Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi dan Harga Realme 5 di Indonesia Tahun 2019

Spesifikasi dan Harga Realme 5 - Menurut kabar burung yang beredar Realme yang merupakan subbrand dari oppo bakalan menjual produk smartphone terbarunya yakni Realme 5 dipasar tanah air. konon, ponsel ini nantinya akan resmi dipasarkan di indonesia di pertengahan september tahun ini, atau tinggal seminggu.. horeee.

sebelumnya, Realme 5 ini sudah mendarat dipasar india, bersamaan dengan saudaranya yakni Realme 5 Pro yang mungkin akan dibahas dilain kesempatan.

bagi anda yang berencana membeli ponsel android baru, sebaiknya simpan dulu uang anda untuk Realme 5 ini sebab dari spesifikasi yang diusung, perangkat ini terbilang cukup oke.

lalu seperti apa spesifikasinya...?

berikut ulasan lengkapnya...!

Spesifikasi Utama Realme 5

Realme 5
Gambar Tampilan Realme 5
  • SoC  : Qualcomm Snapdragon 665 AIE, Octacore (4x Kryo 260 Gold 2.0 GHz + 4x Kryo 260 Silver 1.8 GHz), Adreno 610.
  • Versi Android : Android 9 Pie dengan Colos OS 6
  • Memori dan RAM : 3/32, 4/64, 4/128
  • Memori Eksternal : Muat hingga 256 GB Micro SD
  • Layar : 6.5 inci, Panel IPS LCD, Resolusi HD+ 720x1600P.
  • Kamera Belakang : 4 (1x12 MP, 1x8MP, 2x2MP
  • Kamera Selfie : 13 MP
  • Fitur Kamera : LED Flash, HDR, Panorama.
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Sensor : Pemindai Sidik Jari, Acceleromteter, Gyro, Proximity, Kompas.
  • Port : Audio Jack 3.5 mm, USB tipe Micro 2.0, Support OTG
  • Baterai : 5000 mAH Fast Charging 10W.

Layar IPS 6.5 inci Dengan Aspek Rasio 20:9


Semakin kesini ponsel android keluaran terbaru selain memiliki ukuran layar yang makin luas, apsek rasio juga makin besar. Dulu standarnya 16:9, lalu naik 18:9 dan realme 5 sudah diangka 20:9.

Menariknya, ukuran layar dari Realme 5 sedikit lebih besar dibanding saudaranya Realme 5 pro. Desain layar dengan poni bergaya waterdrop dimana tempat kamera selfie beresolusi 13 mp membuatnya begitu kece.

Layarnya sendiri sudah dilindungi dengan tameng berupa lapisan Corning Gorilla Glass V3+ yang dari segi daya tahan lebih tangguh dari generasi sebelumnya seperti yang dijelaskan fihak corning pada situs resminya.

New crystal design adalah istilah yang disematkan pada sentuhan ahir pada body dibagian belakang. Meski terdengar baru, namun sebenarnya istilah ini sih cuma jargon sebab sekilas design ini sepertinya pengembangan dari gaya diamond cutting klasik yang digunakan pada produk realme sebelumnya.

Fihak Realme sepertinya tidak terlalu menganak emaskan produk versi pro dengan terlalu banyak memotong fitur pada produk Realme biasa. Hal tersebut terbukti dengan adanya pemindai sidik jari pada keduanya, baik itu Realme 5 pro maupun yang biasa.

SoC Snapdragon 665 Dengan AI Engine


Realme 5
Spesifikasi Realme 5


Namanya juga versi biasa, Realme 5 tentunya tidak bakalan mendapat spesifikasi hardware yang sama tinggi dengan versi pro. Untuk dapur pacunya sendiri si Realme 5 ini dipasangi chipset snapdragon 665 dengan AI Engine.

SoC ini dibangun dengan fabrikasi 11 nanometer yang secara fisik pastinya lebih kecil dari chipset 14 nm namun memiliki kemampuan (tenaga) lebih serta serta menggunakan daya lebih sedikit.

SoC ini punya cpu octacore dengan konfigurasi custom core ala qualcom yakni Kryo 260 Gold sejumlah 4 inti berkecepatan 2.0 GHz dan Kryo 260 Silver dengan Speed Clock 1.8 GHz. Untuk pengolah grafisnya sendiri dipercayakan pada Adreno 610.

Geser sedikit kemasalah ruang simpan dimana reame 5 ini menawarkan 3 (tiga) pilihan kapasitas ruang simpan yakni 32GB dengan RAM 3GB, 64GB dengan RAM 4GB dan 128GB dengan RAM 4GB juga. Selisih harganya untuk tiga varian ini juga lumayan, berkisar ratusan ribu.

Snapdragon 636 yang tergolong chipset kelas menengah sebenarnya sudah termasuk SoC yang ngebut dan handal untuk diajak bermain game berat. Namun kondisi ini memerlukan dukunga tenaga yang seimbang agar waktu penggunaanya bisa bertahan lebih lama.

Untungnya, Realme 5 dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo yakni 5000 mAH. Baterai degan kapasitas segitu sepengalaman saya bisa bertahan hingga tiga hari. Maklum saya bukan gaming yang sehari bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk main game...

no way...

Empat Kamera Belakang Dengan Dukungan AI


Kamera jadi salah satu komponen yang dioptimasi betul oleh fihak Realme. Hal tersebut dapat dilihat dengan pemasangan 4 buah kamera sekaligus pada perangkat Realme 5 ini. 4 kamera yang diusung oleh Realme 5 mempunya konfigurasi : 12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.

Apakah penggunaan 4 kamera ini hanya gimik saja...?

Sepertinya tidak, sebab lebih detail lagi spesifikasi kamera yang diusung Realme 5 mempunya konfigurasi yang ditujukan untuk menghasilkan kualitas foto ciamik.

Kamera utama dengan resolusi 12 mp memiliki bukaan f/1.8. Untuk kamera satunya lagi yang 8 mp bertindak sebagai lensa ultra wide, sedangkan dua sisanya yang sama-sama beresolusi 2 mp dijadikan sebagai kamera makro dan kamera bokeh yang masing-masing punya aferture sama yakni 2.4.

Berapa Harga Realme 5 di Indonesia...?


Seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi perangkat ini diperkirakan akan hadir secara resmi di indonesia pada pertengahan september tahun ini (2019). Namun bila melihat banderol harga realme 5 di india, bolehlah dijadikan patokan.

Untuk Realme 5 dengan varian 3/32 harganya Rs.9.999 yang kalau dirupiahkan sih berkisar diangka 2 juta saja. Sedangkan untuk varian 4/64 dan 4/128 kisaran harganya ada diangka 2.2 dan 2.3 juta.

Oia...ponsel android Realme 5 ini hadir dengan dua pilihan warna menarik yakni : Crystal Blue dan Crystal Purple. Kalau translate sih biru kristal sama ungu kristal.

Demikian informasi tentang spesifikasi utama dan perkiraan harga Realme 5 di indonesia. Semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close