Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi dan Harga Terbaru Galaxy Note 4 2019

Samsung Galaxy Note 4 - Sejak kemunculan pertamanya di tahun 2011 silam, ponsel android besutan Samsung tipe Note menjadi salahsatu jajaran produk Flagship Samsung selain S Series yang kehadirannya selalu ditunggu.

Mengusung nama Note yang diwujudkan dengan layar lebar dan spesifikikasi kelas atas, ponsel Samsung Note Series diharapkan menjadi solusi pengguna yang ingin tetap produktif serta mengurangi kebutuhan akan perangkat laptop yang relatif terlalu besar untuk ditenteng kemana-mana.

Dirilis pada bulan September 2014 silam, Samsung Galaxy Note dari spesifikasi yang diusungnya masih cukup layak digunakan ditahun 2019 ini.

Lalu seperti apa spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy Note 4 ini...?, berikut informasinya...!

Spesifikasi Utama Samsung Galaxy Note 4 2014

Spesifikasi dan Harga Terbaru Galaxy Note 4 2019


  • SoC  : Exynos 5433 dan Snapdragon 805
  • Versi Android : Kit-Kat Yang Bisa Diupgrade ke Marshmallow
  • Memori dan RAM : 3/32
  • Memori Eksternal : Muat hingga 128 GB Micro SD
  • Ukuran Layar : 5.7 inci, Panel Super AMOLED, Resolusi 1440x2560, Gorilla Glass 3
  • Kamera Belakang : 16 MP f/2.2
  • Kamera Selfie : 3.7MP f/1.9
  • Fitur Kamera : LED Flash, HDR, Panorama.
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Kelengkapan Sensor : Pemindai Sidik Jari, Acceleromteter, Gyro, Proximity, Kompas.
  • Kelengkapan Port : Audio Jack 3.5 mm, USB tipe Micro 2.0.
  • Kapasitas Baterai : 3200 mAH quick Charge 15W.


Layar 5,7 inci Super AMOLED


Samsung Galaxy Note series merupakan pioner penggunaan layar ekstra besar, dimana ditahun 2014 disaat layar ponsel android berukuran 5 inci sudah dianggap terlalu besar, Galaxy Note 4 sudah menggunakan layar 5,7 inci dengan panel Super AMOLED beresolusi 1440x2560 pixels.

Kualitas gambar yang dihasilkan dari layar dengan Panel Super AMOLED tidak bisa diragukan lagi. Layar tipe ini memiliki kontras rasio tinggi bila dibandingkan dengan panel lain  seperti IPS misalnya. Reproduksi warnanya juga di klaim jauh lebih baik dari IPS seperti yang dijelaskan fihak Samsung saat menceritakan keunggulan dari panel Super AMOLED yang dikembangkan pula oleh Samsung sendiri.

Layar Super AMOLED juga diklaim sangat baik dalam menghemat penggunaan daya dibandingkan dengan IPS, hal ini disebabkan layar ini punya pixel mandiri yang mana secara otomatis akan menampilkan warna hitam saat tidak dialiri listrik. Hal ini terntu berbeda dengan IPS yang kesemua elemen warnanya berasal dari pixel pada layar yang membutuhkan aliran listrik.

kontrasi rasio yang tinggi pada layar Super AMOLED akan memberikan kenyamanan pada saat layar menampilkan teks disaat digunakan browsing internet untuk membaca artikel.

font yang menyusun teks menjadi lebih pada dan jelas sehingga tidak menyebabkan mata lelah saat digunakan membaca dalam waktu yang lama.

Untuk urusan tampilan, secara fisik Samsung Galaxy Note 4 sudah kelihatan mewahnya hanya dengan melihat desain bodinya saja. kesan mewah langsung terlihat pada saat perangkat dipegang sebab bodinya derancang dengan desain kulit yang terasa lembut dan bonavide.

Tutup belakang yang dilapisi kulit menjadi solusi agar perangkat mahal ini tidak mudah jatuh. Ya memang...tidak seperti ponsel Asus Zenfone yang bagian belakangnya dibuat melengkung, Galaxy Note 4 punya bentuk bodi belakang yang rata sehingga bakalan agak ribet dipegang dengan sempurna untuk mereka dengan ukuran genggaman tangan kecil.

