Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi dan Harga Redmi Note 8 di Indonesia di Tahun 2019

Redmi Note 8 2019 - Perasaan baru kemarin atau tepatnya pada bulan Maret 2019 ini Redmi Note 7 digembor-gemborkan media sebagai salah satu ponsel anyar dari subbrand Xiaomi yakni Redmi.

Tetapi, baru-baru ini sudah ada berita tentang perilisan Redmi Note 8 di China yang biasanya bakalan dilanjutkan penjualannya di negara dengan pangsa pasar ramai seperti India dan Indonesia.

Redmi Note 8 ini dari spesifikasi tidaklah terlalu beda dengan kakaknya Redmi Note 7.Seperti apa spesifikasinya, berikut informasinya...!

Spesifikasi dan Harga Redmi Note 8 di Indonesia di Tahun 2019
Redmi Note 8


Spesifikasi Utama Redmi Note 8

  • SoC : Snapdragon 665 11 nm, Octacore (1x4 Kryo 260 Gold 2.0 GHz dan 1x4 Kryo 260 Silver 1.8 GHz), GPU Adreno 610.
  • Versi Android : Android 9 Pie Balutan MIUI 10
  • Memori RAM dan Penyimpanan : 4/64, 6/64 dan 6/128.
  • Dukungan Eksternal Memori : Micro SD hingga 256GB.
  • Ukuran Layar : 6.3 IPS LCD, Resolusi FullHD+(1080x2340)
  • Kamera Belakang : 48MP, 8MP, 2MP dan 2MP
  • Kamera Depan : 13MP
  • Jaringan : GSM/ HSPA/ LTE
  • Kelengkapan Sensor : Pemindai Sidik Jari, Accelerometer, Gyro, Proximity dan Kompas.
  • Kelengkapan Port : Jack Audio 3.5 mm, USB Type C V.1.0  support USB OTG.
  • Kapasitas Baterai : Non-Removable 4000 mAH


Kamera Masih Jadi Andalan

Tidak berbeda dengan pendahulunya, kamera menjadi sektor yang menjadi andalan utama dari seri Note-nya Redmi ini. Selain akan mengusung kamera dengan resolusi tinggi, kombinasi lebih dari 2 kamera seperti Realme 3 Pro juga jadi Gimmick tersendiri.

Ya..Redmi Note 8 hadir dengan 4 (empat) buah kamera dengan desain vertikal. kamera yang diusung masing-masing terdiri dari kamera utama 48 MP dengan aferture f/1.8.

Sementara tiga kamera lainnya ada 8 MP lensa Ultra Wide dengan bukaan f/2.2, ada 2 MP lensa Makro dengan aperture f/2.4 dan sisanya 2 MP lagi untuk depth sensor.

Kamera ini selain dilengkapi dengan sensor cahaya juga bekali dengan OIS yang dapat menstabilkan video saat perangkat digunakan merekam video. Oia..kamera yang digunakan Redmi Note 8 menggunakan sensor Samsung dan sudah mendukung perekaman video 4K.

Sedangkan untuk kamera Selfienya sendiri ada kamera 13 MP dengan bukaan f/2.0 yang sekiranya sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna akan berselfie ria atau berkomunikasi dengan panggilan video lewat aplikasi WhatsApp atau sejenisnya.

Layar IPS 6.3 inci FullHD+

Pada postingan tentang Realme 5 kamarin sudah diinformasikan jika ponsel anyar Realme tersebut hanya beresolusi HD+. Jika kita mengadu spek layar yang dimilikinya tersebut dengan Redmi Note 8, maka Redmi unggul dalam angka sebab resolusinya sudah FullHD+.

Layar dengan resolusi tinggi secara otomatis akan meningkatkan kerapatan pada layar Smartphone, sebab kalau tidak disesuaikan maka gambar yang ditampilkan akan pecah.

Semakin tinggi resolusi dan kerapatan layar dalam satuan PPI makan tampilannya bakalan semakin baik dan jernih.

