Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Memori Micro SD Tidak Terbaca di Hp Samsung

Memori Micro SD tidak terbaca kerap dialami ponsel Samsung dengan kapasitas storage kecil seperti jajaran seri J2. Bayangkan, dengan kapasitas memori internal yang hanya 16GB, itupun harus dikurangi untuk sistem sejumlah 8GB, data aplikasi bawaan 4GB dan sisanya yang 4GB tadi untuk menyimpan file-file penting seperti Foto, Video dan data aplikasi. Tetapi jangan salah, tidak hanya seri J2 yang sering bermasalah dengan kartu SD, ponsel Samsung J5 bahkan yang lebih baru seperti A20 juga sering mengalaminya. Terkait dengan hal tersebut perlu kiranya cara atau aplikasi untuk memperbaiki agar kartu SD dapat terbaca kembali di hp Samsung.

Penyebab Memori Micro SD Tidak Terbaca di Hp Samsung

micro sd tidak terbaca
Ilustrasi Micro SD Card

Dari pengalaman kami, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan kartu memori pada perangkat android tidak terbaca. Beberapa diantaranya memang disebabkan dari kartu memorinya sendiri sehingga perlu dilakukan tindakan khusus untuk menanganinya.

#1. Memori Kotor

Pada sebuah perangkat ponsel, memori eksternal memiliki slot khusus (terdedikasi) atau mengambil slot untuk SIM 2 yang kerap disebut sebagai slot Hybrid. Memasang kartu memori juga tidak bisa sembarangan, posisinya harus pas antara chip microSD dengan konektor pada perangkat. Pemasangan dengan posisi yang tidak pas bisa mengakibatkan  sistem android tidak membaca keberadaan kartu memori.

Selain itu, seiring berjalannya waktu, lapisan kuningan yang ada pada kartu memori akan kotor dengan sendirinya. Hal ini ditandai dengan noda hitam pada kuningan kartu memori sehingga mengakibatkan konektor tidak menempel dengan pas.

#2. Format Memori Tidak Mendukung

Sistem android hanya bisa membaca kartu memori dengan fortmat Fat32. Sementara format lain seperti NTFS seperti yang digunakan komputer dengan sistem operasi Windows kemungkinan besar tidak akan terbaca.

#3. Kartu Memori Korup

Kartu Micro SD yang sering dicabut pasang dari slotnya ternyata dapat mengakibatkan memori menjadi korup atau rusak. Kondisi ini mengakibatkan data yang ada didalam kartu memori hilang, terbaca setengahnya atau memori tidak terbaca sama sekali.

#4. Memorinya Memang Jelek

Ada banyak merek kartu memori yang ada diluar sana. Masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum membeli sebuah produk kartu memori, sebaiknya cari info kartu memori apa yang punya daya tahan tinggi sehingga jangan sampai tergiur dengan harga murah tetapi setiap tahun harus beli memori baru.

Cara Agar Memori Micro SD Kembali Terbaca di Hp Samsung

Setelah mengetahui beberapa penyebab memori MicroSD tidak terbaca pada perangkat android anda tentunya sudah memiliki gambaran tentang bagaimana mengatasinya. Jika tidak, berikut penjelasan lengkapnya.

#1. Bersihkan Kartu Memori

Membersihkan kartu memori tidak perlu dilakukan berulang kali. Tetapi anda bisa menjadwalkannya sekali dalam beberapa bulan. Seperti yang dijelaskan diawal tadi kalau bongkar pasang kartu juga tidak bagus untuk kesehatan kartu memori.

Untuk membersihkan kartu memori caranya cukup mudah dan harap dilakukan dengan hati-hati karena lecet sedikit saja memori bisa rusak total.

  • Pertama, matikan perangkat android anda kemudian gunakan SIM ejector untuk mengeluarkan kartu SD dari tempatnya.
  • Kemudian perhatikan apakah pada kuningan kartu SD terdapat noda kuning. Jika iya gunakan karet penghapus untuk mengusap permukaan kuningan memori dengan perlahan.
  • Setelah itu pasang kembali kartu memori pada tempatnya.
  • Terakhir hidupkan perangkat android dan cek apakah kartu memori sudah kembali terbaca atau tidak.