Untuk desain tombol, Samsung tidak melakukan perubahan yang frontal pada seri flagshipnya ini, dimana pada sebelah kanan bodi ada tombol Power, tombol Volume disebelah kiri dan tombol Home yang terletak simetris dibawah layar.

Yang membuat beda adalah, pada tombol Home ini Samsung menyematkan pemindai sidik jari yang meningkatkan keamanan perangkat dari penggunaan hape tanpa izin penggunanya.

Selain itu, layar seluas 5.7 inci ini juga telah dilengkapi dengan pelindung layar dari Corning yakni Gorilla Glass 3. Selain menghindarkan kerusakan (baret) akibat benda asing, lapisan pelindung ini juga menghindari layar dari goresan dari Sylus Pen yang disertakan pada tiap pembelian Galaxy Note 4 yang mana Digital Pensil ini sensitivitasnya sudah mendekati pena asli.

Antara Exynos 5433 Vs Snapdragon 805

Pada sektor dapur pacunya, Samsung Galaxy Note  menggunakan SoC Exynos 5433 yang mana varian dari produk ini dijual secara global. Sementara untuk varian dengan SoC Snapdragon 805 dikhususkan untuk pasar Amerika Serikat.

Secara performa, baik itu Exynos 5433 dan Snapdragon 805 memiliki kualitas yang hampir sama. Namun popularitas dari SoC Snapdragon membuat kebanyakan orang memandang sebelah mata SoC Exynos yang dikembangkan langsung oleh Samsung.

Namun dari hasil perbandingan yang datanya dapat anda lihat langsung di situs Versus.com, Exynos 5433 jauh lebih unggul dibandingkan Snapdragon 805 besutan Qualcomm.

7 Keunggulan Exynos 5433 dibanding Snapdragon 805

  1. Exynos 5433 punya speed 28% lebih tinggi dengan konfigurasi 4 Core ARM Cortex A53 dan 4 Core ARM cortex A57 dengan masing-masingnya punya Speed Clock 1.3GHz dan 1.9GHZ. Sementara dilain fihak Snapdragon 805 hanya dibekali dengan CPU ARM Cortex berkecepatan 1.4 GHz saja.
  2. Exynos 5433 unggul dalam jumlah Thread CPU yang mana sudah menggunakan 8 Thead sedangkan Snapdragon masih 4 thread.
  3. Exynos 5433 unggul dalam kecepatan RAM yang mencapai angka 2133 MHz sedangkan Snapdragon 800 MHz.
  4. Exynos 5433 unggul dalam teknologi pengerjaan yang mana Samsung sudah menggunakan Litografi 20 nanometersedangkan Snapdragon masih 28 nanometer.
  5. Exynos punya clock GPU 100 MHz lebih kencang dimana menggunakan MaliT760, sedangkan Snapdragon 805 dengan Adrenonya ada diangka 500 MHz.
  6. Exynos menerapkan teknologi big.LITTLE dari ARM dimana masing masing konfigurasi Core CPU dapat bergiliran mengerjakan tugas sesuai berat beban yang diberikan. Bila tugas yang diberikan berat maka 4 Core ARM Cortex A57 akan mengambil alih tugas dan sebaliknya ARM Cortex A53 yang akan menghandle.
  7. Exynos 5433 punya teknologi HMP yang juga dikembangkan ARM dimana Core CPU jadi makin pintar yang mana dapat membagi fungsi dalam menghandle program yang dijalankan. Bila memerlukan Resource tinggi kesemua Core dapat dikerahkan untuk manghasilkan performa maksimal, atau sebaliknya cukup 1 Core saja untuk tugas ringan.


Memori Penyimpanan dan RAM

Untuk Sektor ruang penyimpanan, Samsung Galaxy Note 4 dibekali dengan memori internal sejumlah 16 GB serta punya slot memori eksternal terdedikasi yang bisa menampung Micro SD hingga 128 GB. Dengan kapasitas yang besar ini, pengguna bisa menampung file dalam jumlah yang banyak dan tidak takut kehabisa stok ruang simpan.

Bila pengguna ingin lebih hemat memori lagi, bisa juga memanfaatkan layanan penyimpanan online semisal Google Drive yang memberi ruang simpan sejumlah 15 GB secara percuma untuk setiap akun Gmail aktif.

