Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asus Zenfone C Z007. Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019

Sebagai salah satu fans produk-produk dari Asus, saya selalu memprioritaskan merek ini pada saat belanja produk elektronik seperti Laptop, PC, Monitor bahkan Ponsel Android. Yang bikin saya suka dengan produk Asus adalah kualitas barang dan inovasinya yang Orisinil. Kalau tidak cocok (biasanya karena harga) barulah bergeser ke merek lain yang kurang lebih sebanding dengan produk ASUS.

Selain dari ASUS saya juga  menggunakan produk dari merek lain seperti Xiaomi, dan Samsung. Ditahun 2019 ini koleksi produk dari Asus saya bertambah karena berhasil mendapatkan ponsel android Second dengan harga terjangkau yakni Zenfone C Z007.

Alasan saya membeli Zenfone C ini karena saat itu dihape Xiaomi terpasang dua buah SIM Card. Meski slot SIM hape yang satunya nganggur (Samsung), ponsel tersebut hanya digunakan untuk bermain game atau dijadikan Mi-Fi. Karena seringkali keluarga tidak bisa menghubungi karena hape mati saat dicas, saya akhirnya memilih nambah hape saja.

Pilihan pertama saya jatuh pada Nokia 105. Feature phone yang membuat saya terkenang dengan masa lalu saat masih memakain hape Nokia Senter disekitaran tahun 2008.

Beberapa hari menggunakan Feature Phone seperti Nokia 105 membuat komunijasi saya tidak mudah. Disebabkan sudah bertahun tahun tidak menggunakan ponsel dengan tombol fisik, untuk mengetik nama kontak saja saya agak kesulitan, apalagi SMS.

Untuk itu, saya putuskan ganti Nokia 105 lalu mencari hape android dengan layar yang tidak terlalu besar (dibawah 5 inci), tapi memiliki daya tahan tinggi serta desain bodi yang menarik. Setelah mencari banyak referensi, semua yang saya butuhkan ternyata ada pada Asus Zenfone C Z007.

Berikut adalah sedikit ulasan saya tentang Asus Zenfone C Z007 setelah satu bulan lebih penggunaan.

Ulasan Spesifikasi Asus Zenfone C Z007

Asus Zenfone C Z007

Tampilan

Asus Zenfone C Z007 memiliki bodi berbahan plastik dengan bentuk tipis pada kedua sisi namun agak kembung di bagian tengah sehingga sesuai dengan kontur telapak tangan saat menggenggam. Desain body yang unik ini membuatnya mudah digenggam dan tidak mudah slip pada saat dioperasikan dengan satu tangan bila dibandingkan produk hape android kebanyakan yang bagian belakangnya datar.

Meski berbahan plastik, finishing Zenfone C Z007 sangat rapih, padat serta presisi sehingga tidak mencerminkan sebuah produk kelas Entry Level yang kebanyakan seperti dibuat ala kadarnya.

Dengan bentang layar berukuran 4,5 inci, Zenfone C ini terlihat terlalu kecil untuk ukuran ponsel android kekinian yang standarnya memiliki layar 5 inci keatas. Untuk resolusinya sendiri masih diangka 480x854 dengan kerapatan layar 218 PPI.

Yang menarik dari layar Asus Zenfone C Z007 ini ada pada layarnya yang dilapisi dengan Oleophobic Coating pada permukaan pelindung layar Gorilla Glass V3 yang digunakan. F.Y.I Oleophobic Coating adalah lapisan  yang akan melindungi permukaan sebuah material (kaca) dari cairan seperti minyak sehingga noda yang menempel lebih mudah untuk dibersihkan.

Saya yang memiliki wajah agak berminyak merasakan betul manfaat dari lapisan pada layar Asus Zenfone C Z007, khususnya setelah selesai digunakan untuk menelpon. Karena posisi hape wajib menempel dipipi, layar akan tampak kotor oleh keringat yang mengandung minyak.

Karena ada pelindung layarnya tadi yang berupa Oleophobic Coating membersihkannya tinggal dilap dibaju saja dan minyaknya langsung hilang tanpa meninggalkan noda yang terlalu mengganggu.

