Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi dan Harga Grand Duos GT-i9082 Lama Tahun 2018


Grand Duos GT-i9082
Spesifikasi Samsung Grand Duos GT-i9082 - Samsung Grand Duos GT-i9082 pernah menjadi Smartphone Android terbaik dimasanya semenjak dirilis Samsung 6 tahun silam atau tepatnya pada tahun 2013. Memiliki spesifikasi yang tergolong mumpuni seperti kamera Primer 8 MP dan RAM 1 GB.

Spesifikasi yang demikian mejadikan Samsung Galaxy Grand Duos raja Smartphone Android kelas menengah meskipun banderol harga barunya kala itu hampir menyentuh tiga jutaan.

Seiring dengan kemunculan beragam produk ponsel Android baru dari Samsung dengan dukungan Hardware dan Software terbaru membuat Galaxy Grand Duos mulai dilupakan.

Banyak kita lihat Grand Duos dalam kondisi bekas dijual dengan harga begitu murah seperti di Forum Jual Beli Facebook. Harga harga bekas Samsung Grand Duos GT i9082 yang ditawarkan hampir seperempat harga dari harga barunya.

Tetapi anda jangan salah...

Meskipun ponsel ini produk lama dan tergolong uzur, pengguna Samsung Grand Duos GT-i9082 ternyata masih banyak. Mereka punya forum diskusi tersendiri di facebook. Forum tersebut mereka jadikan sebagai tempat curhat dan berbagi informasi seputar masalah yang dihadapi penggunanya.

Berbicara tentang spek, sebenarnya spesifikasi Grand Duos tidaklah terlalu lemah jika dibandingkan dengan ponsel Android keluaran terbaru.

Namun entah mengapa pihak Samsung sepertinya enggan memberikan pembaruan Software baru sehingga bisa menjalankan OS Android yang agak tinggi seperti Lollipop.

Bagi anda yang ingin membeli Grand Duos bekas sebaiknya mengetahui dulu spesifikasi lengkap dari hape ini beserta kelebihan dan kekurangannya.

Data yang saya hadirkan merupakan hasil penelusuran di berbagai situs terpercaya dan kebetulan saya juga pernah menggunakan ponsel Samsung ini selama 2 tahun sebelum diganti Zenfone 2 Laser ZE550KG dan Redmi 4X Black Mate.

Spek Samsung Grand Duos GT-i9082

  • Layar : 5 inci ; TFT capacitive touchscreen, 16 Juta Warna, Resolusi 480x800, 188 PPI
  • Soc (Prosesor) : ARM Cortex A9 1.2 GHz Dual Core, GPU Broadcom VideoCore IV
  • Memori : 8 GB ROM, 1 GB RAM LPDDR3
  • Jaringan : GSM, HSPA
  • Konektifitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot, DLNA, Bluetooth 4.0
  • Sistem Operasi : Android 4.1.2 Jelly Bean Update ke 4.2.2
  • Kamera : 8 MP Kamera Belakang + LED Flash dan 2 MP Kamera Depan
  • Kelengkapan Port : Port Micro USB 2.0 Port Audio Jack 3.5 mm
  • Sensor : Accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai : Li-Ion 2100 mAh 
  • Pilihan Warna : Hitam dan Putih

Ulasan Spesifikasi

Spesifikasi yang diusung Samsung Grand Duos GT-i9082 sudah terbilang cukup untuk aktifitas hape standar yang tidak terlalu berat. Perangkat ini dibekali dengan layar 5 inci beresolusi 480 x 800 dengan panel teknologi TFT. 

Pada sektor dapur pacu, Samsung Grand Duos dipersenjatai dengan SoC ARM Cortex A9 dengan dua buah inti Prosesor berkecepatan 1.9 GHz. SoC teranyar ARM ini mempunyai performa yang sangat baik dalam menghandle beragam tugas harian seperti memutar konten multimedia, browsing internet dan sedikit bermain game.

Untuk pengolah grafisnya, ada Broadcom VideoCore IV 200 MB memori yang diambil dari kapasitas RAM sehingga RAM yang dibenamkan sejumlah 1 GB efektivenya hanya 800 MB yang dapat digunakan.

Yang istimewa dari Samsung Galaxy Grand Duos adalah kameranya, dimana kamera utama dengan resolusi 8 MP dapat merekam video dengan resolusi Full HD 1080P 30 FPS. 

Kinerja sebuah ponsel yang prima tentunya didukung oleh baterai yang prima pula. Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 mendapat pasokan tenaga dari baterai berkapasitas 2100 mAh yang tahan digunakan seharian dengan penggunaan normal seperti Telpon, SMS, Internet terkecuali untuk gaming.

Untuk sistem operasinya, perangkat ini berjalan menggunakan OS Android V.4.1.2 Jelly Bean yang bisa ditingkatkan lagi ke versi 4.2.2 namun tetap berbasis Jelly Bean.