Ponsel android dengan resolusi tinggi manfaatnya sangat terasa saat digunakan browsing internet. Ketika membaca halaman Web, teks terlihat lebih hidup dan jelas sehingga enak untuk dibaca. Resolusi layar ponsel yang tinggi juga membantu kenyamanan saat membaca dokumen PDF.

Sayangnya ponsel dengan layar beresolusi tinggi harus didukung pula dengan spesifikasi SoC yang tangguh pula. Sebab untuk meload gambar dengan kualitas tinggi pastinya membutuhkan tenaga yang lebih pula.

Makanya, ponsel dengan dengan resolusi HD biasanya lebih lancar digunakan bermain game dibandingkan hape FullHD seperti Redmi Note 8 ini.

Berbicara tentang performa, Redmi Note 8 punya senjata berupa Qualcomm Snapdragon 665. Chipset yang sama dengan yang digunakan Realme 5 atau Oppo A9.

SoC ini dibangun dengan fabrikasi 11 nanometer yang secara fisik pastinya lebih kecil dari chipset 14 nm namun memiliki kemampuan (tenaga) lebih serta serta menggunakan daya lebih sedikit.

Sebagai informasi, Redmi Note 8  dibekali dengan Baterai berkapasitas 4000 mAH. Angka tersebut sudah lebih dari cukup untuk menemani penggunanya selama seharian penuh.

SoC ini punya CPU Octa-core dengan konfigurasi custom core ala Qualcomm yakni Kryo 260 Gold sejumlah 4 inti berkecepatan 2.0 GHz dan Kryo 260 Silver dengan speed clock 1.8 GHz. Untuk pengolah grafisnya sendiri dipercayakan pada Adreno 610.

Skor pengujian yang didapat dari ponsel ini juga cukup impresif dimana pengujian lewat aplikasi Benchmark Antutu V.7 menghasilkan Skor 143.000 poin. Yang mengejutkan, ternyata skor yang didapat dari Redmi Note 8 ternyata lebih rendah dari Redmi Note 7 dengan skor 144.599 poin.

Bergeser kebagian memori dimana Redmi Note 8 hadir dengan tiga pilihan memori penyimpanan yang dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 4GB dan 6GB.

Rinciannya sebagai berikut : 4/64, 6/64, 6/128. Tidak ada varian 3/32 yang sudah terbilang kurang bertenaga menghadapi kebutuhan aplikasi terkini yang makin berat.

Menjalankan MIUI 10 Berbasis Android Pie


Spesifikasi dan Harga Redmi Note 8 di Indonesia di Tahun 2019

Redmi Note 8 dari awalnya sudah menjalankan Sistem Operasi Android terbaru yakni Pie. Generasi kesembilan Android ini membawa banyak fitur baru yang bermanfaat seperti Dark Mode dan Fitur Adaptive Battery yang dapat memangkas penggunaan daya secara signifikan.

Fitur Mode Gelap yang menjadi salah satu andalan ponsel pintar Xiaomi berbasis Android Generasi 9 tidak hanya bekerja pada App Drawer, tetapi juga di Bar Notifikasi, Kontrol Volume serta menu aplikasi Setting. Beberapa aplikasi bawaan Xiaomi seperti File Manager, Kontak dll juga telah mengadopsi Mode gelap ini.

Mengaktifkan fitur Mode Gelap pada Xiaomi dapat dilakukan dengan mengakses menu Setelan→ Tampilan → Mode Gelap. Bila perangkat masih berbahasa Inggris pilih Setting→ Display→ Dark Mode.


Berapa Harga Redmi Note 8 di Indonesia

Karena belum hadir secara resmi di Indonesia, makan harga juga belum pasti. Tetapi kita bisa membuat perkiraan dengan mengkonversi harga Redmi Note 8 di China kedalam rupiah sehingga ada gambaran akan harga ponsel ini kelak di Indonesia.

Redmi Note 8 varian 4/64 dibanderol dengan harga 999 Yuan atau 2 Juta Rupiah saja...!. Sedangkan untuk varian lain seperti 6/64 dan 6/128 berkisar antara Rp.2.4 Juta dan Rp. 2.8 Juta.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close