Cara Bijak Mengatasi Galaxy Grand Duos GT-i9082 Lemot

Loading...
Entah mengapa hampir sebagian besar pengguna Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 yang pernah berbagi pengalaman penggunaan di Forum Android Facebook mengalami permasalahan yang sama yakni “Perangkatnya Lemot Gak Ketulungan ”.

Kalau anda termasuk pengguna Grand Duos GT-i9082 dan mengalami permasalahan yang sama, anda tidak perlu khawatir karena disini saya sudah punya solusinya.

Satu hal lagi...

Langkah-langkah perbaikan yang diberikan di panduan ini sangat mudah untuk di praktikkan. Anda juga tidak perlu melakukan Rooting karena hal tersebut tidak diperlu.

Berikut Penjelasan lengkapnya....

Cara Mengatasi Samsung Galaxy Grand Lemot


Cara Mengatasi Galaxy Grand Duos GT-i9082 Lemot

Identifikasi Penyebab Samsung Grand Duos Lambat

Setelah melakukan Trial and Error, ternyata penyebab Samsung Grand Duos menurun performanya bukan semata-mata karena hardware yang sudah terlalu tua. Memang sih hape ini termasuk produk lama dimana dirilis kepasaran pada bulan Januari tahun 2013.

Meski demikian, secara kualitas produk ini termasuk yang paling bandel, Spek Hardware Yang Lumayan dan Harga (Second) Yang Terjangkau jadi kelebihan tersendiri.

Baca Juga : Harga Bekas Terbaru Samsung Grand Duos 2018

Kembali ke masalah...

Saya perhatikan Manajemen RAM dan salah memilih aplikasi merupakan penyebab utama mengapa hape seringkali drop kinerjanya.

Manajemen RAM yang saya maksud adalah bagaimana mengatur agar RAM yang hanya 800 MB bisa maksimal untuk menjalankan aplikasi yang anda gunakan.

Aplikasi yang terinstal semestinya tidak melebihi batas RAM yang dimiliki hape agar tersedia cukup memori bagi aplikasi yang lain.

Terdengar ribet...?

Baca saja dulu, nanti juga anda akan faham setelah tahu langkah-langkahnya...

7 Langkah Mengatasi Samsung Galaxy Grand Duos Lemot

1. Jalankan Pembaruan Perangkat Lunak

Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel Panduan Update Software Android. Didalam file update yang kita download ada yang isinya Patch kemanan terbaru, perbaikan BUG sistem untuk meningkatkan kinerja, penambahan fitur baru dan tambahan aplikasi.

Saya mungkin pernah cerita kalau saat masih menjalankan Android Jelly Bean 4.1.2 pada Samsung Grand Duos, aplikasi musik tidak bisa dimatikan secara normal, tetapi harus dimatikan paksa. Respons perangkat terhadap sentuhan juga lambat. Saya sering kesal saat mengetik SMS, huruf yang saya tekan tampilnya lama sekali.

Setelah melakukan update ke versi  4.2.2, masalah tersebut hilang dengan sendirinya tanpa melakukan setting apapun.

Untuk itu, segera lakukan update perangkat lunak dengan membuka menu Pengaturan -> Tentang Ponsel -> Pembaruan Perangkat Lunak -> Unduh Pembaruan Perangkat Lunak Sekarang.

2. Bersihkan Cache dan File Sampah Rutin

Update Software tidak serta-merta membuat hape ngebut, tetapi sistem juga harus dibersihkan dari file-file sampah dari aplikasi dan sistem android itu sendiri. Untuk membersihkan file sampah pada sistem, anda bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Google File Go.

3. Simpan  Data Hanya di SD Card

Saya tidak melarang anda untuk menyimpan data di memori internal perangkat. FYI, sistem akan berkerja dengan baik jika memiliki ruang kosong yang cukup pada memori internal.

Jadi, kalau memori internal anda penuh maka tidak akan ada ruang untuk menyimpan Cache aplikasi yang sedang dijalankan. Kalau sudah begini, aplikasi apapun yang mau anda buka biasanya akan tertutup sendiri (Force close).

Makanya, saya selalu menggunakan SD Card untuk menyimpan file penting seperti foto dan video.

Jika tidak punya memori card, anda bisa salin file-file tersebut ke Harddisk Laptop, atau cadangkan menggunakan media penyimpanan online seperti Google Drive atau Drop Box.

4. Ganti Aplikasi Yang Rakus RAM Dengan Versi Lite

Saya kutip data dari https://jalantikus.com/tips/10-aplikasi-social-media-boros-ram/ aplikasi Social Media seperti Facebook, Instagram, Line, dan WhatsApp merupakan aplikasi yang rakus RAM.
Jadi begini...

Samsung Galaxy Grand Duos memiliki RAM 1 GB dengan rincian sebagai berikut :

  • 200 MB : Untuk VGA
  • 400 MB : System dan Aplikasi Bawaan
  • 400 MB : Untuk Aplikasi Lain

Jika Facebook dan Messengernya sudah menggunakan 349 MB, Line 129 MB lalu tanyakan kepada diri anda, darimanakan Kamera akan mendapatkan memori jika ketiga aplikasi boros RAM tadi berjalan bersamaan.

Untuk itu, hapus aplikasi-aplikasi Sosial Media standar tadi lalu ganti dengan versi Lite yang lebih hemat RAM, Data dan Memori Penyimpanan.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Ringan Terbaik Untuk Samsung Grand Duos

5. Kurangi Penggunaan Widget Yang Tidak Perlu

Menggunakan Widget Cuaca, Jam Analog memang membuat tampilan layar depan hape jadi tambah keren. Tetapi perlu anda ingat ya kalau aplikasi ini fungsinya tidak terlalu penting dan juga mengkonsumsi RAM.

Memang sih tidak banyak memori yang digunakan, tapi karena Grand Duos RAM-nya juga sedikit jadi mending RAM nya buat aplikasi yang lain saja.

6. Gunakan Wallpaper Dengan Ukuran 480x800

Dulu hape ini sudah termasuk hape kelas medium, Resolusi yang VGA sudah termasuk tinggi. Tapi jangan bandingkan dengan spek hape keluaran terbaru, pastinya kalah jauh.

Untuk itu, jangan samakan selera anda yang terbiasa menggunakan Wallpaper dengan kualitas HD di hape ini, karena akan menambah beban hardware hanya untuk meload gambar yang anda jadikan Wallpaper atau Screensaver.

Gunakan selalu Wallpaper dengan Resolusi 480 x 800, jika lebih dari itu anda Crop saja gambarnya menjadi lebih kecil diloadnya enteng.

7. Jangan Pasang Loucher

Siapa sih yang tidak ingin hapenya terlihat kekinian dengan memasang aplikasi peluncur sistem seperti Hola Loucher, Go Louncher dll yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan dengan menerapkan tampilan icon terkini dan widget menarik lainnya.

Tapi taukah anda jika peluncur sistem juga menggunakan RAM yang lebih besar dari peluncur sistem bawaan, kisaran besarnya RAM yang digunakan antara 100 MB lebih.

Penutup

Itulah langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi Samsung Grand Duos Lemot yang terdengar agak ribet memang, tapi mau apalagi karena spesifikasi hardware yang terbatas maka kita sebagai penggunalah yang harus menyesuaikan.

Jika ada informasi yang belum masuk, anda bisa berkontribusi dengan menginformasikannya di kolom komentar.

Terima Kasih.

Postingan terkait:

close