Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spek dan Harga Xiaomi Redmi 5A, Serta Kelebihan dan Kekurangan

Xiaomi Redmi 5A : Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan + FAQ

Untuk memenuhi kebutuhan akan perangkat Android dengan harga terjangkau tetapi memiliki performa yang baik Xiaomi meluncurkan produk ponsel pintar Redmi 5A pada bulan November 2017 atau beberapa bulan saja setelah diluncurkannya Redmi 4X.

Dengan banderol harga 1 jutaan saja, Redmi 5A dipasangi komponen pendukung seperti SoC dari Qualcom yang mampu menjalankan aplikasi kekinian dengan lancar. Pada kesempatan ini, akan dijelaskan apa saja spesifikasi hardware dari Redmi 5A beserta kelebihan dan kekurangannya. Tidak lupa pula harga terkini dari Redmi 5A dari beberapa situs jual beli online yang ada di indonesia.

Ternyata Lenovo A1000 Boleh Juga...!

Spesifikasi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A : Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan + FAQ

Pertanyaan Seputar Redmi 5A

Q : Apa kelebihan Redmi 5A…?
  • Harganya terjangkau dan performanya sangat baik untuk ponsel Android harga sejutaan
  • Dapat digunakan bermain game online seperti PUBG dan ML, 
  • Sudah Menggunakan Android Terbaru, 
  • Kapasitas baterai besar
  • Slot Memori Eksternal mandiri sehingga bisa menggunakan 2 SIM dan SD Card
  • Sudah Mendukung jaringan 4G LTE
Q : Apa kekurangan Redmi 5A…?

Banyak fitur yang dihilangkan meskipun sebenarnya dari segi hardware terutama SoC mendukung fitur tersebut seperti Fast Charging, namun alasan tidak adanya fitur terebut untuk membuat harga jualnya lebih terjangkau.

Q : Jenis Material yang menyusun Bodi Redmi 5A…?

Depannya kaca dengan balutan casing aluminium yang membuatnya terlihat elegan dan tampak seperti ponsel Premium (meski bukan).

Q : Redmi 5A ada berapa pilihan warna…?

Redmi 5A tersedia dalam 4 pilihan warna yakni : Gold, Rose Gold, Blue dan Dark Grey.

Q : Apakah Redmi 5A dual sim dan punya slot Micro SD…?

Redmi 5A memiliki dua buah slot sim dan juga slot micro sd yang mendukung hingga 128 GB.

Q : Dimana saya bisa beli Redmi 5A dengan harga murah…?

Meskipun tanpa diskon, Redmi 5A sudah termasuk murah. Anda bisa mendapatkan Redmi 5A dengan harga Rp.1.250.000 di lazada untuk varian 3/32.

Q : Apakah Redmi 5A bisa diupdate ke MIUI 10…?

Tentu saja, anda bisa melakukan upgrade ke MIUI 10 via ota atau menginstalnya secara manual dengan cara mendownload rom MIUI 10 disini. Setelah itu salin rom dalam format zip ke memori internal.

Buka menu Setelan / Tentang Ponsel / Pembaruan Sistem. Klik titik tiga dipojok kanan atas lalu pilih opsi “ Pilih Paket Pembaruan” kemudian cari ROM MIUI 10 yang telah didownload kemudian install.

Q : Mengapa Redmi 5A memorinya cepat penuh…?

Penyebab memori Redmi 5A cepat penuh antara lain terlalu banyak aplikasi yang anda instal. Adanya Cache aplikasi yang menumpuk didalam sistem sehingga memberatkan sistem Android itu sendiri. Memori yang cepat sekali penuh juga disebabkan oleh banyak media yang anda simpan didalam memori internal.

Solusinya adalah kurangi aplikasi tidak perlu atau beralih menggunakan aplikasi Lite. Jalankan aplikasi Security untuk membersihkan file sampah yang ada didalam sistem. Aktifkan juga sinkronisasi perangkat dengan google foto sehingga media seperti foto dan video akan secara otomatis dicadangkan di Google Drive.

Tips tambahan, instal aplikasi Files dari Google untuk memudahkan anda mengontrol ruang penyimpanan internal Redmi 5A anda. Maksimalkan memori internal untuk aplikasi dan sistem sedangkan file lainnya anda simpan saja di SD Card.

Q : Mengapa Redmi 5A cepat panas…?

Banyak faktor yang menyebabkan ponsel panas salah satunya adalah tingginya aktifitas yang dijalankan oleh hape itu sendiri. Jangan paksakan perangkat saat suhu sudah menyentuh angka 40 derajat. Istirahatkan sejenak dengan mendiamkannya selama beberapa menit. Direkomendasikan untuk menggunakan casing tipe hardcase karena casing tipe ini sangat cepat menghantarkan panas.

Q : Apakah Redmi 5A sudah mendukung jaringan 4G LTE…?

Tentu saja…!

Q : Apakah Redmi 5A Support PUBG Mobile…?

Ya..! Dari spesifikasi yang diusung ponsel ini bisa menjalankan Game Android tersebut dengan settingan low. Untuk Game PUBG Android sendiri minimal telah menjalankan Android 6.1 keatas dan memiliki RAM 2 GB.

Meskipun demikian anda mungkin tidak akan mendapatkan pengalaman bermain yang sempurna karena SoC dari Redmi 5A berada dibawah standar minimum PUBG yakni Snapdragon 435 seperti yang digunakan Redmi 4X.

Q : Apakah Redmi 5A Support VR…?

Tidak…! spesifikasi Redmi 5A tidak cukup untuk menjalankan VR dimana ponsel ini tidak memiliki sensor Gyroscope yang mana sensor tersebut adalah hal wajib yang harus dimiliki jika ingin menikmati konten VR.


Q : Apakah Redmi 5A Anti Air…?

Tidak…! Redmi 5A tidak memiliki sertifikasi IP67 yang menandakan perangkat tahan air.

Q : Apakah Redmi 5A Support Fast Charging…?

Meskipun sebenarnya SoC Snapdragon 425 mendukung fitur tersebut tapi fihak Xiaomi meniadakan fitur tersebut untuk memangkas harga jual.

Q : Apakah Redmi 5A Dapat Update Oreo…?

Sepertinya tidak karena beberapa produk dengan spesifikasi lebih baik dari ponsel ini juga belum mendapatkan pembaruan ke Oreo. Tetapi anda bisa mencoba menginstal Custom ROM yang dikembangkan dari Android Oreo seperti AOSP Extended.

Q : Apakah Redmi 5A Mendukung OTG…?

Tentu…coba saja…!

Q : Berapa Lama Ngecas Redmi 5A…?

Normalnya dari angka 0% s/d 100% dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dengan catatan perangkat dicas kondisi mati. Waktu yang bisa dihabiskan lebih dari itu jika perangkat dicas sambil digunakan bermain Game dan data seluler aktif.

Q : Tahan Berapa Lama Baterai Xiaomi Redmi 5A…?

Untuk penggunaan normal Redmi 5A bisa bertahan seharian dengan catatan tidak digunakan bermain Game. Optimasi pada perangkat lunak MIUI membuat ponsel ini sangat hemat daya.

Q : Bisakah Redmi 5A Pakai Smartfren…?

Bisa, dari keterangan yang didapat dari situs resmi Smartfren Redmi 5A termasuk dalam daftar perangkat yang bisa menggunakan layanan internet Smartfreen 4G Unlimited
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close