Baca Juga : Tutorial Google Drive Untuk Pemula

Guna menunjang jalannya Sistem, Samsung Galaxy Note 4 dipersenjatai dengan RAM sejumlah 3 GB. Angka sebegitu sudah bisa diandalkan untuk menghandle banyak aplikasi sekaligus secara bersamaan.

Beralih ke Baterai dimana ada baterai dengan kapasitas daya sejumlah 3200 mAH yang pastinya bertahan seharian penuh bila penggunaannya dipakai untuk aplikasi harian yang tidak boros daya.

Menjalankan Android Kit-Kat Yang Bisa Upgrade ke Marshmallow

Pada awalnya, Samsung Galaxy Note 4 menjalankan Android lawas yang sudah ketinggalan yakni Kit-KAt. Pada tahun 2017 kemarin, Samsung secara resmi merilis firmware Pembaruan untuk ponsel ini yang berbasis Android 6.0.1.

Spesifikasi dan Harga Terbaru Galaxy Note 4 2019


Pembaruan ini tentunya menjadi berkah sebab didalam Android 6 tersebut disematkan beragam fitur menarik yang sayang untuk dilewatkan seperti Doze Mode, Battery Optimization dll.

Guna mendapatkan pembaruan sistem ke Android 6, anda bisa mengeceknya lewat menu pengaturan. atau mendownload firmwarenya terlebih dahulu kemudian menginstalnya dengan aplikasi Odin. Langkah-langkahnya dapat anda baca dibeberapa artikel panduan Flashing seperti Tutorial Flash Samsung J7 Prime Dengan Odin

Kamera Samsung Galaxy Note 4

Kamera menjadi salahsatu komponen yang istimewa di Samsung Galaxy Note 4 ini. Peningkatan fitur pada kamera juga jadi salah satu penyebab mengapa harga dari perangkat ini tergolong kempetitif.

Pada bagian belakang bodi terdapat lensa kamera utama yang beresolusi 16MP (3456x4608) yang mana sudah dilengkapi dengan seabrek fitur penting seperti LED Flash untuk membantu pengambilan gambar pada ruang minim cahaya, Optical Image Stablization (OIS) untuk menstabilkan gambar saat merekam video, fitur Dual Shot, Simultaneous HD Vide dan Image Recording, Geo Tagging, Touch Focus, Face and Smile Detection, Panorama dan tentunya mendukung Mode HDR.

Bagi pecinta Selfie, tersemat lensa kamera dibagian depan dengan resolusi 3.7MP dengan bukaan f/1.9. Kamera tersebut meski resolusinya timpang dengan kamera belakang namun sudah dilengkapi dengan OIS dengan kemampuan perekaman video 1080P 30FPS.

Di sektor jaringan, Samsung Galaxy Note 4 dibekali dengan jaringan super komplit seperti layaknya ponsel keluaran terbaru. Jaringan yang didukung antaralain : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan jaringan tercepat 4G LTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600.

Selain itu terdapat pula jaringan GPRS dan EDGE untuk menyelaraskan koneksi internet saat tidak terjangkau jaringan 3G HSDPA dan 4G LTE yang mana jaringan ini punya kualitas sangat baik untuk sekedar berkirim pesan atau melakukan panggilan suara.

Untuk sektor Konektivitas pada phablet Galaxy Note 4 ini cukup lengkap yakni mendukung Bluetooth v4.1, A2DP, EDR, LE, Infrared port, NFC, microUSB v2.0 (MHL 2), USB Host, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot.

Harga Baru dan Bekas Samsung Galaxy Note 4 Tahun 2019

Galaxy Note 4 merupakan salah satu smartphone andalan Samsung yang dibekali spesifikasi mumpuni. Harga Samsung Note 4 ini pun dibanderol di angka yang cukup tinggi pada awal kemunculannya.

Namun, seiring dengan hadirnya Samsung Galaxy Note seri lainnya, serta gempuran produk Smartphone murah dari Xiaomi, Oppo dkk harga Samsung Note 4 ini mengalami penurunan.

Kini Anda bisa memboyong smartphone ini dengan harga baru Rp.2.399.000 di Lazada. Sedangkan bekasnya berkisar Rp.1.350.000 dengan kondisi baik.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close