Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Memori Penuh Hape Pada Android Tanpa Reset

Kali ini akan dijelaskan tentang langkah-langkah mengatasi memori penuh pada ponsel android tanpa perlu melakukan hard reset sehingga perangkat disetel ulang dari awal seperti menginstal aplikasi dan akun-akunnya. Anda juga tidak perlu melakukan flash ulang karena penyebab memori hape android yang tiba-tiba penuh itu sederhana sekali. Anda hanya perlu sedikit usaha dan tentunya tips yang akan dibagikan pada postingan ini.

Seperti halnya laptop, hape android mempunyai dua tipe memori yakni RAM dan ROM. RAM bertugas menyimpan data sebelum diproses oleh CPU dan data yang ada didalam RAM sifatnya sementara dan akan hilang setelah perangkat dimatikan. Berbeda dengan ROM yang bisa menyimpan data secara permanen kecuali anda menghapusnya sendiri atau kondisi ROM rusak.

Kedua tipe memori pada perangkat android ini dapat penuh dan akibat yang ditimbulkan jika kedua memori tersebut full adalah hape jadi lelet, aplikasi tertutup sendiri bahkan hape restart otomatis.
Berikut adalah langkah-langkah mengatasi memori cepat penuh pada ponsel android, baik itu ROM dan RAM.

5 Cara Mengatasi Memori Penuh

5 Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Hape Android Tanpa Reset dan Flash

  1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu
  2. Sesuaikan Kualitas Foto Pada Setelan Kamera
  3. Gunakan Aplikasi Dengan Kebutuhan Memori Rendah
  4. Gunakan Google Drive dan Foto
  5. Bersihkan Cache Secara Rutin

1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Ponsel android pada umumnya sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan. Baik itu yang dikembangkan Google sebagai pemilik android serta aplikasi yang dikembangkan produsen hape. Aplikasi google yang sudah terpasang di semua ponsel android antaralain : Gmail, Maps, Google Asisten, Google Playstore, Google Music. Sedangkan contoh aplikasi bawaan pabrikan antara lain : Browser, Email, MP3 Palyer, File Explorer dll.

Dari sekian banyak aplikasi yang ada tentunya ada aplikasi yang tidak pernah digunakan, entah karena tidak butuh atau tidak tahu fungsinya. Meski tidak digunakan, aplikasi-aplikasi tersebut tetap menghabiskan memori terutama ROM.

Supaya ruang penyimpanan anda bertambah untuk aplikasi lain yang memang benar-benar anda butuhkan misalnya aplikasi pendingin CPU, anda sebaiknya menghapus aplikasi tersebut.

Tapi ingat….

Tidak semua aplikasi bawaan bisa dihapus karena ada juga aplikasi yang terkait dengan sistem sehingga mencabutnya dapat membuat sistem android secara keselurahan jadi kacau. Solusinya anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut di menu pengaturan aplikasi.

Baca Juga : Cara Aman Hapus Bloatware Androd Ponsel Samsung

2. Sesuaikan Kualitas Foto Pada Setelan Kamera

Kamera merupakan salah satu komponen yang jadi pertimbangan orang pada saat membeli hape android. Saat ini resolusi dan fitur kamera android sudah semakin kompleks dan bisa bersaing dengan kamera DSLR sekalipun. Masalahnya, semakin tinggi kualitas kamera sebuah ponsel android, maka semakin besar pula ukuran gambar yang dihasilkan.

Kalau jumlah foto yang tersimpan cuma puluhan biji tentu bukan masalah, tetapi kalau yang punya doyan selfie (terutama cewek) sehari mungkin bisa menghasilkan puluhan foto guna memenuhi kebutuhan like dan komen disosial media.

Supaya memori internal hape anda tidak lekas penuh oleh foto-foto anda sehari-hari maka ada langkah yang bisa dilakukan yakni : mengatur ulang kualitas jepretan kamera ke lebih rendah.

3. Gunakan Aplikasi Dengan Kebutuhan Memori Rendah

Semua orang juga sudah tahu kalau aplikasi Sosial media seperti FB dan Instagram merupakan aplikasi yang banyak memakan ruang penyimpanan, Data dan RAM. Jika anda saat ini menggunakan ponsel android dengan RAM terbatas misalnya 1-2 GB, hindarilah menggunakan aplikasi FB dan Instagram standar karena akan membuat hape anda lemot saja.

Mualilah beralih ke aplikasi ringan yang  Saat ini sudah banyak dikembangkan guna memenuhi kebutuhan pengguna akan aplikasi ramah ROM dan RAM. Aplikasi yang sudah tersedia versi Lite-nya antara lain : Facebook dan Mesengger , Line, Twitter, Instagram, Linkedln, Like, Firefox, Spotify, Tik-Tok, Camera 360, Paralel Space, Bigo Live, Skype dll. Selain itu ada juga aplikasi Go yang dikembangkan Google seperti Maps Go dan Files Go.

4. Gunakan Google Drive dan Foto

Google menyediakan layanan penyimpanan awan dalam aplikasi Drive dan Foto. Aplikasi Drive menyediakan kuota 15 GB untuk masing-masing akun G-Mail yang aktif dan bisa digunakan untuk menyimpan segala jenis file. Selain itu anda bisa menambah kuota ruang penyimpanan dengan menyewa ruang tambahan. Berbeda dengan aplikasi Foto yang juga terintegrasi dengan Drive, aplikasi ini akan mengunggah foto yang dihasilkan dari kamera hape anda di Google Drive. Sehingga anda tidak perlu repot menyalinya ke Laptop.

Baca Juga : Cara Menggunakan Aplikasi Google Drive Android Untuk Pemula

5. Bersihkan Cache Secara Rutin

Cache merupakan sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi.

Tapi ada satu masalah, Cache jika tidak dihapus akan menyebabkan masalah seperti ponsel menjadi lamban. Jika ponsel Android terasa lamban dan tidak mengerti apa penyebabnya, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh ukuran Cahce yang terlanjur besar sehingga sistem tidak punya ruang lagi untuk membuat Cache baru. Untuk itu, hapuslah cache aplikasi secara berkala misalnya saja 1X seminggu agar jalannya sistem pada ponsel android anda selalu lancar.

Jika Cache dihapus setiap saat, maka pada saat membuka aplikasi prosesnya membutuhkan waktu lebih lama serta memakan banyak daya baterai dan RAM.

Cara Menghapus Cache pada ponsel android adalah Buka menu Settings dan pilih Storage Tekan informasi “Cached Data” hingga muncul pop-up untuk menghapus cache dari semua aplikasi, kemudian Tekan tombol OK untuk konfirmasi menghapus.

Demikian informasi tentang 5 Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close