Prosesor (SoC)

Asus Zenfone C Z007. Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019

Asus Zenfone C Z007 berotakkan Intel Atom Z2520 dual core berkecepatan 1.2 Ghz yang didukung oleh 4 buat Thread serta memiliki fitur Hyper Threading seperti CPU untuk PC. Menurut kabar, salah satu penyebab mengapa harga Asus Z007 murah adalah adanya subsidi dari Intel ke Asus apabila menggunakan Prosesor buatan Intel dalam seri Zenfonenya.

Subsidi ini kemungkinan diberikan karena pada saat itu Intel baru terjun ke ranah mobile. Jadi sekalian unjuk gigi supaya perusahaan lain seperti Samsung dan SONY juga bisa menggunakan SoC buatan Intel. Meskipun pada akhirnya Intel KO dan menghentikan proyek CPU Mobile-nya karena teknologi Intel Atom sudah jauh tertinggal dari Qualcomm dengan Snapdragon andalannya.

Proses produksi dari dari Intel Atom Z2520 masih pada fabrikasi 32 nm yang menggunakan daya baterai cukup besar sehingga tidak cocok digunakan pada produk dengan kapasitas baterai kurang dari 2000 mAH. Untuk pengolah grafisnya sendiri ada GPU PowerVR SGX544MP2.

Memori

Bergeser ke memori, Asus Z007 ditenagai dengan RAM sejumlah 1 GB LPDDR2 dan memori internal (ROM) 8 GB. Untuk masalah memori, anda harus lebih teliti dalam memilih aplikasi yang akan dipasang sebab kebutuhan memori tahun 2015 dan aplikasi 2019 tidaklah sama.

Demi kenyamanan penggunaan, direkomendasikan menggunakan aplikasi ringan seperti versi Lite dibanding aplikasi standar. Sebab baik itu dari segi konsumsi RAM dan ROM aplikasi tipe Lite jauh lebih hemat.

Memori Internal yang dapat digunakan untuk menyimpan semua data anda tidak full 8 GB, karena lebih dari 50% ruang dari 8 GB tadi akan digunakan sebagai lokasi penginstalan Sistem Android beserta aplikasi bawaan Google dan Asus.

Bila dirasa kurang, ada slot memori eksternal yang memungkinkan anda menambah ruang penyimpanan dengan memori tipe Micro SD hingga 64 GB. selain itu, didalam paket aplikasi bawaan Google ada Google Drive yang merupakan aplikasi penyimpanan awan yang mana memberikan 15 GB ruang simpan secara Cuma-Cuma bagi setiap akun Google (Gmail) aktif.

Anda bisa mengupload data penting seperti Foto dan Video kesana yang sewaktu-waktu dapat anda download dan bagikan lagi secara mudah seperti laiknya penyimpanan offline.

Untuk anda yang ingin belajar menggunakan aplikasi Google Drive, silahkan baca Tutorial Google Drive Pemula .

Baterai

Untuk penggunaan normal sebatas telpon dan SMS serta chating, Asus Zenfone C Z007 bisa bertahan seharian berkat kapasitas baterainya yang tergolong cukup besar yakni 2100 mAH. Meski kapasitasnya jauh dibawah hape keluaran 2019, angka 2100 mAH masih tergolong memadai untuk konsumsi daya aplikasi terbaru.

Kamera

Asus Zenfone C dibekali dengan dua buah kamera yang masing-masing beresolusi 5 MP pada bagian belakang yang juga telah dilengkapi dengan flash guna mendukung pengambilan gambar pada ruang minim cahaya. Sedangkan kamera Selfie masih VGA sehingga tidak cocok digunakan mengambil foto wajah (Selfie) untuk dijadikan Foto Profil Facebook kecuali anda itu orangnya cuek.

Jaringan 

Jaringan Internet cepat saat ini merupakan keharusan. Tidak ada toleransi untuk internet lambat. Chipset Asus Z007 yakni Intel Atom Z2520 menggunakan modem yang mendukung jaringan hingga HSPA. Jadi kalau sebatas untuk Streaming YouTube dan download Video Musik BlackPink masih bisa diandalkan.