#2. Bersihkan Error dan Format Memori ke FAT32

Apabila setelah dibersihkan kartu memori masih belum terbaca juga, lakukan pengecekan error dengan memanfaatkan aplikasi bawaan sistem operasi Windows. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Langkah pertama, jangan lepaskan memori dari ponsel Samsung dalam kondisis tidak terbaca, kemudian siapkan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows dan kabel data.
  • Sambungkan ponsel Samsung dengan pc kemudian ubah mode koneksi dari yang sebelumnya Mode Transfer Data menjadi Mode Mass Storage.
  • Windows biasanya akan membaca kedua memori hape, baik itu internal dan eksternal. Jika keduanya berhasil muncul pada menu Windows Explorer maka dapat disimpulkan penyakitnya ada pada memori bukan pada konektor hape.
  • Setelah itu, klik kanan pada kartu memori kemudian pilih menu Properties > Tools > Error Checking untuk memeriksa apakah ada semacam error pada memori. Jika iya, sistem akan memperbaikinya secara otomatis.
  • Jika sudah keluarakan atau Eject smartphone dari perangkat laptop lalu cek kembali apakah apakah kartu SD sudah kembali normal atau belum.

#3. Format Ulang Memori

Langkah selanjutnya untuk mengatasi memori tidak terbaca adalah dengan cara format ulang memori. Memformat memori berarti akan menghapus semua data yang ada didalamnya. Untuk itu, pertimbangkan kembali opsi ketiga ini. Karena tidak memungkinkan untuk memformat memori tidak terbaca langsung dari perangkat, maka diperlukan alat bantu seperti laptop.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Sambungkan ponsel Samsung anda dengan laptop menggunakan kabel data dan ubah mode ke Mass Storage.
  • Setelah terhubung, cek kembali apakah kartu memori terbaca oleh Windows. Jika iya, lakukan format ulang kartu SD dengan cara klik kanan pada kartu SD lalu pilih Format. Beri label dan pastikan formatnya FAT32 bukan NTFS atau yang lainnya.
  • Setelah itu tunggu beberapa sampai proses format selesai.
  • Apabila saat mengklik kartu memori di Windows Explorer, sistem Windows memerlukan waktu loading yang lama untuk merespon itu artinya kartu mikro SD memang sudah rusak. 
  • Terakhir eject kartu memori kemudian dan putuskan sambungan dengan laptop. Setelah itu anda bisa cek kembali apakah kartu SD sudah terbaca dengan sempurna oleh sistem android atau tidak.

#4. Ganti Dengan Merek Yang Lebih Baik

Kami memiliki pengalaman tidak enak dengan salah satu merek memori Micro SD V-xxn yang identik dengan warna ungu ini. Dengan iming-iming kapasitas penyimpanan lebih luas serta harganya yang terjangkau, kami jadi membeli Micro SD buatannya.

Tidak sampai setahun, kartu memori ini seringkali mengalami masalah seperti tiba-tiba hilang tidak terbaca, setelah dikeluarkan terbaca lagi dan sampai pada akhirnya memori ini mati total meski telah berusaha kami format dengan aplikasi PC. 

Bukan bermaksud promosi atau apa, dari pengalaman kami kartu memori merek SanDxxx atau King..ne memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan merek pertama. Meskipun secara harga kedua merek yang disebutkan tadi relatif lebih mahal ketimbang merek pertama.

Menurut pendapat kami lagi, daripada harus membeli memori setiap tahun seharga Rp.50.000, tentunya akan lebih hemat jika membeli memori seharga Rp.150.000 dengan kapasitas yang sama namun bertahan hingga 5 tahun.

Setelah mengetahui penyebab serta solusi untuk mengatasi kartu memori hape Samsung yang tidak terbaca, manakah yang menurut anda paling mudah untuk diaplikasikan ?.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close