. Ketikkan "adb reboot bootloader" yang artinya kita memberi perintah agar Oppo A83 masuk Bootloader (Mode Fastboot). Hape akan restart otomatis dan jangan panik...!
  • Langkah 8. Langkah selanjutnya, ketikkan lagi "fastboot oem unlock" guna membuka kunci bootloader. Gunakan alternative perintah " fastboot oem unlock-go" bila perintah pertama yang diketikkan gagal.
  • Langkah 9. Tunggu proses unlock berjalan selama kurang lebih 1 menit, dan bila telah selesai akan muncul pesan "Finished".
  • Langkah 10. Restart perangkat dengan cara mengetikkan "fastboot reboot" lalu tekan "Enter" maka Oppo A83 akan Restart dan masuk ke dalam menu seperti sediakala.

Setelah semua tahapan diatas selesai dilakukan, anda selanjutnya dapat melakukan Rooting pada Oppo A83 menggunakan aplikasi Rooting populer seperti Kingroot.

Cara Root Oppo A83 Tanpa PC Dengan Kingroot

Kingroot adalah aplikasi populer yang banyak direkomendasikan untuk melakukan Rooting pada ponsel android guna mendapatkan hak akses penuh pada sistem.

Kelebihan utama Rooting ponsel khususnya Oppo A83 dengan aplikasi Kingroot adalah kemudahan dalam penggunaannya. Selain itu, Root Oppo A83 dengan Kingroot tidak bisa dilakukan langsung lewat hape dan tidak memerlukan PC.

Bagaimana langkah-langkah Root Oppo A83 dengan Kingroot...?

  • Langkah 1. Pastikan Oppo A83 anda telah di Unlock Bootloader, cara dan penjelasan sudah dijelaskan diawal tadi.
  • Langkah 2. Dapatkan aplikasi Kingroot. Program ini (Kingroot) tidak tersedia di Google Playstore, sebab aplikasi ini dikategorikan sebagai aplikasi berbahaya.Download Kingroot versi terakhir...! 
  • Langkah 3. Berikan izin pemasangan aplikasi dari sumber tidak diketahui dengan cara buka menu Pengaturan → Kunci Layar dan Keamanan → Aktifkan (Slide) Togle "Unknown Soucre" atau "Sumber Tidak Diketahui".
  • Langkah 4. Instal apk Kingroot yang telah didownload tadi dengan mengikuti perintah yang diberikan. 
  • Langkah 5. setelah proses instal selesai dilakukan, akan muncul opsi "OPEN" untuk menjalankan aplikasi Kingroot.
  • Langkah 6. Jalankan aplikasinya dengan memilih opsi tombol "TRY IT" agar bisa lanjut ke menu Root kemudian pilih opsi "GET NOW" guna menjalankan proses Rooting yang bakalan berlangsung beberapa menit. Biasanya sih maksimal hingga 5 menitan bahkan kurang.


  • Langkah 7. Bila telah selesai, akan muncul pesan "ROOTED" yang menandakan ponsel Oppo A83 telah berhasil di Root.

Guna memastikan perangkat Oppo A83 memang telah di Root atau tidak, gunakan aplikasi Root Checker di Google Playstore atau aplikasi lain yang punya fungsi sama.

Selain dengan KingRoot, anda juga bisa menggunakan TWRP untuk melakukan Rooting pada Oppo A83.

Selain untuk nge-Root, TWRP juga punya fitur backup ROM sehingga saat ada masalah pada sistem, anda tinggal menginstal ROM cadangan yang telah dibuat sebelumnya dengan TWRP, lengkap dengan aplikasinya.

Cara Instal TWRP di Oppo A83

Semua ponsel android sudah dilengkapi dengan System Recovery yang punya fungsi khusus seperti : Fungsi Reset (Mengembalikan Sistem ke Pengaturan Pabrik) serta menginstal file pembaruan sistem secara manual.

Namun Sistem Recovery bawaan dari hape Oppo A83 punya fitur terbatas dan tidak bisa melakukan hal-hal khusus seperti instal program Rooting seperti Magisk atau SuperSU.

Untuk itu, diperlukan Upgrade Sistem Recovery ke versi yang lebih lengkap seperti Team win Recovery Project (TWRP).

Selain punya fungsi utama seperti Sistem Recovery bawaan, TWRP dilengkapi pula dengan kemampuan untuk memasang perangkat lunak seperti Super SU, Xposed, Magisk atau beralih ke Custom ROM.

Lalu bagaimana cara Memasang TWRP pada hape Oppo A83...?

Langkah-langkah :

  • Langkah 1. Download file installer TWRP Oppo A83 lalu letakkan di SD Card tanpa folder.
  • Langkah 2. Ubah nama file yang telah didownload tadi yang sebelumnya bernama "twrp_oppo-a83_temp.zip" menjadi "update.zip".
  • Langkah 3. Matikan perangkat Oppo A83 anda lalu masuk ke Sistem Recovery dengna cara menekan tombol POWER + VOLUME ATAS secara bersamaan dan tunggu sampai muncul logo Oppo lalu lepaskan.
  • Langkah 5. Selanjutnya akan muncul menu pilih bahasa. Lanjutkan dengan memilih English.
  • Langkah 6. Untuk memulai memasang TWRP klik menu INSTALL FROM STORAGE DEVICE kemudian cari file TWRP yang sudah di Rename jadi Update.Zip. Tunggu proses instalasi selesai lalu Restart dengan memilih menu Reboot.

Untuk memastikan TWRP telah terinstal dengan sempurna, matikan perangkat lalu gunakan kombinasi tombol POWER + VOLUME ATAS. Bila tahapan diatas telah dilakukan dengan berurutan, maka secara otomatis anda akan masuk ke TWRP.

Cara Root Oppo A83 Tanpa PC Menggunakan TWRP

  • Langkah 1. Download SuperSU disini  
  • Langkah 2. Masuke ke TWRP dengan cara matikan hape Oppo A83 lalu tekan kombinasi tombol POWER + VOLUME UP bersamaan sampai muncul logo Oppo baru lepaskan.
  • Langkah 3. Pada menu utama TWRP pilih menu INSTALL.
Cara Root Oppo A83 RAM 2GB Ala XDA
Tampilan TWRP
  • Langkah 4. Cari file Super SU yang sudah di download tadi lalu tap sekali untuk memilih.
  • Langkah 5. Install file Super SU tadi dengan cara Swipe Slider kekanan dan tunggu proses flashing selesai.
  • Langkah 6. Restart Oppo dengan memilih menu Reboot to system.

Cek apakah perangkat telah di root dengan sempurna dengan menggunakan aplikasi Root checker yang dapat didownload di Playstore.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close