Kelebihan Samsung Grand Duos GT-i9082

  1. Layar 5 inchi sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna Smartphone saat ini yang memang lebih menyukai layar lebar.
  2. RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan aplikasi terbaru yang tidak terlalu memakan banyak resource RAM seperti aplikasi lite.
  3. Kamera primer 8 MP dengan blitz mampu menghasilkan jempretan dengan kualitas cukup baik
  4. Kamera primer mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080
  5. Ketersediaan spare part seperti : Baterai, Casing , Charger fsn Anti Gores banyak dijual di situs JBO
  6. Support dual SIM

    Kekurangan Samsung Grand Duos GT-i9082

    1. Kapasitas baterai yang 2100 mAH sudah terlalu kecil untuk aplikasi terabaru yang rata-rata makin boros days dan RAM.
    2. Tidak mendukung jaringan 4G (maklum waktu itu belum ada 4G)
    3. Dukungan prangkat lunak sistem hanya sampai Jelly Bean 4.2.2
    4. Manajemen RAM buruk sehingga harus pintar-pintar pilih aplikasi

        Harga Bekas Samsung Grand Duos GT-i9082 Fullset / Batangan

        Berdasarkan informasi yang saya dapat dari situs Tokopedia, harga bekas untuk produk ini sekitar Rp.700.000 bila masih dalam kondisi baik dan Fullset, dan kisaran Rp.400-500 ribu jika dalam kondisi batangan (hanya unit hape dan charger).

        Pertanyaan Seputar Grand Duos

        Q: Apakah Samsung Grand Duos Dapat di Upgrade ke Android Kit-Kat, Lollipop, Marshmallow bahkan Nougat...?

        Samsung Grand Duos GT-i9082 dapat diupgrade Androidnya ke versi terbaru bahkan hingga Nougat dengan catatan ROM yang digunakan bukanlah ROM resmi dari Samsung.

        ROM yang dimaksud adalah Custom ROM yang dikembangkan dari Source Code Android terbaru yang disesuaikan dengan spesifikasi Hardware Grand Duos.

        Untuk menginstal Custom ROM tidak bisa menggunakan Tool Flasher biasa seperti Odin, tetapi harus menggunakan Custom Recovery seperti ClockWorkMod atau TWRP.

        Contoh Cusotm ROM Populer untuk Grand Duos :
        1. Cyanogen Mod 11 Kit-Kat 
        2. Cyanogen Mod 12.1 Unofficial Lollipop
        3. Marshmallow Resurrection 5.7.4
        4. LineageOS 14.1 Nougat 7.1.2
        Q: Apakah Grand Duos Bisa 4G Dengan Upgrade Android...?

        Tidak...! Kemampuan sebuah ponsel untuk menerima jaringan 4G LTE tidak dapat berubah hanya dengan update Software atau menggunakan SIM yang sudah 4G sekalipun, tetapi SoC yang digunakan harus memiliki modem 4G juga.

        Anda masih bisa menggunakan koneksi internet 4G pada hape ini dengan cara menghubungkannya dengan perangkat Mi-Fi 4G.

        Q : Bagaimana Cara Screenshot Dengan Grand Duos...?

        Anda dapat mengambil tangkapan layar berupa gambar pada Samsung Grand Duos dengan cara menekan kombinasi tombol POWER+HOME secara bersamaan.

        Atau anda juga bisa menggunakan aplikasi fihak ketiga yang dapat anda download gratis di Playstore seperti Screenshot Utility.

        Q: Bagaimana Cara Agar Grand Duos Tidak Lelet / Lemot...?

        Perangkat Android yang lemot sebagian besarnya disebabkan oleh sedikitnya RAM yang tersedia karena telah digunakan oleh beragam aplikasi.

        Berhubung Grand Duos hanya memiliki RAM 1 GB saja, hindari menggunakan aplikasi rakus RAM seperti Facebook dan Mesengger Standard, Instagram, dan Line.

        Tetapi beralihlah ke aplikasi Lite atau menggunakan Browser untuk mengakses semua akun sosial media anda sehingga tidak perlu aplikasi. Baca juga tentang Cara Mengatasi Grand Duos Lemot.

        Penutup

        Sebagai penutup, saya ingin memberikan Tips dan Saran bagi anda yang berencana atau telah membeli Samsung Grand Duos.

        Bagi anda yang akan membeli....!

        Karena ponsel Samsung Galaxy Grand Duos merupakan produk lama jadi pastikan terlebih dahulu menentukan untuk apa ponsel tersebut anda beli. Apakah untuk foto-foto, gaming, youtuber dll.

        Mengapa anda harus begitu...?

        Karena kenyamanan dan kepuasan anda sebagai pengguna adalah yang paling utama, jangan sampai anda membeli hape karena tertarik harga murah saja.

        Kalau untuk sekedar foto-foto, streaming video, Facebookan dan aktifitas ponsel harian ringan lainnya ponsel ini sangat cocok anda dapatkan.

        Ditambah lagi ketersediaan spare part seperti Baterai, Casing dan Charger Original untuk Grand Duos sangat mudah kita dapatkan di Tokopedia atau Bukalapak.

        Bagi yang sudah beli...!

        Aplikasi terbaru seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi sangat menguras resource hardware sehingga ponsel Android saat ini spesifikasinya sudah lebih garang daripada laptop.

        Tetapi anda bisa menyiasati hal tersebut dengan hanya menginstal aplikasi ringan seperti yang ada di Daftar Aplikasi Terbaik Grand Duos.

        Sedikit tips dari saya, Agar ponsel Grand Duos anda tetap dalam kondisi prima, pastikan untuk tetap melakukan pembaruan perangkat lunak dan menjalankan Tips Agar Grand Duos Tidak Lemot.

        Terima Kasih
        Yahya Alkarimi
        Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
        close