Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Paket 4G Unlimited Smartfren Benar-Benar Unlimited..?

Paket 4G Unlimited Smartfren

Dua hari lalu ada kerabat yang datang bertamu kerumah dan kebetulan juga waktu itu sebenarnya saya lagi uring-uringan karena paket data Telkomsel saya habis.

Melihat saya yang kelihatan gelisah dia menghidupkan hotspot seluler di Samsung A6 miliknya dan meminta saya internetan dengan data miliknya.

Awalnya saya menolak takut paket datanya habis, tapi dia berkilah kalau dia menggunakan paket data Unlimited Smartfren 4G.

Saya yang dari dulu setia dengan Telkomsel melongo, memangnya masih ada di zaman now yang namanya paket Unlimited.

Sembari menggunakan data miliknya, saya mencoba browsing mengenai informasi paket data unlimited Smartfren 4G tersebut.

Dan berikut adalah hasilnya.

Smartfren yang merupakan anak usaha dari PT. Sinar Mas ahirnya murtad dari yang sebelumnya kekeuh di CDMA kemudian kini pindah ke GSM.

Guna menggaet pelanggan baru seiring makin banyaknya pengguna internet via ponsel Android, Smartfren meluncurkan paket Unlimited baik itu bulanan dan harian.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Paket Bulanan Tipe 1 dipatok harga Rp.65.000 sedangkan paket Bulanan Unlimited Tipe 2 Rp.75.000. Sedangkan untuk paket hariannya, dipatok harga Rp.9000 saja.

Kembali ke masalah utama, apakah benar Smartfren memberikan layanan Data Unlimited seharga Rp.65.000 sedangkan Telkomsel saja yang seharga Rp.55.000 Cuma dapat 10 GB.

Kalau memang benar, saya mau beli juga untuk digunakan di Mi-Fi biar satu rumah bisa internetan dengan bebas.

Usut punya usut.

Ternyata, paket data yang ditawarkan Smartfren tidak sepenuhnya unlimited karena ada batas pemakain normal / wajar yang diberikan untuk masing-masing paket.

Paket Data Unlimited 4G bulanan yang Rp.65.000 punya batas pemakaian 1 GB, lebih dari itu kecepatan dikurangi.

Sedangkan Data Unlimited 4G bulanan tipe 2 yang Rp.75.000 punya batas pemakaian wajar 1.5 GB.
Dan Unlimited harian yang Rp.9000 batas pemakaian wajar 1 GB.

Lebih dari pemakaian wajar, kecepatan akan dikurangi dengan ciri-ciri halaman web yang buka loading melulu.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut :

Paket 4G Unlimited Smartfren


Paket 4G Unlimited Smartfren

Sumber : Situs Resmi Smartfren

Terlepas dari adanya batas pemakaian wajar yang ada di paket Unlimited Smartfren saya harus angkat topi dengan kualitas sinyal 4G yang diberikan.

Dirumah saya, sinyal 4G Telkomsel dan XL turun naik sehingga saya setting saja jaringan agar berada di WCDMA only supaya baterai hape tidak cepat habis.

Berbeda dengan Telkomsel dan XL, jaringan 4G Smartfren sangat stabil dan tidak pernah saya lihat tipe jaringanya turun dari 4G LTE.

Satu lagi..

Paket unlimited Smartfren dapat digunakan di semua aplikasi dan tidak terbatas hanya di aplikasi Chating dan Sosial media seperti gaya paket Telkomsel.

Untuk mengetahui apakah ponsel anda bisa menggunakan layanan Paket 4G Unlimited Smartfren silahkan cek disini.

Setelah mendapatkan kejelasan informasi dari paket Unlimited bulanan Smartfren, saya menceritakan hal tersebut kepada kerabat saya tadi yang telah berbaik hati memberi sumbangan data.

Mendapat info seperti itu, kerabat saya yang diawal tempat saya numpang Wi-Fian mendadak terdiam .

Padahal semenjak mengaktifkan Hotspot selulernya dia terlihat tersenyum lebar . Bahkan kita sudah sepakat kalau datanya akan kita pakai untuk download Film “ Aquaman 2018” yang versi FHD-nya sudah keluar.

Beberapa saat kemudian, hape saya yang masih membuka halaman web resmi Smartfren menampilkan pesan “ Koneksi Internet Terputus”.

Jancok...nyesel aku cerita.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close