Firmware Asus Zenfone C Z007

Asus Zenfone C Z007. Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019

Asus Zenfone C Z007 menjalankan perangkat lunak Android versi 4.4.2 Kit-Kat. Pada sistem operasi android generasi keempat ini Google memperkenalkan beberapa fitur dasar baru yang kemudian disempurnakan pada generasi android berikutnya seperti :

  1. Tampilan gambar album dari lagu yang anda putar saat perangkat terkunci.
  2. Layar berubah menjadi tampilan penuh saat digunakan membuka dokumen PDF sehingga memudahkan membaca.
  3. Sistem pintar yang menampilkan kontak yang paling sering dihubungi sebagai kontak rekomendasi sehingga tidak susah untuk dicari.
  4. Mendukung penggunakan aplikasi Quick Office sehingga dapat kapan dan dimanapun kita bisa tetap produktif.

Selain itu...

Dengan menjalankan android Kit Kat Zenfone C anda akan mudah dioperasikan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa membuat sistem menjadi berat karena kehabisan banyak memori RAM.

Sementara untuk pembaruan sistemnya sendiri, Zenfone C sebatas mendapatkan pembaruan patch keamanan dan perbaikan bug pada sistem. Hingga artikel ini saya tulis, belum ada rilis resmi firmware Android terbaru untuk Asus Z007.

Karena dari awal ponsel ini tidak akan digunakan untuk mengakses internet (dipaksa menjadi Feature Phone) saya tidak merasa perlu segala fitur canggih yang ditawarkan oleh Android Kit Kat.

Bagi anda yang membutuhkan Firmware Asus Zenfone C Z007 Kit-Kat untuk keperluan Flashing akibat Bootloop atau hilang IMEI dapat anda download disini .

Sedangkan untuk cara Instalasinya baca disini....!

Tabel Spesifikasi Utama Asus Zenfone C Z007

Tampilan Layar 5 inci tipe IPS LCD, Resolusi 480x860
Prosesor Intel Atom Z2520 Dual Core 1.2 GHz, GPU PowerVRSGX544MP2
Memori 1 GB LPDDR2, ROM 8 GB
Baterai 2100 mAH
Kamera Utama 5 MP dengan Flash dan Kamera Selfie VGA
Jaringan GSM dan HSPA
Konektifitas Bluetooth 4.0; Wifi; Micro USB V.2.0
Sensor Accelerometer, Proximity
Warna Charcoal Black, Chery Red, Pearl White

Kelebihan Asus Zenfone C Z007

  1. Desain body argonomis dengan bentuk bagian belakang agak melengkung sehingga terasa mantap digenggam sehingga tidak mudah selip.
  2. Menggunakan layar IPS LCD yang memiliki keunggulan berupa lebih hemat daya serta punya sudut pandang lebih luas dibanding layar tipe TFT.
  3. Kamera utama meski hanya beresolusi 5 MP tapi mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080P 30 FPS.
  4. Koneksi Internet cepat (HSPA dan 3G) yang cukuplah untuk Streaming Youtube dengan lancar.
  5. Mendukung USB OTG.

Kekurangan Asus Zenfone C Z007

Secara spesifikasi Hardware, Asus Zenfone C Z007 tidak memiliki kekurangan karena teknologi yang terbaru saat ini seperti Modem 4G LTE saat itu belum begitu banyak digunakan dan target penjualannya saat itu untuk kalangan budget terbatas.

Tetapi, tidak adanya dukungan pembaruan sistem ke terbaru seperti Android 5 Lollipop tidak tersedia untuk ponsel ini, mentok di 4.4.2 Kit-Kat. Apabila anda ingin menjalankan Sistem Operasi Android terkini bisa menggunakan Custom ROM yang banyak tersedia di Internet.

Harga Bekas Terbaru Asus Zenfone C Z007 2019

Karena merupakan produk lama yang sudah distop produksinya, anda akan sulit menemukan produk baru dari Asus Zenfone C Z007. Tapi anda bisa mendapatkan versi secondnya dengan mudah di situs jual beli FB atau situs jual beli online seperti Tokopedia dan OLX.

Harga bekas dari Asus Zenfone C Z007 berkisar antara Rp.400.000 – Rp.700.000 (Tergantung Kondisi). Saya menemukan link di OLX yang menjual Asus Zenfone C Z007 dengan kondisi mulus dan fungsi normal dengan harga bervariasi disini 

Penutup

Itulah informasi seputar Asus Zenfone C Z007 yang telah secara jelas dijelaskan spesifikasi utamanya, kelebihan dan kekurangan beserta harga bekas terbaru ditahun 2019.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat.

Terimakasih.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close